28 Mar 2008

Selancar Internet via Infrared






Kiprah infrared sebagai media transfer data sudah dikenal cukup lama, oleh karena infrared sudah menjadi fasilitas standar bagi ponsel sejak empat tahun lalu. Bahkan kelas ponsel low end sudah jamak melengkapi diri dengan infrared. Salah satu peran penting dari keberadaan infrared yakni sebagai jalur koneksi internet nirkabel antara ponsel yang berperan sebagai modem dan PC (personal computer).

Kini keberadaan infrared sebagai media koneksi modem tetap eksis, walau seiring perkembangan kiprah nya pelan-pelan tergeser oleh bluetooth. Namun demikian infrared punya ‘tempat’tersendiri oleh sebab infrared menjadi alternatif fasilitas yang mudah digunakan dan tentunya pas dengan banyak diadaptasi oleh berbagai segmen produk dari mulai low hingga high end sekalipun.

Khusus untuk koneksi modem infrared hampir setiap vendor punya ciri khas tersendiri dalam melakukan seting. Tidak jarang faktor seting menjadi tantangan terbesar dalam menjalankan koneksi ini. Walau sebuah ponsel dilengkapi kemampuan Internet modem connecetion kadang informasi seting yang diberikan kurang atau bahkan tidak jelas. Lepas dari itu membuka halaman web di PC dengan modem selular misalnya, walau termasuk cepat tapi kurang ekonomis. Sebab bila diperhitungkan membuka satu halaman depan web saja biaya pulsa yang dikeluarkan setara dengan tarif sewa warnet (warung internet) satu jam.

Biarpun dari segi biaya tidak ekonomis, tetap saja selancar internet via infrared bisa menjadi solusi yang menarik di saat mendesak. Misalkan ditengah malam Anda diharuskan melihat informasi gambar di layar internet. Di rumah memang terdapat sambungan telepon, tapi modem fixed line belum Anda beli. Jelas disini elemen modem infared bisa menjadi dewa penolong. Anda cukup membutuhkan ponsel dan PC/laptop saja. Cuma tentu perlu diingat modem lewat infrared bersifat GSP (geser sedikit putus), maklum port to port infrared harus dalam posisi lurus dan sejajar. Berikut ini Selular menghadirkan ilustrasi seting modem infrared untuk ponsel Siemens dan Nokia.

I. Seting Koneksi internet modem Siemens
Hardware : PC Windows XP
Ponsel : Siemens ME45 dan Siemens M65

Langkah-langkah :

Dari sisi ponsel
1. Aktifkan menu GPRS terlebih dahulu di ponsel, tidak lupa tentu dengan pengaktifan fasilitas infared. (Menu > Set up > Connectivity > centang GPRS

Dari Sisi PC
1. Instal modem baru (Tidak memerlukan instal software baru lewat CD, software dapat di detect oleh PC)
- Start > Setting > Control Panel > Phone and modems > Pilih tab modem
- Klik pilihan modem Siemens S45
- Setelah itu pilih advanced masih di halaman phone and modems. Ada pilihan extra setting. Pada pilihan ini Anda harus memasukan extra setting berdasarkan jenis operator selular yang Anda gunakan.
Pelanggan Telkomsel ketik (at+cgdcont=1,ip,”telkomsel”)
Pelanggan XL ketik (at+cgdcont=1,ip,www.xlgprs.net)
Pelanggan IM3 indosat ketik (at+cgdcont=1,ip,www.indosat-m3.net)
Pelanggan Matrix Indosat ketik (at+cgdcont=1,ip,”satelindogprs.com)

2. Setelah melakukan tahap diatas, Anda diharuskan membuka koneksi baru (create new connection).
- Start >Programs > Accessories > Communication > Dial up networking
- Make New Connection
- Setelah itu akan muncul secara langsung mucul pilihan new connection wizard. Berturut turut akan muncul langkah sebagai berikut.
• Pilihan network connection type, klik connect to the internet
• Getting ready, klik set up my connection manually
• Internet connection, klik connect use dial up modem
• Select drive, klik Siemens S45 (COM10)
• Connection name, tulis nama operator yang Anda gunakan
• Connection to Dial, tulis* 99***1#
• Internet account Information, pilihan user name dan password diabaikan saja.
• Finish

Setelah itu akses internet akan tersambung ditandai dengan connection speed dari nama operator Anda gunakan. Langkah berikut Anda bisa langsung menngakses halaman web lewat menu internet explorer. Akses data antara ponsel dan PC sesuai standar menunjukkan angka 115200 bps. Untuk membuka tiga halaman web terbukti sangat menguras pulsa, dari GPRS counter terbaca 527 kbps. Jika diperhitungkan dengan tarif GPRS IM3, maka tarif yang Anda kucurkan adalah Rp 5797,-.

Lain dari itu akses internet yang Anda gunakan juga dipengaruhi oleh performance dari operator selular dan ponsel. Untuk IM3 speed akses rata-rata adalah 57,6 kbps, dan Telkomsel rata-rata 38,4 kbps. Sedang kemampuan ponsel didukung lewat penggunaan kelas dalam GPRS. Seting modem GPRS untuk Siemens memiliki keunikan, sebab tidak diperlukan instal software dari CD dan seting modem tidak berbeda antara seri Siemens seri 45 dan 65. Urutan seting ini juga serupa jika digunkan pada Windows 98.

II. Seting Koneksi internet modem Nokia
Hardware : PC Windows XP
Ponsel : Nokia 6600

Langkah-langkah :

Dari sisi ponsel
1. Pada Nokia 6600 GPRS bersifat always connection, jadi tidak perlu tools untuk mengaktifkan. Menu > Connectivity > Modem connect via infrared. Letakan port infrared ponsel sejajar dengan port PC dalam rentang jarak 5 cm.

Dari sisi PC
1. Lakukan instal software. Kelengkapan software terdapat dalam bentuk CD-ROM yang disertakan dalam paket pembelian. Atau bisa juga anda download di situs www.nokia-asia.com
2. Pastikan link telah terkoneksi antara ponsel dan PC
3. Lakukan updating infrared driver setelah software telah Anda instal.
4. Buka Start > Control Panel > Phone and modem options > Pilih tab modem > Pilih standard modem over IR link > klik propertis
5. Buka hardware update wizared, pilih install from a list or specific location (advanced) > klik Next.
6. Dialog yang muncul kemudian pilihan opsi modem yang Anda gunakan. Pilih Nokia 6600 (IrDA) > klik Next
7. Dalam tahap selanjutnya klik dialog > Continue anyway
8. Klik Finish setelah instalasi selesai Anda lakukan. Klik Ok untuk menutup halaman phone and modem options window. Nokia Modem Option kini berada di list menu control panel.
9. Isi informasi pada Nokia modem option dengan parameter seting dari operator. Seperti alamat access point GPRS.
10. Untuk memulai koneksi baru, Anda juga tetap diperlukan membuat tahapan ‘create new connection’. Kode dial up ke operator adalah * 99***1#

Untuk memulai akses terlebih dahulu Anda harus mengecek performa GPRS di ponsel. Jika kurang yakin Anda bisa gunakan software setting Wizard. Dari segi output speed access, koneksi modem internet lewat Nokia 6600 tidak memiliki perbedaan secara khusus dengan yang dicoba di ponsel Siemens. Software Nokia modem option 6600 ini bisa beroperasi pada Windows98/ME/2000 dan XP.

(Jul05)

Tidak ada komentar: