18 Mar 2008

Samsung SGH-X460



















Desain Anggun tanpa Antena


Samsung Mobile hingga kini terbukti konsisten dalam menghadirkan produk berdesain cantik untuk semua kelas nya. Di semua tipe yang diluncurkan Samsung, baik bagi kelas high end dan mid low tanpa pandang bulu diciptakan dengan sentuhan keindahan, tanpa mengurangi keberadaan fitur-fitur canggih. Ide tersebut teraktualisasi lewat kehadiran seri Samsung SGH-X460. Salah satu seri ponsel terbaru Samsung yang didedikasikan bagi kebutuhan segmen mid low.

Samsung Mobile menyadari bahwa demand ponsel berkategori mid low cukup tinggi. Ide rancangan fitur dan konsep marketing X460 bercermin dari seri sebelumnya, Samsung SGH-X430 yang juga ponsel mid low. X460 bisa digolongkan juga sebagai ponsel fesyen, sebab kesan yang ditinjolkan pada ponsel ini lebih mengutamakan keunggulan desain. Untuk urusan fitur bisa dikatakan tidak begitu lengkap, alias sederhana. Tetapi kehandalan Samsung dalam teknologi LCD 65 ribu warna, akses mobile data dan nada dering polifonik tetap dibenamkan pada X460.

Berdasarkan keterangan dari Samsung Mobile, seri X460 bakal dijual dengan harga awal dibawah Rp 2 juta. Walau bukan tergolong ponsel mutakhir, seri X460 diyakni oleh Samsung dapat menjadi ponsel unggulan. Logikanya dapat dilihat ketika Samsung SGH-C100 (slim phone) dapat laku keras di pasar lokal.

Tampilan
Untuk urusan tampilan X460 memang bisa disebut atraktif, karena memang pada kenyataan tidak banyak ponsel clamshell Samsung yang hadir tanpa antena. Sekalinya ada pada seri E700, E800 dan D410, tapi keduanya masuk dalam segmen high end. Tampilan yang tercermin dari X460 adalah sebuah ponsel mungil yang nyaman digenggam . Desain luarnya dibentuk dengan lekukan yang halus, sehingga sangat nyaman saat dimasukkan dalam saku celana.

X460 memiliki dual color LCD, berbeda dengan pendahulunya X430 yang hanya mono color LCD. LCD internal X460 mempergunakan jenis teknologi UFB (ultra fine bright) dengan kedalaman 65 ribu warna. Resolusi yang dimiliki LCD eksternal yakni 128 x 160 pixels dengan ukuran 28 x 35 mm. Sedang LCD eksternal mempergunakan teknologi STN (super twisted newmatic) dengan jenis monochrome, beresolusi 96 x 64 pixels dengan ukuran 22 x 17 mm. Tampilan LCD internal tidak berbeda dengan seri-seri sebelumnya, termasuk sistem manajemen icon yang ada di dalam nya. Begitu pula pada LCD eksternal hanya menampilkan kondisi jam, jaringan dan baterai.

X460 tidak dilengkapi dengan kemampuan kamera, tetapi ponsel ini mampu paling tidak menghadirkan caller graphic ID. Berbeda dengan seri E800 dan E310 yang mempunyai photo caller ID, oleh karena keduanya mempunyai kamera. Paling tidak Anda bisa memilih beberapa men graphic untuk caller seperti faces, zodiac, sports dan classic. Walau punya kesan kuat sebagai ponsel yang anggun, tetapi X460 tidak memiliki banyak pernak-pernik dan kelengkapan fasilitas pendukung di body nya. Hanya terdapat headset jack dan tombol pengatur volume di samping kanan badan ponsel.

Ukuran ponsel ini adalah 84,5 x 42,5 x 22,8 mm dengan berat 75 gram. Dalam release nya disebutkan X460 hadir dalam beberapa warna pilihan seperti metalic silver, cloud silver, shadow silver dan ice green. Berbeda dengan saudara dekatnya X430, ponsel X460 tidak dilengkapi dengan lampu LED (service light).

Fitur
Buat ukuran fitur ponsel Samsung, maka X460 bakal terlihat sangat sederhana. Tetapi jika mau disandingkan dengan merek lain, bisa jadi X460 bakal terlihat menonjol. Fitur yang hadir di X460 tidak berbeda dengan seri sebelumnya, hanya tentu tidak ada fitur kamera. Deretan menu utama ialah messages, call records, sound settings, phone settings, organiser, network services dan fun box. Untuk menunjang akses data juga tidak ada yang terlihat baru, seperti biasa akses GPRS (general packet radio services) plus MMS (multimedia messaging services) tak luput apsen. Kelas GPRS nya cukup bagus yakni (4 downlink + 2 uplink), alias kelas 10. Ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas GPRS pada X430, E310 dan D410 yang masih mengusung GPRS kelas 8 (4 downlink + 1 uplink). Tidak ketinggalan WAP browser versi 2.0 juga siap membantu Anda untuk browsing di X460.

Kapasitas memori seperti biasa menjadi perhatian penting dari Samsung Mobile. Contohnya kapasitas phonebook yang mencapai 1000 entry, nampak nya ini sudah menjadi standar buat ponsel Samsung generasi baru. SMS memori mampu menampung 200 entry, dan MMS mampu menampung hingga 150 entry, tergantung besaran volume tentunya. Kapasitas memori X460 memang terbatas, sebab tidak memiliki slot memory card. Tetapi walau terbatas dapat bersifat dinamis, pada versi uji coba nya diketahui X460 memiliki total memori 7872 kb.

Kemampuan nada dering tidak perlu disangsikan, untuk urusan satu ini Samsung memang jagonya. X460 mengadopsi polifonik 40 cord, serupa dengan yang ada di seri E310. Koleksi melodi nya terdapat sekitar 30 lagu untuk incoming calls. Masih ditambah lagi ada my sound dengan 9 pilihan melodi yang menggunakan format nada MMF. Beberapa pola gerak di ponsel juga dapat disesuaikan pilhan nada nya, seperti nada power on/off, connection tone, key tone dan minute minder. Untuk animasi terdapat lima pilihan dan image delapan pilihan, sepintas terkesan agak terbatas untuk variasi. Tapi nantinya anda bisa melakukan download image baik lewat WAP dan kabel data di situs resmi Samsung.

Dalam urusan game juga tidak ada perubahan berarti, X460 tetap mengadopsi game berbasis Java. Sistem operasi game X460 mempergunakan Java MIDP 1.03, dimana koleksi game yang sudah embeddea ialah Bubble Smile dan Snow Ball Fight. Kapasitas memori untuk game Java disesiakan secara tersendiri, total terdapat 1536 kb yang dapat diisi oleh berbagai aplikasi game.
Untuk urusan akses internet terangkum dalam www services yang ada dalam menu utama fun box. Dalam versi uji coba setting GPRS operator masih dilakukan secara manual, tetapi nanti dalam versi komersial sudah akan dilengkapi dengan inject proxy seperti seri-seri sebelumnya. Ponsel ini mengadopsi frekuensi GSM dual band (900/1800 Mhz). Layanan bahasa yang tersedia adalah bahasa Inggris, Italia, Perancis, Spanyol, Belanda, Portugis dan Turki.

Performa
Selular punya kesan tersendiri pada ponsel mungil ini, sebab untuk urusan performa seperti ketahanan baterai memang terbukti sangat handal. Dalam uji coba waktu standby selama tiga hari, tampak icon indikator bar tidak berkurang. Padahal ponsel beberapa kali dicoba dimainkan game nya dalam waktu yang tidak sebentar. X460 ditenagai baterai berkapasitas 800 mAh dengan teknologi lithium ion. Dari kapasitas tersebut dapat dihasilkan waktu bicara hingga 3,5 jam dan waktu siaga hingga 230 jam, tergantung pola pemakaian Anda. Sepintas 800 mAh memang bukan kapasitas yang terlampau besar, tetapi berkat pemanfaatan fitur yang sederhana, maka konsumsi energi dapat ditekan. Seperti teknologi layar UFB dan tidak adanya lampu LED.

Buat urusan akses GPRS ponsel ini tidak menemui kendala dengan kelas 10 yang diadopsi nya. Kalau pun ada problem lebih disebabkan faktor operatror nya. Cuma banyak disayangkan X460 tidak dilengkapi media transfer jarak dekat seperti infra red. Sehingga harus mengandalkan kabel data saja. Dalam performa suara, baik untuk keperluan nada dering dan incoming/outgoing call terbukti sangat bagus. Adanya penggunaan teknologi EFR (enhanced full rate) diperkirakan cukup membantu kualitas performa ponsel ini.

Spesifikasi
Harga Dibawah Rp 2 juta
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Ukuran 84,5 x 42,5 x 22,8 mm
Berat 75 gram
Layar Internal LCD UFB 65 ribu warna
Eksternal LCD monochrome
Waktu bicara/siaga Hingga 3,5 jam / Hingga 230 jam
Baterai Lithium ion 800 mAh
Phonebook 1000 entry
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Games Ya, Java
Fitur lain EMS, calculator, unit converter, world time, stopwatch, countdown timer, media box.

(Nov04)

Tidak ada komentar: