26 Mar 2008

Panasonic G70






Paduan Kecantikan dan Teknologi

Tren mode dan fesyen tak akan lekang ditelan jaman, malah unsur mode dan fesyen kian terasa lekat pada unsur komponen teknologi. Setelah Samsung yang berani mempopulerkan ponsel berciri wanita, diikuti seri ponsel fesyen Xelibri kini giliran vendor Panasonic meluncurkan ponsel yang benar-benar berkarakter wanita. Panasonic G70 tidak hanya menawarkan ciri wanita pada fiturnya, melainkan desain secara keseluruhan begitu dekat dengan nuansa keseharian para wanita.


Hampir dipastikan kehadiran Panasonic G70 diilhami oleh kebutuhan para wanita akan ponsel fesyen. Pendekatan yang sangat mencolok kali ini dilihat dari desain G70 yang benar-benar mirip wadah compact powder. Ini mencerminkan suatu konsep desain yang revolusioner dalam rancang bangun ponsel. Dalam kategori ponsel wanita, Panasonic G70 boleh dibilang sangat menarik, dan terbukti cukup banyak publik yang dibuat penasaran oleh ponsel ini. Apalagi Panasonic Mobile telah memperkenalkan G70 jauh-jauh hari lewat penayangan iklan di media cetak dan elektronik. Padahal sang ponsel belum resmi beredar di pasar.

Kedepan kategori ponsel wanita atau lebih dikenal sebagai fashion phone bakal semakin ramai di pasar. Fitur dan desain yang ditawarkan kian atraktif menggoda. Tercatat sampai saat ini beberapa vendor telah cukup berhasil memperkenalkan fashion phone, diantara yang terkenal Nokia 8310/3200, seri ponsel Vertu, Samsung SGH-A400/SGH-T500, dan terbaru rangkaian ponsel Xelbri. Diperkirakan G70 bakal menjadi lawan berat untuk Xelbri Mirrored seri 6 yang belum dipasarkan di Indonesia, sebab sama-sama berdesain compact powder yang dilengkapi layar warna, plus layar cermin.

Tampilan
Jujurlah bahwa saat pertama kali memandang G70 pasti Anda mengira produk ini bukanlah sebuah ponsel. “Bentuknya aneh..” merupakan lontaran bagi banyak orang untuk ponsel asal Jepang ini. Dengan berbentuk wadah compact powder sudah pasti G70 menggunakan konsep clamshell. Uniknya selain berdesain bulat murni, G70 juga dilengkapi antena ekternal. Tetapi bukan sembarang antena, desain antena dibuat lain dari yang lain, berbentuk mirip kerucut tanpa meningggalkan kesan streamline.

Warna dasar yang melengkapi ponsel ialah silver, yang membungkus hampir sebagian besar komponen body depan dan belakang. Untuk mempercantik tampilan, pada bagian front cover ditampilkan ornamen bingkai yang mengitari LCD bagian luar. Untuk ornamen bingkai terdapat dua pilihan warna yakni merah dan biru. Kesan luxurious semakin terasa dengan adanya 4 cubic zirconia. Masih ada lagi lampu LED yang terdapat di bawah LCD selalu memancarkan warna kerlap kerlip saat ponsel aktif.

Ponsel ini dilengkapi dengan dual color LCD, dimana untuk LCD bagian luar menggunakan jenis layar gray monochrome. Sedang LCD bagian dalam menggunakan jenis layar STN 4096 warna dengan resolusi 128 x 96 pixels. Keistimewaan terdapat pada LCD bagian dalam dimana fungsi layar ponsel dapat diubah menjadi handy mirror (cermin). Kemampuan ini menjadi standar penting bagi ponsel wanita, tanpa harus repot Anda dapat bercermin di ponsel kesayangan.
Sebagai ponsel wanita kelengkapan yang terdapat di G70 tergolong sederhana dan simple. Untuk koneksi ke handsfree dan baterai hanya menggunakan satu jack. Tidak ada kelengkapan lain seperti infrared port, dan tombol pengatur volume di body ponsel. Untuk memudahkan penggunaan terdapat neckstrep dibagian atas antena, sehingga G70 sangat cocok untuk dijadikan sebuah kalung. Produk baru Panasonic ini memiliki dimensi 88 x 60 x 27 mm, dengan berat 85 gram. Sebagai perbandingan Xelbri 6 berdimensi 83,74 x 75,3 x 25,6 mm.

Fitur
Untuk kelas ponsel wanita, fitur yang terdapat pada G70 sudah dapat diperhitungkan. Diantara yang ditonjolkan ialah color LCD 4096 warna, akses GPRS (General Packet Radio Service), handy mirror, dan bio rhythm calendar. Dipastikan handy mirror dan bio rhythm calendar merrupakan unggulan untuk G70. Bio rhythm calendar mempunyai fungsi untuk mengecek kondisi fisik, mental, dan intelektual. Fitur ini lumayan dapat menjadi rujukan yang berguna saat Anda sedang membutuhkan saran atau masukan.

Cukup mudah untuk menggunakan fitur bio rhythm ini, Anda cukup memasukan data tanggal, bulan, dan tahun lahir. Setelah itu diikuti dengan memasukan data tanggal saat waktu kini berlangsung, maka munculah hasil dalam bentuk kurva berikut penjelasan lengkap perihal informasi fisik, mental, dan intelektual. Sedang deretan menu utama mencakup my phone, phone book, browser, scheduler, messages, phone option, applications, dan records.

Untuk nada dering terdapat 20 nada pilihan dengan format SMAF, ini juga masih ditunjang dengan faslitas 5 melody composer dengan format MMF. Kesan variatif diwakilkan oleh 10 pilihan wallpaper picture, dan 2 animasi khas Panasonic. Warna dasar layar pun dapat dirubah berkat 5 pilihan colour themes. Soal kapasitas data, G70 menyediakan memori SMS sebanyak 50 pesan, dan memori phone book terdapat 250 entry. Sedang panjang karakter untuk SMS maksimum 1520 karakter. Total untuk keperluan data terdapat 249 kilobit memori.

Menyandang gelar ponsel wanita tentu diperlukan fasilitas hiburan, ponsel G70 menyediakan 3 games, diantaranya Puddleland, Quadball, dan Exode. Fitur games dan biorythm calendar terdapat dalam menu applications. Untuk akses data G70 dilengkapi dengan faslitas GPRS kelas 8 (4+1), dan CSD WAP. Untuk setting GPRS dan CSD menggunakan metode inject untuk empat operator GSM (Telkomsel, Satelindo, IM3, dan Excelcom), sehingga memudahkan pengguna untuk akses secara cepat dan mudah. G70 telah dilengkapi dengan layanan bahasa Indonesia, selain bahasa Inggris dan Melayu.

Performa
Biar tergolong ponsel mungil tapi kemampuan jelajahnya dilengkapi frekuansi triband. Desain yang mewah dan mungil membuat ponsel ini cocok untuk dibawa melancong keluar negeri.

(Jan04)

Tidak ada komentar: