18 Mar 2008

Samsung SGH-E310














Luar Dalam Berteknologi TFT


Hajatan besar nasional seperti Pemilu nyatanya tidak berpengaruh negatif pada pasar penjualan ponsel di dalam negeri. Buktinya bisa dilihat program peluncuran ponsel terbaru tetap marak dilakukan oleh vendor-vendor. Selain terasa kian gencar dalam launching produk, vendor-vendor pun beradu konsep dalam strategi pengembangan produk mereka. Maklum continuitas merupakan hal penting dalam berbisnis ponsel. Seperti yang dilakukan oleh Samsung Mobile di Indonesia, dalam waktu dekat akan memperkenalkan seri terbaru lagi SGH-E310.

Seperti biasa ponsel SGH-E310 tidak lah terlalu unik dalam soal penampilan. Hampir tidak mencerminkan perbedaan jika melihat deretan ponsel-ponsel clamshell Samsung sebelumnya. Tetapi ponsel baru Samsung ini memiliki keunggulan komparatif dibanding seri-seri sebelumnya. Paling tidak SGH-E310 merupakan ponsel Samsung pertama yang hadir di Indonesia dengan fasilitas photo caller ID. Fasilitas ini memang bukan hal baru buat beberapa ponsel canggih saat ini, tapi memang Samsung baru memulai pada seri ini.

Walau berdesain sederhana, ponsel ini masuk dalam kategori kelas fashion Samsung. Seperti dijelakan dalam majalah Mobile Mode Forward Motion edisi summer 2004 bahwa SGH-E310 merupakan ponsel fashion yang dirancang dengan aero max with great style. Beberapa hal yang menunjang identitas tersebut yakni penggunaan dual color LCD dengan 65 ribu warna. Fasilitas kamera VGA dengan kemampuan rekam video.

Tampilan
Dalam urusan penampilan ponsel ini memiliki karakter desain yang serupa dengan pendahulunya seperti SGH-S300/E100 dan E600. Ini ditandai dengan rancangan sleek , dan terkesan mungil sehingga termasuk dertean ponsel yang memang nyaman digenggam. Walau dikatakan serupa dengan seri pendahulu, tapi tetap saja Samsung memberikan identitas yang khas pada folder depan. Ciri khas terdapat pada penempatan service light atau lampu LED yang berada di sisi kiri dan kanan layar luar. Service light ini dapat di set dengan tujuh pilihan pendaran warna.

Unsur ketajaman pencitraan gambar menjadi keunggulan ponsel satu ini. Setelah SGH-E600, seri SGH-E310 merupakan ponsel kedua dari Samsung yang menerapkan dual layar dengan 65 ribu warna berteknologi TFT (thin film transistor). Perlu diketahui hingga kini baru Samsung yang meluncurkan ponsel layar eksternal dengan kemampuan 65 ribu warna. Layar eksternal selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jaringan, baterai dan caller ID, bisa juga dipergunakan sebagai view finder untuk pemotretan sendiri (self portrait). Pertama kali self portrait diperkenalkan oleh seri SGH-E700 yang hadir tahun lalu.

Untuk mendukung pencitraan yang memadai, SGH-E310 mempunyai layar ekternal dengan ukuran 21 x 15 mm beresolusi 96 x 64 pixels. Sedang layar dalam memiliki ukuran 38 x 30 mm dengan ketajaman resolusi 128 x 160 pixels. Seperti tidak mau meninggalkan kebiasaan lama ponsel Samsung, seri SGH-E310 tetap dilengkapi dengan antena eksternal dengan panjang 20 mm. Pada bagian luar ponsel terdapat beberapa perangkat yang sudah khas seperti tombol pengatur volume, tombol shooter (foto), dan infrared port. Dalam versi jual nya ponsel ini terdia dalam dua warna indigo blue dan deep gray. Secara keseluruhan ponsel seri E ini mempunyai ukuran 83,7 x 46,3 x 23,4 mm dan berat 90 gram.

Fitur
Tampaknya ponsel ini termasuk sebagai ponsel yang simpel dalam penggunaan. Berdesain mungil tetapi mempunyai fitur yang tidak ketinggalan. Walau beberapa orang beranggapan seri ini tidak memiliki perbedaan jauh dengan seri SGH-E600. Dari segi fitur yang ditonjolkan adalah photo caller ID. Dengan photo caller ID memungkinkan pengguna dapat mengetahui wajah sang pemanggil, tidak terbatas hanya pada nama saja. Photo caller ID ini dapat di set ke dalam setiap entry phonebook memori. Jumlah kapasitas phonebook di ponsel ini juga terbilang besar dengan 2000 entry. Sebelumnya seri SGH-A800 juga telah mempergunakan kapasitas memori dengan jumlah yang sama. Seperti biasa kapasitas SMS tersedia hingga 200 pesan, memudahkan kita tanpa harus rajin menghapus pesan yang masuk.

Walau juga bukan cerita baru, Samsung ikut menelorkan kecanggihan kameranya di seri ini. Dengan kamera VGA (video graphic array) SGH-E310 mempunyai kemampuan untuk memotret dan merekam video (video recording) dalam format JPEG. Kapasitas memori memang terbatas, tapi untuk soal storage gambar dan video bersifat dinamis. Untuk memori foto tersedia kapasitas hingga 4096 kb, dan video hingga 2048 kb. Sebagaimana ponsel kamera lainnya, ponsel ini juga memiliki kemampuan zooming (hingga 4x) dan brightness.

Untuk satu kali perekaman video dapat dilakukan durasi 30 detik. Dalam durasi 30 detik video mampu memakan memori hingga 419 kb. Ini masih lebih unggul dari kemampuan satu kali rekam video pada ponsel Nokia 3650/6600 yang hanya dibatasi 10 detik. Faktor kerahasian sangat diutamakan untuk menjamin keamanan data di ponsel. Seperti video album dapat di setting dengan menggukan password. Penggunaan password ini juga sudah diterapkan pada seri SGH-D410. Mungkin jika sistem password ini digunakan, tidak akan terjadi kasus video heboh Sukma Ayu dan Bjah.

Berbagai kelengkapan fitur standar multimedia juga tidak ketinggalan hadir pada ponsel dual band ini. Sudah pasti hadir adalah akses GPRS kelas 8 (4 downlink + 1 uplink), MMS, EMS, WAP 2.0 browser, dan aplikasi Java. Untuk aplikasi Java umumnya dapat dipergunakan untuk download beberapa game, dimana kapasitas memori yang tersedia untuk download game adalah 716 kb. Jenis game embedded yang ada di ponsel adalah bubble smile, fun 2 link, mobile chess, dan ultimate golf challenge. Untuk urusan nada dering memang tidak ada yang istimewa di ponsel ini. Paling tidak terdapat 25 koleksi nada embedded 40 cord dengan nada-nada khas yang terdapat di ponsel-ponsel Samsung sebelumnya.

Fasilitas voice memo menjadi perhatian sendiri. Terbutki tersedia kapasitas memori yang khusus untuk perekaman ini. Untuk satu kali rekam voice tersedia dengan durasi 30 detik, total Anda dapat melakukan perekaman hingga 5 kali, hingga total kapasitas yang dibutuhkan mencapai 100 kb. Berselancar mobile data juga terbukti cukup baik, walau tergantung pula kondisi jaringan operator yang Anda pergunakan. Seperti biasa injecet setting proxy juga sangat membantu, jadi Anda tidak perlu melakukan setting GPRS manual, juga tidak perlu setting over the air (OTA). Semua setting operator lokal sudah tersedia pilihannya di dalam ponsel. Menu layanan bahasa yang sudah tersedia di dalam ponsel adalah Inggris, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan automatic.

Performa
Setiap produk yang akan diluncurkan sudah barang tentu melewati tahap iji coba yang ketat. Begitu pula dengan seri ponsel ini. Tidak ditemukan masalah apa pun dalam penggunaan, walau ponsel yang digunakan Selular adalah versi uji coba (prototip). Akses komunikasi suara baik penerimaan maupun panggilan dapat dilakukan dengan sempurna. Pendaran warna dari service light saat menerima panggilan membuat ponsel ini terkesan meriah dan funky.

Biar berdesain mungil, tapi untuk urusan tenaga ponsel Korea ini terbilang punya energi yang besar. SGH-E310 mempergunakan jenis baterai lithium ion berkapasitas 800 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai kemampuan waktu bicara hingga 4,5 jam, dan waktu siaga hingga 220 jam. Tentunya hasil tadi dapat dicapai tergantung dari cara penggunaan yang efesien. Untuk urusan akses data jarak dekat memang masih menjadi kendala, khususnya akses wireless dimana untuk seri ini masih mengandalkan infrared. Itu pun masih terbatas pada akses sesama ponsel Samsung dan ke PC/laptop. Untuk menjembatani kebutuhan akses transfer data, ponsel ini juga menyediakan perangkat optional seperti kabel data RS232, dan tidak luput dukungan software easy GPRS 2.1.2.

Walau memang tidak terlalu menonjol, tapi jika dicermati ada keunggulan tersendiri dalam soal pencitraan. Terutama bisa dilihat dari kemampuan layar eksternal, memang tidak berukuran besar, tapi teknologi nya sudah mempergunakan jenis TFT. Padahal untuk saat ini masih sangat jarang ponsel clamshell dengan layar eksternal dengan teknologi TFT.

Spesifikasi
Harga Rp 3 jutaan
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Ukuran 83,7 x 46,3 x 23,4 mm
Berat 90 gram
Layar Internal TFT LCD 65 ribu warna
Eksternal TFT LCD 65 ribu warna
Waktu bicara/siaga Hingga 4,5 jam / Hingga 220 jam
Baterai Lithium ion 800 mAh
Phonebook 2000 entry
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 8
WAP 2.0
Games Ya, Java
Fitur lain alarm, calculator, voice memo, calendar, currency exhange, to do list, dll.

(Agus04)

Tidak ada komentar: