7 Apr 2008

Samsung SGH-E350





Mini Sliding dengan MP3

Ada saja jurus Samsung Mobile guna mengkreasikan berbagai pilihan lini seri-seri produk ponselnya. Salah satu pilihan lini desain yang gencar di pasarkan adalah sliding phone. Dan kali ini Samsung Mobile kembali memperkenalkan seri sliding terbaru SGH-E350. Ponsel ini sudah dicium keberadaannya sejak event 3GSM World Congress 2005 di Cannes – Perancis pertengahan bulan Februari lalu. Dilihat dari berbagai fasilitas dan fiturnya, ponsel mungil ini memang tidak menawarkan sesuatu yang baru. Sepertinya vendor elektronik dari Korea Selatan ini ingin memberikan pilihan lebih bagi konsumen lewat olah desain sliding.

Lepas dari itu, ponsel yang ditargetkan untuk mengisi kelas middle high ini ditawarkan dengan bekal teknologi yang tidak tertinggal. Sudah menjadi teknologi wajib, pastinya kemampuan kamera VGA, layar 65 ribu warna, akses GPRS dan MMS pun tak terlewatkan di seri SGH-E350. Malahan untuk kelas middle high Samsung, sebuah kejutan bahwa ponsel ini sudah dibekali pula dengan kemampuan MP3 player.

Tampilan
Desain
Tidak banyak perbedaan desain yang ditawarkan SGH-E350 dibanding seri sliding Samsung terdahulu seperti halnya SGH-E800/E810/E630 dan D500. Rancangan mulai dari keypad dan tombol navigasi memang diberikan variasi yang agak beda, meski begitu fungsi tetap tidak berbeda dari seri-seri sebelumnya. Desain ponsel ini terlihat cukup fashionable, sehingga memang pas jika dipergunakan oleh kaum hawa. Ukuran ponsel ini secara keseluruhan adalah 87 x 45 x 21 mm dan berat 75 gram. Dari segi berat SGH-E350 terlihat sedikit lebih ringan ketimbang seri sliding mungil sebelumnya SGH-E630 yang memiliki ukuran 85 x 42 x 22 mm dan berat 79 gram.

Sebagai kelengkapan penunjang, pada lingkaran desain disertakan beberapa instrumen seperti infrared port dan tombol volume yang terletak di sisi kanan badan ponsel. Sedang di sisi kiri terdapat lubang konektor yang berfungsi sebagai sambungan headset dan USB. Dibawah konektor tersebut tidak lupa disertakan tombol potret diri (self portrait). Di bagian back cover ditempatkan lensa kamera VGA berikut cermin mini dan sebuah flash light. Meski kamera dan flash light bukan barang baru buat ponsel Samsung, tapi letak susunan alat foto tersebut yang horizontal rasanya baru kali ini diperkenalkan.

Layar
Dengan sasaran pasar middle high mengharuskan ponsel ini mengadopsi teknologi layar terunggul TFT (thin film transistor). Pilihannya memang bukan 262 ribu warna, melainkan cukup dengan kedalaman 65 ribu warna. Pun itu dinilai sudah cukup bagus dalam menampilkan visualiasi gambar pada layar. Resolusi layar yang diadopsi adalah 128 x 160 pixels dengan dimensi 24 x 34 mm. Resolusi dan teknologi yang sama juga diadopsi oleh seri SGH-E630 dengan dimensi 25 x 32 mm. Bentang layar SGH-E350 mampu menampung hingga 6 baris tulisan.

Fitur
Kamera
Kamera dengan kemampuan VGA (video graphic array) menjadi andalan ponsel ini. Peran kamare di ponsel dapat menjalankan fungsi pemotretan dan rekam video. Ini menandakan SGH-E350 lebih unggul ketimbanga SGH-E630 yang hanya mampu menjalankan fungsi pemotretan. Pilihan resolusi dapat disesuaikan mulai (640x480, 320x240, 160x120 dan 128x120 pixels). Keseluruhan hasil olah gambar menggunakan format JPEG. Selain itu kualitas foto bisa Anda pilih lagi dengan super fine, normal dan economy. Penentuan kualitas sangat berpengaruh bila Anda ingin melakukan proses cetak. Sebagai gambaran kualitas satu picture dengan super fine bisa memakan memori 90 Kb.

Pun kamera juga dibekali kemampuan zooming hingga 4x dan brightness, sebagai variasi Samsung turut membekali ponsel dengan aneka pilihan untuk effect. Untuk melindungi hasil foto, SGH-E350 juga dilengkapi dengan fitur locked. Sehingga Anda bisa menset perlindungan gambar dari bahaya terhapus lewat sistem password. Sedang fungsi untuk rekam video tidak ada yang terlalu istimewa, Anda bisa memilih resolusi gambar 128x96 pixels atau 160x120 pixels. Mendukung kedua fungsi kamera turut hadir flash light yang dapat di set shot only atau permanent.

MP3 Player
Tak pelak memang MP3 memang suguhan utama ponsel ini. Untuk bisa menikmati fitur ini Anda bisa mengakses lewat menu application, atau jika ingin cepat tinggal set saja lewat tombol shortcut navigasi. Soal kemampuan MP3 palyer sebenarnya biasa-biasa saja, Samsung pun dalam beberapa seri sebelumnya memang telah membenamkan fitur ini. Nada MP3 selain untuk diperdengarkan sebagai pelengkap hiburan, dapat di set sebagai nada dering, caller ID ringtone dan alarm tone. Sedang menunjang konektivitas nya MP3 player ponsel ini sudah mampu mengakses lewat jalur email dan infrared.

Memori
Perihal memori SGH-E350 hanya mengandalkan kemampuan memori internal yang bersifat dinamis. Total memori dinamis yang dimiliki ponsel ini adalah sekitar 41 Mb yang bisa dieprgunakan bagi penyimpanan melodi MP3, nada dering, email, voice record, MMS (multimedia message service) dan aneka gambar. Lepas dari memori 41 Mb, seperti seri-seri sebelumnya terdapat memori khusus untuk aplikasi Java games 4 Mb.
Selain memori diatas ponsel ini masih memiliki kapasitas phonebook hingga 1000 entry, lengkap berikut dukungan fasilitas photo caller ID. Untuk SMS seperti biasa dialokasikan kapsitas hingga 200 pesan.

Voice Memo dan Nada Dering

Menunjang kemampuan mobile office SGH-E350 dilengkapi dengan voice memo atau juga dikenal dengan sebutan dictaphone. Dalam versi uji coba voice memo bisa di set dengan waktu sekali rekam 1 jam, 30 detik dan 1 menit. Untuk voice memo SGH-E630 sedikit lebih fleksibel sebab waktu perekaman suara dapat di set hingga waktu 6 jam. Hasil perekaman berupa format nada AMR. Sedang untuk nada dering tersedia pilihan 25 melodi polifonik 64 cord dengan format MMF. Selain juga melodi MP3 yang mampu di set sebagai nada dering.

Konektivitas
Ada sebuah kemajuan yang berarti dalam konektivitas, dibanding seri-seri sebelumnya SGH-E350 mampu mentrasfer gambar ke ponsel lain lewat moda infrared. Pada seri-seri sebelumnya untuk mengirim gambar ke perangkat lain harus melalui PC data suit dengan terlebih dahulu instal software di komputer. Dalam uji coba transfer gambar ke ponsel Nokia 6600 dapat dilakukan dengan sempurna. Selain transfer gambar, SGH-E350 juga sudah dibekali kemampuan transfer untuk data contact phonebook ke ponsel lain. Selain itu SGH-E350 sudah dibekali kemampuan Sync ML.

Akses Multimedia
SGH-E50 mengusung kemampuan GPRS kelas 10 (4 downlink+2 uplink) dan WAP 2.0 browser. Alur setting GPRS antara ponsel Samsung belum tentu sama, dilihat dari alur input setting SGH-E350 terlihat mirip dengan seri SGH-E640 (SOS phone). Dalam versi uji coba vendor belum menyerakan inject proxy otoamtis. Seperti seri-seri sebelumnya akses GPRS tidak diragunakan cukup baik dijalankan. Tidak sampai hitungan 6 detik akan langsung terbuka situs yahoo.com

Performa
Dalam versi standar SGH-E350 dibekali kapasitas baterai Lithium Ion 800 mAh, serupa dengan SGH-E630. Dengan kapasitas tersebut bisa dicapai waktu siaga sampai 220 jam dan waktu bicara sampai 3 jam. Sedang waktu charging normalnya sekitar 2 jam. Selain ada kemajuan dalam pola transfer gambar, terbukti konektivitas bisa juga mencakup transfer dalam format nada. Semisal hasil voice memo yang berformat AMR dapat di transfer ke Nokia 6600. Namun format nada dering MMF tidak dapat di sinkronisasikan pada ponsel Nokia.

Spesifikasi
Harga Rp –
Layar TFT LCD 65 ribu warna
Ukuran 87 x 45 x 21 mm
Berat 75 gram
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Baterai Lithium Ion 800 mAh
GPRS Ya, kelas 10
Kemampuan download Ya
Infrared Ya
WAP Ya, versi 2.0
Games Java games, Forgotten warrior, free kick dan arch angel
Kamera VGA
Laiinya calculator, converter, timer, stopwatch, wolrd time, alarm, calendar, voice clarity, speakerphone, dll.

(Okt05)

Tidak ada komentar: