24 Mar 2008

Samsung SGH-E610






Kembali Gunakan Antena Luar

Beberapa lama Samsung tidak lagi menghadirkan clamshell phone tanpa antena. Sesuai dengan tren yang berjalan, pamor ponsel ber antena luar sudah mulai ditinggalkan. Tujuan nya tidak lain guna memberikan kemudahan bagi penggunaan, dan yang terpenting tampilan produk jadi lebih ergonomis. Namun Samsung Mobile kembali menawarkan ponsel clamshell dengan konsep antena luar, produk yang ditawarkan sudah pasti dipersiapkan dengan fasilitas dan fitur yang mumpuni. Adalah SGH-E610 salah satu seri Samsung terbaru yang dirancang menggunakan desain clamshell plus antena luar.
Samsung SGH-E610 sendiri sengaja disasar bagi kebutuhan high end dengan kategori fashion phone. Ponsel ini sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan pada event CommunicAsia pada tahun 2004 lalu. Sebagai fashion phone SGH-E610 sudah dipersiapkan dengan keunggulan utama pada kamera VGA plus flash light dan tidak ketinggalan pemakaian layar dalam 262 ribu warna.

Tampilan Desain
Bicara desain clamshell tentu bukan hal baru buat Samsung, tapi clamshell yang dirancang untuk SGH-E610 agak unik dan pastinya belum pernah diterapkan pada seri-seri sebelumnya. Tampilan ponsel terlihat cukup lebar namun terkesan slim dan dibuat dengan bobot ringan. Ini bisa dilihat dari ukuran nya 85 x 49,5 x 19,8 mm dengan berat 83,7 gram. Walau terlihat lebar tapi soal berat SGH-E610 sedikit lebih ringan dari seri clamshell ber antena lua sebelumnya, seperti SGH-E310 (berat 85 gram) dan SGH-P510 (92 gram).

Balutan plastik utama dibuat dengan konsep enamel, sehingga terlihat halus bagaikan porselen. Selain itu kombinasi lain adalah plastik hitam yang mengelilingi pinggiran dan bagian dalam ponsel. Plastik hitam ini dirancang khusus dengan paduan karet sintetis, menjadikan ponsel cukup mantap dalam genggaman dan tidak licin. Di luar dimensi utama, antena luar nya memiliki panjang 20 mm, sama dengan panjang antena pada seri SGH-E310. Pada front cover terdapat fasilitas flash light, service light, lensa kamera dan layar ekstrnal. Sedang perangkat pendukung disekeliling ponsel adalah tombol volume, headset jack, tombol kamera dan infrared port.

Keypad
Bagian dalam ponsel dirancang dengan kesan elegan dan mewah. Pengaturan tombol navigasi dan keypad disusun cukup lapang, sehingga untuk melakukan pengetikan jari terasa sangat nyaman. Dimensi per tombol keyad rata-rata berukuran lebar lebih dari 10 mm. Tombol navigasi seperti biasa berlaku empat arah. Navigasi ke kiri khusus untuk langsung ke menu message dan navigasi ke kanan untuk langsung ke menu record voice. Sedang tombol navigasi atas dan bawah dapat di set sesuai pilihan Anda.

Layar
Kedalaman warna layar menjadi keunggulan tersendiri bagi ponsel ini. Untuk layar dalam nya mengadopsi teknologi TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 262 ribu warna. Layar dalam ini memiliki resolusi 176 x 220 pixels dengan dimensi layar 32 x 40 mm. Sedang layar luar mengadopsi TFT dengan kedalaman 65 ribu warna, layar luar ini memiliki resolusi 128 x 96 pixels dengan dimensi layar 20 x 25 mm. Peran layar luar juga berfungsi sebagai cermin dengan mengambil konsep self portrait. Serupa dengan yang terdapat pada seri SGH-E700.

Fitur Kamera
Jenis kamera SGH-E610 adalah sudut tetap dengan teknologi VGA (video graphic array) 640 x 480 pixels, selain juga dapat mengadopsi format gambar teknologi QVGA dan mobile. Peran utama kamera dapat menjalankan fungsi untuk pemotretan dan rekam video. Untuk pemotretan kamera dapat melakukan zooming hingga 4 x pembesaran. Tidak ketinggalan juga fungsi pendukung lain seperti effect, frame, night shot, mode normal/multi shot, rotation dan self timer mendukung ponsel ini. Rekam video dapat dilakukan juga langsung dari moda kamera. Hanya saja untuk satu periode rekam video software di ponsel sudah memberikan batasan. Satu kali shot rekam video dapat memakan durasi sekitar 30 detik, elemen suara juga termasuk otomatis terekam.

Flash Light
Pancaran flash light yang cukup terang dihasilkan oleh satu lampu yang terletak disebelah kanan lensa kamera. Flash light pada intinya merupakan perangkat pendukung dalam pemotretan dan rekam video di saat pencahayaan kurang baik.. Penggunaan flash lght dapat di set secara manual maupun otomatis lewat menu kamera. Dalam penggunaan manual flash light dapat menjalankan fungsi senter mini. Saat folder dibuka, flash light hanya dapat dinyalakan lewat tombol 0 di keypad. Sedang saat folder ditutup, flash light hanya bisa dinyalan lewat tombol volume. Area penerangan dapat meng cover secara efektif hingga jangkauan satu meter.

Memori
Adanya beberapa macam kategori memori pada ponsel ini. Walau bersifat internal, setiap alokasi dirancang secara dinamis. Perincian nya adalah untuk memori foto tersedia alokasi 4096 Kb dan memori video 2048 Kb. Sedang voice memo disiapkan alokasi hingga 100 Kb dengan waktu satu kali rekam suara 30 detik (20 Kb). Lain lagi untuk MMS (multimedia messaging services) tersedia 1400 Kb, dengan standar 100 pesan. Antisipasi keinginan untuk men downlaod game Java telah dipersiapkan memori 512 Kb. Masih ada lagi download lagu dan image punya cadangan tersendiri dengan memori 716 Kb. Kemudian seperti biasa kapasitas SMS disediakan hingga 200 entry.

Internet, Nada Dering dan Games
Akses untuk internet didukung oleh GPRS (general packet radio services) kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) dan WAP browser versi 2.0. Kedua elemen wireless access ini sudah menjadi standar pada seri-seri ponsel Sasmung saat ini. Dalam versi uji coba SGH-E610 belum di set untuk inject proxy GPRS operator lokal. Namun melihat pola seting yang ada tidak berbeda dari seri-seri sebelumnya. Dengan GPRS kelas 10 akses browsing bisa berlangsung dengan cepat, seperti dicontohkan saat masuk ke situs telkomsel.com atau m3-access cepat tak sampai 10 detik seluruh halaman sudah terbuka.

Pada versi uji coba SGH-E610 dipadatkan dengan beberapa game Java pilihan seperti Bubble Smile, Fun 2 link, Ultimate Golf Challenge dan Mobile Chess. Baik games dan dan inteenet akses seperti biasa ditempatkan dalam menu utama Funbox. Sedang nada dering didukung dengan polifonik 64 cord, koleksi nada emmbedde yang dimiliki mencapai 25 melodi.

Konektivitas
Untuk rusan konektivitas jarak dekat SGH-E610 mengandalkan infrared port. Perangkat nya terletak pada bagian atas folder. Infrared dapat diaktifkan melalui menu phone setting, dalam skenario dapat diatur koneksi dengan PC dan antar ponsel. Dalam pengujian infrared dapat terkoneksi untuk transfer data vCard dan Vcalendar antar ponsel Samsung maupun ke ponsel Nokia seri 6600. Hanya saja masih disayangkan Samsung belum berhasil menawarkan solusi transfer gambar langsung lewat infrared. Untuk transfer gambar hanya bisa dilakukan lewat media MMS dan email. Bisa juga terlebih dahulu ditransfer ke PC dengan instal software terlebih dahulu.

Performa
Secara umum performa ponsel cukup memuaskan, seperti dilihat dari kemampuan koneksi GPRS, termasuk penerimaan dan panggilan suara tidak ditemukan problem apapun. Hanya saja dalam versi uji coba kemampuan pergerakan kursor terkesan sedikit lambat. Ini tentu sangat mempengaruhi saat harus melakukan pengetikan cepat. Ditambah hingga saat ini setiap ingin melakukan create message selalu otomatis terhubung ke setting T9 text input, padahal text input kurang populer di Indonesia.

Keberadaan antena luar walau dirancang dengan elegan dan slim masih menyisakan tanda tanya, mengapa harus ada antena ? padahal seri-seri clamshell sebelumnya sudah banyak meninggalkan konsep antena luar. Penempatan infrared port di bagian atas folder dipandang sedikit menyulitkan saat melakukan koneksi data ke PC atau ponsel lain, sebab port infrared begitu dekat dengan antena. Lain dari itu untuk detele message SGH-E610 menawarkan solusi yang menarik, dimana pilihan delete dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti delete incoming, outgoing atau delete all message. Kemudian dynamic font size juga merupakan fitur yang menarik dari ponsel ini.

Ponsel dengan frekuensi GSM triple band ini ditenagai oleh baterai lithium ion berkapasitas 720 mAh. Dari kaspitas tersebut diperoleh waktu siaga hingga 220 jam dan waktu bicara hingga 3 jam. Selain dengan baterai standar, SGH-E610 bisa juga bisa dilengkapi baterai expended dengan kapsitas 1000 mAh.

Spesifikasi
Harga Rp
Layar Eksternal TFT 65 ribu warna
Internal TFT 262 ribu warna
Ukuran 85 x 49,5 x 19,8 mm
Berat 83,7 gram
Waktu Bicara / Siaga Hingga 3 jam / Hingga 220 jam
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP Ya, versi 2.0
Nada dering Polifonik 64 cord
Kamera Ya, built in
Fitur Lain alarm, calendar, time&date, calculator, voice memo, currency exhange, dll.

(Mei05)

Tidak ada komentar: