14 Apr 2008

Samsung SGH-E630



Desain Sliding Suara Bening

Samsung memang bukan vendor ponsel yang pertama meluncurkan desain sliding. Walau demikian vendor asal Korea Selatan ini tampak cukup agresif dalam merancang produk terbaru dengan desain sliding. Setelah meluncurkan seri ponsel sliding SGH-D410 dan E800 pada tahun lalu, kembali Samsung lewat PT. Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan salah satu ponsel sliding terbarunya. Produk ini adalah Samsung SGH-E630 yang dalam dirancang untuk mengisi segmen pengguna dewasa berusia 25 hingga 35 tahun.

Dari segi rancangan desain SGH-E630 tidak terlalu menawarkan sesuatu yang terlalu beda dengan seri pendahulunya, terutama SGH-E800. Kelengkapan fasilitas dan fitur di ponsel ini rasanya juga belum banyak berubah dari seri-seri yang lalu. Walau Samsung tetap membenamkan sesuatu yang baru, sebagai ciri khas keunggulan produk. SGH-E630 adalah ponsel Samsung GSM pertama yang menggunakan fitur voice clarity. Fitur lain yang dibenamkan tetap mengetengahkan unsur multimedia, seperti kamera VGA, GPRS dan MMS.

Tampilan
Soal desain SGH-E630 terlihat mirip dengan pendahulunya SGH-E800. Tapi juga tidak sedikit yang menyebutkan ponsel baru Samsung ini nampak mirip dengan Siemens SL65. Corak warna bagian depan dominan dengan warna hitam, dan bagian belakang kombinasi antara hitam/abu-abu. Menjadikan nya agak berbeda dari seri-seri sebelumnya yang dominan dengan warna silver. SGH-E630 memiliki ukuran 85 x 43 x 21,5 mm dan berat 82 gram. Sedikit lebih kecil dari SGH-E800 yang memiliki ukuran 87 x 43 x 23,5 mm dan berat 86 gram. Bahkan SGH-E630 masih lebih kecil jika dibanding dengan Siemens SL65 yang berukuran 90 x 47,6 x 21 mm dan berat 99 gram.

Dengan ukuran dan berat nya, ponsel ini rasanya cukup nyaman digunakan. Paduan warna yang ditampilkan rasanya dapat menyegarkan bagi pecinta ponsel Samsung. Maklum selama ini corak warna seri-seri Samsung lebih dominan dengan warna silver. Rancangan menu keypad dan navigasi dirancang dengan corak berbeda dari seri sliding terdahulu. Namun tetap memiliki fungsi yang serupa. Dari desain dan tampilan yang menarik, ponsel ini dijagokan oleh Samsung sebagai official produk dalam MTV Asia Award 2005 di Bangkok. Selain warna hitam, ponsel ini juga ditawarkan dalam warna merah.

Display
Samsung SGH-E630 mengadopsi layar display berjenis TFT (thin flim transistor) dengan kedalaman 65 ribu warna. Resolusi layar adalah 128 x 160 pixels, dimana ukuran display mencapai 25 x 32 mm. Pencitraan yang dihasilkan serupa dengan seri SGH-E800. Sebagai perbandingan Siemens SL65 yang juga mengadopsi layar 65 ribu warna, memiliki resolusi layar 130 x 130 pixels.

Dalam menu display terdapat koleksi wallpaper berupa delapan animasi. Tampilan nuansa display juga dapat dirubah dengan skin dalam 4 pilihan pattern. Lama pencahayaan dalam mode standby dapat diseting mulai dari 15 detik/30detik/ 1 menit/ 3menit dan 10 menit. Selain itu kekuatan pancaran cahaya juga dapat disesuaikan dalam menu LCD brightness.

Fitur Kamera
Kamera SGH-E630 adalah jenis built in VGA (video graphic array) 640 x 480 pixels dengan sudut tetap, serupa dengan yang diperkenalkan pada seri SGH-E800. Sebelumnya Samsung SGH-D410 menghadirkan konsep kamera putar. Tidak seperti seri SGH-E800 dan D410, fungsi kamera ponsel terbaru Samsung ini hanya dapat dilakukan untuk pemotretan. Padahal banyak yang menyayangkan ketiadaan fungsi video recording. Mode yang ditampilkan mencakup normal dan multi shot. Untuk pemotretan malam juga ditunjang dengan night mode.

Anda pun bisa memainkan efek untuk foto seperti gray, nagatife, sepia, emboss, dan sketch. Agar ghasil foto lebih bervariasi tersedia pilihan 15 frame. Fasilitas lain yang juga cukup menarik adalah timer dengan tingkat durasi mulai dari 3 detik hingga 10 detik. Melalui menu kamera, Anda pun dapat mengoperasikan fasilitas flash light. Fasilitas yang sudah beberapa kali hadir di seri ponsel Samsung ini dapat di setting dalam moda normal dan otomatis.

Melodi
Faslitas melodi atau nada mempergunakana nada dering polifonik dengan 64 cord. Dalam versi uji cobanya terdapat pilihan 30 melodi embedded dan my sound dengan format mmf. Ada yang khas di ponsel ini, SGH-E630 menyediakan melody composer. Fasilitas yang sudah lama tidak muncul di ponsel Samsung terdahulu. Untuk mengkreasikan melody composer terdapat pilihan instrument (piano, organ, accordion, guitar, bass guitar, dll). Masih ditambah lagi background melodi seperti dance, jazz, latin, pop dan regge. Tempo nada pun dapat pula disetting dalam range 30 hingga 150.

Untuk pertama kalinya paket peluncuran SGH-E630 akan dilengkapi dengan sound mate device. Sound mate adalah perangkat tambahan yang dipasangkan pada connector headset. Manfaat dari sound mate dapat menghasilkan pancaran suara yang sangat keras untuk ukuran ponsel. Ini sangat berguna untuk memaksimalkan fungsi speakerphone. Namun kabarnya sound mate akan dijual secara terpisah dari unit ponsel nya.

Voice Clarity
Fungsi dari voice clarity adalah untuk menghasilkan kualitas penerimaan suara yang lebih baik. Peran dari voice clarity hampir mirip dengan noise reduction yang telah populer di ponsel-ponsel CDMA. Voice clarity secara otomatis akan menaikan volume dan mereduksi ganngguan suara di saat kita sedang berada di tengah keramaian. Untuk dapat mengaktifkan voice clarity dapat dilakukan melalui menu phone setting.

Memori
Ponsel ini memiliki jenis memori internal yang bersifat dinamis. Dalam varsi uji coba diketahui SGH-E630 memiliki total memori dinamis sekitar 18 Mb, atau tepatnya 18580 Kb. Kapasitas memori tersebut dapat diperuntukkan untuk menampung berbagai koleksi nada dering tambahan, hasil foto, message (MMS) dan voice record. Selain itu SGH-E630 juga menyediakan memori terpisah untuk download aplikasi game Java. Selain juga terdapat koleksi games Java embedded seperti Snowball Fight dan Bubble Smile.

Untuk kapasitas memori SMS tersedia 200 inbox, sedangkan kapasitas MMS menggunkan metode sharing. Hanya saja dalam perhitungan ponsel ini hanya mampu menampung 150 buah MMS. Keunggulan fleksibilitas memori juga dapat dimanfaatkan bagi penggunaan voice recorder. Rata-rata voice recorder dapat digunakan hingga dua jam, tapi jika total memori dikhususkan untuk voice recorder, waktu perekaman bisa mencapai enam jam.

Akses Multimedia
Dalam menunjang akses multimedia internet. SGH-E630 tidak nampak berbeda dari seri-seri sebelumnya. Masih mengusung teknologi GPRS (general packet radio services) kelas 10 – (4 downlink + 2 uplink). Untuk browser menggunakan WAP 2.0, sedangkan akses Java memakai profile MIDP 1.0.3 version. Selain ditunjang akses SMS dan MMS, tersdia juga akses untuk EMS (enhanced messaging services). Dalam uji coba akses internet dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan. Contohnya akselerasi saat dicoba masuk ke situs Yahoo, dalam hitungan kurang dari 5 detik sudah langsung tersambung.

Dalam uji coba setting GPRS masih bersifat manual, namun nantinya akan dipasarkan dalam pilihan inject proxy setting GPRS. Guna menunjang akses data lain, ponsel ini masih hanya mengandalkan infrared dan kabel data. Dengan koneksi masih terbatas pada antar ponsel Samsung atau ke PC.

Photo Caller ID
Fasilitas ini merupakan kelengkapan yang sangat menarik, Anda dapat mengetahui tampilan foto orang yang menelepon. Photo caller ID menjadi bagian pelengkap yang terdapat pada menu phonebook. Total terdapat kapasitas 1000 phonebook entry, dimana setiap nama yang terdaftar dapat dilengkapi dengan photo caller ID.

Performa
Ponsel berfrekuensi GSM triple band ini ditenagai oleh jenis baterai Lithium Ion dengan kapasitas 800 mAh. Serupa dengan yang digunakan pada seri SGH-E800. Dengan kapasitas tersebut SGH-E630 dapat memiliki waktu bicara hingga 2,5 jam serta waktu siaga hingga 130 jam, dalam kondisi pemakaian tertentu. Dalam pengujian, untuk charging membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Spesifikasi
Harga Rp
Layar TFT 65 ribu warna
Ukuran 85 x 43 x 21,5 mm
Berat 82 gram
Jaringan GSM triple band (900/1800/1900 Mhz)
Baterai Lithium Ion 800 mAh
Waktu Bicara/Siaga Hingga 2,5 jam / Hingga 130 jam
GPRS Ya, kelas 10
Kemampuan download Ya
Infrared Ya
WAP Ya, versi 2.0
Games Ya, Java
Kamera Ya, built in
Lainnya calendar, to do list, alarm, clock, conversion, timer, stopwatch, dll

(Jan05)

Tidak ada komentar: