18 Mar 2008

Samsung SGH-X430



















Desain Minimalis Dengan Fitur Standar


Desain ponsel clamshell memang identik dengan vendor-vendor keluaran Asia. Seperti halnya Samsung Mobile Phone kembali meluncurkan salah satu ponsel terbaru yang berciri clamshell, seperti seri SGH-X430. Ponsel ber desain clamshell umumnya dipandang kebanyakan orang sebagai ponsel yang relatif mewah. Sebab pada awal clamshell diperkenalkan sudah dengan harga premium, walau tidak berlaku untuk semuanya.

Kehadiran Samsung SGH-X430 seolah membalikkan anggapan diatas, ponsel baru dari Korea Selatan ini ditawarkan dengan harga bersaing untuk kelas mid low. Pangsa ponsel kelas mid low sendiri cukup besar di tanah air, dan hampir semua vendor berusaha bersaing di pangsa ini. Beberapa tokoh vendor juga mengakui bahwa menjual produk mid low sangat menggiurkan, sebab memang lebih cepat terjual. Tetapi tidak banyak vendor yang mampu menghadirkan ponsel mid low dengan fitur standar modern saat ini.

Kisah sukses ini pernah diraih oleh Samsung pada seri SGH-C100, yang beberapa waktu lalu
dinobatkan majalah Selular sebagai Best Mid Low Phone 2003. Sukses SGH-C100 nampaknya ingin diulangi oleh Samsung dengan kehadiran SGH-X430.

Tampilan
Samsung Mobile mengambil konsep clamshell yang minimalis untuk SGH-X430, sebab SGH-X430 dirancang dengan ornamen yang sederhana. Tanpa banyak pernak pernik, dan rasanya sesuai bagi Anda yang berkepribadian cool and calm. Rancangan badan SGH-X430 terlihat sangat mirip dengan saudara tuanya, yakni SGH-T400 yang diberi gelar True Color Phone. Cerimin sudut yang kaku menjadi ciri khas, disamping desain antena luar yang setali tiga uang dengan SGH-X400 dan T-400.

Penampilan luar SGH-X430 benar-benar sederhana, tidak terdapat layar LCD sebagaimana seri-seri sebelumnya. Hanya terdapat sebuah lampu LED (service light) yang berfungsi sekaligus sebagai lampu indikator. Walau pancaran cahaya muncul dari tempat yang kencil, tetapi pendaran cahaya tampak sangat menarik oleh paduan warna pelangi yang muncul laksana kilat. Penampilan bagian dalam ponsel terlihat biasa saja, penempatan dan desain keypad tidak terlalu istimewa.

Sebagai ponsel minimaslis SGH-X430 dirancang dengan kokoh. Hal ini tampak terutama dari engsel folder yang kuat, dengan pegangan mantap. Seolah mengingatkan pada seri samsung masa lampau SGH-A100, yang dalam demo nya tahan dibanting. SGH-X430 bergelar Color Phone, dan dilengkapi layar warna standar Samsung 65 ribu warna. Teknologi yang diadaptasi untuk LCD nya memang masih dibawah SGH-T400 (TFT/Thin Film Transistor), sedang SGH-X430 menggunakan layar UFB (Ultra Fine Bright). Kedalaman warna untuk layar nya yakni 128 x 128 pixels, dengan dimensi layar sekitar 35 x 30 mm.

Rancangan sederhana juga diaktualisasikan dari kelengkapan yang terkesan minimal. Semisal di sisi kanan badan folder hanya terdapat ear microphone jack dan tombol pengatur volume. Sedang di sisi kiri badan folder tidak terdapat perangkat penunjang, padahal akan lebih bagus jika dilengkapi dengan infrared port. Secara keseluruhan SGH-X430 mempunyai dimensi 80 x 42 x 20 mm, dengan berat 73 gram. Dengan dimensi dan berat nya, ponsel ini sangat nyaman digenggam. Tersedia dengan pilihan warna pearl white, metalic silver, champagne gold, dan violet.

Fitur
Untuk urusan fitur SGH-X430 juga terkesan minimalis, tapi minimalis sesuai standar ponsel modern. Dimana kelengkapan wajib telah dipenuhi seperti akses GPRS plus MMS (Multimedia Messaging Service), WAP1.2, dan aplikasi Java. Tidak adanya perangkat transfer jarak dekat seperti infrared dan bluetooth sebenarnya cukup disayangkan. Apalagi pada ponsel ini juga tidak tersedia akesoris seperti kabel data. Kapasitas phonebook juga dipersiapkan dengan pemenuhan standar 500 entry, yang bersifat multiple. Sedang untuk kapasitas SMS seperti biasa di seri terdahulu mampu menampung pesan 200 SMS.

Secara keseluran menu utama di ponsel dual band GSM ini mencakup text messages, picture messages, call records, sound settings, phone settings, organiser, network service, dan fun box. Soal nada dering X430 dilengkapi dengan 40 cord polifonik dengan jumlah 25 melodi standar khas ponsel Samsung. Tetapi SGH-X430 tidak memiliki kemampuan melody composer, namun bisa melakukan download nada dering lewat SMS, EMS, dan MMS. Untuk men setting pencahayaan juga terdapat variasi seperti untuk display dan service light.

Game menjadi faktor penting untuk mengisi waktu senggang, seperti biasa terdapat 3 jenis games yang sudah terisntal yakni HoneyBall, HamsterBox, dan Bowling. Jika ingin game lain Anda bisa melakukan download lewat teknologi Java. Sayang pada ponsel yang di uji oleh Selular tidak dilengkapi indikator kapasitas memori untuk data seperti MMS, dan game. Long SMS terbukti sebagai fitur yang digemari oleh pebisnis, untuk itu SGH-X430 dilengkapi long SMS hingga 918 karakter.

Performa
Generasi ponsel Samsung terbaru rata-rata memiliki ketahanan baterai yang cukup baik. Ini disebabkan baterai untuk ponsel Samsung telah menggunakan jenis terbaru seperti lithium ion dan polymer. SGH-X430 sendiri menggunakan baterai jenis lithium ion polymer 3,7 volt berkapasitas 720 mAh. Ini menjadikan SGH-X430 mampu dikebut hingga aktif sampai 260 jam, sedang waktu bicara dapat mencapai 3,5 jam. Kualitas penerimaan dan panggilan suara juga tidak menemui problem sama sekali, dan terbukti benar-benar jernih.

Akses selancar GPRS cukup mudah dilakukan di ponsel ini, dan memang telah menjadi ciri khas tersendiri buat ponsel-ponsel Samsung. GPRS pada SGH-X430 menggunakan kelas 8 ( 4 downlink + 1 uplink). Sistem injeksi proxy mempermudah GPRS tanpa harus melakukan setting. Tersedia channel GPRS untuk Telkomsel, Satelindo. IM3, proXL, dan InTouch. Penggunaan layar UFB memang kalah jernih ketimbang teknologi layar TFT atau TFD, tetapi layar UFB cukup hemat dalam konsumsi energi baterai.


Spesifikasi
Harga Rp 1.895.000,-
Layar Mono LCD UFB 65 ribu warna
Dimensi 80 x 42 x 20 mm
Berat 73 gram
Waktu Bicara/Siaga Hingga 3,5 jam / Hingga 260 jam
Jaringan Dual band GSM (900/1800 GSM)
Phone book 500
Kemampuan download Ya, Java
GPRS Ya, kelas 8
WAP Ya, versi 1,2
Games Ya, 3
Fitur personal organizer, calendar, alarm, currency converter, dll

(Mar04)

Tidak ada komentar: