18 Mar 2008

Samsung SGH-D410


















Ponsel Sliding Berlayar Bening


Kehadiran ponsel Samsung yang satu ini memang sudah banyak ditunggu-tunggu. Pasalnya memang ponsel keluaran terbaru ini dirancang benar-benar beda, keluar dari pakem Samsung yang biasa mengedepankan konsep candy bar dan clamshell. Kali ini lewat seri ponsel SGH-D410 Samsung mencoba sesuatu yang lain, unik, dan bisa dibilang spektakuler. Sebab tidak lain ini pertama kali nya Samsung Mobile Phone meluncurkan ponsel berkonsep sliding folder. Memang sebelumnya desain sliding sudah lebih dulu populer oleh Nokia 7650 dan Siemens SL55. Tapi SGH-D410 dirancang dengan banyak kelebihan kelengkapan dan fitur yang rasanya sangat layak diperhitungkan.

Samsung mewakili keunggulan kompetitif pada teknologi layar warna di ponsel ini. Dimana SGH-D410 merupakan ponsel Samsung pertama yang dipasarkan dengan kedalaman layar 262 ribu warna, dan juga yang pertama kali dibekali fasilitas kemera video. Dan tentu ditunjang pula oleh teknologi lensa putar nya yang khas diterapkan di seri-seri terhadulu. Pihak Samsung Mobile sendiri mengambil konsep Slide up untuk SGH-D410, dimana sasaran pemasaran ditujukan bagi market global, yang ditunjukkan lewat tersedianya frekuensi GSM triple band.
Tampilan
Melihat tampilan SGH-D410 memang serasa memandang sebuah produk futuristik. Sekilas saja tampak bahwa ponsel ini mirip dengan beberapa PDA phone di pasaran, tapi juga banyak yang menyebutkan SGH-D410 lebih mirip lagi dengan Nokia7650. Jika dilihat dari konsep sliding memang benar banyak kemiripan antara SGH-D410 dan Nokia7650, terutama dilihat dari bentuk display dan desain keypad. Sekedar perbandingan Nokia7650 berdimensi 114 x 56 x 26 mm, dengan berat 154 gram. Sedang Samsung SGH-D410 berdimensi 97,5 x 48,5 x 24 mm, dengan berat 116 gram. Tampak bahwa SGH-D410 memang lebih kecil ketimbang Nokia7650.
Kelengkapan andalan SGH-D410 memang dicitrakan lewat layar TFD (thin film dioda) yanng berkedalama warna total 262.144 warna. Sebelumnya di pasar lokal baru ponsel Mitsubishi M720, Motorola V868 dan Sanex SC7080 yang menggunakan display 262 ribu warna. Display pada SGH-D410 berdimensi 43 x 35 mm, dengan resolusi 176 x 220 pixels yang mampu menampung 8 baris teks. Jelas kualitas gambar yang dihasilkan ponsel ini memang benar-benar super bening.

Lensa putar juga menjadi daya tarik tersendiri, seperti yang sebelumnya sudah diperkenalkan oleh seri SGH-V200/P400 dan E700. Kamera pada ponsel ini menggunakan jenis VGA (Video Graphic Array) yang mempunyai resolusi 300 ribu pixels. Seperti sebelumnya lensa putar dapat digunakan hingga sudut putar 180 derajat. Alhasil display bisa berperan ibarat cermin (self portrait viewer). Fungsi keypad di ponsel ini juga dibuat cukup ergonomis, dan sangat mudah digunakan. Navi key dan soft key ditempatkan terpisah dari keypad,serupa dengan yang terdapat di Nokia7650.

Berbagai instrumen luar juga melengkapi ponsel ini, disisi kanan badan ponsel misalnya terdapat ear phone jack, tombol volume yang juga berfungsi sebagai tombol pembalik obyek gambar, dan infrared port. Walau tidak tergolong sebagai ponsel ringan, SGH-D410 juga menyediakan lubang untuk neck/hand strep. Service light (lampu LED) terdapat tepat dibagian bawah display, dan mampu di set hingga tujuh kombinasi warna. Ponsel ini memang terkesan kental dengan warna silver, namun di pasar internasional SGH-D410 juga dijual dengan pilihan warna metalic silver, mirroe gray, dan indiglo blue.

Fitur
Fasilitas yang ada di ponsel ini terbilang lumayan lengkap, sehingga memang pas digunakan buat kaum pebisnis sekalipun. Semisal fasilitas email, SGH-D410 merupakan ponsel kedua Samsung yang menggunakan fasilitas email client, setelah SGH-D100. Beberapa fitur lain yang juga ditonjolkan mencakup GPRS kelas 8 (4 downlik + 1 uplink) berikut MMS, aplikasi Java, WAP 1.2.1, dan camera digital berteknologi CMOS (complimentary metal oxide semiconducter).
Fungsi kamera mendapat porsi yang paling besar. Lewat dimensi layar yang lebar pengambilan obyek gambar menjadi lebih mudah dilakukan. Bahkan obyek foto dapat diperbesar dan diperkecil, sekaligus fungsi brightness sehingga sangat membantu saat pemotretan di area yang kurang cahaya. Guna memperindah hasil pemotretan, disediakan 12 frame. Ingin sesuatu yang berbeda, SGH-D410 juga menyediakan multi shot, dibagi dalam kategori high speed dan normal speed. Masing-masing dibagi dalam 6 / 9 / 15 slot gambar. Pengaturan effect menjadi ciri pada ponsel Samsung geenarasi terbaru, begitu pun SGH-D410 tersedia dengan pilihan effect gray, negative, sepia, dan poster. Selain itu masih terdapat fasilitas pendukung lain seperti photo size, mulai dari resolusi 176 x 160 pixels hingga tertinggi resolusi 640 x 480 pixels.

Kamera di ponsel ini tidak hanya berguna untuk memotret. Merekam gambar berupa video juga mampu diemban ponsel ini (video record). Obyek perekaman juga mampu diperbesar (176 x 160 pixels) dan diperkecil (128 x 96 pixels), dan hebatnya juga mampu menikmati fasililtas brightness. Hebatnya zoom juga mampu diterapkan dalam obyek gambar, antara 3x sampai 5 x zoom (pembesaran). Satu kali pengambilan gambar telah di set otomatis sampai waktu 20 detik. Lebih besar jika dibanding waktu sekali rekam pada Nokia7650/3650 yang hanya berdurasi 10 detik.

Memori di ponsel bersifat dinamis. Untuk keperluan multimedia message dan email tersedia kapasitas 1024 kb. Sedang untuk keperluan kamera tersedia kapasitas 3 MB, begitu pun fasilitas video memiliki daya tampung kapasitas data hingga 3 MB. Memori phone book menjadi daya tarik tersendiri dalam memilih ponsel, SGH-D410 memilki 1000 multiplier entry phone book. Kapasitas SMS pun disedikan dalam jumlah besar, total terdapat 200 memori SMS. Soal nada dering juga merupakan kelebihan buat ponsel ini, dalam versi uji coba terdapat 34 pilihan lagu bernada polifonik 64 cord.

Secara umum menu utama yang ada di ponsel mencakup text message, multimedia message, email, call records, camera, sound setting, phone setting, organizer, network, dan fun box. Dalam banyak hal menu diatas tidak mengalami perubahan jauh jika dibanding ponsel-ponsel Samsung sebelumnya. Sebagai ponsel modern, aplikasi Java merupakan suatu keharusan. Wujudnya bisa dilihat dengan aplikasi game Java yang mencakup empat game embedded seperti buble smile, fun2link, alternative golf challenge, dan mobile chess. Jika dirasa masih kurang Anda pun bisa melakukan download baik untuk games, nada dering, dan gambar.

Kapasitas memori untuk games telah dialokasikan secara khusus, tersedia memori hingga 512 kb, dan memori untuk sound/images hingga 600 kb. Ponsel ini mampu bekerja di tiga frekuensi GSM (900/1800/1900 Mhz), dan dalam versi uji coba layanan bahasa yang tersedia baru berupa bahasa Inggris dan Cina.

Performa
Banyak orang mengira SGH-D410 adalah sebuah smartphone, namun sebenarnya ponsel ini belum bisa dibilang smartphone. Walau bergaya smartphone, SGH-D410 tidak mempergunakan operating system (OS) khusus, semisal Symbian atau Palm. Performa fitur di ponsel tetap menggunakan platform yang biasa digunakan di ponsel-ponsel Samsung kebanyakan. Tetapi SGH-D410 tetap tergolong sebagai ponsel multimedia.

Jika melihat penampilan nya, ponsel ini jelas cukup fungsional dalam pengoperasian. Hanya sedikit disayangkan SGH-D410 masih mempergunakan antena luar (panjang 24 mm) yang bisa sedikit mengganggu saat dimasukan saku. Untuk menunjang performa, SGH-D410 dilengkapi kapasitas baterai lithium ion 900 mAh. Dengan kapasitas tersebut bisa dicapai waktu bicara hingga 3 jam, dan waktu siaga hingga 200 jam.

Untuk menunjang akses data jarak dekat ponsel Korea ini masih mengandalkan infrared. Terdapat pilihan untuk akses ke laptop dan handset. Hanya saja akses infrared nya belum juga compatible dengan ponsel merek lain, contohnya dengan Nokia. Tidak adanya bluetooth sudah pasti disayangkan, padahal sudah banyak pecinta Samsung yang memimpikan ponsel Samsung ber bluetooth. Walau mempunyai kapasitas memori dinamis, SGH-D410 juga tidak dilengkapi slot memori card tambahan.

Namun berbicara soal kemampuan kamera, rasanya boleh lah angkat jempol buat SGH-D410. Kualitas dan fitur yang ada boleh dikatakan cukup maju untuk ukuran sebuah ponsel. Begitu pun akses komunikasi, baik data dan suara dirasa tidak mengalami ganggua, alias lancar-lancar saja.


Spesifikasi
Harga Diatas 4 juta
Layar TFD 262 ribu warna
Ukuran 97,5 x 48,5 x 24 mm
Berat 116 gram
Waktu Bicara / Waktu Siaga 3 jam / 200 jam
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook 1000
Kemampuan download Ya
Infrared Ya
Game Ya, Java
Kamera Ya, built in
Fitur lainnya Organizer, T9, currency converter, voice memo, Alarm, Clock, WAP browser.

(Jun04)

Tidak ada komentar: