19 Mar 2008

Samsung SGH-N700













Candy Bar dengan Flash Light


Samsung Mobile dewasa ini dikenal orang sebagai vendor yang gemar meluncurkan ponsel dengan ketajaman layar tinggi. Tidak hanya untuk kelas hiigh end, pangsa mid low pun sudah sejak lama telah dibenamkan dengan layar warna. Kini Samsung mencoba membuat gebrakan baru, selain tetap menawarkan varian ponsel mid low dengan layar warna, Samsung mencoba masuk ke kelas low end dengan menawarkan ponsel berlayar monochrom. Produk nya adalah seri SGH-N700, dan merupakan ponsel kedua Samsung dalam kurun 6 bulan yang hadir dengan layar monochrom. Samsung sebelumnya meluncurkan SCH-N356 yang dijual bundle lewat paket Frensip Mobile 8.

Walau wujudnya mencerminkan sebuah ponsel yang sederhana, pihak Samsung tetap mecoba memberikan value added untuk SGH-N700. Tujuan nya agar ponsel ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding ponsel kompetitor sejenis. Buktinya SGH-N700 tetap dibekali fitur GPRS dan phonebook memori 1000 entry. Dan satu lagi, SGH-N700 mempunyai ciri khas dengan adanya built in flash light.


Tampilan
Desain
Jika Anda hanya melihat sekilas, atau dilihat dari jarak agak jauh SGH-N700 lebih tampak seperti sebuah kemasan biskuit batangan. Memang konsep desain SGH-N700 adalah candy bar dengan sudut dirancang kaku antar sisi nya, menjadikan ponsel ini terkesan sebagai produk dengan citra konservatif. Rancangan utama SGH-N700 dan SCH-N356 sangat mirip, bahkan tidak jarang orang mengira SGH-N700 sebagai SCH-N356. Ukuran SGH-N700 adalah 104,6 x 41,6 x 14,2 mm dengan berat 70,6 gram. Bandingkan dengan SCH-N356 yang berukuran 105 x 43 x 13 mm dengan berat 80 gram.

Walau rancangan SGH-N700 dan SCH-N356 serupa, tapi tetap terdapat sedikit ciri yang membedakan. Ini dapat terlihat dari desain tombol navigasi empat arah yang berbentuk bulat. Dibagian tengah tombol navigasi terdapat tombol untuk akses langsung internet. Berbeda dari seri-seri sebelumnya, tombol akses internet juga berperan sebagai tombol cancel. Dapat berguna untuk menghapus teks selagi menulis SMS.

Tidak terdapat sama sekali kesilitan dalam mengoperasikan fungsi tombol di ponsel ini. Rentang antar tuts dirancang dengan jarak yang memadai. Alhasil SGH-N700 sangat pas bagi pengguna ponsel yang mengidamkan ponsel sederhana tanpa pernak-pernik variasi.

Dipslay
Tidak ada yang istimewa dari layar ponsel ini. SGH-N700 menggunakan teknologi layar monochrom (Black and white LCD). Namun seperti halnya SCH-N356, ponsel low end ini menampilkan visualisasi warna orange sebagai latar warna LCD. Ukuran layar nya adalah 30 x 20 mm dengan resolusi 128 x 64 pixels. Variasi untuk screen saver terdapat 4 jenis, ditambah tampilan screen saver berupa digital dan analog clock. Walau sederhana, layar SGH-N700 tetap menyediakan pilihan customized untuk back light dan contrast.

Fitur
Flash Light
SGH-N700 merupakan ponsel low end kedua di Indonesia yang hadir dengan fitur flash light. Sebelumnya hanya Nokia 1100 yang menawarkan flash light. Lampu flash light terletak dibagian atas badan ponsel. Untuk mengoperasikan flash light, tersedian tombol aktif langsung yang terdapat di bagian bawah tombol navigasi. Saat flash light aktif maka pada layar akan muncul logo lampu bohlam yang berpendar. Flash light dapat dimatikan lewat tombol on / off. Pancaran sinar nya cukup membantu dalam jarak dekat.

Messaging
Ada dua sistem messaging yang terdapat di SGH-N700, yakni SMS dan EMS (enhanced messaging services). Kemampuan messaging nya mencakup long SMS, dalam pengetesan terlihat ponsel ini dilkengkapi jumlah karakter SMS hingga 918 karakter. Memori yang dapat ditampung untuk SMS adalah 200 inbox, lebih besar ketimbang SCH-N356 yang hanya memiliki 50 inbox untuk SMS. Selain itu EMS dapat mengirimkan teks dan image hingga maksimum 32,8 Kb per message.

Internet
Walau rancangan nya sederhana dan ditujuakn untuk low end. SGH-N700 memiliki keunggulan dalam akses mobile internet. Ponsel ini dilengkapu GPRS (general packet radio service), namun sayang tidak ada keterangan mengenai kelas GPRS ponsel ini. Selain dengan GPRS, SGH-N700 dilengkapi pula WAP browser cersi 1.2.1. Prosedur setting dapat dilakukan dengan mudah, tidak berbeda dari seri-seri yang lain. Dalam versi komersial nya dikabarkan SGH-N700 akan dilengkapi dengan inject proxy.

Adanya akses mobile internet menjadikan SGH-N700 lebih unggul ketimbang Nokia 1100. Jika dibadingkan dengan SCH-N356 yang berteknologi CDMA pun SGH-N700 masih terlihat lebih unggul. Seperti diketahui ponsel paket Frensip dari Mobile 8 itu tidak dilengkapi dengan aplikasi mobile internet.

Memori dan Games
Selain memori phonebook dan memori SMS, ponsel ini dilengkapi memori tersendiri untuk sound storage hingga 200 Kb. Lepas dari itu terdapat koleksi 25 nada dering polifonik embedded dengan 16 cord. SGH-N700 ditunjang pula dengan dua jenis game embedded, diantaranya adalah Gaza Gaza dan Jump Jump. Untuk keperluan download gambar, ponsel ini mnengalokasikan memori khusus hingga 400 Kb.

Performa
SGH-N700 dapat digolongkan sebagai ponsel yang memiliki daya tahan baterai cukup panjang. Dalam pengujian setidaknya tidak dilihat pengurangan indikator baterai selama tiga hari. Hal tersebut dimungkinkan karena SGH-N700 sangat minim beban aplikasi, ditambah lagi kapasitas baterai yang digunakan adalah Lithium Ion 820 mAh. Dalam penggunaan normal, ponsel ini dapat memiliki waktu bicara hingga 5,5 jam dan waktu siaga hingga 180 jam.

Dalam versi uji coba, ponsel dual band GSM ini belum terdapat pilihan setting layanan bahasa Indonesia. Selain terdapat pilihan layanan bahasa Inggris dan Perancis, cukup unik terdapat pilihan layanan bahasa Swahili (salah satu bahasa di Afrika). Bisa jadi SGH-N700 juga di proyeksikan untuk pasar Afrika. Ponsel cukup nyaman digunbakan, dan sesuai sekali bagi individu yang membutuhkan ponsel mungil berfitur sederhana. Walau demikian Samsung tidak melupakan kebutuhan personalisasi penggunanya. Terlihat di dalam menu organiser dilengkapi dengan multi alarm, calendar, calculator, to do list, time and date.

Spesifikasi
Harga Dibawah Rp 1 juta
Layar Monochrom
Ukuran 104,6 x 41,6 x 14,2 mm
Berat 70,6 gram
Waktu bicara/siaga Hingga 5,5 jam / Hingga 180 jam
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Phonebook 1000
Kemampuan download Ya
Infrared Tidak
WAP Ya, versi 1.2.1
GPRS Ya
Games Ya, 2 embedded
Kamera Tidak
Lainnya sheduler, calendar, short cut, voice mail, alarm, to do list, dll.

(Feb05)

Tidak ada komentar: