19 Mar 2008

Samsung SGH-E720

















Clamshell Pertama dengan Bluetooth


Setahun lalu Samsung Mobile pernah meluncurkan seri ponsel high end SGH-E700 yang cukup laris di pasar. Maklum SGH-E700 waktu itu merupakan ponsel clamshell pertama yang hadir tanpa antena luar. Berangkat dari kisah sukses SGH-E700, Samsung Mobile kembali meluncurkan varian terbaru seri SGH-E720. Konsep rancang bangun SGH-E720 benar-benar mengadopsi pada SGH-E700, hanya SGH-E720 hadir dengan penyempurnaan berbagai fitur dan fasilitas yang signifikan.

SGH-E720 termasuk dalam kelas fashion phone Samsung. Pertama kali diperkenalkan bulan Februari lalu dalam event 3GSM World congress di Cannes, Prancis. SGH-E720 adalah jenis ponsel kedua Samsung yang memiliki fasilitas bluetooth, setelah terlebih dahulu diperkenalkan oleh SGH-D500. Namun SGH-E720 seri Samsung yang pertama memakai bluetooth untuk kelas clamshell.

Tampilan Desain
Aspek desain antara SGH-E720 dan SGH-E700 memiliki platform yang sama persis. Bisa dilihat dari komposisi balutan warna yang dominan biru gelap dengan lis metalik. SGH-E720 dirancang tanpa sudut patah dan badan ponsel dibuat terkesan mengecil kebawah, menjadikan ponsel tanpa antena luar ini telihat ‘manis’ dan sangat nyaman digenggam. SGH-E720 memiliki dimensi 90 x 45 x 23 mm dan berat 90 gram, mutlak serupa dengan dimensi SGH-E700. Untuk keypad dan tombol navigasi terlihat hanya sedikit mengalami modifikasi pada desain, tapi fungsi tetap serupa dengan seri-seri sebelumnya. Setiap tombol, baik kepad dan navigasi empat arah dibuat dengan sangat ergonomis.

Layar
SGH-E720 mengadopsi dual layar LCD, untuk LCD bagian dalam menggunakan teknologi layar TFT (thin film transistor) dengan 262 ribu warna. Layar dalam memiliki dimensi 36 x 28 mm dengan tingkat resolusi 176 x 220 pixels. Sedang LCD bagian luar menggunakan teknologi layar OLED (organic light emitting diode) dengan 65 ribu warna. Layar luar ini memiliki dimensi 20 x 25 mm dengan tingkat resolusi 96 x 96 pixels. Penggunaan teknologi TFT dan OLED juga diterapkan pada seri SGH-E700. Dengan memanfaatkan layar OLED menjadikan ponsel ini memiliki keungggulan dalam pencitraan kualitas tinggi.

Keunggulan layar OLED adalah mampu dilihat dari sudut samping sekaluipun. OLED bekerja dengan mereduksi cahaya yang masuk, sehingga layar tetap terlihat bening walau berada di area outdoor atau saat terkena sinar matahari. Konsep layar OLED 65 ribu warna juga diadopsi oleh SGH-X120. Fungsi layar OLED pada ponsel ini juga sebagai layar cermin interkatif untuk obyek foto (self portrait).

Fitur Kamera
SGH-E720 memiliki keunggulan dengan mengadopsi kamera berkemampuan mega pixels (1152 x 864 pixels). Fungsi kamera dapat berperan untuk pemotretan dan rekam video (MPEG4). Unruk kedua fungsi tersebut memiliki kemampuan hingga 8 x (zoom) pembesaran gambar. Semakin menarik lagi tersedia koleksi efek gambar mulai dari gray scale, negative, sepia, emboss dan antique. Tidak lupa juga kemampuan shooting mode foto dari mulai single/ multi dan mosaic shot. Lensa ponsel mempergunakan fokus tetap.

Lumayan banyak setting yang dapat di create dari kemampuan kamera. Mulai dari size foto, kualitas gambar, screen mode hingga pengaturan timer. Malahan untuk rekam video tersedia record mode, sesuai dengan standar normal dan limit for message. Adanya record mode sangat membantu bagi Anda yang ingin mengirim rekaman hasil video lewat media MMS.

Flash Light
Ponsel ini memiliki dua lampu flash light yang terletak di front folder, tepat di sisi kanan dan kiri lensa kamera. Pengoperasian flash light dapat dilakukan berdasarkan shooting only dan permamnent. Jika di set permanent maka flash light dapat menjalankan peran ibarat senter. Cukup dengan menekan tombol bawah volume flash light akan menyala, ini sangat membantu sebagai penerangan secara terbatas. Hingga saat ini kualitas pancaran cahaya yang dihasilkan merupakan yang terbaik untuk kelas ponsel.

Memori dan Messaging
Dengan desain mungil tentu SGH-E720 kurang sesuai jika harus dilengkapi slot memori tambahan. Namun ponsel ini punya kapasitas memori internal dinamis yang ‘lumayan’ besar. Untuk aplikasi game Java tersedia total 4096 kb dan memori lain untuk images, video, music, sound hingga other files adalah 81920 kb. Secara keseluran, termasuk untuk kebutuhan memori phonebook, calendar dan message mencapai 88 Mb.

Photo caller ID merupakan salah satu kelengkapan lain dari fasilitas phonebook, SGH-E720 dibenamkan 1000 mutiplier phonebook.
Kemampuan messaging mencakup SMS, MMS dan email client. Untuk SMS dapat menampung hingga 200 entry pesan, MMS sendiri tersedia alokasi hingga 3872 kb dan pesan email hingga 3072 kb. Untuk pengiriman SMS juga dirancang untuk long SMS hingga 1836 karakter, berbeda dari seri sebelumnya informasi jumlah karakter ditampilkan pada sisi kanan atas layar.

Konektivitas
Guna menunjang konektivitas tersedia fasilitas bluetooth. Tidak seperti biasa jika ada bluetooth maka infrared pun tidak ketinggalan. Tapi berbeda dengan SGH-E720, ponsel ini tidak memiliki fasilitas infrared. Padahal saudara kembar nya SGH-E700 dibenamkan fasilitas infrared. Saat pengujian kemampuan koneksi bluetooth dapat bekerja secara optimal. Koneksi bluetooth dapat terhubung untuk kirim dan menerima, Vcard, file gambar (JPEG) dan format lagu MP3 ke ponsel Nokia 6600. Begitu pun berkirim file ke laptop juga dapat berjalan tanpa hambatan. Selain kemampuan koneksi nirkabel, SGH-E720 juga memiliki USB port dan Sync ML. Fungsi bluetooth di ponsel ini dirancang untuk koneksi dengan handsfree, seriap port virtual dan dial up modem

Multimedia dan Internet
Unggulan untuk multimedia adalah fitur MP3 player. Kualitas nada MP3 dapat di setting dengan standar 3D sound, equalizer nya pun tersedia pilihan normal, rock, classic dan jazz. Kemudian untuk variasi tampilan layar player terdapat 3 pilihan skin. Format nada MP3 ini juga dapat di set sebagai nada dering, dan format nada dapat dikirim lewat email dan bluetooth. Menikmati lagu MP3 tidak harus masuk lewat menu utama, pada bagian bawah layar ekstenal terdapat tombol akses untuk mengaktifkan MP3 player.
Sedang nada dering polifonik memakai 64 cord polifonik, dalam versi uji coba terlihat ada 20 embedded koleksi nada dering.

Voice recorder tidak ketinggalan menjadi fitur yang menarik, seting voice recorder dapat disesuaikan berdasarkan limit for MMS, limit for email dan maksimum perekaman satu jam. Format nada yang digunkana adalah amr. Untuk kebutuhan hiburan ponsel ini menyediakan 4 games Java embedded yang atraktif, seperti Bobby Carrot, Airship Racing, Arch Angel dan Freekick.

Kemampuan mobile internet ditunjang dengan GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) dan WAP browser 2.0. Dalam uji coba belum terdapat inject proxy operator lokal. Namun setting manual pun tidak begitu sulit dilakukan. Saat pengujian masuk ke situs Yahoo pun dapat diakses dengan relatif cepat.

Performa
Untuk kelas ponsel fashion, fitur dan fasilitas yang ada di SGH-E720 termasuk lengkap. Begitu pun dengan performa yang dihasilkan sama sekali tidak mengecewakan. SGH-E720 ditenagai dengan baterai lithiun Ion berkapasitas 820 mAh. Dari situ dapat dihasilkan waktu siaga hingga 180 jam dan waktu bicara hingga 3 jam. Dalam pengujian, waktu siaga mampu bertahan optimal sampai 3 hari. Hanya saja performa kualitas speaker terasa kurang maksimal, ponsel ini tidak memiliki eksternal speaker. Tapi untung saja SGH-E720 memiliki kemampuan koneksi dengan fasilitas sound mate. Fasilitas optional ini telah diadopsi oleh SGH-D500 dan SGH-E630.

Ponsel yang menggunakan frekuensi GSM triple band ini juga menyediakan fitur yang memiliki performa optimal dalam penggunaan. Sebagai contoh kemampuan alarm dengan setting hingga empat waktu berbeda, converter multi fungsi dan stopwatch yang bisa digunakan dengan empat level waktu stop. Lumayan bermanfaat jika suatu saat harus menjadi juri lomba lari. Waktu charging yang dibutuhkan untuk charging adalah 2 jam.

Spesifikasi
Harga : -
Layar Eksternal TFT LCD 262 ribu warna
Internal OLED LCD 65 ribu warna
Ukuran 90 x 45 x 23 mm
Berat 90 gram
Waktu Bicara / Waktu Siaga Hingga 3 jam / Hingga 180 jam
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Infrared Tidak
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Nada dering Polifonik 64 cord / MP3
Kamera Ya
Fitur Lain world time, alarm, PIM sync, calculator, timer, long SMS, dll

(Apr05)

Tidak ada komentar: