9 Apr 2008

Samsung SGH-D600





Video Caller ID Plus Tv Output

Belum berselang satu tahun, kembali Samsung Mobile kembali menghadirkan serial turunan dari SGH-D500 yang kini masih menempati deretan ponsel high end teratas di Indonesia. Seri terbaru keluarga kelas D Samsung ini adalah SGH-D600. Rancangan desain serta fiturnya merupakan kombinasi dari seri SGH-D500 dan E630. Sebagai ponsel generasi terbaru, SGH-D600 ditawarkan dengan kemampuan lebih dibanding pendahulunya. Keunggulan utama ponsel ini adalah layar 262 ribu warna, kamera 2 mega pixels, fasilitas multimedia lengkap dan tidak ketinggalan dukungan konektivitas bluetooth. Namun dibalik itu semua, SGH-D600 masih ditambah pula dengan kapasitas memori eksternal dan Tv output. Hadirnya memori eksternal tentu menjadi kabar baik bagi penggemar Samsung, maklum produk sebelumnya SGH-D500 belum mengadopsi fasilitas ini.

Tampilan Desain
SGH-D600 mengambil konsep sliding phone, jika diperhatikan secara seksama ponsel ini begitu dekat kemiripannya dengan SGH-E630. Utamanya dilihat dari desain frame layar, dominasi warna hitam dan loud spaeaker. Hanya saja SGH-D600 tampil dengan ukuran lebih besar. SGH-D600 memiliki ukuran 96 x 46,5 x 21,5 mm dan berat 99 gram. Sedang SGH-E630 mempunyai ukuran 85 x 42 x 22 mm dan berat 79 gram. Dengan ukuran yang lebih besar menjadikan SGH-D600 lebih ergonomis dalam penggunaan.

Beberapa instrumen yang terpadu di sekitaran badan ponsel meliputi tombol navigasi yang juga berfungsi sebagai short cut menu yang dinamis. Lalu di area samping kiri ada tombol self portrait, serta lubang konektor headset yang turut bereperan sebagai koneksi USB dan Tv output. Sebalinya di samping kanan terletak tombol pengatur volume dan kelengkapan yang ditunggu yakni slot kartu memori bagi Trans Flash card. Sebagai ponsel yang mengusung kemampuan audio, disisi kanan dan kiri terdapat dual speaker yang mampu memancarakan suara berkualitas stereo.

Display
Untuk display SGH-D600 mengadopsi jenis teknologi TFT (thin film transistor). Kedalaman warna serupa dengan SGH-D500 yakni 262 ribu warna. Resolusi display SGH-D600 240 x 320 pixels dengan ukuran diplay sekitar 31 x 41 mm atau 2 inchi. Ini lebih besar dibanding resolusi display SGH-D500 yang mengadopsi 176 x 220 pixels dengan ukuran display 30 x 38 mm. Bisa dipastikan pencitraan gambar pada layar benar-benar memuaskan. Untuk pengetikan teks diplay mampu menampilkan hingga 7 baris teks.

Fitur Kamera
Soal kemampuan kamera SGH-D600 mengami pengingkatan dibanding seri SGH-D500 yang baru mengdopsi kemampuan 1,3 mega pixels. SGH-D600 dilengkapi dengan ‘senjata’ kamera 2 mega pixels (1600 x 1200 pixels). Fungsi kamera mampu menjalankan peran pemotretan dan rekam video. Olah fitur pada kamera SGH-D600 tidak mengalami perbedaan dengan SGH-D500, terdapat 14x zooming, brightness, koleksi muliti frame, paduan beberapa efek foto, timer, pilihan kualitas foto berdasar standar ISO dan tidak lupa fasilitas flash light. Kemampuan fitur serupa juga dibenamnkan pada performa moda rekam video.

Tv Output
Ini pertama kalinya ponsel Samsung dilengkapi kemampuan Tv output, Anda bisa menampilkan display layar ponsel pada layar Tv lewat kebel Tv output yang disediakan dalam paket penjualan. Anda dapat memilih setting jenis PAL dan NTSC, saat kebel Tv output terhubung maka secara otomatis layar di ponsel akan mati, dan sebaliknya layar Tv akan menampilkan segala menu ponsel. Fasilitas Tv output ini sangat terasa berguna untuk melihat hasil rekaman dan download video. Apalagi suara yang dihasilkan luamaan cukup jelas.

Memori
Kapasitas memori terbagi dua yakni internal dan ekstenal. Untuk internal memori tersedia 88 Mb yang dialokasikan bagi kebutuhan foto, imaging, email, MMS dan picture. Selain itu terdapat pula 4 Mb kapasitas untuk menampung aplikasi game berbasis Java. Organizer memori mampu menampung hingga 400 entry. Soal kapasitas phonebook, SGH-D600 memiliki 1000 entry. Namun ada sesuatu yang beda dari seri-seri sebelumnya, ponsel ini memiliki tidak hanya photo caller ID dan nada dering caller ID, lebih hebat lagi SGH-D600 sudah dibekali video caller ID. Seperti biasanya SMS memori bisa menapung sampai 200 entry.

Konektivitas dan Internet
Untuk mendukung konektivitas data jarak dekat, ponsel ini didukung oleh bluetooth dan USB. Peran bluetooth dapat menjalankan peran yang cukup beragam, salah satu yang paling baru adalah basic printing (print bridge) dan dial up networking. Hanya sedikit disayangkan kecanggihan ponsel ini terasa kurang sebab koneksi infrared absen, padahal di seri SGH-D500 dilengkapi dengan infrared. Sedangkan menunjang koneksi data internet SGH-D600 di support oleh GPRS kelas 12 (4 downlink + 4 uplink) dan WAP 2.0 browser. Dalam uji coba terlihat sistem setting GPRS nya tidak berbeda dengan seri SGH.D500. Dukungan GPRS kelas 12 masih terbilang baru diterapkan pada ponsel-ponsel yang hadir di Indonesia.

Messaging
Kemampuan messaging didukung dengan long SMS hingga 1920 karakter. Fasilitas pada SMS dilengkapi moda insert untuk ke template, phonebook dan bookmark. Tambahan animasi, melodi dan attachment file sudah bisa dilakukan. Dan yang menarik text style bisa disesuaikan sesuai selera, ada pilihan small, medium dan large. Tidak ketinggalan kemampuan SMS juga masih ditambah dengan sistem italic dan bold. Sedang untuk MMS sudah disediakan 12 koleksi templates yang sangat menarik Dalam satu pengiriman MMS mampu mengirim data dengan kapasitas sampai 295 Kb.

Multimedia
Aplikasi multimedia cukup lengkap dipadatkan di ponsel ini. Diantara yang ditawarkan adalah kemampuan musik lewat MP3/AAC/AAC+ player. Melodi MP3 dapat dimainkan lewat loudspeaker dan headset. Kegunaan melodi MP3 juga dapat di set untuk nada dering, caller ID dan alarm tone. Menikmati MP3 di ponsel ini cukup nyaman berkat pilihan repaet yakni all dan one times. Lalu ada lagi voice recorder yang mempunya pilihan waktu rekam berdasar limit MMS dan 1 jam rekam. Video player dengan format MPEG4 juga cukup handal disajikan, anda dapat merekam dengan waktu yang panjang berkat dukungan memori yang besar.

Melengkapi unsur hiburan, SGH-D600 dibekali kemampuan olah hasil foto lewat image editor. Anda dapat menambahkan efek pada foto favorit dengan moda black & white, negative, sepia, blur, sharp, sketch, posterize dan solarize.Tidak itu saja gambar dapat dilakukan adjustment lewat bright, contarast dan color. Elemen permainan menjadi suatu kebutuhan, tidak beda dengan SGH-D500, jenis permainan SGH-D600 juga memiliki koleksi forgotten warrior, freekick dan arch angel.

Selain aplikasi yang bersifat entretainment, SGH-D600 juga tidak lupa menghadirkan beberapa aplikasi pendukung aktivitas keseharian. Diantaranya ada alarm multi waktu, kalkulator, konverter, timer dan stopwatch yang dilengkapi 4 setting waktu. SGH-D600 juga memiliki kemampuan aplikasi office. Pada menu other file misalnya, dapat ditampilkan format file power point, PDF, Doc (MS word), WMF, TXT dan XLS (MS excel).

Performa
Ponsel sliding keluaran Samsung ini bisa dikatakan cukup mantap digunakan. Dalam desain dan pengoperasian cukup nyaman dan ergonomis. Kualitas penerimaan dan panggilan terbukti sangat baik, apalagi ponsel ini sudah mengadopsi voice clarity. Dalam uji coba kemampuan speakerphone dapat memancarakan suara yang cukup keras. Performa ponsel ini juga didukung oleh frekuensi GSM quad band, dengan tambahan alokasi frekuensi pada 850 Mhz.

Kehadiran fasilitas Tv output menjadikan SGH-D600 benar-benar beda, fungsi ponsel ini bisa disamakan dengan sebuah handycam. Saat ponsel dan Tv terkoneksi pastikan agar baterai dalam kondisi optimal, sebab jika baterai lemah koneksi akan sulit. Saat beterai lemah menu ponsel tetap dapat dioperasikan namun backlight layar akan padam. SGH-D600 ditenagai oleh baterai Lithium Ion berkapasitas 850 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dihasilkan waktu bicara hingga 3 jam dan waktu siaga hingga 220 jam. Juga cukup menarik diperhatikan, baru kali ini ponsel Samsung dilengkapi image editor. Dengan aplikasi ini olah kreasi menjadi lebih maksimal, apalagi SGH-D600 juga mendukung aplikasi office.

Spesifikasi
Harga Rp –
Layar TFT LCD 262 ribu warna
Ukuran 96 x 46,5 x 21,5 mm
Berat 99 gram
Waktu Bicara/Siaga Hingga 3 jam / Hingga 220 jam
Kemampuan download Ya
Jaringan GSM Quadband (850/900/1800/1800 Mhz)
Infrared Tidak
Bluetooth Ya
GPRS Ya, kelas 12
Nada dering Polinonik 64 cord midi dan MP3
Kamera 2 mega pixels
Fitur lainnya Camcorder short cut, cell broadcast, Sync Ml, world time, dll

(Nov05)

2 komentar:

Ni Ketut 'epi' Susrini mengatakan...

Weiss... makin cakep nih blognya. Tapi itu Adjie lagi berimajinasi atau lagi sakit kepala tho? :D

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

saking banyaknya berimajinasi jadi sakit kepala dueh...hehehehe....