25 Mar 2008

Siemens S57




Si Mungil Padat Fitur


Inilah ponsel keluaran Siemens Mobile Phone yang sejak semula telah di desain bagi kebutuhan pangsa pasar global. Ide mobile device yang dapat digunakan lintas negara dan benua memang menjadi mutlak dibutuhkan saat ini, salah satu aplikasi yang nyata yakni banyaknya ponsel yang hadir dengan jaringan frekuensi triple band. Melihat kebutuhan tersebut maka Siemens meluncurkan rangkaian seri terbarunya S55,S56, dan S57. Ketiganya merupakan saudara kembar, dimana desain secara keseluruhan tidak berbeda, namun kelengkapan fitur yang rupanya membedakan antar ketiganya.



Untuk S55 sebagai rancangan awalnya di desain dengan lumayan lengkap, selain mengadopsi triple band maka S55 juga dilengkapi built in bluetooth. Namun agak sedikit sayang S55 tidak ditujukan untuk pasar Asia. Kemudian tipe S56 di desain untuk pasar yang lebih spesifik lagi, yakni pasar Amerika dan Kanada, untuk S56 khusus menggunakan frekuensi dual band GSM 850/1900 MHz. Nah untuk tipe S57 merupakan jenis terbaru yang dipersiapkan untuk pasar Asia, dan tentunya Indonesia pula. Serupa dengan S55, tipe S57 menggunakan GSM triple band, tapi sejak awal S57 tidak dilengkapi dengan perangkat bluetooth. Namun tidak usah terlalu kuatir, untuk transfer data terdapat perangkat infrared.

Seri S57 boleh dibilang memiliki rancang bangun serupa dengan seri sebelumnya, yakni C55. Walau terdapat sedikit selisih perbedaan pada diameter nya, namun desain candy bar yang oval sangat terkesan mirip. Melihat dari fitur yang ada, ponsel baru Siemens ini memang ditujukan untuk pangsa premium class. Ini bisa dilihat dari deretan fitur yang dibenamkan ,seperti LCD (liquid color display) warna, Java enable, polifonik ringtone, GPRS (genaral packet radio service) berikut MMS (multi-media messaging sarvices), dan kamera yang bersifat optional. Dengan segala fitur yang tergolong high, S57 tetap tampil cantik dan modis sehingga tak pelak akan menambah koleksi ponsel fashion – high tech di Indonesia.

Tampilan
Selain mirip-mirip tipe C55, desain S57 juga sangat dipengaruhi oleh saudara kandung lainnnya, yakni Siemens M50 yang telah terlebih dahulu hadir. Ini bisa diperhatikan dari bingkai cermin berbentuk oval yang melingkari LCD nya. Ponsel ini memiliki ukuran diameter 101 x 46 x 19 mm dengan berat 85 gram, dan volume 69 cc. Lebih kecil jika dibandingkan dengan C55 yang berdiameter 101 x 44 x 21 mm, dan berat 80 gram. Kecilnya bentuk S57 membuat nya cukup nyaman untuk digenggam.

Desain keypad sendiri memang dirancang lebih maju, terutama desain tombol angka yang cukup nyaman digunakan. Tombol navigasi juga bersifat empat arah, serupa dengan tipe S/ME45, walau bentuknya lebih mungil. Intinya pada tombol fungsi navigasi dan shortcut menu tidak berubah banyak, nasih seperti sebelumnya. Mungkin Anda akan sedikit grogi sedikit saat pertama mencoba, maklum ini pertama kali Siemens mengeluarkan ponsel warna. S57 memiliki LCD dengan 256 warna dengan resolusi layarnya 101 x 80 pixels. Layar LCD nya mampu menampung 7 baris teks dengan aneka wallpaper yang menarik. Namun sedikit disayangkan dengan desain yang modis, S57 tidak disipakan dengan konsep gonta-ganti casing atau teknologi Clip it. Untuk tahap awal, ponsel ini ditaearkan dengan warna Artic Blue.

Fitur
Bentuk memang tidak berbeda jauh dengan ponsel Siemens lainnya, namun soal fitur jelas berbeda. Inilah ponsel Siemens yang berteknologi paling tinggi untuk saat ini di pasar konvensional, asalkan jangan ditandingkan dengan smartphone Siemens SX45 atau SX56. Saat melihat menu pada S57 maka akan tampak perbedaan dengan tampilan pada menu ponsel Siemens lainnya. Desain tampilan menu awal sangat mirip dengan yang teredapat pada Panasonic GD68, Anda dapat memilih cepat melalui tombol navigasi.

Diantara deretan menu utama yang ditampilkan yakni addressbook, records, surf & fun, organiser, message, profiles, extras, file system, dan set up. Namun seperti ponsel Siemens lainnya, fungsi fast access key tetap dipertahankan sehingga sangat memudahkan bagi penggunaan. Daya pemikat lainnya pada S57 yakni program fit@work yang dapat memandu senam dan olah raga ringan melalui gambar animasi. Masih ada lagi kung fu aerobik, ini merupakan game yang seru dan menarik. Tak ketinggalan yang terbilang baru menu remind me, menu ini mencakup meeting, travel, dan shopping. Kesemuanya terangkum dalam menu utama surf & fun. Ponsel ini memiliki kapasitas memory 921,61 kbps, dengan kapasitas ini Anda dapat men download berbagai aplikasi, game, gambar, ringtone dengan berbasis teknologi Java. Sedang jenis gambar pada ponsel menggunakan jenis bmp dan jpg. Namun khusus untuk pengiriman gambar lewat MMS hanya dimungkinkan lewat format jpg.

Ponsel ini juga memiliki keunggulan dalam nada dering nya yang polifonik. Terdapat 6 jenis nada polifonik khas Asia, 6 nada tunggal, 10 nada polifonik yang dapat di download via EMS, selanjutnya masih terdapat beberapa untaian nada menarik seperti beathoven, chopin, straus, mozart, dan lainnya. S57 menggunakan apliksi GPRS kelas 10 (4+2), dan WAP browser 1.2.1. Ponsel ini juga dapat dilengkapi dengan kamera optional jenis QuickPic IQP-500, yang merupakan kamera ponsel pertama yang dilengkapi blitz. Sadangkan pilihan bahasa mencakup bahasa Indonesia, Inggris, Vietnam, Thailand, Malaysia, Perancis, Jerman, dan automatic.

Performa
Akselerasi perpindahan antar menu cukup cepat, tak ada masalah. Dengan tampilan layar warna benar-benar membuat ponsel Siemens ini cukup menarik. Namun, sedikit sayang layar 256 warna saat ini justru sudah mulai ditinggalkan. Desain tombol bicara dan power juga dinilai kurang ergonomis dalam penggunaan, atau sedikit kaku dibanding seri-seri sebelumnya. Akan lebih sempurna lagi jika S57 juga memiliki melody composer. Sedang kualitas panggilan dan penerimaan voice sangat baik, tentu ini tergantung pada kualitas jaringan operator yang kita gunakan.

Ponsel ini menggunakan jenis baterai Li-Ion 700 mAh, yang memiliki waktu siaga antara 60 jam hingga 300 jam, sedang waktu bicara 1,5 jam hingga 6 jam. S57 juga menggunakan jenis SIM card 3.0 volt yang artinya dapat turut menghemat baterai.

Spesifikasi

Harga : Ponsel Rp 3 juta, dan kamera Rp 500 ribu
Layar : Color LCD 256 warna
Ukuran : 101 x 46 x 19 mm
Berat : 85 gram
Waktu bicara/siaga : hingga 6 jam/hingga 300 jam
Jaringan : GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Kemampuan download : Ya
WAP : Ya, 1.2.1
GPRS : Ya, kelas 10
Infrared modem : Ya
Games : Ya
Predicticve text input : Ya
Lainnya : currency converter, animation, flexible memory, PIM (personal information management), voice dial, voice command.

(Feb03)

Tidak ada komentar: