7 Apr 2008

Panggilan Darurat lewat SMS





Tidak membutuhkan hardware dan tarif khusus, kini panggilan darurat sudah bisa dijalankan dengan sistem otomatis di dalam fitur ponsel. Hanya saja disayangkan, fitur dengan manfaat tinggi ini baru terbatas digunakan pada seri Samsung SGH-E640


Dalam keadaaan terdesak belum tentu setiap orang mampu meminta pertolongan dengan cara yang benar. Kejadian perampokan dan penyanderaan bus atau taksi di Jakarta misalnya, banyak korban yang bereaksi dengan kepanikan luar biasa. Alhasil mau bertindak bagaimana pun, menjadi sebuah kesulitan besar akibat rasa takut yang mendera. Meski Anda memiliki ponsel, apa yang bisa dilakukan? Menelepon aparat atau sahabat jelas sangat berbahaya dan sulit, begitu juga mengirim pesan (SMS), di sangsikan dapat berhasil mengetik pada situasi seperti di atas.

Untuk itu (EWS) early warning system menjadi sangat diperlukan, dalam dunia teknologi selular sudah sejak lama dihadirkan LBS (location based service) atau cell tracking. Hanya saja pemanfaatan nya belum begitu populer. Sebab nya pola charging dari operator dan kesiapan jaringan cell tracking masih banyak dipertanyakan orang. Artinya kini lebih dibutuhkan teknologi EWS yang lebih memasyarakat dan murah. Menjawab tuntutan tadi, Samsung Mobile menghadirkan untuk pertama kali di dunia fitur SOS (save our soul) message yang bundel dalam menu ponsel.

Fitur SOS message ini tidak membutuhkan hardware dan biaya khusus, sebab SOS message cuma berjalan lewat jalur SMS (short message service) reguler. Saat ini kemampuan SOS message baru dilengkapi pada seri SGH-E640. Seperti dikutip dari www.republika.co.id, Lee Kang Hyun, direktur PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menyebutkan lewat SOS mesasage konsumen akan terbantu dalam menghadapi saat-saat darurat, khusus nya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat kriminalitas tinggi.

Pengoperasian
Sebagai informasi darurat sudah pasti setting dan pola penyampian harus dilakukan seringkas mungkin. Fitur SOS message terdapat di dalam menu message, sebelum bisa memanfatkan jasa fitur ini, Anda harus memilih moda sending, setelah memilih icon yes maka di layar sebelah kanan atas bakal muncul icon sirine warna biru. Kemudian pilihan recipient (penerima), Anda bisa melakukan input hingga 10 nomer keluaraga atau sahabat terdekat. Untuk input nomer bisa dilakukan langsung lewat list contact phonebook.

Mengantisipasi sering gagal nya pengiriman SMS, disiapkan pilihan repeat sending mulai dari 1, 3 hingga 5 kali. Selanjutnya masih ada pilihan incoming SOS alert. Nah untuk teks nya memang tidak fleksibel, Anda tidak bisa mengganti pilihan teks yang ada. Bunyi teks itu adalah ‘Help! Please call me. I am in an emergency’, dan dalam bahasa Indonesia ‘Tolong! Hubungi saya. Saya dalam keadaan darurat’.

Untuk pengoperasian sangat mudah. Anda cukup diharuskan menekan tombol volume sebanyak empat kali maka SMS bakal terkirim seketika. Untuk konfirmasi pesan, akan muncul nada getar setelah pesan terkirim. Jadi cukup aman dikala darurat, tidak perlu membuka folder ponsel. Khusus untuk penerima SMS yang menggunakan ponsel SGH-E640, ia harus segera merespons pesan tersebut. Nada dering akan terus berbunyi hingga yang bersangkutan membuka SMS. Sedang untuk penerima SMS dengan ponsel non SGH-E640 berlaku pola seperti menerima SMS reguler.

Bagi pengirim, ponselnya akan terblok setelah pesan SOS terkirim. Ponsel yang bersangkutan akan dalam posisi menolak panggilan telepon dari nomor manapun. Yang dapat menghubungi hanya nomor-nomor yang telah diprogram untuk menerima pesan darurat. Ponsel SGH-E640 akan menjawab secara otomatis dari panggilan 10 nomor pilihan yang telah tersimpan. ''Pengirim pesan darurat dapat menjawab tanpa harus menyentuh ponsel. Speaker yang ada di ponsel bisa dimanfaatkan untuk komunikasi dalam keadaan darurat,'' ungkap Renno Raymond, marketing communication Mobile PT. SEIN.

Ponsel pengirim akan menerima panggilan kembali dari nomor telepon lain apabila si penngguna menonaktifkan fungsi SOS message. Nonaktif bisa dilakukan dengan menekan tombol on/off satu kali. Metode yang diadaptasi vendor asal Korea ini bisa dibilang sebuah terobosan yang unik, bermanfaat tinggi tanpa kandungan teknologi yang terlalu rumit. Meski begitu perlu juga diingat bahwa sistem pengiriman pesan SOS message ini hanya mengandalkan jalur SMS reguler, jadi bagi Anda yang menggunakan fitur ini juga perlu berharap supaya performa jaringan SMS operator tetap stabil.

(Okt05)

Tidak ada komentar: