19 Mar 2008

Samsung SGH-i700



















Smartphone Pertama dengan Layar Putar


Produk smartphone Samsung memang sudah banyak beredar di pasaran luar negeri. Namun di Indonesia belum satupun yang diluncurkan secara resmi. Padahal para pecinta ponsel Samsung di tanah air sudah medambakan kehadiran generasi smartphone dari Korea Selatan ini. Alhasil beberapa smartphone sempat dijual lewat garansi tidak resmi ATPM (agen tunggal pemegang merek). Untuk antisipasi pemasaran, kali ini PT. Samsung Electronics Indoneseia (SEIN) menghadirkan seri SGH-i700.

Seri SGH-i700 merupakan varian kembar dari SCH-i700, keduanya hanya dibedakan dalam penggunaan jaringannya saja. SGH-i700 mempergunakan frekuensi GSM (global system for mobile communications) triple band. SGH-i700 layak mendapat gelar sebagai smartphone sebab mengadopsi sistem operasi Windows Mobile 2003 untuk Pocket PC Phone Edition. Dari sini banyak yang menyebutkan lebih tepat jika SGH-i700 disebut sebagai PDA phone, sebab bentuk dan fitur nya lebih mencirikan PDA (personal digital assistant). Namun karena Samsung Mobile awalnya berangkat sebagai produsen ponsel, maka SGH-i700 masuk dalam kategori smartphone.

Tampilan
Desain

Dilihat secara keseluruhan desain SGH-i700 tidak berbeda jauh dari piranti PDA Pocket PC lain nya. Dimensi yang dimiliki SGH-i700 adalah 132 x 70 x 16 mm dengan berat 195 gram. Sedikit lebih besar dibanding PDA phone O2 XdaII yang berdimensi 130 x 70 x 16 mm dengan berat 190 gram. Balutan warna yang mengelilingi SGH-i700 penuh dengan warna silver, khas standar warna PDA phone pada umumnya. SGH-i700 menggunakan jenis antena eksternal dengan panjang sekitar 2 cm. Jika dilihat lebih dalam, desain antena SGH-i700 sangat mirip dengan seri SGH-D410 (siding phone), semakin mirip SGH-i700 dilengkapi pula rotating camera.

Pada bagian depan, dibawah layar terletak tombol navigasi empat arah, tombol panggil/batalkan telepon dan dua tombol softkey. Tombol sofkey ini fungsi dapat disesuaikan untuk akses cepat menuju menu pilihat (shortcut). Masih dibawah tombol navigasi terdapat dua tombol guna akses WAP (wireless access protocol) dan menu message. Selanjutnya di sisi kiri badan ponsel terdapat tombol akses langsung ke menu phone, dan tombol bright layar. Pada sisi kanan badan ponsel terdapat headset jackl, tombol voice recording, tombol pengatur volume dan slot untuk SD (secure digital) card. Sedangkan tepat dibagian atas terdapat infrared port, tidak jauh letaknya, tepat dibawah antena terdapat service light.

Layar
Seperti pada umumnya PDA phone lainnya, SGH-i700 dilengkapi dengan layar sentuh (touchscreen) berdimensi 74 x 55 mm (7 inchi). Lewat layar yang cukup ‘besar’ ini penggunaan fasilitas menu dapat dengan nyaman digunakan. Tentu saja dengan ditunjang stylus pen yang built in terletak di samping kiri bawah badan ponsel. Kekuatan resolusi layar adalah 240 x 320 pixels dengan kedalaman 65 ribu warna berteknologi TFT (thin film transistor). Jenis resolusi dan teknologi layar yang digunakan serupa dengan yang terdapat pada O2 XdaII.

Fitur Kamera
Kamera dengan desain putar (rotating)menjadikan SGH-i700 memiliki ciri khas tersendiri. Rata-rata jenis kamera yang terdapat pada PDA phone saat ini terlertak di bagian belakang, tentunya dengan fokus sudut tetap. Desain kamera putar nya pun mirip dengan SGH-D410 dengan sudut putar 180 derajat. Resolusi lensa kamera nya adalah 640 x 480 pixles dengan teknologi VGA (video graphic array). Fungsi kamera juga dilengkapi zoom hingga 10x pembesaran dan brigtness. Tidak ketinggalan ada juga tombol pembalik gambar dan self timer. Kemampuan kamera mecakup capture setting untuk kondisi indoor/outsoor/night dan auto.

Akses Internet
Kelancaran akses internet diitunjang dengan GPRS (geral packet radio services) kelas 10 (4 downlink + 2 uplink), berikut WAP browser 2.0. Fitur yang terlibat dalam akses internet termasuk pula kelengkapan MMS (multimedia messaging service). Kelancaran akses internet di dalam smartphone ini banyak ditunjang oleh berbagai fitur. Diantaranya seperti internet explorer, mobile messaging, akses langsung WAP dan MSN messanger. Saat dilakukan uji coba ke situs yahoo, terbukti akselerasi internet cukup memuaskan, tidak sampai hitungan 3 detik menu utama yahoo sudah muncul. Lewat internet explorer pencitraan gambar dapat diwujudkan dalam format xHTML (extend Hyper Markup Language)

Memori
Jumlah memori yang dapat digunakan adalah 64 Mb yang di sharing untuk kebutuhan phonebook, clandar, messages, images dan aplikasi Total keseluruhan memori 128 Mb, terdiri dari 64 Mb RAM dan 64 Mb ROM. Kapasitas ini serupa dengan yang terdapat pada O2 XdaII. Jika kapasitas memori built in dirasa tidak mencukup lagi, maka SGH-i700 juga menyediakan slot memori ekternal untuk SD card dan MMC. Sistem prosesor SGH-i700 mempergunakan jenis Intel PXA255 CPU dengan kecepatan 400 MHz.

Konektivitas
Dalam mendukung konektivitas data nirkabel tersedia pilihan moda infrared port. Koneksi infrared dapat lancar digunakan antar PDA maupun ke merek-merek ponsel yang berbeda. Sedang untuk bluetooth tidak tersedia secara built in, melainkan masih harus memakai perangkat tambahan. Dalam paket penjulan juga tersedia cradle dan kabel data, sehingga Anda dapat mengerimkan data lewat USB port.

Entertainment
Dengan mengadopsi sistem Windows Mobile sangat banyak aplikasi entertaimnet yang dapat dinikmati. Diantara yang menonjol adalah Windows Media Player, MPEG4, MP3 player, dan dua buah game embedded, jawbreaker dan solitaire. Adanya menu MSN Messanger juga dapat memudahkan Anda secara cepat untuk melakukan chatting. Selain juga dukungan fasilitas email client. Tidak ketinggalan fasilitas standar nada dering polifonik 40 cord.

Performa
SGH-i700 bisa disebut sebagai salah satu smartphone yang handal. Ini dapat dilihat dari akselerasi start up dan akselerasi perpindahan menu yang sangat cepat. Bagi penggunaan internet pun akan merasakan kepuasan tersendiri, oleh karena Anda tidak memerlukan setting GPRS tersendiri. SGH-i700 dalam versi uji cobanya sudah dilengkapi inject proxy operator GPRS lokal. Sebagaimana PDA phone lain, SGH-i700 juga menyediakan moda flight mode. Sebelum ponsel digunakan akan terdapat pilihan poengaktifan menu ini. Jika flight mode diaktfikan maka fungsi selular akan mati, sehingga SGH-i700 aman digunakan di dalam pesawat.

Smartphone ini ditenagai oleh baterai lithium Ion berkapasitas 1100 mAh. Secara teori baterai ini mampu menghasilkan waktu bicara hingga 3 jam dan waktu siaga hingga 100 jam. Walau dalam pengujian performa waktu siaga yang didapat tidak dapat mencapai angka 100 jam. Ini bisa terjadi karena pola pemakaian fitur yang berbeda. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang sangat baik, SGH-i700 dilenghkapi fasilitas EFR (enhanced full rate). Terlebih lagi SGH-i700 memiliki speakerphone yang cukup besar pada bagian belakang ponsel. Hanya saja hadirnya antena eksternal sedikit disayangkan, sebab sedikit banyak dapat mengganggu kenyamanan dalam penggunaan.

Spesifikasi
Harga : -
Layar LCD TFT 65 ribu warna
Ukuran 132 x 70 x 16 mm
Berat 195 gram
Waktu bicara / Waktu Siaga Hingga 3 jam / Hingga 100 jam
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook Dinamis
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Nada dering Polifonik 40 cord
Kamera Ya, built in
Fitur SMS, MMS, email client, MSN messanger, MPEG4, voice dialing, voice recorder, Microsoft Office, timer, alarm, organiser, calculator, dll.

(Mar05)

Tidak ada komentar: