25 Apr 2008

Samsung SGH-X300





Simple Clamshell dengan FM Radio

Samsung Mobile kembali menghadirkan varian terbaru clamshell untuk kelas middle end. Pilihan tertuju pada Samsung SGH-X300 yang tergolong produk anyar untuk pasar dunia. Resminya SGH-X300 mulai dipasarkan pada ajang 3GSM World Congress di Barcelona pertengahan Februari lalu. Hadirnya seri clamshell ini menambah kuat positioning ponsel Samsung yang dilengkapi fasilitas FM radio. Sebelum ini untuk kelas middle end Samsung sudah memperkenalkan seri SGH-C230 yang juga mengusung keunggulan FM radio. SGH-X300 mengusung konsep desain yang simpel tapi tetap memperhatikan kebutuhan fitur standar modern.

Tampilan
Desain
Samsung SGH-X300 dirancang dengan desain clamshell yang compact. Kesan simpel cukup kental menghiasi ‘aura’ SGH-X300. Meski begitu ponsel ini juga tidak lepas dari kesan futuristik, terutama karena balutan warna pada body ‘dibungkus’total dengan satu warna. Setidaknya ada dua warna pilihan yang disajikan yaitu black dan silver. Sebagai ponsel dengan konsep ‘kesederhanaan’ SGH-X300 pada folder nya tidak banyak menampilkan pernak-pernik serta elemen pendukung. Pada folder depan hanya ditempatkan sebuah LCD monochrome. Begitu pula pada sisi samping badan ponsel hanya terdapat headset jack dan infrared port.

Dilihat dari konsep desain dan teknologi, SGH-X300 terlihat cukup mirip dengan seri sebelumnya SGH-X660. Meski tentu tidak sama persis. Persamaan ini bisa dilihat dari penggunaan dual color LCD yang punya performa serupa. Hanya saja SGH-X300 ditawarkan minus kamera pada folder nya, namun sebaliknya SGH-X660 ditawarkan minus FM radio. Secara keseluruhan SGH-X300 memiliki dimensi 86 x 46 x 20 mm dan berat 80 gram. Sedang SGH-X660 memiliki dimensi 89,5 x 45 x 21,5 mm dan berat 78 gram.

Keypad
Konsep keypad tidak ada yang berubah atau terlihat menarik. Desain keypad ponsel ini pun sangat mirip dengan yang ada di SGH-X660. Tombol navigasi empat arah seperti biasa dapat dis set sebagai short cut akses ke empat menu pilihan. Hanya saja tombol navigasi arah ke bawah tidak bisa lagi Anda ‘utak utik’, sebab akses tersebut sudah di set khusus untuk masuk ke menu FM radio. Dibagian tengah tombol navigasi seperti biasa teradapat akses menuju langsung ke internet.

Layar
Meski berada di kelas middle end, Samsung SGH-X300 disiapkan dengan dual LCD. Untuk LCD bagian dalam mengadopsi jenis teknologi UFB (ultra fine bright) dengan kedalaman 65 ribu warna. Serupa dengan yang digunakan pada SGH-X660. Sedang tingkat resolusi layar adalah 128x160 pixels dengan ukuran layar 21 x 33 mm. Memang tampak visualisasi layar dengan teknologi UFB ini tidak terlampau maksimal. Lalu LCD bagian luar menggunakan jenis teknologi 4 grey monochrome. Tanpa adanya fasilitas kamera maka fungsi LCD luar ini sebatas untuk menunjukkan informasi dan indikator ponsel saja. Resolusi LCD luar ini adalah 96 x 96 pixels dengan ukuran layar 17 x 17 mm.

Fitur
FM radio
Bagi Anda yang memilih ponsel ini maka FM radio tidak pelak menjadi satu-satu nya andalan fitur yang memikat. Menu FM radio sudah disiapkan tersendiri untuk Anda nikmati. Untuk menggunakan fitur ini, ponsel harus terhubung dengan perangkat headset. Sedekar catatan, meski optimal dengan headset stereo, tapi dalam uji coba headset jenis mono yang digunakan pada seri SGH-E630. Tanpa headset terpasang, jangan harap bisa menkmati kualitas radio dari Samsung. FM radio dapat di set untuk mengatur volume dan mode pancaran suara headset atau speaker. Jadi suara radio bisa diperdengarkan ke rekan-rekan di sekitar. Total ada 30 channel stasiun radio FM yang dapat disimpan. Sebagai tambahan disediakan juga pop up alert, memudahkan bagi Anda untuk siap mendengarkan siaran radio favorit pada waktu tertentu. Dalam uji coba kemampuan radio pada ponsel ini terbukti cukup prima.

Memori
Seperti ponsel Samsung lainnya, SGH-X300 juga mengadoposi memori internal dinamis. Beberapa komponen yang dapat sharing memori secara dinamis adalah kapasitas untuk MMS (multimedia messaging services) dengan alokasi total 400 Kb. Sedang ada lagi memori untuk kebutuhan download games Java yaiitu 256 Kb dan kebutuhan untuk download sound dengan 300 Kb. Lalu masih ada lagi ‘stock’memori untuk voice memo yng hanya 100 Kb. Dengan masa rekam satu kali penggunaan selama 30 detik, kapasitas per durasi adalah 30 Kb. Dilihat dari segi memori memang terlihat sedikit minim. Lepas dari itu semua kapasitas SMS seperti pada umumnya mendukung hingga 200 inbox. Kemudian dalam versi uji coba SGH-X300 diperlihatkan memiliki kapasitas phonebook hingga 500 entry.

Konektivitas
Seperti halnya seri SGH-X660 dan SGH-C230, seri ponsel terbaru Samsung ini juga berbekal konektivitas infrared. Dalam menu phone setting penggunaan infrared dapat di set untuk penggunaan ke PC atau ke ponsel lain. Namun sedikit disayangkan dalam uji coba akses infrared tampak belum bisa berjalan optimal. Semisal untuk koneksi infrared ke ponsel lain seperti Nokia selalu gagal, juga koneksi ke seri SGH-E630 tidak bisa berlangsung. Kemungkinan seting infrared ponsel ini hanya ditujukan untuk seri-seri tertentu. Kelemahan koneksi infrared ini juga dirasakan pada seri SGH-X660 dan SGH-C230.

Internet
Pakem internet pada SGH-X300 mengambil patokan pada teknologi akses lewat GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink). Selain itu masih ada pula dukungan WAP browser versi lama 1.2.1. Sesuai standar yang sudah baku, saat produk nannti dijual sudah dilengkapi dengan inject proxy setting untuk GPRS. Dalam uji coba akses internet terbukti bisa berjalan cukup baik. Meski dukungan layar tidak begitu maksimal.

Entertainment dan Organizer
Kodrat ponsel ini memang menghadirkan fitur sederhana, tapi toh tidak meninggalkan kebutuhan dasar seperti entertainment. Meski tidak menghadirkan sesuatu yang baru, dalam hal game disajikan beberapa pilihan yang sudah embedded seperti bubble smile, fun2link, ultimate, golf challenge dan mobile chess. Jenis koleksi game ini sama persis dengan yang terdapat pada seri SGH-C230. Sementara untuk organiser dirancang dalam menu tersendiri. Di dalamnya seperti sudah umum terdapat alarm multi waktu, kalender, to do list, voice memo dan currency exchange.

Performa
Dengan adanya LCD luar maka tidak diperlukan lagi kehadiran service light. Ponsel ini terbilang cukup handal dalam penggunaan. Bentuk nya yang kecil sangat memudahkan dalam pengoperasian sehari-hari. Kualitas panggilan dan penerimaan suara dalam uji coba tidak menemui masalah berarti. Hanya saja ponsel ini tidak didukung fasilitas speaker phone. Namun satu yang pasti kualitas FM radio pada ponsel clamshell ini terbukti sangat baik. Sebagai ponsel kelas middle end, ketiadaan kamera dan email akses sudah bisa dimaklumi. Untuk menambah semarak visualisasi pada layar, paling tidak tersedia sepuluh pilihan wallpaper. Sedang untuk nanda dering nya menggunakan polifonik dengan 40 cord, terdapat 16 pilihan melodi.

Ponsel ini beroperasi pada frekuensi triple band GSM. Kapasitas baterai yang digunakan adalah 800 mAh dengan teknologi Lithium Ion. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 3 jam dan waktu bicara hingga 200 jam. Meski mengasopsi jenis layar UFB yang kalah optimal dengan TFT. Jangan khawatir pemanfaatan USB juga membawa ‘berkah’ berupa konsumsi energi baterai yang lebih hemat.

Spesifikasi
Harga : -
Layar : UFB LCD 65 ribu warna
Monochorome : LCD 4 grey
Dimensi : 86 x 46 x 20 mm
Berat : 80 gram
Waktu bicara/siaga : Hingga 3 jam / Hingga 200 jam
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook : 500
Kemampuan dowload : ya
GPRS : ya, kelas 10
Game : ya, Java
Nada dering : Polifonik 40 cord
Kamera : Tidak ada’
Fitur lainnya push message, calendar, short cut, to list, dll

(Apr06)

Tidak ada komentar: