31 Mar 2008

Samsung SGH-E530




Ponsel pun Mengerti Wanita

Ponsel dan wanita menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam membentuk elemen keindahan. Untuk itu rasanya tidak aneh bahwa ponsel telah menjadi asesoris penting bagi kaum hawa, khususnya kaum hawa dalam komunitas metropolitan. Selain barang tentu ponsel menjalankan peran dasar sebagai alat komunikasi. Samsung SGH-E530 adalah salah satu ponsel berkarakter wanita yang paling baru dihadirkan di pasar saat ini. Ponsel berdesain clamshell dengan kemampuan kamera megapixel ini juga turut memeriahkan booth Samsung Mobile di ajang Communicasia 2005 bulan Juni lalu di Singapura.

SGH-E530 bisa dibilang ponsel wanita tercanggih yang ada saat ini. Berbagai fasilitas dan fitur yang dibenamkan mencakup akses bluetooth, kamera 1 mega pixel, layar 262 ribu warna, memori internal berkapasitas besar dan masih banyak lainnya. Ponsel termasuk vendor yang konsisten menghadirkan ponsel wanita di tanah air. Sebelumnya Samsung pun sudah memperkenalkan seri SGH-A400 dan T500 yang juga didedikasikan bagi keindahan kaum hawa.

Tampilan Desain
SGH-E530 memang ponsel berdesain clamshell, tapi rancangan ponsel ini belum perbah diterapkan pada jenis ponsel Samsung pada seri terdahulu. Desain SGH-E530 mengambil konsep powder box dengan pilihan warna-warna pastel yang cerah. Secara keseluruhan ponsel ini memiliki dimensi 85,9 x 42,2 x 27 mm dan berat 86 gram. Dengan dimensi dan berat yang dimiliki menjadikan ponsel ini tergolong ponsel yang sangat ergonomis digunakan. Mudah diletakkan dalam saku yang sempit, digenggam pun tak terasa menjadi problem berkat bobot yang ringan. Kenyamanan dalam membuka folder makin terasa berkat adanya bantalan karet yang berguna menahan hentakan bukaan folder.

Display
Ponsel dengan kemampuan mulitmedia ini dilengkapi dual color LCD. Layar bagian dalam mengadopsi jenis layar berteknologi TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 262 ribu warna, serta resolusi 176 x 220 pixel. Layar bagian dalam memiliki dimensi 28 x 3611 mm. Kemudian layar bagian luar mengadopsi standar teknologi OLED (organic light emitting diode) dengan kedalaman 65 ribu warna, serta resolusi 80 x 64 pixel. SGH-E530 kian meramaikan ponsel clamshell Samsung yang mengadopsi OLED, setelah sebelumnya digunkanan pada seri SGH-E720 dan E700. Teknologi OLED cenderung diaplikasikan Samsung sebagai kelengkapan teknologi bagi ponsel high end. Ini disebabkan layar OLED memiliki keunggulan dalam merduksi cahaya luar yang masuk. Beragam fungsi dapat dijalankan pada layar OLED ini, selain sebagai indikator caller ID, layar juga berperan sebagai ‘cermin’ saat melakukan self portait. Indikator MP3 player pun dapat dimonitor dari layar OLED.
Keypad
Konsep keypad juga dirancang benar-benar beda. Walau menyandang ponsel wanita, melihat rancangan keypad dan tombol navigasi sangat kental dengan nuansa sporty. Untuk urusan fungsional tombol tidak mengalami perunahan apa pun. Short cut menu dapat dipilih secara dinamis berdasar pada tombol navigasi empat arah. Keypad angka (0) bisa difugsikan sebagai pengaktif flash light.

Fitur Kamera
SGH-E530 mengadopsi kemampuan kamera 1 mega pixel (1152 x 864 pixel), serupa dengan kemampuan pada seri SGH-E720. Fungsi kamera dapat menjalankan peran pemotretan dan rekam video. Untuk pemotretan seperti biasa Samsung melengkapi ponsel ini dengan aneka efek gambar, timer dan shooting mode. Selain itu pilihan format pemotretan bisa di set dengan ukuran dibawah mega pixel, seperti VGA. Untuk rekam video juga dibekali kemampuan aneka efek, timer dan shooting mode. Pilihan setting dapat dipilih normal dan limit of MMS, sedang ukuran 176 x 144 dan 128 x 96 pixel. Secara umum tidak ada yang istimewa dari kemampuan kamera di ponsel ini. Sebab sudah lumrah diadaptasi pada ponsel-ponsel high end Samsung saat ini.

Womens Life
Womens life adalah kumpulan fitur yang dirancang khusus untuk kebutuhan wanita. Menjadikan SGH-E530 benar-benar mengerti kebutuhan pribadi kaum hawa. Dalam womens life terdiri dari fitur fragrance type, biorhythm, height/weight ratio, calories, pink schedule dan shoping list. Pink schedule berguna untuk mengetahui masa subur dan masa menstruasi, Anda bisa melakukan input berdasarkan waktu terakhir menstruasi. Kemudian biorhythm menampilkan tingkat performa fisik, emotional dan intelektual. Anda dapat melakukan input juga berdasar pada tanggal lahir dan entry tanggal terkini.

Height/weight ratio juga fitur yang manrik, lewat fitur ini anda dapat mengetahui berat dan tinggi yang ideal, kelebihan atau kekurangan berat badan. Sedang calories mengkalkukasi jumlah energi yang diperlukan dalam melakukan aneka aktivitas setiap hari. Juga tak kalah menarik fragrance type yang menyajikan saran-saran untuk tempat melakukan liburan. Uniknya input data dilakukan berdasar pada pertanyaan yang sifat nya lumayan spesifik seperti selera makan, minuman hingga warna favorit.

Memori dan Messaging
Ponsel gaya ini dilengkapi memori internal yang cukup besar dan terbagi-bagi dalam peruntukkan yang berbeda-beda. Semisal 82 Mb dipergunakan untuk sharing images, video, music dan sounds. Lepas dari itu ada 4 Mb untuk alokasi Java games. Alokasi memori bagi messaging juga tak kalah besar. Untuk email dan MMS tersedia 3072 Kb dan SMS memori seperti biasa 200 input. Meski demikian SGH-E530 tidak dilengkapi MMS template seperti yang terdapat pada seri SGH-E730 dan E640. Kapasitas phonebook yang tersedia dengan 1000 multiplier entry, fasilitas phonebook ini semakin optimal berkat adanya fitur photo call.

Multimedia dan Entertainment
Ada beberapa fitur multimedia dan entertainment yang terdapat pada menu aplikasi. MP3 player menjadi yang paling menarik, untuk menikmati nada MP3 Anda bisa mempergunakan speakerphone dan audio headset. Format nada MP3 juga cukup leluasa diaplikasikan, sebab Anda bisa juga mempergunakan melodi MP3 sebagai nada dering, caller ID sound hingga alarm tone. Agar layanan MP3 semakin dinamis, tersedia dua pilihan equalizer. Tidak ketinggalan ponsel ini juga memiliki pemutar video (MPEG4). Kemudian voice recorder turut memperkuat ponsel ini. Tersedia pilihan recording time mulai dari satu menit, satu jam sampai hanya tiga puluh detik.

Kelengkapan entertainment diwakili oleh fitur java world. Dalam versi uji coba diketahui terdapat beberapa pilihan game embedded seperti forgetten warrior, free kick dan arch angel. Selain itu pada menu aplikasi juga terdapat fitur-fitur standar yang memiliki fungsionalitas tinggi. Contohnya alarm, calcularor, world time, multi converter, timer dan stopwatch.

Konektivitas dan Internet
Ponsel dengan rancangan anggun ini pun tidak miskin dalam hal konektivitas, untuk urusan kobektivitas nirkabel sudah tersedia bluetooth. Dimana koneksi bluetooth antar perangkat lewat ponsel ini terbukti cukup bagus. Semisal untuk mentrasfer file sebesar 16 Mb hanya diperlukan waktu sekitar 10 menit. Selain itu terdapat pula koneksi kabel lewat kabel USB. SGH-E530 dilengkapi pula kemampuan sinkronisasi dengan PC, seperti Microsoft Outlook. Urusan internet masih dipercayakan lewat akses GPRS kelas 10 (4 downlik + 2 uplink) plus WAP 2.0 browser. Sistem setting GPRS serupa dengan yang terdapat pada seri SGH-E730 dan E640. Pada versi uji coba GPRS belum dilengkapi inject proxy GPRS operator GSM Indonesia.
Performa
Dapat dikatakan performa ponsel wanita ini cukup bagus, tidak terdapat problem sama sekali. Malah banyak juga berpendapat bahwa ponsel berdesan mantap dan cantik ini sebenarnya lumayan pas juga digunakan oleh kaum pria. SGH-E530 ditenagai oleh baterai jenis lithium Ion dengan kapasitas 820 mAh. Dari kapasitas tersebut mampu dihasilkan waktu siaga hingga 200 jam dan waktu bicara hingga 5 jam. Saat membuka dan menutup folder pun ponsel ini tebilang mantap ketimbang ponsel clamshell lain. Ini berkat adanya bantalan karet yang menahan hentakan bukaan folder. Meski demikian sedikit disayangkan untuk urusan konektivitas akan lebih lengkap jika SGH-E530 turut dibenamkan perangkat infrared. Selain juga ponsel ini hanya mengandalkan frekuensi dual band GSM.

Spesifikasi
Layar Intrernal TFT 262 ribu warna
Eksternal OLED 65 ribu warna
Ukuran 85,9 x 42,2 x 27 mm
Berat 86 gram
Waktu bicara/waktu siaga Hingga 5 jam / Jingga 200 jam
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Phonebook 1000
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Game Ya, Java
Nada dering Ya, polifonik 64 cord dan MP3
Kamera Ya, built in 1 megapixel
Fitur lain file manager, 16 embedded wallpaper, 19 wallpaper cover, email client, PIM sync, timer, dll.

(Agus05)

Tidak ada komentar: