28 Mar 2008

Samsung SGH-E640





Folder Pertama dengan 1,3 Mega Pixels

Tidak sedikit produk ponsel keluaran Samsung Mobile yang dirancang begitu mirip satu sama lain. Dampaknya konsumen bisa jadi bingung menentukan pilihan, oleh karena antar seri begitu mirip dilihat dari fitur dan fasilitas nya. Walau niat vendor tidaklah keliru, yakni memberikan pilihan lebih banyak buat para calon pengguna ponsel. Salah satu rangkaian produk baru yang ditawarkan dengan ciri tersebut adalah Samsung SGH-E640. Ponsel ini termasuk dalam kelas yang ditawarkan untuk segmen high end. Kelengkapan dan fitur yang dipadukan pada SGH-E640 memang mumpuni, walau sudah bukan sesuatu yang baru.

Ponsel ini memiliki keutamaan fitur pada kamera 1,3 mega pixels dan layar 262 ribu warna. Untuk kelas folder Samsung, SGH-E640 adalah seri pertama yang mengadopsi 1,3 mega pixels. Dimana sebelumnya 1,3 mega pixels sudah diperkenalkan lewat seri SGH-D500. Dikabarkan SGH-E640 dirancang untuk dipadukan dipasar bersama seri SGH-E730.

Tampilan Desain
Samsung SGH-E640 masuk dalam golongan kelas ponsel clamshell dengan rancangan paduan desain konservatif. Ini bisa dilihat dari penggunaan dominan warna silver pada seluruh badan ponsel. Begitu pun dengan list serta ornamen sekilas terlihat biasa-biasa saja. Hanya untuk bagian dalam, rancangan keypad terlihat baru. Kali ini corak keypad menggunakan bahan platik transparan. Menjadikan SGH-E640 lebih pas untuk wanita. Beberapa istrumen yang terdapat di bagian luar adalah tombol volume, headset jack dan tombol potret langsung. Secara keseluruhan SGH-E640 memiki ukuran 90 x 45 x 23 dan berat 90 gram. Sama persis dengan ukuran dan berat seri SGH-E730 yang juga di test di edisi ini.

Layar
Mungkin kini sudah saat nya masuk era ponsel dengan layar 262 ribu warna. Seteleh beberapa ponsel high end menerapkan konsep layar ini. Jenis teknologi layar 262 ribu warna SGH-E640 adalah TFT (thin film transistor) pada layar dalam. Untuk layar dalam ini menggunakan resolusi 176 x 220 pixels, dengan ukuran 30 x 37 mm. Sedang layar luar mengadopsi jenis OLED (organic light emitting diode) dengan kedalaman 65 ribu warna. Resolusi layar luar adalah 80 x 64 pixels dengan ukuran 20 x 18 mm. Peran wallpaper menjadi penting untuk menambah variasi. Setidaknya untuk itu SGH-E640 menyediakan setidaknya 13 koleksi wallpaper embedded. Dengan layar OLED selain optimal dalam meredam cahaya masuk, layar OLED juga memungkinkan pengguna dapat melihat layar dalam keadaan jelas pada sudut miring.

Fitur Kamera
Kemampuan kamera 1,3 mega pixels (1280 x 1024 pixels) menjadi tulang punggung kehandalan teknologi SGH-E640. Kemampuan kamera mampu digunakan dalam merekam video dan tentu saja pemotretan. Untuk pemotretan cukup banyak kebisaan yang dilakukan ‘sang kamera’. Bicara shooting mode bisa diset sengle shot, multi shot dan mosaic shot. Begitu pun dengan effeck color dengan konsep baru seperti orange, aqua, red focus dan blue focus. Belum lagi ada koleksi 30 frame, yang bisa Anda siapkan sesaat sebelum melakukan bidikan foto. Selain mengadopsi 1,3 mega pixels, SGH-E640 juga berkemampuan 1 mega pixels (1152 x 864 pixels), VGA, QVGA dan sub QCIF.

Untuk merekam video terdapat dua pilihan setting, berdasar pada konsep normal dengan kualitas gambar fine. Kemudian konsep limit of MMS dengan kualitas gambar economy. Tidak lupa Anda bisa menset rekeman gambar memakai audio atau seballiknya. Ukuran rekam video menggunakan format sub QCIF (128 x 98 pixels) dan QCIF (176 x 144 pixels). Tidak lupa juga fungsi kamera juga didukung keberadaan flash light yang bisa dioperasikan otomatis dan permanent.

Memori
Seperti halnya seri-seri sebelumnya, SGH-E640 mengadopsi kapasitas memori internal dinamis. Dalam versi uji coba ponsel ini memiliki kurang lebih 29 Mb share memori untuk keperluan images, video, music, sounds dan berbagai file lainnya. Kapasitas ini terbilang jauh lebih kecil jika dibanding dengan SGH-D500 yang memori internal nya hingga 80 Mb. Melihat alokasi file berserta beban kapasitas memori cukup mudah berkat adanya file manager yang dijadikan sebagai menu utama. Selain share memori diatas, dukungan kapasitas lain adalah mutiplier phonebook berjumlah 1000 entry berikut photo caller. Untuk SMS kapsitas tersedia mencakup SMS hingga 200 entry.

Multimedia dan Entertainment
Urusan multimedia dan entertainment rasanya cukup mendukung dalam ponsel ini. Sebut saja MP3 player dan MPEG 4 player turut menjadi daya tarik yang diperhitungkan. Untuk menikmati MP3 Anda bisa menggunakan speaker phone langsung atau memakai earphone headset. Koleksi MP3 tidak hanya bisa anda dengarkan sebagai sebuah melodi pengisi waktu luang, format MP3 juga bisa Anda set sebagai sebuah nada dering. Untuk nada dering dalam versi uji coba terdapat 15 koleksi embedded dengan kemampuan 64 cord Sedang keberadaan fitur lain mencakup voice recorder dengan kemampuan setting mulai dari 30 detik, 1 menit hingga 1 jam. Selain itu world time, alarm, calculator tidak lupa menjadi kelengkapoan standar.
Elemen gaming ditempatkan dalam menu Java world, setidaknya dialokasikan total lebih dari 4Mb untuk Java geme. Dalam versi uji coba SGH-E640 dilengkapi dengan jenis permainan forgetten warrior, free kick dan arch angel. Walau terbilang lumayan komplit, fitur yang ada masih tertinggal dibangding SGH-E730 yang mempunyai nilai plus berkat adanya FM radio.

Konektivitas
Bluetooth menjadi satu-satu nya andalan konekstivitas wireless jarak dekat. Sebab ponsel ini tidak dibenamkan poerangkat lain seperti infrared. Dalam uji coba fungsi bluetooth tidak ditemukan masalah, dan terbukti dapat beroperasi sangat baik dengan berbagai perangkat bermerke beda. Selain konektivitas wireless, SGH-E640 juga mampu mengadospi koneksi berdasar pada kebel. Ini bisa dibuktikan dengan adanya fasilitas USB (universal serial bus).

Internet
Kemampuan browsing internet antara SGH-E640 dan SGH-E730 adalah setali tiga uang. Kedua ponsel sama-sama mengadospi teknologi general packet radio service (GPRS) kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) dan ditunjang WAP 2.0 browser. Dari sistem setting hingga tampilan icon kedua seri terlihat sama. Dalam versi uji coba SGH-E640 belum dilengkapi inject proxy GPRS operator lokal. Untuk menikmati akses internet Anda bisa langsung memencet lewat tombol akses langsung yang terdapat di antara tombol navigasi. Jika mengakses dari menu utama, akses internet bisa didapat lewat menu browser. Tidak ketinggalan MMS dan email turut hadir sebegai bagian pelengkap akses internet.

Performa
Samsung SGH-E640 dirancang dengan keunggulan pada penggunaan kamera 1,3 mega pixels. Namun sedikit disayangkan memori internal yang dibenamkan tidak terlampau besar, jika dibanding SGH-E730 dan SGH-D500. Lepas dari itu untuk urusan memori rasanya tidak menjadi masalah, kebutuhan memori 29 Mb buat kebanyakan pengguna masih dipandang mencukupi. Untuk urusan ketahanan baterai, SGH-E640 memang terbukti handal, . Resminya ponsel ini memiliki waktu siaga hingga 180 jam dan waktu bicara 4 jam. Saat pengujian baterai masih tetap optimal setalah empat hari pemakaian normal. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan baterai lithium Ion berkapasitas 820 mAh.

Tidak adanya infrared memang sebuah nilai minus, tetapi keberadaan bluetooth bisa menjadi pengganti yang tepat. Menngingat saat ini kian banyak perangkat elektronik yang memadukan dengan perangkat bluetooth. Menambah performa voice, SGH-E640 juga mengadopsi fasililitas EFR dan voice clarity.

Spesifikasi
Harga Rp –
Layar Eksternal LCD OLED 65 ribu warna
Internal LCD TFT 262 ribu warna
Ukuran 90x 45 x 23 mm
Berat 90 gram
Waktu bicara / Waktu siaga Hingga 4 jam / Hingga 180 jam
Jaringan GSM Triple band
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Phonebook 1000
Nada dering Polifonik 64 cord
Kamera Ya, built in 1,3 mega pixels
Fitur lain stopwatch, alarm, calculator, world time, MMS templates, converter, dll.

(Jul05)

Tidak ada komentar: