4 Apr 2008

Panasonic SC3




Andalkan Ikon Iluminasi

Memasuki musim liburan panjang Panasonic kembali meramaikan pasar ponsel mid low. Kali ini produk mid low yang ditawarkan adalah seri SC3. SC merupakan penggolangan kelas ponsel Panasonic yang artinya Stylish Color dengan kelengkapan wajib fasilitas kamera. Merujuk penggolongan kelas serta visualiasi desain memposisikan SC3 sebagai ponsel kelas anak muda. Panasonic memang kental memberikan nuansa anak muda nan gaul di SC3, ini diperlihatkan lewat fitur iluminasi.

Lepas dari itu ponsel candy bar ini punya bobot fitur lain yang juga layak diperhitungkan di kelasnya. Kebutuhan akan imaging diwakili oleh kamera VGA dan multimedia sekalipun sudah di dukung fasilitas GPRS dan MMS. Dengan harga jual Rp 1.375.000,- ponsel ini sudah mampu merepresentasikan berbagai kebutuhan di dalam suatu perangkat ponsel berdesain mungil.

Tampilan Desain
Rancangan desain SC3 bisa disebut sangat konservatif, bentuk empat persegi panjang ponsel ini sedikit banyak mengingatkan pada desain klasik ponsel-ponsel Sony Ericsson. SC3 memiliki dimensi keseluruhan 91,5 x 45 x 16,8 dan berat 76 gram. Dengan ukuran sedemikian Anda bisa bayangkan SC3 memang cukup pas di masukkan ke dalam saku yang sempit sekalipun.
Menelusuri permukaan ponsel, pada bagian front cover terdapat kelengkapan instrumen navigasi tombol empat arah. Juga disekitarnya seperti hal nya ponsel lain terdapat tombol softkey dan tombol panggil serta akhiri panggilan. Kemudian tidak ketingalan tentu susunan keypad. Dengan desain ponsel yang kecil membawa impact rancangan keypad yang juga kecil. Namun tidak usah khawatir sebab segi fungsional keypad dapat berjalan dengan optimal. Tinggal bagaimana Anda membiasakan diri dengan ponsel mungil.

Pada sisi kiri badan ponsel ditempatkan infrared port yang juga berdekatan dengan tombol self portrait. Lalu di sisi kanan ditempatkan headset jack. Melengkapi kebutuhan akses data kabel di bagian bawah badan ponsel ditempatkan USB port, selain juga berfungsi sebagai port untuk charging. Pada bagian back cover ditempatkan lensa kamera plus disampinya cermin self portrait yang terlihat dirancang ‘sederhana’.

Display
SC3 mengusung jenis display LCD TFT (thin film transitor) dengan kedalaman 65 ribu warna. Resolusi yang dipakai adalah 128x128 pixels, sedang dimensi layar 29x30 mm. Display SC3 dapat menampung hingga 5 baris teks saat digunakan untuk mengirim pesan SMS. Mendukung tampilan display, SC3 juga dibekali beberapa koleksi wallpeper yang cantik.

Fitur Kamera
Fungsi kamera SC3 cukup sederhana, hanya bisa menjalankan peran memotret saja. Meski begitu visualiasi ganbar di viewfinder sangat baik. Fungsi kamera VGA juga dibekali dengan 4x pembesaran (zoom) dan brightness. Image size bisa dipilih mulai dari wallpaper (128x128),128x96, 640x480, 352x288, 320x240, 176x144 dan 160x120 pixels. Personifikasi juga ditambah pula dengan pilihan kualitas image mul;ai dari fine, normal dan economy. Membidik obyek pun kadang memerlukan gaya tersendiri agar hasil menjadi menarik, mendukung hal itu SC3 dibekali pilihan style landscape dan portrait.

Untuk memotret di ruang kurang cahaya juga ada pilihan twilight mode. Fasilitas ini populer disebut Night mode pada ponsel Samsung. Masih ada lagi close up mode, Anda bia memotret obyek gambar dengan sangat dekat tanpa kehilangan detailnya. Pada Panasonic seri VS2 dan VS3 fitur ini disebut dengan macros. Mengabadikan foto lewat self timer dengan countdown timer 10 detik tidak ketinggalan bisa di dapat pada SC3. Dukungan efek pun disertakan mulai dari mono, sepia dan bluish. Kemudian variasi terakhir SC3 menawarkan koleksi 5 buah frame (bingkai) sebagai pemanis hasil foto.

Iluminasi
Iluminasi (pencahayaan) bisa punya dua peran, pertama sebagai indikator beberapa fungsi ponsel dan kedua tidak lain sebagai elemen gaya. Total ada 7 pilihan warna iluminasi yang mampu berpendar ibarat lampu disko. Beberapa fungsi ponsel yang dapat dicitrakan lewat iluminasi adalah contact calls, messages, battery charge, alarm, keypad dan calls. lampu iluminasi dirancang horizontal tepat dibawah display. Baru kali ini fungsi iluminasi dapat berpendar saat setiap keypad ditekan. Hal ini membuat tampilan ponsel begitu meriah ketika dilakukan pengetikan. Hanya sedikit disayangkan fungs iluminasi tidak mencakup mode standby.

Memori dan Messaging
Meski ponsel mungil SC3 juga sudah mengadopsi memori internal dinamis. Memang tidak besar, memori internal SC3 total adalah 2750 Kb yang dialokasikan bagi kebutuhan image, game, aplikasi, sound dan MMS. Sedang masih memori lain, memori phonebook SC3 mencapai 500 entry. Disamping itu SC3 juga mampu menampung 250 inbox SMS.

Ada yang cukup menarik seputar fasilitas phonebook. Selain dilengkapi multiplier entry juga tidak ketinggalan picture caller ID. Tapi masih ada yang lebih menarik, setiap entry yang Anda laukan dapat dipilih jenis call iluminasi nya dengan 7 pilihan pendaran warna. Begitu pula message dibekali kemampuan yang serupa. Melengkapi picture caller ID, lebih lengkap lagi SC3 menawarkan pula melodi caller ID. Kenikmatan messaging lewat SMS pun bertambah seru sebab SC3 tidak kurang menhadirkan 40 pilihan ikon yang disesuaikan selera dan emosi. Secara keseluruhan SC3 mampu mendukung SMS, EMS dan MMS.

Konektivitas
Meski mid low soal konektivitas SC3 lancar-lancar saja. Bekal fasilitas infrared bisa digunakan lintas produk merek ponsel dan PC. Saat uji coba infrared SC3 bisa terkoneksi sangat baik dengan ponsel kelas symbian. Bertukar image dan contact list terbukti tidak ada masalah. Selain infrared, masih ada ‘senjata’ koneksi lain yakni lewat kabel USB.

Internet
SC3 memang sudah memenuhi kebutuhan koneksi internet, terbukti SC3 sudah dibekali inject proxy setting GPRS untuk operator GSM donestik. Untuk mempermudah selancar internet broeser GPRS dibekali dengan bookmarks. Dalam uji coba terlihat terdapat alamat akses ke situs WAP Panasonic Box, Dunia mobile, Mobile Tren dan Google. Saat dicoba selancar ke beberapa situs seperti detik.com akselerasi nya tak menemui kendala. Sangat cepat berkat dukungan WAP browser 2.0, meski begitu kabarnya SC3 baru mengadopsi GPRS kelas 8.

Game
Dalam versi yang dijual di Tanah Air terdapat 2 jenis game embedded yakni Tennis dan Reversi. Kedua jenis game mengadopsi platform Java MIDP 2.0, saat menikamti permainan Anda bisa menggunakan fungsi suara dan getar. Namun sedikit disayangkan waktu loading awal game ini sedikit agak lama.

Melodi
Jenis melodi SC3 yakni nada dering polifonik dengan 16 cord. Saat uji coba terdapat 10 buah pilihan melodi embedded dengan format MIDI. Anda pun bisa berkreasi dengan pilihan melody composer, total ada 5 pilihan melodi yang bisa Anda compose. Melody composer dilengkapi pilihan tempo mulai dari 60, 80, 100, 120, 140, 160, 180, 200 dan 220 BPM. Saat meng compose dapat pula digunakan pilihan beberapa instrumen alat musik.

Performa
SC3 beroperasi dalam jaringan GSM dual band. Kelangsungan hidup ponsel ini mengandalkan kapasitas baterai 730 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 230 jam dan waktu bicara hingga 9,5 jam. Performa ponsel ini secara umum cukup memuaskan, fungsi panggilan dan penerimaan suara cukup baik. Begitu pun akselerasi GPRS bisa dikatakan sangat baik. Mendukung performa penerimaan suara, SC3 turut dibekali fasilitas handsfree speakerphone. Cuma sayang oleh karena lubang speaker yang imut, maka pancaran suara menjadi kurang maksimal. Meski demikian SC3 adalah ponsel yang layak menjadi pilihan Anda berkat kombinasi harga jual dan pilihan fitur yang menarik. SC3 juga sudah disiapkan dengan layanan bahasa Indonesia.
Spesifikasi
Harga : Rp 1.375.000,-
Layar : TFT LCD 65 ribu warna
Dimensi : 91,5 x 45 x 16,8
Berat : 76 gram
Waktu bicara/Siaga : Hingga 9,5 jam / Hingga 230 jam
Jaringan : GSM dual band (900/1800 Mhz)
Phonebook : 500
GPRS : kelas 8
Infrared : Ya
WAP : Ya, versi 2.0
Game : Ya, Java
Nada dering : Polifonik 16 cord
Kamera : Ya, VGA
Fitur lainnya : Alarm, kalkulator, scheduler, notes, currency dan PC tool.

(Okt05)

Tidak ada komentar: