2 Apr 2008

Panasonic VS2





Clamshell dengan Layar 16 Juta Warna


Di kuartal ketiga tahun ini Panasonic Mobile punya kejutan dengan menghadirkan ponsel terbaru yang memiliki keunggulan tersendiri. Adalah seri Panasonic VS2 ponsel dengan desain clamshell pertama yang ditawarkan dengan keunggulan layar 16 juta warna. Dan hingga kini layar 16 juta warna baru menjadi keunggulan vendor dari Jepang ini. VS adalah kepanjangan dari visual slim, artinya ponsel yang memiliki keunggulan dalam visual plus dukungan desain yang tipis. Selain seri VS2 terdapat pula seri VS3 dan VS7 yang juga akan meramaikan bursa ponsel di Tanah Air.


Tampilan

Desain

VS2 di desai dengan lumayan tipis untuk kelas ponsel clamshell. Pada bagian front cover mencerminkan rancangan yang konservatif namun elegan, ini bisa dilihat dari tidak banyak digunakannya list-list variasi yang biasa diterapkan pada ponsel-ponsel pada umumnya. Di front cover ditempatkan lensa kamera digital fokus tetap, uniknya di bibir lensa juga dilengkapi instrument putar untuk menggunakan macro mode saat melakukan pemotretan. Selanjutnya di bawah lensa ada service light (lampu LED), dan sebagai variasi juga tidak lupa disertakan cermin mini untuk melakukan self portrait.

Pada sisi kiri badan ponsel terdapat instrumen tombol self portrait, konektor infrared, dan tombol pengatur volume suara. Sedang di sisi kanan ada satu lubang konektor yang digunakan sebagai sambungan ke headset, USB dan charging. Di back cover yang di dominasi warna silver hanya ditempatkan lubang speaker. Tidak berbeda dengan bagian luar, bagian dalam ponsel yang meliputi susunan keypad dan layar juga mengesankan aronma konservatif. Secara keseluruhan VS2 memiliki dimensi 96 x 46 x 18,2 mm dan berat 98 gram.

Keypad
Nampaknya Panasonic mendesain keypad VS2 dengan konsep easy to use. Ini diperlihatkan dalam cara pengoperasian keypad dan tombol navigasi yang sangat mudah. Apalagi ukuran setiap tombol keypad di buat dengan cukup lebar, sehingga pengoperasian nya jadi sangat mudah.

Layar
Urusan layar sudah pasti menjadi keunggulan utama VS2. Layar VS2 mengadopsi teknologi terunggul TFT (thin flim transistor) dengan kedalaman 16 juta warna. Harus diakui bahwa pencitraan gambar di layar VS2 benar-benar sangat baik dan jernih. Resolusi layar VS2 adalah 320 x 240 pixels. Sedang ukuran layar mencapai 2,2 inchi atau sekitar 34 x 45 mm. Untuk pesan teks layar mampu menampilkan 7 baris teks secara langsung.

One Push Auto Open
Serupa dengan seri Panasonic X400, VS2 juga mengadopsi teknologi one push auto open. Inovasi ini cukup unik, cukup dengan menekan tombol yang terletak sisi engsel kanan maka folder bisa lanngsung terbuka. One push auto open ini menggunakan energi kinetik, jadi tidak memakan konsumsi dari baterai. Cuma saja hanya one push auto open bisa digunakan untuk membuka folder.

Fitur Kamera
Jenis kamera VS2 mengadopsi kemampuan 1,3 megapixels. Fungsi kamera dapat menjalankan peran pemotretan dan rekam video. Untuk pemotretan ukuran foto dapat di set mulai dari ukuran pixels 1280x1024 (extra large), 640x480 (large), 320x240 (medium), 160x120 (small) dan main display (240x320). Ada lagi kemampuan multishot dengan jepret otomatis 15 frame sekaligus dengan 7,5 fps (frame per second). Menambah variasi disediakan fungsi efek kamera mencakup sepia, monochrome dan negatif. Self timer dan shutter sound juga menjadi menu pendukung yang bisa didapat pada VS2. Yang agak berbeda dari ponsel lain, di fitur kamera terdapat manu available space. Di sini Anda bisa langsung melihat kapasitas yang tersisa dari setiap pilihan ukuran pixels yang akan digunakan.

Fungsi rekam video mencakup layanan recording time berdasar extended video dan MMS sending. Selebihnya pilihan efek, self timer dan available space juga tersedia serupa dengan yang ada pada menu pemotretan. Baik fungsi rekam video dan pemotretan dilengkapi juga dengan brightness dan zoom hingga 4x. Sedikit disayangkan VS2 tidak dilengkapi dengan flash light untuk memotret di area minim cahaya. Meski begitu menu night mode tersedia di VS2. Lepas dari itu semua ada satu unggulan yang atraktif yakni macro mode. Dengan macro mode Anda bisa memperjelas obyek pemotretan pada jarak dekat.

Java Games
Untuk game Panasonic mobile bekerjasama dengan SEGA dalam menghadirkan SEGA’s The Sonic Hedgehog untuk menjadi game Java embedded bagi ponsel terbaru Panasonic, termasuk VS2. Memainkan Sonic Hedgegoh di layar VS2 cukup seru dan menegangkan, Anda akan dipacu untuk melawan segala rintangan. Lebih dari game ini bisa di seting mencakup volume, backlight dan vibration. Tidak menutup kemungkinan dalam versi jual ditambahkan jenis-jenis game lainnya.

Message dan Memori
VS2 menyediakan fasilitas message mulai dari SMS dan MMS, sayang belum dilengkapi email client. Untuk SMS VS2 sudah siap dengan kemampuan long teks message hingga 1530 karakter. Status memori untuk SMS adalah 500 entry, sedang MMS total memori yang disediakan adalah 2 Mb. VS2 tidak memiliki slot memori eksternal, untuk itu VS2 memiliki memori internal dinamis sebesar 32 Mb bagi kebutuhan melodi, picture dan lainnya. Kapasitas phonebook mencapai 500 entry denga skema multiple entry, identitas phonebook juga dilengkapi foto, sehingga VS2 memiliki kemampuan caller ID foto.

Konektivitas dan Internet
Mendukung konektivitas VS2 dilengkapi dengan infrared dan USB. Dalam pengujian koneksi infrared dapat berjalan cukup bagus mampu melakukan trasfer data berupa gambar, suara dan contacts name ke ponsel lain seperti Nokia 6600. Begitu pula terbukti terkoneksi dengan infrared di PC atau laptop.

Akses internet VS2 menggunakan GPRS kelas 10, WAP browser 2.0 dan Java MIDP 2.0. Dalam versi uji coba VS2 sudah dilengkapi dengan inject proxy berbagai seeting GPRS operator lokal, memudahkan dalam penggunaan. Berseluncur ke situs yahoo, panasonicbox.com atau detik.com hanya perlu hitungan kurang dari 5 detik saja.

Nada Dering dan Voice
Nada dering VS2 menggunakan jenis polifonik 40 cord. Dalam versi uji coba diketahui terdapat 20 koleksi nada dering dengan format MMF. Kelebihan lain VS2 bisa juga memutar nada melodi MP3, meski dalam menu ponsel tidak terdapat MP3 player. Guna mendengarkan nada MP3 diperlukan install lewat headset manager. Nada MP3 ini dapat dijadikan nada dering. Selain itu VS2 juga memiliki fitur sound recorder, dimana dalam satu kali perekaman maksimal bisa mencapai waktu 3 menit.

Performa
Panasonic VS2 adalah ponsel yang cukup prima dalam penggunaan. Tidak ada keluhan mendasar di ponsel ini. Kemampuan panggilan dan penerimaan voice juga sangat bagus. Hanya saja kemampuan speaker phone terasa kurang maksimal, ini mungkin karena jenis loud speaker yang kecil dan terletak di bagian belakang. Memori internal dinamsi 32 Mb memang cukup besar, namun tentu akan lebih optimal jika dilengkapi slot kartu memori.

VS2 ditenagai baterai dengan kapasitas 830 mAh lithium Ion. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 370 jam dan waktu bicara hingga 6 jam. Ponsel dengan jaringan GSM triple band ini tidak memiliki kemampuan exchangable cover. Dalam versi jual nya VS2 ditawarkan dengan pilihan warna pnk, silver dan dark brown. Mendukung nada MP3 dalam paket jual juga disediakan software headset manager.

Spesifikasi
Harga : Rp 2,5 juta – Rp 3 juta
Layar : TFT LCD 16 juta warna
Ukuran : 96 x 46 x 18,2 mm
Berat : 98 gram
Waktu bicara : siaga Hingga 6 jam / Hingga 370 jam
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Kemampuan download : Ya
Infrared : Ya
Game : Ya, Java
Kamera : Ya
GPRS : kelas 10
Fitur : Lainnya alarm, calculator, calendar, voice memo, dll.

(Sep05)

Tidak ada komentar: