18 Mar 2008

Samsung SGH-X100




















Momen akhir tahun banyak dimanfaatkan oleh vendor untuk memperkenalkan produk terbarunya. Pasalnya akhir tahun dan musim liburan merupakan saat dimana kemampuan belanja masyarakat meningkat. Seperti halnya vendor Nokia, Motorola, dan Sony Ericsson, vendor Samsung Mobile Phone yang menyebut dirinya nomor dua terbesar di Indonesia tidak ketinggalan ikut memeriahkan jualan ponsel di akhir tahun. Akhir bulan November lalu
Samsung secara resmi meluncurkan seri SGH-E700 (Camera phone) dan SGH-X100. Kedua ponsel merupakan andalan bagi Samsung untuk segmen masing-masing. Jika SGH-E700 ditujukan bagi kelas high end, sedang SGH-X100 cenderung diperuntukkan bagi kelas mid-high.
Samsung SGH-X100 dibuat guna meneruskan kisah sukses SGH-C100 (slim phone).

Ponsel SGH-X100 dirancang oleh Samsung untuk memenuhi target konsumen remaja perkotaan, dalam rentang target market mencakup pria dan wanita berusia mulai dari 21 hingga 28 tahun. Dari segi rancangan secara keseluruhan tidak ada yang terlalu atraktif dari ponsel Korea ini. Desain candy bar terkesan relatif biasa, hanya kombinasi warna biru dan silver memang baru kali ini diperkenalkan di seri SGH-X100. Samsung menyebut ponsel ini sebagai curvaceous design, artinya ponsel ini diciptakan untuk menggoda keingintahuan Anda akan ponsel simpel yang menarik.

Walau berdesain simpel, tetapi SGH-X100 cukup pas dengan disandingkan dengan ponsel-ponsel modern saat ini. Fitur yang dihadirkan sendiri tidak ada yang terlalu istimewa, tetapi jelas fitur yang ada di SGH-X100 dijamin tetap bikin Anda tidak ketinggalan jaman. Kelengkapan standar yang ditawarkan ialah GPRS (General Packet Radio Service), MMS, dan aplikasi Java game. Memang semua itu telah menjadi fitur standar saat ini, sesuai dengan kelas yang ditawarkan rasanya SGH-X100 masih mampu menjawab tuntutan teknologi selular saat ini.

Tampilan
Melihat Samung SGH-X100 secara keseluruhan mengingatkan kita pada seri Samsung terdahulu SGH-N500. Hanya SGH-X100 sedikit lebih cantik berkat paduan dua warna, sedang SGH-N500 monoton dengan satu warna silver saja. Keduanya hampir sama persis, dilihat dari lekukan badan ponsel. Terutama jika dilihat bagian belakang ponsel, termasuk bentuk baterai dan corak warna silver, Walaupun begitu antar kedua ponsel tidak dapat saling tukar baterai, sebab memiliki sambungan (rel) kunci yang berbeda. Kelebihan lain, pada SGH-X100 terdapat lubang buzzer (speaker khusus keluarnya nada panggil) yang terletak di belakang body. Sedang buzzer SGH-N500 terdapat di sisi kanan body ponsel.

Sebagai perbandingan SGH-X100 mempunyai dimensi 110 x 45 x 19,9 mm, dan berat sekitar 85 gram. Sedang saudara tuanya, SGH-N500 berdimensi 110 x 46 x 23 mm, dengan berat yang sama dengan SGH-X100. Walau mengambil inspirasi desain pada seri yang lama, tidak demikian dengan tampilan gambar yang disajikan. Untuk menunjang pencitraan visualisasi gambar dilengkapi dengan layar LCD 65 ribu warna berteknologi STN (Super Twisted Newmatic), serupa dengan yang dipakai oleh ponsel Sony Ericsson T610. Resolusi warna yang ditampilkan yakni 128 x 128 pixels, dengan luas screen sekitar 30 x 30 mm. Lewat screen yang ada mampu menampung hingga 4 text line.

Rancangan keypad dan tombol navigasi empat arah juga tidak berbeda dengan seri SGH-N500, termasuk tombol akses untuk internet. Hanya saja lekuk body dirancang lebih cantik, di dominasi oleh warna biru dan silver. Untuk kelengkapan lain seperti handsfree connector terdapat di sisi kanan badan ponsel, dan dibawahnya terdapat tombol volume. Ini merupakan perbaikan ketimbang SGH-N500 yang tidak melengkapi kedua tombol tersebut di badan ponsel.

Sama halnya dengan SGH-N500, disayangkan pada seri SGH-X100 tidak dilengkapi dengan lubang gantungan, seperti neckstrep. Padahal setiap produk Samsung umumnya selalu dilengkapi neckstrep. Ponsel baru keluaran terbaru ini dipasarkan dalam warna indigo color (merupakan warna standar), sky blue, silver, dan wine red.

Fitur
Untuk bertarung di kelasnya, SGH-X100 tampaknya tidak perlu minder dengan ponsel pesaing. Desain boleh saja sederhana tetapi kandungan fitur nya boleh diadu, fitur dasar yang melengkapi SGH-X100 sudah pasti GPRS berikut MMS, akses GPRS menjadi keunggulan buat ponsel ini sebab menggunakan kelas 10 (4+2 slot). Ini tentu sudah pasti berpengaruh untuk ngebut di dunia internet. Lainnya terdapat teknologi Java games, 40 nada dering polifonik, dan LCD 65 ribu warna berteknologi UFB (ultra fine bright).

Seperti sudah menjadi rahasia umum, Samsung cukup memahami kebutuhan penggunanya akan kapasitas memori yang besar. Walau ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot memory card. Untuk games SGH-X100 menyediakan free memory sebesar 600 kilobit, dimana games yang menggunakan standar teknologi Java. Anda bisa dengan mudah men download games melalui situs www.samsungfunclub.com Pada paket awal penjualan setiap ponsel telah dibenamkan otomatis dengan empat jenis games, diantaranya Bowling, dan Hamster.

Kapasitas MMS juga tidak luput dari perhatian Samsung, SGH-X100 memberikan memori yang cukup besar dan dinamis untuk keperluan multimedia, bisa mencakup berbagai format gambar dan suara. Secara total terdapat sekitar 9,4 megabit memori yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dalam pemberitaan di luar negeri disebutkan ponsel ini memiliki kapasitas phonebook 1000 entri, dan saat dicoba oleh Selular juga terdapat 1000 multiplayer phonebook. Walau dalam berbagai brosur promosi disebutkan hanya memiliki phonebook 500 entri.. Sedang untuk SMS memori mampu menampung 200 entri.

Sebagaimana ponsel Samsung lainnya, akses internet merupakan keunggulan sendiri buat ponsel ini. Ini telah dibuktikan saat Selular browsing internet via GPRS, kehandalan internet juga tidak hanya ditentukan oleh kelas GPRS, ponsel ini juga menggunakan WAP browser versi 2.0. Mudahnya lagi para pengguna ponsel ini tidak perlu repot-repot melakukan setting proxy, sebab setiap ponsel yang dibeli telah di inject dengan data-data proxy. Anda hanya tinggal memindahkan layanan GPRS antar operator yang terdapat di menu Fun Box.
Namun banyak disayangkan bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan perangkat teknologi transfer data, seperti bluetooth dan infrared. Paling tidak seharusnya innfrared dibenamkan untuk SGH-X100, melihat seri sebelumnya SGH-C100 dilengkapi dengan infrared. Secara umum menu yang ditampilkan pada SGH-X100 sama saja dengan seri Samung pada umumnya.

Performa
Tidak ada yang perlu diragukan dari ponsel ini, hanya saja terdapat kesan Samsung Mobile tangung-tanggung dalam membenamkan fitur di SGH-X100. Apalagi saat ini vendor-vendor umumnya jor-joran dalam meluncurkan ponsel berkategori mid high dengan fitur lengkap. Kapasitas phonebook yang besar dinilai menjadi daya tarik tersendiri buat ponsel ini. Apalagi total 9,4 megabit menadi daya tarik tersendiri. Dalam menu send and receive MMS mampu dikirim maksimum hingga 60 kilobit per pesan.

Penggunaan layar berjenis STN sendiri sebenarnya sudah agak jarang dipergunakan oleh seri ponsel Samsung. Umumnya dominan digunakan layar berjenis TFT (Thin film transistor), TFD (Thin film dioda), dan UFB (Ultra fine bright). Dengan jenis STN komposisi energi yang diperlukan cukup rendah sehingga hemat energi dibanding teknologi LCD lain.

Dalam pengujian incoming maupun outgoing voice ponsel yang dilakukan di kawasan pusat kota Jakarta, tidak ditemui kendala sama sekali. Dan dilakukan menggunakan subscriber dari empat operator GSM di tanah air. Ponsel ini ditenagai oleh baterai lithium ion dengan kapasitas 900 mAh. Kapasitas 900 mAh sendiri tergolong cukup besar untuk ponsel sekelasnya, dari situ dapat dihasilkan waktu siaga hingga 200 jam, dan waktu bicara hingga 3,5 jam.


Spesifikasi

Harga Rp 1.750.000,-
Layar Color LCD STN 65 ribu warna
Ukuran 110 x 46 23 mm
Berat 85 gram
Waktu bicara/siaga 3,5 jam / 200 jam
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Phonebook 1000
Kemampuan download Ya, Java
GPRS Ya, kelas 10
WAP versi 2.0
Game Ya, Java
Nada dering polifonik
Kamera Tidak
Fitur Calendar, Voice memo, To do list, T9, Currency converter, Media box

(Jan04)

Tidak ada komentar: