22 Apr 2008

Pantech PG-8000





Horizontal User Interface Plus TTS

Pantech Mobile rasanya ingin membentuk positioning di tengah pasar dengan menghadirkan produk yang punya nilai keunikan tinggi. Nilai unik yang ditawarkan Pantech meliputi pada unsur desain dan fitur. Ambil contoh adalah seri PG-6100 yang tampak desain nya sangat camera look. Nah melanjutkan gebrakan sebelumnya, Pantech kembali memperkenalkan seri PG-8000. Ponsel ini juga terbilang mamou membuat sensasi, utamanya dalam hurusan desain. PG-8000 mengkombinasikan struktur candybar ponsel dengan layar user interface dan keypad horizontal. Lebih dari itu sosok candybar ini punya segudang fitur multimedia yang bisa digali. Salah satu yang sangat atraktif adalah fitur text to speech.

Tampilan Desain
Dilihat dari tampilan depan PG-8000 sekilas sangat mirip dengan seri Sony Ericsson W900i. Utamanya dilihat dari tampilan front folder yang dominan hitam. Bentuk desain PG-8000 begitu unik, dan belum pernah diterapkan oleh seri ponsel lain. Saat digunakan untuk bertelepon maka bentuk PG-8000 akan lebih condong candybar vertical. Sedang saat digunakan untuk berselancar dengan aneka menu serta aktifitas kamera. Bentuk penggunaan PG-8000 bakal lebih condong candybar horizontal. Sebab tidak lain user interface nya dirancang horizontal.

Bagian back cover berbeda corak sama sekali dengan sisi front cover. Bagian belakang ponsel ini sangat terkesan camera look. Seperti halnya yang pernah disiratkan pada seri PG-6100. Hanya saja camera look PG-8000 tampil lebih futuristik, tipis, dilengkapi flash light dan cermin untuk self portrait. Disamping pada sisi lensa ditemptakan lubang buzzer yang cukup besar. Secara keseluruhan PG-8000 memiliki dimensi 99,8 x 51,8 x 16,4 mm serta berat 106,5 gram.

Layar
PG-8000 mengadopsi layar LCD tunggal dengan teknologi TFT (thin film transistor). Kedalaman layar nya mencapai 260 ribu warna, beresolusi 320 x 240 pixels. Ukuran luas layar ini mencapai 41 x 31 mm atau sama dengan ukuran 2.0 inchi. Keunggulan layar dengan sistem horizontal tentu dapat melihat visualisasi dengan lebih lebar (widescreen). Wallpaper yang ditampilkan semakin menarik berkat adanya icon jam digital yang besar. Kemudian di sampingnya terdapat informasi jenis ukuran waktu yang Anda gunakan, lengkap dengan tangga dan bulan. Icon ini juga ditunjang dengan logo matahari dan bulan. Sehingga dapat menginformasikan kondisi waktu lebih detail. Dalam tampilan layar penuh bisa menampung hingga depalan baris teks message. Keunggulan lain, layar PG-8000 sudah dilengkapi video wallpaper.

Keypad
Penempatan keypad tidak lazim nya seperti pada ponsel-ponsel dengan desain umum. Meski dengan user interface horizontal. Sietem alur keypad tidak menggunakan mekanisme QWERTY, tapi tetap mempertahankan mekanisme ABCDEF. Keypad ditempatkan pada sisi kiri layar. Dilengkapi juga dengan tombol pengunci.. Kemudian tombol navigasi emopat arah terletak tepat di atas konsol keypad. Tombol navigasi ini tberperan juga sebagai short cut ke berbagai menu. Tapi perlu diketahui akses short cut menu tidak bisa di set sesuka Anda, kerana memang sudah dirancang untuk empat menu khusus. Pada bagian tengah tombol navigasi terdapat akses langsung untuk intrenet brwoser.

Softkey dan Service Light
Penempatan softkey juga unik, terletak horizontal tepat dibawah layar. Terdapat empat tombol untuk akses ini. Cuma sedikit disayangkan, ukuran tombol-tombol ini terbilang kecil. Ponsel candybar ini juga dilengkapi dengan fasilitas service light. Instrumen ini terletak pada lingkaran tombol navigasi.

Fitur Text to Spech (TTS)
Tidak pelak TTS adalah fitur yang paling aktraktif datri ponsel ini. Sebab ini baru pertama kali ponsel yang hadir di Tanah air dengan dukungan TTS. Sebelumnya TTS sudah diperkenalkan pada seri symbian, tapi masih berupa software yang terpisah. TTS ini bekerja dengan membacakan isi message yang masuk. Pesan suara yang dibacakan dipancarkan dari ‘suara’wanita dengan logat barat. TTS ini bisa dinikmati mulai dari membaca message Anda dan message alert yang masuk. Untuk menggunakan TTS Anda bisal melakukan setting pada menu message. Dalam versi jualnya nanti TTS baru bisa di set ke dalam layanan bahasa Inggris, Rusia dan Cina. TTS merupakan fitur yang sangat berjasa bagi penderita tuna netra.

Kamera
Akses kamera CCD (Charge coupled device) dapat dinikmati secara langsung dari tombol ‘camera on’ yang terletak di sisi kiri badan ponsel. Tapi juga bisa diakses dari menu multimedia. Sebagai ponsel dengan konsep camera look, layar LCD langsung difungsikan sebagai viewfinder. Informasi parameter setting dapat di visualisasikan secara langsunglewat viewfinder. Hal ini serupa dengan yang diterapkan pada Samsung SGH-P850. Untuk fungsi pemotretan kemampuan kamera mencapai 2,1 megapixels. Ukuran gambar yang bisa di set mulai dari QVGA, VGA, XGA, SXGA dan UXGA. Dukungan instrumen pada kamera juga terbilang lengkap mencakup aneka efek, flash, white balance, multi shot, pattern shot, self timer dan hide icons.

Sedang untuk fungsi rekam video tersedia pilihan ukuran file mulai dari QCIF, QVGA dan SQCIF. Beberapa fungsi instrumen untuk pemotretan juga disertakan pada rekam video. Hanya saja ada tambahan pilihan untuk rekam suara dan frame rate dari 15 detik dan 30 detik. Cukup bagus untuk kualitas rekam video di ponsel. Mengigat kebanyakan ponsel saat ini frame rate rekam video nya masih 15 detik. Kualitas digital zoom bisa mencapai 16 kali pembesaran.

Multimedia
Kumpulan fitur multimedia terbilang cukup lengkap untuk standar ponsel canggih masa kini. Unggulannya adalah tidak lain MP3 player, untuk visualisasi layar MP3 didukung 2 animasi serta satu equalizer. Mode yang dapat diset untuk menikmati alunan MP3 mencakup jazz, classic, rock, dance dan country. Format player bisa pula memutar AAC dan AAC+. Kemudian ada FM radio, seperti biasa untuk menikmati nya diperlukan koneksi dengan headset. Kedua ponsel Pantech sebelumnya juga sudah dilengkapi FM radio. Lalu masih menyangkut multimedia adalah Java games. Dalam versi uji coba diketahui terdapat dua jenis game yakni Aqua PangPang dan Run.

Memori
Pantech PG-8000 dilengkapi dua jenis sistem memori, baik internal dan eksternal. Untuk memori eksternal mempergunakan jenis kartu RS (reduce size) MMC. Serupa dengan yang digunakan pada seri PG-6100. Pola operasinya mengadopsis mekanisme hot swap, slot memori nya sendiri terletak pada sisi kanan badan ponsel, dilengkapi pula dengan pelindung yang terintegrasi. Sedang untuk memori internal bersifat dinamis dengan total 19,7 Mb untuk aneka kebutuhan menu seperti email, image, sound dan game.

Untuk dukungan memori lain, semisal SMS ponsel ini bisa menyimpan hingga 100 entry message. Lalu kapasitas phonebook memory mencapai 800 entry bersifat multiple dan juga dilengkapi kemampuan photo calller ID.

Konektivitas
Kemampuan konektivitas ponsel ini cukup memuaskan dan lengkap. Untuk infrared dapat di set secara khusus dengan pilihan moda intenet connection, PC sync connection dan object exchanging. Jadi Anda harus menset dengan benar sesuai kebutuhan sebelum menggunakan nya. Dalam uji coba semua moda dapat berjalan sangat baik ke berbagai perangkat. Kemudian ada pula bluetooth yang dalam uji coba berfungsi cukup optimal. Tapi ada tambahan, jika ingin mengirimkan business card lewat bluetooth tersedia moda khusus. Fasilitas transfer data USB juga tersedia melengkapi akses kabel lewat USB mass storage.
Performa
Urusan performa ponsel ini terbilang cukup baik, baik kualitas panggioan dan penerimaan suara lumayan optimal berkat dukungan fasilitas speaker phone. Akses internet dengan mengandalkan GPRS kelas 10 memang belum dapat dibuktikan, namun pihak prinsipal menjanjikan bahwa versi jualnya nanti sidah disiapkan denga seting proxy GPRS operator lokal. Seperti yang terdapat pada seri PG-6100. Adanya fasilitas TTSmenambah poin tersendiri pada ponsel ini. Tidak ada kesulitan dengan ponsel ini, tapi tetap saja Anda perlu sedikit beradaptasi untuk mengopetasikan ponsel dengan rancangan atraktif ini.

Ponsel yang beroperasi di frekuensi GSM triple band ini ditenagai baterai lithium Ion berkapsitas 820 mAh. Dari kapasitas tersebut ponsel ini dapat mempunyai waktu siaga hingga 200 jam dan waktu bicara hingga 3,5 jam. Waktu charging yang diperlukan sekitar 2,5 jam untuk pengisian full. Saat di uji coba PG-8000 menggunakan versi software 1.00

Spesifikasi
Harga : Rp 3,5 juta – Rp 4 juta
Layar : TFT 260 ribu warna
Ukuran : 99,8 x 51,8 x 16,4 mm
Berat : 106,5 gram
Kamera : CCD 2,1 megapixels (1600x1200 pixels)
Baterai : Lithium Ion 820 mAh
Waktu bicara/Siaga : Hingga 3,5 jam / Hingga 200 jam
Phonebook : 800
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
GPRS/WAP : kelas 10/WAP 2.0
Kemampuan download : Ya
Bluetooth/Infrared : Ya vesri 1.2/Ya
Nada dering : MP3 dan polifonik 64 cord
Fitur lainnya : email POP3, MMS, voice mail, alarm, calendar, memo, world time, converter, stopwatch, timer, dll.

(Apr06)

Tidak ada komentar: