25 Mar 2008

Panasonic G60






Ponsel Multimedia yang Kreatif




Tahun ini merupakan momen kebangkitan bagi ponsel Panasonic. Setelah beberapa bulan lalu memukau dengan peluncuran tiga seri ponsel sekaligus (GD55/GD68/GD88), kini dalam waktu dekat keluarga ponsel Panasonic akan meluncurkan seri terbarunya Panasonic G60. Ponsel ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari GD68 yang telah dipasarkan saat ini. Konsep pengembangan G60 didasarkan pada ide penciptaan ponsel multimedia yang mengedepankan sisi gaya (fashionable), serupa dengan konsep yang juga diterapkan pada GD68 pada waktu lalu.

Panasonic G60 pertama kali diperkenalkan pada event pameran CeBIT di Prancis pada bulan Maret lalu. Jadi memang merupakan pengembangan dari ponsel generasi terbaru Panasonic. Ini terbukti dari konsep transparent back cover atau cover bening yang memang menjadi ciri khas ponsel Panasonic GD68. Ide pengembangan beberapa seri hampir semuanya diilhami oleh desain dan rancangan seri-seri terdahulu. Jika G60 hasil pengembangan GD68, maka seri terbaru lain G50 merupakan pengembangan GD55, dan seri X70 hasil pengembangan lebih lanjut dari seri GD88.

Selain mengedepankan unsur multimedia, transparent back cover atau Image In menjadi andalan tersendiri bagi ponsel ini. Dengan konsep Image In Anda dapat dengan leluasa mengkreasikan ponsel dengan aneka gambar dan foto kesukaan. Ide ini dikemudian hari dicontoh pula oleh Nokia 2100. Walau dirancang sebagai ponsel gaya, kelengkapan fitur pada G60 mencerminkan sebagai ponsel kelas high end. Deretan fitur yang menjadi unggulan ialah GPRS (General Packet Radio Service) berikut MMS (Multimedia Messaging Service), optional camera, dan layar LCD 4096 warna. Dengan kelengkapan tersebut Panasonic G60 akan menjadi lawan serius bagi ponsel multimedia yang fashionable seperti contohnya Nokia 7210/7250.

Tampilan
Pada dasarnya G60 di desain dengan konsep futuristik, terbukti dari balutan corak alumunium (cermin) yang membungkus badan ponsel. Sehingga lewat beberapa sudut pada ponsel dapat dijadikan cermin kecil. Soal ukuran sudah pasti ponsel ini tahu benar dengan taste orang Asia, tidak terlalu besar dan nyaman dalam genggaman. Ponsel asal negeri Sakura ini memiliki dimensi 104 x 47 19 mm, sedikit lebih kecil dari saudara tua nya GD68 yang berdimensi 109 x 45 20 mm. Soal berat G60 memiliki bobot 87 gram, lebih berat dibanding GD68 yang hanya berbobot 81 gram.

Dengan layar STN (Super Twisted Newmatic) 4096 warna penampilan layar cukup baik, paling tidak mampu disejajarkan teknologi layar warna kelas ponsel Nokia seri 72. Visualisasi gambar cukup nyaman dilihat untuk kelas ponsel berkat ukuran layar 31,5 x 31,5 mm. Dalam satu tampilan display mampu memuat 5 baris tulisan latin, dimana satu barisnya memuat total 16 karakter. Layar ini mempunyai ketajaman 128 x 128 piksel, dimana semakin besar piksel akan mempengaruhi kejernihan suatu gambar. Penampilan layar ponsel ini cukup indah berkat aneka 10 wallpaper yang cukup menarik, tidak itu saja G60 memiliki 3 animasi (screen saver) yang menantang, seperti tampilan balap mobil F1.

Desain keypad bercorak flat sehingga sangat nyaman dioperasikan oleh jemari tangan. Untuk navigasi menu G60 menggunakan tombol empat arah, dimana bagian tengah berfungsi untuk push menu. Tidak terlalu banyak corak yang terdapat pada badan ponsel, hanya disisi kanan ponsel terdapat handsfree connector. Sedang dibagian belakang lubang buzzer terlihat cukup besar, menjadikan suara (nada dering) polifonik yang dihasilkan cukup jernih. Ponsel ini paling tidak untuk pasaran luar negeri ditawarkan dalam dua warna, biru dan abu-abu. Sedang untuk pasaran di Indonesia hanya dijual yang berwarna abu-abu.

Fitur
Ponsel modis ini memiliki kehandalan dalam fitur yang ditawarkan, seperti GPRS menggunakan kelas 8 (4 downlink dan 1 uplink) serta MMS yang dapat memadukan aplikasi pesan teks, suara, dan animasi. Sebagaimana ponsel multimedia lain G60 juga mampu ditambahkan fungsi kamera (camera optinonal), hanya sedikit disayangkan jenis kamera untuk G60 tidak turut dipasarkan di Indonesia. Sebagai back up akses internet ponsel ini juga ditunjang WAP (wireless access protocol) versi 1.2.1. Kemampuan format gambar pun dapat disesuaikan dalam beberapa jenis seperti JPEG, Bitmap, WBMP, GIF87a, GIF89a dan PNG. Khusus untuk format JPEG dapat dapat ditampung dalam media folder yang berkapasitas 576 kilobit.

Tidak hanya desain cover yang dapat disesuaikan dengan selera pribadi, G60 juga memiliki menu customized, melalui menu ini dapat dilakukan editing pada jenis nada dering, alarm, keypad tone, dan warning tone. G60 dilengkapi dengan 20 nada dering polifonik, ditambah lagi kemampuan melody composer siap memenuhi kebutuhan pribadi. Format melodi yang dapat diterima ialah AMR, iMelody, MIDI, dan SP-MIDI. Secara umum G60 memiliki deretan menu utama mencakup my phone, phonebook, games, browser, key guard, messages, phone setting, dan application.

Melalui menu message dapat dikresikan tipe pesan yang akan dikirim, melalui SMS atau EMS dan MMS. Untuk MMS dapat dipilih insert media yang didalamnya terdapat koleksi berbagai macam picture, animasi, dan melodi. Fitur lain yang terdapat pada ponsel ini seperti voice memo yang mampu merekam saat terjadi pembicaraan di telepon selama 16 detik, kemudahan dalam proses copy entries, baik dari kartu SIM ke phonebook, dan dari phonebook ke kartu SIM. G60 sendiri memiliki kapasitas memori phonebook sebanyak 200 entry name, sebenarnya akan lebih lengkap lagi jika ponsel ini dilengkapi infrared port sehingga dapat melakukan transfer dengan lebih mudah. Untuk layanan bahasa, ponsel yang rencananya akan diluncurkan bulan September ini tersedia dalam menu bahasa Indonesia, Malaysia, Vietnam, Inggris, dan Automatic.

Untuk akses browser internet digunakan dua bearer (GPRS dan CSD) dimana untuk settingnya tidak terlalu berbeda jauh dengan seri-seri Panasonic terdahulu. Untuk jenis game rencananya hanya akan ditawarkan satu jenis yakni permainan kartu Black Jack. Akan tetapi jangan kuatir Panasonic telah memiliki situs download gratis, baik melalui WAP dan website. Seperti Panasonic G60 ditawarkan dalam dual mode GSM, untuk kawasan Asia Pasifik GSM 900/1800 Mhz dan untuk pasaran Amerika Serikat GSM 850/1900 Mhz.

Performa
Sebagai produk baru yang akan diluncurkan ke pasar luas, sudah barang tentu kualitas menjadi perhatian utama. Saat prototip nya dicoba Selular tidak ditemukan masalah sama sekali dalam melakukan panggilan dan penerimaan voice, begitupun akses data berupa browsing internet lewat GPRS sangat lancar, walau tentu tergantung kondisi jaringan dan operator yang bersangkutan.

Untuk menunjang performa ponsel ini dilkengkapi baterai Lithium Ion 740mAh, yang memiliki waktu bicara hingga 5 jam, serta waktu siaga hingga 250 jam. Waktu charging yang dibutuhkan sekitar 110 menit setaip kali pengisian baterai. Untuk menghemat power consumption dapat diatur melalui menu contrast, apalagi teknologi layar STN terkenal cukup hemat bagi kelas ponsel warna.

Spesifikasi
Harga Rp 2 jutaan
Ukuran 104 x 49 x 19 mm
Berat 87 gram
Layar STN 4096 warna
Waktu bicara/siaga hingga 5 jam/ hingga 250 jam
Baterai 740 lithium ion
Jaringan Dual band GSM 900/1800 Mhz
Phonebook 200
Kemampuan download ya
GPRS ya, kelas 8
WAP 1.2.1
Games ya
Fitur MMS, EMS, 20 polifonik, T9 text input, calculator, scheduler, dll.

Tidak ada komentar: