18 Mar 2008

Samsung SGH-X120



















Mid Low Dengan Layar OLED


Saat ini tidak ada pilihan buat vendor ponsel untuk mengahdirkan produk bermutu namun tetap dengan harga terjangkau. Seperti tercermin dari hadirnya ponsel mid low yang marak beredar dengan fitur dan fasilitas yang modern. Untuk itu kembali lagi Samsung Mobile memperkenalkan produk ponsel terbaru, yang kali ini disegmenkan untuk kelas mid low. Hingga saat ini Samsung Mobile memiliki banyak pengalama sukses dalam memasarkan ponsel mid low. Beberapa diantara yang sempat laris manis di pasar lokal seperti SGH-N500 dan SGH-N620. Dan generasi baru mid low seperti SGH-C100 dan SGH-X120.

Menurut penuturan pihak Samsung Indonesia, seri SGH-C100 termasuk yang cukup besar peminatnya. Guna meneruskan kejayaan SGH-C100/X100, maka Samsung menghadirkan seri terbaru SGH-X120. Dibanding saudaranya (C100 dan X100), penampilan SGH-X120 menunjukkan kesan yang tidak terlalu berbeda dengan desain candy bar. Begitu pun dalam corak warna yang membalut badan ponsel.

Sebagaimana seri mid low yang lain, SGH-X120 lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kaum muda perkotaan. Ponsel yang hadir tanpa antena ini menurut rencana akan dipasarkan segera di bulan November 2004. Menurut kabar SGH-X120 akan dijual perdana dengan harga dibawah Rp 2 juta.

Tampilan
Jika memperhatikan SGH-X120 akan tampak bahwa ponsel ini dirancang dengan perpaduan antara SGH-X100 dan SGH-C100. Ketiga ponsel sama-sama candy bar tanpa antena. Corak warna yang membalut SGH-X120 nampaknya lebih dominan ke SGH-C100, yang populer dengan warna silver pada bagian depan. SGH-X120 mengadopsi waena silver hingga keseluruh badan ponsel, baik depan dan belakang.

Tampilan layar LCD ponsel ini terbilang cukup menarik. SGH-X120 bisa dikatakan ponsel mid low Samsung pertama yang hadir dengan teknologi layar OLED (organic light emiting diode). Sebelumnya teknologi OLED diterapkan pada layar ponsel SGH-E700 dan SGH-P730. Umumnya layar OLED ditempatkan pada LCD eksternal. Pada SGH-X120 layar OLED dijadikan layar utama dengan resolusi 120 x 120 pixels. Ukuran layar yang dimiliki ponsel ini adalah 27 x 36 mm, terlihat lebih besar jika dibanding ukuran layar SGH-X100 yang berdimensi 30 x 30 mm.

Penggunaan layar OLED memiliki keunggulan dalam pencitraan gambar berkualitas tinggi, walau dilihat dari sudut samping sekalipun. OLED bekerja dengan mereduksi cahaya yang masuk, sehingga lebih nyama dilihat di saat sedang berada di lingkungan outdoor atau saat layar terkena sinar matahari. Berbeda dengan layar TFT yang kemampuan reduksi cahayanya kurang maskimal. Layar OLED di ponsel ini memiliki kedalaman 65 ribu warna yang terliohat cukup jelas dan jernih.

Penempatan fasilitas di sekeliling badan ponsel serupa dengan yang ada di SGH-C100. Pada sisi kanan badan ponsel terdapat tombol volume dan infrared port. Sedang disisi kiri badan ponsel terdapat headset jack, dan dibagian bawah terdapat connector charger. Walau semua nya merupakan fasilitas standar, baik head set jack dan connector charger di rancang khusus dengan penutup yang terintegrasi, menjadikan ponsel ini lebih tahan terhapa kotoran.

SGH-X120 memiliki dimensi 108 x 45 x 16 mm. Lebih ramping dan tipis dibanding SGH-X100 berdimensi 110 x 45 x 19,9 mm, atau SGH-C100 dengan dimensi 111 x 45 x 17 mm. Hanya saja antara SGH-X120 dan SGH-C100 memiliki berat yang sama yakni 76 gram. Rancangan keypad dan fungs penggunan tombol navigasi tidak memiliki perbedaan dari seri-seri sebelumnya. Ponsel ini juga mempunyai lampu LED (service light) untuk indikator panggilan dan waktu siaga. Terdapat tujuh pilihan warna yang berpendar indah. Menurut rilis ponsel ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, diantaranya adalah metalic silver, ice blue, silver gray, dan indogo blue.

Fitur
Fitur yang tedapat di ponsel ini jelas lebih maju ketimbang yang ada di SGH-X100 maupun SGH-C100. Diantaranya fitur MMS dan fasilitas infrared yang tersedia pada SGH-X120. Walau saat ini MMS dan infrared bukanlah sesuatu terlalu menarik perhatian saat ini. Secara umum menu utama yang tersaji mencakup messages, call records, sound setting, phone setting, organiser, network services dan fun box. Samsung tergolong konservatif untuk urusan ini, tidak ada perubahan dalam soal menu. Hanya saja visualisasi menu dalam menu style dapat disesuaikan dalam bentuk cycle (tampilan menu berputar). Sedikit mengingatkan pada menu carousel yang terdapat pada ponsel Philips. Selain itu tampilan lama seperti bar stylle dan page style tetap disediakan.

Akses data internet masih menjagokan GPRS, yang mengadopsi kelas delapan (4 downlink + 1 uplink) dan WAP browser 2.0. Untuk menunjang pengriman data multimedia, kapasitas MMS (multimedia messaging services) yang tersedia mencapai total 1400 Kb. Setiap pengiriman MMS mendapat alokasi maksimum 100 Kb per pesan. Selain itu seperti biasa Samsung selalu menyediakan kapasitas untuk SMSyang tegolong besar, yakni 200 memori SMS. Begitu pula kapasitas phonebook, jika saudaranya SGH-X100 hadir dengan 1000 phonebook, maka SGH-X120 ditawarkan dengan fasilitas 2000 phonebook memori. Tetapi walau phonebook nya multiple entry, tetapi hanya mampu memuat 4 items informasi termasuk alamat email.

Untuk nada deringnya, ponsel ini mempergunakan jenis polifonik 64 cord. Koleksi melodi embedded yang ada mencapai 25 jenis.Ponsel ini tidak bisa melakukan melody composer, tetapi Anda bisa lakukan download. Untuk urusan dowmload nada SGH-X120 menyediakan 716 Kb yang dapat digunakan juga untuk image. Koleksi wallpaper tersedia sebanyak 10 jenis Anda pun bisa mensetting back light sesuai kebutuhan, mulai dari setiap 5 detik hingga maksimum 30 detik sekali.
Guna menunjang entertainment, ponsel ini juga dibenamkan Java Game. Pilihan game embedded mencakup bubble smile, fun2link, mobile chess dan ultimate golf chalange. Lebih dari itu Anda bisa melakukan download hingga maksimum kapasitas game mencapai 512 Kb. Untuk kebutuhan personal seperti perkemman suara, tersedian voice memo hingga durasi 30 detik setiap satu kali rekam. Total Anda dapat merekam hingga lima kali waktu perkeman. Samsung SGH-X120 beroperasi dalam frekuensi dual band GSM (900/1800 Mhz). Dalam versi uji coba nya ponsel ini sudah menggunkan layanan dalam bahasa Indonesia. Selain terdapat bahasa Inggris, Malaysia dan Vietnam.

Performa

Lewat desain yang kompak dan ergonomis ponsel ini mampu membuktikan hadir dengan performa yang memuaskan. Utama nya dapat dilihat dari kehandalan kapasitas baterai lithium ion 830 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 200 jam, dan waktu bicara hingga lebih dari 3 jam. Tergolong cukup awet untuk ukuran ketahanan baterai kelas ponsel mid low saat ini. Hanya saja seri pendahulunya SGH-X100, ternyata memiliki kapasitas baterai lebih besar, yakni 900 mAh. Ini mensiratkan Samsung memang memiliki komitmen dalam soal kehandalan baterai.

Berselancar internet juga tidak menemui hambatan. Seperti biasa Samsung memberikan kemudahan dalam urusan setting. Seperti WAP profile operator yang sudah tersedia dalam sistem inject proxy. Dalam uji coba akselerasi berinternet cukup bagus, walau kendala kadang muncul lebih disebabkan faktor operator selular yang kita pergunakan. Kualitas suara yang dihasilkan untuk incoming dan outgoing call tidak menemui kendala. Hanya saja mungkin akan lebih baik jika ponsel ini dilengkapi fasilitas speaker phone, seperti yang terdapat pada seri SGH-E800.

Salah satu yang menjadi kendala hingga kini, dan belum mampu diatasi adalah kompabilitas fungsi infrared. Seperti pada seri-seri terdahulu, infrared SGH-X120 tidak dapat difungsikan untuk transfer data antar ponsel lain jenis. Untuk kemampuan transfer, SGH-X120 masih mengandalkan kabel data atau infrared untuk dihubungkan ke laptop lewat software Easy GPRS 2.1.9. Sampai saat ini kompabilitas infrared dan ketiadaan bluetooth menjadi salah satu tantangan bagi ponsel Samsung dipasaran.

Spesifikasi
Harga Di bawah Rp 2 juta
Layar OLED LCD 65 ribu warna
Ukuran 108 x 45 x 16 mm
Berat 76 gram
Waktu bicara/Siaga Hingga 200 jam/Hingga 3 jam
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Kemampuan download Ya
Infrared Ya
GPRS Ya, kelas 8
WAP Ya
Game Ya, Java
Nada dering Ya, polifonik 64 cord
Kamera Tidak
Fitur alarm, calendar, time and date, calculator, to do list, voice memo, currency exchange.

(Des04)

Tidak ada komentar: