25 Mar 2008

Samsung SGH-X640





Sporty Clamshell Nan Simpel

Kebutuhan akan ponsel simpel namun mumpuni menjadi tantangan tersendiri bagi vendor ponsel. Sebagai salah satu jawaban, Samsung menghadirkan seri SGH-X640. Ponsel ini termasuk bagian dari rangkaian seri ponsel terbaru Samsung yang diperkenalkan pada event 3GSM Congress bulan Februari lalu. SGH-X640 dirancang dengan konsep sederhana, tanpa ‘beban’ fitur kelas berat. Melihat fitur yang ditawarkan bisa jadi membuat penggemar ponsel Samsung bingung. Pasalnya SGH-X640 dirancang tanpa perbedaan fitur yang berarti dari seri clamshell sebelumnya, seperti SGH-X430 dan X480.

Walau demikian mirip dengan seri sebelumnya, bukan berarti SGH-X640 tampil tanpa ciri pembeda. Semisal front cover yang dirancang cantik lewat perpaduan lensa kamera dan lampu LED dalam list cover berwarna hitam. Situs www.phonescoop malahan menyebutkan ponsel ini sebagai ‘clamshell GSM phone sport camera’. Maklum sekilas dari luar ponsel ini dapat mencitrakan kesan sporty. Hanya sayang tidak ada fitur pendukung untuk keperluan sport, yang mengindikasikan SGH-X640 tidak dirancang sebagai ponsel sport murni.

Tampilan Desain
Tidak ada yang baru dari rancangan clamshell SGH-X640. Jika diperhatikan hanya sedikit perubahan pada front cover lewat pemberian elemen warna hitam. Selebihnya tidak ada penunjuk desain yang khas. Tapi tentu bukan sesuatu yang keliru, jika diperhatikan bahwa ponsel ini disasar untuk kebutuhan bagi pengguna dewasa yang butuh ponsel simpel. Dilihat dari positioning produk, SGH-X640 berada setingkat diatas SGH-X480. Indikasinya dapat dilihat dari hadirnya fasilitas kamera built in dengan sudut fokus tetap.

Masih pada bagian front cover juga tersedia cermin kecil yang berguna saat self portrait. Instrument pendukung di bagian luar ponsel pun hanya terdapat tombol pengatur suara dan headset jack. Walau begitu SGH-X640 dirancang untuk tidak mudah kemasukan debu atau kotoran, dimana penutup headset dan connector battery dibuat tidak mudah lepas dan terintegrasi.

Untuk bagian dalam folder benar-benar tidak ditemukan sesuatu yang spesial, semua konsep tombol navigasi dasn keypad mengacu pada seri-seri standar sebelumnya. Seperti halnya pada seri SGH-E630, fungsi short cut menu tidak disediakan secara dinamis. Seperti tombol navigasi atas untuk kamera, tombol bawah untuk phonebook, tombol kanan nada dering dan tombol kiri untuk akses ke menu message. Dengan tombol tengah sepeti biasa difungsikan untuk akses cepat internet. Secara keseluruhan SGH-X640 memiliki dimensi 87 x 46 x 23 mm dengan berat 85 gram.

Layar
Untuk urusan layar Samsung Mobile mempercayakan teknologi UFB (ultra fine bright) untuk melengkapi SGH-X640. Kedalaman warna yang diadospi adalah 65 ribu warna dengan resolusi 128 x 160 pixels, sedang dimensi layar sendiri sekitar 23 x 35 mm. Dalam versi uji coba terlihat hanya terdapat koleksi wallpaper khas Samsung. Selain SGH-X640, seri sebelumnya SGH-X480 juga mengadopsi teknologi layar UFB. Pencitraan layar dari LCD memang terlihat kurang dibanding layar TFT (thin film taransistor). Hanya saja UFB lebih yang merupakan pengembangan dari teknologi STN (super twisted newmatic) terkenal lebih ‘irit’ energi ketimbang TFT

Fitur Kamera
Boleh saja disebut sebagai ponsel bertampang biasa-biasa, namun demikian fasilitas kamera VGA (video graphic array) tetap diusung. Hanya funsgi kamera hanya dapat dipergunakan untuk keperluan pemotretan. Sedang untuk rekam video tidak bisa dilakukan. Selain mengadopsi setting gambar format VGA, fasilitas setting lain mencakup QVGA, QQVGA dan mobile. Sedang pengaturan kualitas foto dapat disesuaikan mulai dari super fine, normal dan economy. Selain itu fungsi kamera juga dilengkapai pembesaran hingga 4x digital zoom.

Internet
Biar dirancang tanpa kelengkapan fitur mutakhir, buat keperluan akses internet SGH-X640 boleh diacungi jempol. Saat dilakukan pengujian akses selancar internet dapat berlangsung dengan cepat. Seperti masuk ke sistus yahoo.com dan detik.com bisa lansgung masuk ke layar WAP utama tidak sampai hitungan sepuluh detik. Selancar internet bisa berlansgung dengan mudah berkat dukungan setting inject proxy GPRS yang sudah dibemakan pada versi uji coba. SGH-X640 dilengkapi performa GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) ditambah kelengkapan penunjang WAP browser versi 2.0.

Memori dan Games
Seperti yang sudah biasa pada seri-seri Samsung, SGH-X640 dilengkapi memori internal dinamis. Pembagian memori sebagai berikut, untuk kebutuhan MMS (multimedia message service), foto, images dan sound dialokasikan sebesar 6,3 Mb. Jumlah itu ternasuk dipergunkana untuk flash memori. Lalu masih ada lagi memori dengan alokasi tersendiri untuk keperluan Java games MIDP versi 1.0. Jumlah memori mencapai total sekitar 3 Mb. Dalam versi uji coba diketahui terdapat dua jenis permainan, snowball fight dan bubble smile.

Sedang kebutuhan strandar untuk penyimpanan SMS berjumlah 200 entry. Kemudian masih ada multiple phonebook dengan 1000 entry. Untuk urusan kapasitas phonebook, SGH-X480 masih jauh lebih unggul dengan 2000 entry. Hanya saja SGH-X640 memiliki keunggulan lain dengan adanya fitur photo caller ID

Nada dering
Samsung memang tidak pernah mengecewakan untuk urusan nada dering. Dengan mengadaptasi format nada mmf SGH-X640 mampu mendendangkan nada dering dengan kualitas prima. Nada dering polifonik 40 cord dilengkapi dengan 30 koleksi sound embedded. Samsung Mobile sepertinya memang merancang polifonik 40 cord bagi ponsel-ponsel clamshell dan candy bar dengan segmen middle low. Sebut sja SGH-E330/X480/X460 dan C200. Sedang segmen middle high dan high end diberikan standar polifonik 64 cord.

Speaker Phone dan Voice Clarity
Dalam release yang dikeluarkan, speaker phone dan voice clarity merupakan fitur andalan yang diunggulkan. Untuk kategori middle low SGH-X640 menjadi salah satu yang pertama menerapkan dua fitur tadi. Untuk speaker phone dapat difungsikan saat komunikasi sedang berlangsung. Sedang voice clarity dapat difungsikan dengan mengaktifkan melalui menu phone setting. Dengan voice clarity menjadikan SGH-X640 sejajar dengan seri-seri SGH-E630/E720 dan D500.

Organizer
Organizer menjadi menu yang wajib hadir pada setiap ponsel. Begitu pula Samsung punya gaya tersendiri dalam merancang organizer. Untuk SGH-X640 memang tidak ada yang baru untuk content organizer. Namun untuk mengingatkan organizer ponsel ini dilengkapi dengan new memo, calndar, multiple alarm, timer, conversion dan stopwartch. Tidak ketinggalan terdapat pula voice recorder dengan limit MMS. Voice recorder memang bukan fitur baru lagi, tapi SGH-X640 menyiapkan setting voice recorder dengan limit MMS dan normal.

Performa
Melihat fasilitas dan fitur ponsel, memang sangat pas bagi kebutuhan kawula mudan dan dewasa yang ingin ponsel clamshell multimedia tapi sederhana. Saat pengujian kehandalan tidak hanya terlihat dari akselerasi GPRS, tapi panggilan dan juga penerimaan suara bisa berlangsung dengan prima. Apalagi voice clarity terbukti sangat bermanfat menambah kehandalan kualitas penerimaan di kala sedang berada di lingkungan bising.

Samsung SGH-X640 ditenagai baterai lithium Ion berkapasitas 800 mAh. Serupa dengan kapasitas yang digunakan pada seri SGH-X480. Dari kapasitas tersebut didapat waktu bicara hingga 3,5 jam dan waktu siaga hingga 250 jam. Dalam pengujian pun terlihat ‘keawetan’ baterai, setelah diaktifkan 2 hari non stop indikator baterai tidak berkurang satu pun. Selain pemanfaatan layar UFB, penggunaan layar tunggal juga berperan berarti dalam pengehematan konsumsi baterai. Ponsel dengan kemampuan triple band GSM ini sayang sekali tidak dilengkapi koneksi infrared. Pengaturan service light (LED) sebagai pilihan variasi juga disayangkan hanya tersedia dengan satu jenis saja.

Spesifikasi
Harga Rp
Layar UFB 65 ribu warna
Dimensi 87 x 46 x 23 mm
Berat 85 gram
Waktu Bicara / Siaga 2,5 jam / 250 jam
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook 1000
GPRS Ya, kelas 10
Infrared Tidak
WAP Ya, versi 2.0
Game Ya, Java
Nada dering Polifonik, 40 cord
Kamera Ya, built in
Fitur Lainnya long SMS, alarm time, voice recorder, T9 text input, dll.

(Mei05)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

dimana saya bisa mendapati kabel film dan tulang + cover asli nya ? berhubung HP saya x 640 ini paling simple dan punya kenangan khusus.


saya berada di medan.plaza ponsel yang terbesar dimedan ini juga tidak ada stok. siapa tau ada yg masih punya stok.


YM saya : pembalap_yamaha