2 Apr 2008

Benq Z2





Ponsel Kubus dengan Megapixels

Setelah mengambil langkah akuisisi terhadap Siemens Mobile, Benq Mobile kian berani dan mantap untuk terjun ke pasar ponsel di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ajang pameran Indonesia Cellular Show bulan Juli lalu menjadi bukti kehadiran untuk pertama kalinya Benq Mobile di Indonesia, diantara produk yang diperkenalkan adalah ponsel unik bagi kelas high end Benq Z2. Dikatakan unik sebab seri Z2 ini dirancang dengan desain kubus atau kotak dengan ukuran panjang yang sama pada kedua sisinya. Alhasil Z2 lumayan menarik banyak perhatian karena memang belum ada ponsel dengan desain seperti ini yang masuk ke pasar domestik.

Meski berbentuk tidak layaknya ponsel pada umumnya, Z2 bisa disebut lumayan padat fitur entertainment. Beberapa yang diandalkan seperti MP3 player, FM radio dan kemampuan kamera digital 1,3 megapixels. Oleh pihak PT. Metrotech selaku distributor tunggal Benq Mobile, seri Z2 sebenarnya lebih disasar bagi kebutuhan lifestyle dan fashion yang mengedepankan unsur fitur canggih..

Tampilan Desain
Dari segi desain Benq Z2 memang cukup inovatif, setidaknya baru ini pertama kali ponsel berdesain cube diperkenalkan dengan panjang kedua sisi serupa. Secara keseluruhan Z2 memiliki dimensi 66 x 66 x 20,7 mm dan berat sekitar 106 gram. Satu-satunya ponsel yang desain nya agak mendekati Z2 adalah Nokia7600 yang berdesain seperti lembaran daun. Sebagai perbandingan Nokia7600 memiliki dimensi 87 x 78 x 18,6 mm dan berat 123 gram.

Dengan desain yang relatif kecil membuat Z2 sangat pas digenggam dan dimasukkan dalam saku celana yang sempit sekalipun. Selain itu dilihat dari desain luar Z2 juga dilengkapi dengan aneka instrumen. Pada sisi kanan ponsel terdapat tombol akses langsung ke menu MP3, demikian pula tombol pengatur volume terletak pada sisi yang sama. Untuk koneksi USB juga ditempatkan slot pada sisi kanan ini. Lalu di sisi kiri terdapat pembuka cover dan lubang gantungan. Di bagian bawah Z2 tidak luput dengan instrumen penting slot mini SD (secure digital) dan konektor handsfree/FM radio.

Menyusul di bagian atas tombol light screen, di bagian belakang (back cover) ditempatkan lensa kamera, flash light dan loud speaker. Pada bagian front cover juga ditempatkan speaker kecil untuk penerimaan suara saat voice calling. Sebagai ponsel fashion Z2 dilengkapi pula kemampuan gonta ganti casing atau exchangable cover depan belakang.

Keypad
Susunan keypad Z2 sangat unik, dimana deretan keypad ditempatkan secara vertikal dan berimpit pada sisi kiri layar. Sedang tepat di bawah layar terdapat dua softkey, tombol panggilan, tombol on/off dan tepat ditengah nya terletak tombol navigasi empat arah. Khusus untuk pengoperasian keypad rasanya diperlukan adaptasi terlebih dahulu, dengan susunan yang unik dan kecil membuat pengguna di awal penggunaan akan merasa kesulitan.

Layar
Ukuran layar Z2 tidak lah besar yakni sekitar 27 x 27 mm dengan resolusi 128 x 128 pixels. Kemampuan resolusi layar Z2 ini serupa dengan resolusi layar Siemens AX75. Meski layar Z2 berukuran kecil namun kedalaman warna nya cukup mencengangkan, yakni 262 ribu warna dengan adopsi teknologi layar TFT (thin film transistor).

Fitur Kamera
Meski pendatang baru Z2 sudah dilengkapi kamera 1,3 megapixels. Kemampuan kamera Z2 hanya mencakup pemotretan gambar dengan beberapa pilihan ukuran mulai dari 1280x960 pixels, 640x480 pixels (VGA), 320x240 pixels dan 128x128 pixels (wallpaper). Guna menambah variasi pemotretan disiapkan kemampuan brightness dan efek seperti normal, sketch, engrove, embossment, water color, draft dan negatif. Mengantisipasi kurang cahaya pada saat pemotretan, Z2 sudah menyiapkan flash light. Tidak lupa juga kelengkapan fasilitas self timer dengan pengaturan 5 dan 10 detik. Sedikit disayngkan shooting mode yang tersedia hanya dengan satu pilihan yakni single mode. Padahal jika ada multiple mode pasti akan lebih menarik.

Messaging
Fitur messaging pada Z2 didukung dengan long SMS hingga 1440 karakter dan kemampuan MMS (multimedia messaging services). Ponsel ini menyediakan sistem pengamanan data untuk SMS lewat sistem private folder yang menggunakan kode password. Selain itu Z2 menyediakan pula fitur SMS chat dan voice mail. Untuk kebutuhan data messaging ini disediakan kapasitas memori khusus sebesar 1,5 Mb. Untuk mengetik pesan seperti SMS jenis huruf atau angka tidak dapat dirubah secara langsung, melainkan cara merubah nya harus melalui input teks yang tedapat di menu settings.

MP3 Player dan FM radio
Unggulan dalam elemen entertaiment tidak lain adalah MP3 player dan FM radio. Kemampuan MP3 player dapat dimaksimalkan berkat dukungan internal memori dinamis 60 Mb. Performa nada MP3 ditambahkan set atmosphere sound seperti chill factor, alpha, passing light dan blood vessels. Secara keseluruhan kualitas nada MP3 didukung dengan kemampuan 3D sound. Nada MP3 juga dapat di set menjadi nada dering. Sedangkan FM radio bisa dapat menyimpan setting hingga 20 channel stasiun radio. Untuk mendengarkan FM radio diperlukan koneksi antara ponsel dengan headset stereo. Namun untuk mendengarkan dapat di set lewat headset dan loud speaker.

Benq Z2 juga ditunjang sound recorder dengan pilihan moda simpan data di phone memori dan mini SD. Untuk kebutuhan melodi dasar, Z2 tidak ketinggalan dibekali 40 cord nada polifonik. Pada versi uji coba terdapat 38 jenis pilihan melodi dengan format WAV. Jika ingin mengekspresikan nada sendiri, Z2 juga dilengkapi composer hingga delapan entry.

Games
Ponsel ini mengadopsi jenis Java games dalam beberapa pilihan permainan seperti extreme racing, rotatelt, skater dan soccer. Games jenis skater dan soccer lumayan atraktif, hanya saja dalam versi uji coba bahasa panduan masih menggunakan bahasa Mandarin, sehingga tidak mudah dimengerti bagi kebanyakan orang. Jenis aplikasi Java mengadopsi versi CLDC1.0-MIDP2.0 dengan alokasi memori untuk games sebesar 6,33 Mb.

Internet dan Koneksi
Kemampuan internet Benq Z2 mengadopsi GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) dan WAP browser versi 2.0. Fasilitas akses internet terdapat dalam menu services. Sedang untuk sistem koneksi jarak dekat, Z2 hanya mengandalkan transfer lewat USB. Tidak ada kelengkapan seperti infrared dan bluetooth.

Performa
Tidak sedikit yang menyebutkan Benq Z2 berhasil menghadirkan sensasi tersendiri, selain soal desain, kepadatan fitur ponsel ini juga harus diacungi jempol. Performa panggilan dan penerimaan voice terbukti cukup bagus, tidak ada kendala. Meski dalam cara penggunaan saat berbicara, beberapa orang terlihat masih agak canggung, mengingat jarak antara mulut dan microphone ponsel terlihat cukup jauh.

Kemampuan layar dengan kedalaman 262 ribu warna memang sangat bagus, namun sayang hal ini kurang dapat terlihat secara maksimal. Kemungkinan ini disebabkan penggunaan resolusi layar yang kecil dan ukuran layar yang juga memang mini. Untuk keperluan messaging lumayan memadai, meski akan lebih optimal jika ponsel ini juga dilengkapi fasilitas email client POP3. Untuk pengetikan SMS dalam hal perpindahan dari teks huruf ke angka atau sebaliknya terasa kurang praktis dengan harus melalui perpindahan di menu setting. Pun dalam versi uji coba ponsel dengan kemampuan GSM triple band ini baru dilengkapi dengan fasilitas bahasa Inggris dan Mandarin. Jika nantinya diluncurkan ke pasar Tanah Air, tentu sudah kewajiban Benq Mobile melengkapinya dengan layanan bahasa Indonesia.

Untuk memudahkan melihat file dari berbagai data Z2 menyediakan menu media center yang menghimpun rangkaian data dalam album, images, musik dan download. Meski berdesain mungil Z2 ditenagai dengan kapasitas baterai yang besar. Dalam versi uji coba Z2 dilengkapi dengan baterai lithium Ion 950 mAh. Meski beberapa situs juga menyebutkan Z2 mampu menggunakan kapasitas baterai lithium Ion 1000 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat diperoleh waktu siaga hingga 150 jam dan waktu bicara hingga 5 jam. Disamping beberapa fitur-fitur unggulan, Z2 juga lumayan banyak mengadopsi beberapa fitur pendukung untuk keseharian seperti alarm, world clock, calculator, dan lain-lain

Spesifikasi
Harga Rp 4.499.000,-
Layar 262 ribu warna TFT
Ukuran 66 x 66 x 20,7 mm
Berat 106 gram
Waktu bicara / Waktu siaga Hingga 5 jam / Hingga 150 jam
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Kemampuan download Ya
Phonebook 500
Infrared Tidak
GPRS Kelas 10
WAP versi 2.0
Nada dering polifonik, MP3
Bluetooth Tidak
Kamera Ya, 1,3 megapixels
Fitur short cut, countdown timer, to do list, iTAP text input, currency converter, notes, stopwatch, calendar, dll.

(Sep05)

Tidak ada komentar: