1 Apr 2008

Samsung SGH-C210



Entry Level dengan 65 Ribu Warna

Sudah beberapa seri ponsel entry level yang dihadirkan Samsung Mobile. Tidak sedikit yang lumayan menuai sukses di pasar Tanah Air. Seperti pada masanya seri SGH-C100 dan SGH-X100 bisa disebut cukup populer. Namun, Samsung Mobile merasa perlu juga untuk memperbaharui serial ponsel entry level yang ada, tujuannya sebagai langkah penyegaran kepada pasar. Kali ini Samsung menghadirkan seri SGH-C210 yang berdesain candy bar. SGH-C210 ditargetkan pas bagi kebutuhan pengguna awal dan remaja, dimana si pengguna lebih mengutamakan peran dan fungsi fitur-fitur dasar.

Meski bakal mengisi pangsa entry level atau low end, SGH-C210 memiliki berbagai kelebihan dikelasnya. Seperti fasilitas layar 65 ribu warna, sedang fitur nya dilengkapi akses GPRS lengkap berikut MMS. Melihat dari sisi kelengkapan fitur dan fasilitas, SGH-C210 bisa dikatakan setali tiga uang dengan SGH-X100 dan SGH-C200. Nampaknya sang vendor hanya ‘bermain’ di wilayah desain semata.

Tampilan Desain
Sesuai dengan ‘takdir’ nya seri C dalam kategori ponsel Samsung memang di posisikan sebagai kelas ponsel entry level. Dilihat dari segi desain terlihat SGH-C210 sangat ergonomis, kesan yang disapat adalah ponsel kecil dan padat. Sehingga memang nyaman ditempatkan di daerah yang ‘sempit’ sekalipun, seperti saku celana yang ketat. Ini bisa dipatikan sebab SGH-C210 memiliki ukuran kecil dan tipis, 105 x 42,5 x 18,5 mm dan berat 70 gram.

Desain bagian depan mencerminkan jika ponsel ini terlihat cukup maskulin lewat paduan warna gelap antara hitam dan abu-abu. Tidak seperti biasa, permukaan plastik yang menyelubungi badan ponsel dibuat dengan agak ‘kasar’ namun nyaman. Ini membuat sensasi tersendiri dalam kenyamanan saat menggengam ponsel. Pegangan tangan lebih mantap, berbeda dengan pendahulunya seperti SGH-C200 yang permukaan plastiknya dibuat licin. Fungsi navigasi dan keypad pun tak mengalami perubahan dari seri terdahulu. Sistem tombol navigasi empat arah dapat dijadikan pilihat short cut menu dinamis. Soal kelengkapan fasilitas penunjang di badan ponsel memang minim. Hanya terdapat headset jack di sisi kanan ponsel, lengkap dengan penutup karet yang terintegrasi.

Layar
Umumnya ponsel entry level ‘harus’ puas dengan bekal teknologi layar STN (super twisted newmatic) atau UFB (ultra fine bright). Oleh karena biaya produksi kedua layar tersebut memang jauh lebih rendah ketimbang penggunaan jenis layar berteknologi TFT (thin film transistor). Begitu pula SGH-C210 juga dibenamkan teknologi layar berteknologi UFB dengan kedalaman 65 ribu warna. Ukuran layar pada ponsel adalah 28 x 28 mm, memang tidak besar namun cukup jelas. Sedang resolusi layar adalah 128 x 128 pixel. Spesikasi layar SGH-C210 sama persis dengan yang diadopsi pada SGH-C200.

Fitur Memori dan Messages
Ponsel ini terbilang cukup update untuk urusan memori, sebagai mana seri-seri sebelumnya. SGH-C210 juga menganut sistem memori internal dinamis, walau dengan jumlah yang tidak besar. Alokasi kapasitas memori dipilah-pilah bedasar jeni fitur. Untuk MMS (multimedia messaging service) disediakan alokasi hingga 700 Kb, kemudian voice memo 100 Kb dengan 5 waktu perekaman berbeda. Sedang keperluan download nada dan images tersedia 600 Kb. Masih ada lagi memori untuk downlod game Java sebesar 512 Kb.

Selain MMS, sudah barang tentu EMS dan SMS ikut memperkuat ponsel ini. Untuk urusan SMS disiapkan metode input long text hingga 918 karakter. Melengkapi fasilitas pengiriman SMS, juga disediakan emoticon template berupa ikon-ikon emosi yang berasal dari karakter teks seperti feeling, action, dan lain-lain. Jumlah inbox SMS seperti biasa mencapai 200 entry. Sedang kapasitas phonebook memori mencapai 1000 entry, dengan setiap entry bisa melakukan input hingga empat data.

Melodi dan Games
Kemampuan melodi dalam hal ini nada dering poifinik dibekali kemampuan hingga 40 cord. Dalam versi uji coba setidaknya ada 23 nada dering embedded koleksi khas Samsung. Juga ditunjang empat nada keypad dan sepuluh nada message. Sedang games terdapat empat pilihan dengan format Java, seperti bubble smile, fun2link, ultimate golf challenge dan mobile chess. Serupa dengan formasi games yang ada pada seri SGH-C200. Selain deretan games di atas, Anda masih berkesempatan men download jenis games lain. Dengan kesediaan kapasitas games dinamis sebesar 512 Kb.

Internet
Sesuai standar saat ini, ponsel entry level ini pun sudah dilengkapi akses GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) dan WAP browser 1.2.1. Dalam pengujian akses internet dapat berjalan sangat baik dan cepat. Akses internet cukup mudah berkat adanya tombol internet pada instument navigasi. Jika mengakses dari tombol internet maka dapat langsung terhubung ke WAP portal operator. Namun jika ingin masuk ke portal WAP lain Anda diharuskan melakukan seting terlebih dahulu lewat menu Fun box. Kecepatan akses cukup menakjubkan, untuk membuka portal WAP detik.com misalnya, tidak sampai 4 detik halaman portal sudah terbuka semua. Mekanisme seting GPRS ponsel ini serupa dengan seri-seri Samsung lama. Dalam versi uji coba ponsel ini sudah dilengkapi inject proxy seting GPRS operator GSM Indonesia.

Performa
Samsung SGH-C210 bisa disebut sebagai ponsel yang cukup memuaskan. Kemampuan panggilan dan penerimaan suara bisa berlangsung dengan baik. Hanya disayangkan ponsel ini tidak dilengkapi spaeker phone, padahal fitur speaker phone sangat berguna untuk komunikasi di area terbatas. Kapasitas baterai SGH-C210 adalah 800mAh dengan mengadiposi teknologi baterai lithium Ion. Dari kapasitas tersebut dapat diperoleh waktu bicara hingga 3 jam dan waktu siaga 150 jam. Semua dapat diperoleh lewat konsdisi pemakain normal.

Meski terbilang punya kesamaan fasilitas dan fitur dengan SGH-C200. Samsung SGH-C210 masih dirasa memiliki keurangan, dimana ponsel dengan kemampuan GSM tripleband ini tidak dibekali tombol pengatur volume pada sisi badan ponsel. Juga cukup disayangkan, ponsel terbaru Samsung ini tidak dibekali satu pun fasilitas transfer nirkabel seperti infrared.

Spesifikasi
Harga : Dibawah Rp 1 jutaan
Layar : UFB LCD 65 ribu warna
Ukuran : 105 x 42,5 x 18,5 mm
Berat : 70 gram
Waktu bicara / Siaga : Hingga 3 jam / Hingga 150 jam
Kemampuan download : Ya
Jaringan : GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Infrared : Tidak
GPRS : Ya, kelas10
WAP : Ya, versi 1.2.1
Game : Ya, Java
Nada dering : 40 cord polifonik
Kamera : Tidak
Fitur lain : alarm, calendar, time & date, kalkulator, to do list, currency exchange, dll.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tolong gimana setting gprs nya dunk, saya pake m3.. manual dan otomatis dah di coba, tapi tetp nga bisa...
katanya bisa pake settingan sgh-r220, tapi nga nemu juga... pliss....