27 Mar 2008

Panasonic X800





Stylish plus Symbian

Keberadaan sistem operasi dalam sebuah ponsel menjadi suatu kebutuhan yang mutlak. Apalagi sistem operasi yang compatible dengan berbagai macam aplikasi sudah barang pasti dapat meningkatkan image ponsel di pasar. Hal itu telah ditanggapi pula oleh vendor Panasonic Mobile. Setelah bulan Januari meluncurkan seri X700, vendor dari negeri Samurai ini kembali memperkenalkan seri Panasonic X800. Baik X800 dan X700 memiliki kesamaan fitur dan fasilitas, kedua seri dikembangkan dengan platform sistem operasi Symbian.

Panasonic X800 dirancang dengan dominasi pada unsur fashion dan style pada rancangan folder. Wujud nya seperti cover depan yang dapat diganti dan keberadaan antena luar yang dihilangkan. Lepas dari itu lewat sistem operasi Symbian membuat X800 menjadi ponsel yang berdaya guna tinggi. Fitur yang menjadi unggulan dari X800 adalah Quick Office, photo base dan flash light. Selain itu keberadaan memori eksternal membuat ponsel lebih fleksibel dalam men download data.

Tampilan Desain
Ada kesan yang berbeda saat pertama kali melihat ponsel ini, X800 tidak dirancang sebagaimana ponsel clamshell yang banyak ditemui di tanah air. Dari segi ukuran X800 terlihat cukup besar namun cantik dipandang mata. Ukuran dimensi nya 100 x 48 x 17,2 mm dengan berat 99 gram. Lebih ringan dari seri nya terdahulu X700 yang memiliki berat 107 gram, serta ukuran 97 x 49 x 24 mm. Konsep desain folder depan dan belakang dirancang dengan datar tanpa banyak lekuk variasi. Semisal dibagian folder depan terlihat unik datar termasuk pada bagian bingkai layar luar.

Hal ini dimaksudkan agar cover folder depan dapat diganti dengan mudah. Di bagian depan folder terdapat empat buah mur. Menandakan cover dirancang untuk mudah dibongkar pasang sesuai cover selera Anda. Beberapa fasilitas utama yang terdapat dibagian luar ponsel adalah lensa kamera, flash light, infrared port, slot Mini SD dan lampu LED. Pada samping kiri terdapat sebuah jack yang bisa berfungsi sebegai penbghubung ke headset, charger dan USB. Kemudian pada samping kanan ada tombol shuter kamera.

Keypad
Jika bagian luar terlihat datar begitu pun bagian dalam folder, semua serba datar (flat) mulai dari keypad dan layar dirancang dengan menghindari sebisa mungkin lekukan. Rentang antar tombol keypad dibuat cukup ergonomis dengan menyisakan jarak yang nyaman bagi jari-jari saat melakukan pengetikan. Di bagian tengah atas terdapat tombol naviogasi empat arah, sofkey, tombol khusus masuk ke menu symbian. Sedang untuk tombol akses internet terletak dibagian bawah tombol * (bintang). Fungsi tombol * juga berfungsi sebagai akses pengaktifan photo light.

Layar
X800 mengadopsi dual color LCD. Untuk layar bagian luar menggunakan teknologi layar STN (super twisted newmatic) 4096 warna. Layar luar ini memiliki resolusi 96 x 64 pixels dengan ukuran layar 18 x 21 mm. Sedang layar dalam menggunakan teknologi layar TFT (thin film transistor) dengan resolusi 176 x 208 pixels. Ukuran layar dalam sekitar 42 x 35 mm menjadikan visualisasi gambar dilayar tampak enak dipandang. Apalagi jenis karakter layar mengadopsi jenis khas ponsel Symbian.

One Push Auto Open
X800 adalah ponsel kedua dari Panasonic yang menerapkan one push auto opean. Sebelumnya Panasonic X400 pernah mengadopsi one push auto open. Tombol ini digunkana untuk membuka folder secara otomatis. Sistem kerja nya memakai energi kinetis dan bisa membuka folder secara cepat. Tombol pencet terletak pada sisi kanan engsel folder.

Fitur Kamera
X800 mengadopsi teknologi kamera VGA (video graphic array) dengan resolusi 640 x 480 pixels. Fungsi kamera dapat menjalankan peran pemotretan foto dan rekam video. Untuk peran foto dilengkapi kemampuan zooming hingga 2x, juga tidak lupa dilengkapi self timer dengan rentang (10/20/30 detik). Jenis format foto yang dapat diadopsi yakni standard dan portrait. Sedang untuk fasilitas rekam video disediakan waktu rekam 10 detik. Serupa dengan waktu rekam pada ponsel Symbian Nokia 3650 dan 6600. Anda pun bisa melakukan self portrait berkat kemampuan layar eksternal yang bisa dimanfaatkan layaknya cermin.

Photo Light
Guna memaksimalkan pemotretan dan rekam video di suasana redup tersedia photo light. Walau pancaran cahaya tidak terlampau terang, namun cukup optimal untuk penerangan obyek close up. Untuk mengaktifkan photo light dapat lewat tombol * di keypad atau masuk terlebih dahulu ke menu setting. Hanya dalam versi uji coba photo light tidak bisa diaktifkan dari menu kamera. Anda perlu mengaktifkan photo light sebelum menu kamera digunakan.

Konektivitas
Untuk soal konektivitas X800 dibenamkan fasilitas yang cukup lengkap. Bluetooth, infrared dan USB tersedia di ponsel ini. Konektivitas bluetooth dan infrard pun terjamin lancar untuk semua jenis ponsel, termasuk ke laptop. Pilihan moda koneksi ini tidak berbeda pada seri-seri Symbian di Nokia. Malahan X800 menyediakan software embedded Print Boy Set Up yang berguna untuk akses koneksi langsung ke printer lewat jalur bluetooth dan infrared. Anda pun bisa mengatur jenis kertas dan ukuran margin kertas.

Multimedia dan Games
Dengan user interface Symbian seri 60 menjadikan X800 ‘kaya’ akan aplikasi-aplikasi. Paling tidak dalam versi uji coba terdapat aplikasi embedded yang juga sangat fungsional. Seperti Quickoffice yang terdiri dari Quickword, Quikpoint, dan Quicksheet. Lalu ada photobase yang bisa berguna untuk meng create hasil foto Anda, aplikasi ini juga menyediakan berbagai koleksi bingkai foto. Tidak lupa unsur penting multimedia seperti Real one pleyer, video record, gallery dan speed dial juga mendukung di deretan fitur.
Sedang untuk game mengadopsi jenis Java, dalam versi uji coba terdapat game embedded yakni Micro Golf dan Ballon Headed Boy.

Memori
X800 tergolong sebagai smartphone, dimana rancangan memori diusung dengan konsep besar, dinamis dan fleksibel. Memori internal sendiri tersedia lumayan besdar dengan 8 Mb. Selain itu Mini SD card menjadi standar kelengkapan dalam menyikapi kebutuhan memori dalam jumlah besar. Slot Mini SD terletak di bagian samping, sedang seri sebelumnya X700 slot Mini SD terletak dibagian atas folder.

Internet
Akses internet X800 ditunjang teknologi GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) berikut MMS, WAP browser 2.0. Platform untuk Java memakai serial MIDP 2.0. Tidak ketingglan email akses POP3, hampir kesemua sistem setting internet dan akses serupa dengan seri-seri Symbian lain nya. Ini menjadikan tidak sulit untuk diadaptasi.

Performa
X800 tergolong sebagai ponsel yang dirancang dengan fungsional tinggi, walau mengedepankan unsur mode tetap juga mengusung fitur-fitur yang pas buat ‘orang kantoran’, semisal Quickoffice. Adanya photo base juga turut mengoptimalkan peran multimedia. Akses GPRS juga terbilang prima dengan setting serupa seri Symbian seri 60 lainnya. Ponsel ini ditenagai baterai lithium Ion berkapasitas 720 mAh, dengan waktu bicara hingga 5 jam dan waktu siaga 230 jam. Sedikit disayangkan ponsel dengan padat fasilitas dan fitur ini hanya dibekali kapasitas baterai kecil. Penggunaan fitur multimedia kadang dapat membuat energi ponsel cepat terkuras. Kualitas penerimaan dan panggilan cukup baik, singkat kata ponsel ini bisa menjadi pilihan menarik buat Anda yang ingin modis dengan ponsel multimedia.


Spesifikasi
Harga Rp 4 jutaan
Layar Internal LCD TFT 65 ribu warna
Eksternal LCD STN 4096 warna
Ukuran 100 x 48 x 17,2 mm
Berat 99 gram
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook Dinamis
Kemampuan download Ya (nada dering, games, wallpaper_
Infrared Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Game Ya, Java MIDP 2.0
Kamera Ya, built in VGA
Fitur Calendar, Photo caller, converter, voice recognation, calculator, analog clock, file manager, dll.

Tidak ada komentar: