11 Apr 2008

Panasonic MX6





Unggulkan Kapasitas Baterai

Pionir ponsel layar 16 juta warna sudah dalam genggaman Panasonic Mobile semenjak beberapa waktu lalu diperkenalkan serial VS2 dan VS3. Tidak hanya di Indonesia, di seantero dunia pun baru Panasonic yang mampu menghadirkan ponsel dengan ketajaman layar ini. Nah sensasi 16 juta warna belum juga berakhir, Panasonic Mobile lewat ATPM (agen tunggal pemegang merek) PT. Met Gobel sudah bakal memperkenalkan kembali seri tarbaru yang lagi-lagi bisa menuai sensasi. Ini tidak lain dengan kehadiran seri Panasonic MX6. Seri MX diartikan sebagai maximum endurance, tidak lain ponsel yang memiliki keunggulan kapasitas baterai yang sangat besar.

Soal endurance (daya tahan) ponsel ini memang luar biasa dan belum ada tandingannya sampai sekarang. Dengan kapasitas batarai 1660 mAh MX6 bisa memiliki waktu siaga sampai 30 hari alias satu bulan tanpa harus men charge. Selain keunggulan baterai, MX6 juga dibekali layar 16 juta warna plus kamera berkemampuan mega pixel.

Tampilan Desain
Perihal desain MX6 masih meujuk pada serial sebelumnya yakni VS3. Utamanya jika dilihat dari tampilan front cover. Baik MX6 dan VS3 fungsi cover nya dapat diganti dengan konsep exchangable cover, lengkap dengan empat baut khusus. Begitu juga konsep lensa kamera, penempatan cermin dan service light sama persis dengan VS3. Secara keseluruhan MX6 memiliki ukuran 96 x 46 x 26 mm dan berat 129 gram, sedang sebagai perbandingan VS3 memiliki ukuran 96 x 46 x 17,6 mm dan berat 102 geram. Jelas kedua nya relatif mirip, hanya saja MX6 terlihat lebih tebal karena adanya batarai berkapasitas besar.

Layar
Kehebatan layar 16 juta warna yang dipopulerkan seri VS juga ditularkan ke MX6. Singkat kata kemampuan dan kualitas layar antara MX6 dan seri VS seratus persen sama. Spesifikasi layar 16 juta warna yang melengkapi MX6 adalah berteknologi TFT (thin film transistor). Ukuran layar adalah 2,2 inchi atau sekitar 34 x 45 mm. Sedang tingkat kepadatan resolusi layar mencapai 320 x 240 pixel. Dengan ukuran layar yang ‘besar’, MX6 bisa memampung 7 baris teks saat melakukan pengetikan message. Pencahanyaan layar mendukung hingga 300 candela per meter persegi, setara dengan terang 300 lilin dalam satu meter persegi.

Keypad
Sama halnya dengan kemampuan layar, perihal fungsi dan desain keypad MX6 dan seri VS juga sama persis. Dirancang dengan ukuran tombol yang besar dan lembut membuat pengoperasian MX6 sangat ergonomis. Apalagi MX6 juga dibekali fasilitas one push auto open, yakni tombol otomatis pembuka folder yang digerakan secara kinetis.

Fitur Kamera
Meski kemampuan baterai andalan MX6, namun kemampuan kamera digital 1,3 megapixel juga dapat menjadi fokus perhatian yang penting. Fungsi kamera dapat menjalankan peran untuk pemotretan dan rekam video. Pengoperasian kamera dapat dilakukan lewat jalur menu utama artau lewat tombol self portrait yang terletak disamping kiri badan ponsel. Untuk pemotretan ukuran foto dapat di set mulai dari ukuran pixel 1280x1024 (extra large), 640x480 (large), 320x240 (medium), 160x120 (small) dan main display (240x320). Kecepatan pemotretan di support dengan multishot dengan jepret otomatis 15 frame sekaligus dengan kecepatan 7,5 fps (frame per second).

Tidak ketinggalan layanan kamera juga menyediakan fungsi efek gambar seperti sepia, monochrom dan negatif. Self timer dan shutter sound juga menjadi pendukung yang membantu Anda menikmari kemampuan kamera MX6. Self timer dapat di set mulai dari hitungan 5 dan 10 detik. Seperti juga pada seri VS, di MX6 juga menyediakan menu available space. Di sini Anda bisa langsung melihat kapasitas yang tersisa dan dapat Anda manfaatkan.

Fungsi rekam video mencakup layanan recording time berdasar seting exending video dan MMS (multimedia messaging service) sending. Kemudian pilihan efek, self timer dan available space juga dihadirkan pada menu rekam video ini. Baik fungsi rekam video dan pemotretan dilengkapi fungsi zooming dan brightness hingga 4x. Serupa dengan seri VS, kemampuan kamera MX6 kurang maksimal dengan tidak dibekalinya fasilitas flash light. Namun setidaknya fitur kamera sudah menyaiapkan moda night mode.

Dalam mendukung fungsi zooming, MX6 juga dibekali fitur unggulan yang terbilang jarang diadopsi oleh vendor-vendor ponsel lain. Yakni fasilitas macro mode. lewat macro mode Anda bisa memperjelas obyek pemotretan dalam jarak dekat. Jika yang sebelumnya gambar telihat blur, maka dengan macro mode gambar akan telihat menjadi jelas. Instrumen macro mode dirancang seperti cincin yang terletak pada front cover mengitari lensa kamera.

Konektivitas dan Internet
Konektivitas MX6 mengandalkan infrared dan fasilitas USB. Untuk port infrared terletak pada sisi kiri badan ponsel, sedang slot USB sebaliknya terletak pada sisi kanan. Dalam waktu pengujian koneksi infrared sudah dapat berjalan cukuop bagus dan stabil. Transfer file berupa contacts, gambar dan sound ke ponsel lain seperti Siemens dan seri Symbian dapat dilakukan dengan baik. Begitu pun untuk koneksi ke PC atau laptop. Hanya sedikit disayangkan MX6 tidak dibekali fasilitas bluetooth seperti yang sudah digunakan pada seri VS6.

Untuk koneksi internet Panasonic MX6 sudah memberi Anda kemudahan dengan inject proxt setting GPRS operator lokal. Kemampuan koneksi dan akselerasi internet juga berjalan dengan sangat baik. Untuk akses internet MX6 mengandalkan GPRS (general packat radio service) kelas 10 (4 downlink dan 2 uplink), WAP browser 2.0 dan Java MIDP 2.0. Dalam menu internet tersedia pilihan bookmark address seperti Panasonic Box, mobile trend dan google. Lewat menu Panasonic Box Anda bisa melakukan download aneka nada dering dan wallpaper yang pas untuk MX6. Saat uji coba masuk ke situs WAP Panasonic Box hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 detik.

Kontak
MX6 memang tidak di dukung dengan kapasitas phonebook yang besar, yakni hanya 500 entry. Namun begitu Anda bisa memasukkan 16 data pada satu nomer entry. Mulai dari nama, email pribadi, nomer ponsel, rumah, email dan tidak ketinggalan koleksi foto yang membuat ponsel ini memiliki kemampuan photo caller ID. Uniknya lagi, Anda bisa menyesuaikan nada dering, message, alert dan iluminasi yang berbeda-beda pada pada setipa nomer kontak.

Kemampuan nada dering nya didukung polifonik 40 cord, serta mampu di set lewat tahap penginstalan dengan program MP3. Untuk format nada dering nya sendiri selain MP3 bisa juga mengadopsi format MMF dan AMR. MX6 juga dilengkapi sound recorder dengan waktu satu kali rekam mencapai 3 menit. Dengan format AMR memungkinkan hasil rekaman (sound recoreder) dapat di transfer ke jenis ponsel-ponsel Symbian.

Entertainment
Jenis game yang terdapat pada MX6 terlihat serupa dengan yang terdapat pada seri VS. Dalam versi uji coba MX6 dibekali dengan dua jenis game yaitu Sonic The Hedgehog dan Soccer game. Kedua geme ini terbilang sangat seru dimainkan, dimana setting game ini mencakup volume, backlight dan vibration. Memambah kenikmatan dalam permainan, jenis permainan soccer game umpamanya, bisa menampilkan bentuk 3 dimensi.

Message dan Memori
Sebagaimana seri VS, pada seri MX6 ini Panasonic belum juga dibekali dengan fasilitas email client. Untuk messaging masih cukup mengandalkan SMS dan MMS. Untuk kemampuan SMS sudah mampu mendukung long SMS hinbgga 1530 karakter. Sedang untuk kapasitas, MMS tersedia space hingga 2 Mb dan SMS hingga 500 entry. Sebagai ponsel yang dirancang tanpa dukungan memori eksternal MX6 sudah dibekali dengan kapasitas memori 30 Mb yang dimanfaatkan untuk koleksi gambar dan sound.

Performa
Panasonic MX6 adalah ponsel kategori fashion yang pas dimanfaatkan bagi pengguna yang jenuh dengan masalah ketahahan baterai. Dengan kapasitas baterai yang besar memungkinkan Anda tidak perlu sering-sering melakukan charging. Kapasitas baterai Lithium Ion 1660 mAh mampu menjalankan waktu siaga hingga 740 jam dan waktu bicara hingga 12 jam. Kapasitas 1660 mAh bisa diibaratkan dua buah baterai ponsel yang dijadikan satu. Dalam hal kualitas penerimaan dan panggilan suara MX6 juga terbukti cukup bagus, apalagi MX6 sudah dibekali dengan handsfree speaker sound. Ponsel clamshell ini beroperasi dalam jaringan GSM triple band dan sudah dilengkapi layanan bahasa Indonesia. Bagi Anda yang gemar traveling, rasanya cukup pas menggunakan MX6 yang tidak memerlukan charging dalam waktu lama.

Spesifikasi
Harga : Rp –
Layar : TFT 16 juta warna
Ukuran : 96 x 46 x 26 mm
Berat : 129 gram
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook : 500
GPRS/WAP : kelas 10/versi 2.0
Download : Ya, multiple download
Bluetooth/Infrared : Tidak/Ya
Kamera : 1,3 megapixel
Baterai : 1660 mAh
Waktu Bicara/Siaga : Hingga 740 jam/Hingga 12 jam
Fitur lainnya : kalkulator, sound recorder, kalender, dll.

(Des05)

Tidak ada komentar: