28 Apr 2008

Samsung SGH-P510




Auto Folder dengan Flash Light

“Sekali tekan langsung terbuka……” itu gambaran sekilas para pengunjung booth Samsung Mobile dalam event Indonesian Cellular Show yang berlangsung akhir bulan Juli lalu. Dalam event yang berlangsung di JHCC (Jakarta Hilton Convention Centre) Samsung Mobile menghadirkan beberapa seri ponsel terbarut. Diantara yang terbilang menarik adalah Samsung SGH-P510, ponsel dengan rancangan clamshell ini dibuat atraktif dengan konsep automatic folder, sehingga membuka dan menutup folder bisa dilakukan dengan satu kali sentuhan ibu jari.

Pihak Samsung Indonesia pun menyatatakan akan segera meluncurkan ponsel ini ke pasar domestik. Ponsel ini akan masuk ke segmen high end, dimana fitur dan kelengkapan berteknologi tinggi menjadi ciri utama ponsel asal Korea Selatan ini. Selain automatic folder yang menjadi usungan utama, SGH-P510 juga memiliki keunggulan yang menonjol pada faslitas kamera nya, seperti built in flash yang mampu dikendalikan secara manual dan otomatis. Dukungan akses internet pun tidak absen, selayaknya ponsel masa kini akses GPRS (general packet radio service) dan MMS sudah menjadi fitur yang wajib dibenamkan.

Desain
Samsung sampai saat ini terbilang sangat kreatif dalam urusan merancang ponsel clamshell. Semisal konsep auto folder, konsep ini sudah diterapkan sebelumnya pada Samsung seri terdahulu SGH-T200, dan pada pemunculannya tahun lalu cukup membuat heboh. Maklum dipasaran kala itu memang belum ada ponsel ber auto folder, apalagi proses buka tutup folder mampu dibuat dengan nada-nada yang menarik.

Sosok bagian depan SGH-P510 memang tidak berbeda jauh dengan ponsel-ponsel clamshell Samsung terdahulu. Corak warna silver begitu dominan membalut ponsel ini. Pada bagian muka folder terdapat LCD eksternal dengan kedalaman 16 warna. Konsep LCD eksternal nya mengambil jenis teknologi OLED (organic light emitting diode), serupa yang digunakan pada SGH-E700. Fungsi LCD eksternal adalah untuk menampilkan berbagai informasi seperti jam (analog dan digital), calller ID, kondisi baterai, dan konsisi jaringan. Namun LCD eksternal nya juga mampu difungsikan sebagai view finder, yang berguna saat melakukan self portrait.

LCD eksternal memiliki ketajaman resolusi 128 x 160 pixels, dengan dimensi 22 x 20 mm. Sedang melihat ke bagian dalam, terdapat LCD utama yang berdimensi 30 x 36 mm dengan resolusi 128 x 160 pixels. LCD utama ini mengadopsi teknologi TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 65 ribu warna. Berbeda dengan ponsel auto folder sebelumnya (SGH-T200) yang mengadopsi teknologi UFB (ultra fine bright). Jelas TFT memiliki keunggulan dari sisi pencitraan hasil visualisasi gambar nya.

Tepat di atas layar LCD eksternal terdapat lensa kamera VGA (video graphic array) yang dilengkapi lampu flash secara terpadu. Pengoperasian flash dapat digunakan untuk mendukung pemotretan dan pengambilan gambar video. Fasilitas flash ini mampu di setting untuk penggunaan secara manual dan otomatis. Headset jack yang terletak disisi kanan ponsel juga dirancang unik, dibuat dengan konsep geser sehingga bisa melindungi lubang headset secara maksimal dan praktis. Instrumen lain yang mendukung pada tampilan luar mencakup tombol pengatur volume (sekaligus tombol pembalik gambar), tombol shooter foto, dan tombol auto folder. Secara keselurahan ponsel ini memiliki dimensi 84 x 48 x 23,5 mm dengan berat 92 gram. Dalam release nya disebutkan SGH-P510 tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti mirror silever, dark silver, light violet dan metalic blue.

Fitur
Samsung SGH-P510 termasuk ponsel dengan sarat fitur modern, tetapi jika dibanding dengan seri-seri Samsung terdahulu hanya akan tampak sedikit perbedaan. Beberapa deretan fitur utama yang diunggulkan mencakup akses GPRS kelas 8 (4 donlink + 1 uplink) berikut MMS, WAP 2.0 browser, 64 cord nada dering polifonik, dan aplikasi game berbasis Java. Semua fitur diatas telah menjadi standar buat ponsel-ponsel keluaran Samsung saat ini, jadi tidak ada yang terbilang baru.

Mungkin yang menarik dilirik adalah kemampuan kamera built in nya, SGH-P510 menggunakan kamera berteknologi VGA dengan resolusi 30 ribu pixels. Untuk kemampuan mengambil obyek foto dilengkapi dengan digital zoom hingga 5 kali pembesaran. Tidak ketinggalan fungsi brightness juga menyertai. Sedang untuk kemampuan mengambil obyek video juga dilengkapi dengan fungsi zoom dan brightness. Merekam video menjadi lebih asyik berkat tersedianya fasilitas flash yang dapat di set secara manual. Durasi yang dibutuhkan untuk satu kali perekaman video adalah 20 detik. Total kapasitas data yang tersedia untuk foto dan video adalah 4096 kb, perinciannya mencakup total penyimpanan 500 foto (kualitas VGA) dan 5 rekaman video.

Ada yang sedikit berbeda untuk koleksi nada dering nya, SGH-P510 memiliki 30 nada dering embedded yang kali ini lebih menonjolkan nuansa musik jazz, samba, dan pop. Untuk menambah variasi SGH-P510 dilengkapi dengan wallpapar. Jika dirasa jenuh dengan tampilan LCD eksternal, maka Anda bisa mengganti image yang ada dengan pilihan logo Samsung, abalog clock, dan tanggal. Screen saver nya pun dapat di setting untuk menampilkan informasi bergerak (text running) baik dari atas ke bawah, maupun kiri ke kanan. Begitu pula sebaliknya.

Phonebook di SGH-P510 juga tersedia lumayan besar, dengan 1000 entry phonebook Anda dapat memasukan 4 entry informasi (nomer ponsel, kantor, rumah, dan email) untuk setiap nama. Kapasitas SMS sesuai standar Samsung tersedia 200 memori. Ponsel ini juga menyediakan long SMS hingga 918 karakter, tentunya dengan pola charging operator SMS per 160 karakter. Untuk penyajian pesan multimedia atau MMS juga disediakan kapasitas data tersendiri, Paling tidak terdapat 1400 kb data yang di khusus kan untuk menampung MMS.

Namun untuk satu kali pengiriman MMS hanya dibatasi 100 kb untuk satu kali kirim pesan.
Secara keseluruhan menu utama di ponsel mencakup text messages, multimedia messages, call records, camera, sound settings, phone settings, organiser, network services dan fun box. Akses internet browser sendiri terdapat dalam menu fun box. Untuk menggunakan aksess WAP browser caranya cukup mudah, sebab setiap Samsung original version sudah dilengkapi inject proxy. Jadi apa pun operator Anda, asalkan GSM pasti langsung tersedia pilihan proxy WAP over GPRS untuk Telkomsel, Indosat, dan Excelcom.

Games di ponsel ini menggunakan jenis Java, untuk games embedded nya tersedia dua pilihan bubble smile, dan fun2link. Memori yang tersedia untuk aplikasi game Java ini adalah 500 kb, jadi silahkan untuk melakukan download game sebanyak kapasitas data yang ada. Begitu pula tersedia kapasitas data tersendiri untuk kepentingan image dan sounds, untuk ini SGH-P510 menyediakan kapasitas data 600 kb. Samsung SGH-P510 tidak mengadopsi frekuensi triple band, hanya menggunakan dual band GSM. Dalam versi uji coba nya, ponsel ini baru tersedia untuk layanan bahasa Inggris, Perancis, Portugis dan Turki.

Performa
Bicara soal performa SGH-P510 nampak biasa-biasa saja. Artinya tidak ada yang terlampua menonjol dalam segi penggunaan nya. Tetapi juga tidak ada yang terlihat meragukan dari seri terbaru Samsung ini. Contohnya untuk akses panggilan dan penerimaan suara sama sekali tidak bermasalah, begitu pula akses internet mampu melaju kencang berkat GPRS kelas 8 yang terbilang cukup baik. Ponsel ini ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 800 mAh, yang mampu menghasilkan waktu siaga hingga 250 jam, dan waktu bicara hingga 4 jam. Namun jika menggunakan jenis baterai berkapasitas 1000 mAh mampu dihasilkan waktu bicara hingga 5 jam, dan waktu siaga hingga 310 jam.

Photo caller ID juga dirasa kurang bisa berguna secara opimal, seban wajah/foto sang penelepon tidak bisa ditampilkan pada LCD eksternal. Untuk melihat photo caller ID Anda harus mengaktifkan ponsel dalam posisi terbuka, atau hanya dapat dilihat pada LCD utama. Berbeda dengan seri SGH-E310 yang mampu memperlihatkan photo caller ID pada LCD eksternal nya. Ini bisa dimungkinkan SGH-E310 mengadopsi LCD eksternal dengan 65 ribu warna.

Penggunaan flash light memang dapat menyita energi baterai cukup besar. Untuk itu ponsel ini menyediakan fasilitas setting flash light untuk manual dan otomatis. Flash light sendiri sangat berfungsi untuk perekaman obyek di saat cahaya kurang, apalagi fasilitas night shot juga dapat menjai andalan di saat kurang cahaya. Tetapi SGH-P510 tetap menyimpan kelemahan klasik khas ponsel Samsung sebelumnya. Dimana ponsel ini masih mengandalkan transfer data lewat infrared, untuk koneksi infrared dengan ponsel merek lain juga belum bisa dilakukan. Transfer data dan gambar hanya bisa dilakukan untuk sesama ponsel Samsung, dan ke laptop/PC. Untuk transfer ke laptop sebelumnya Anda diharuskan menginstall software easy GPRS 2.2.8


Spesifikasi
Harga Rp -
Ukuran 84 x 48 x 23,5 mm
Berat 92 gram
Layar Internal LCD TFT 65 ribu warna
Eksternal LCD OLED 16 warna
Waktu bicara/siaga Hingga 4 jam / Hingga 250 jam (baterai standar)
Baterai Lithium Ion 800 mAh (standar) / 1000 mAh (extended)
Jaringan GSM dual band (900/1800 Mhz)
Phonebook 1000 entry
Kemampuan download Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP 2.0
Games Ya, Java
Fitur auto folder, alarm, calendar, time & date, currency exchange, photo caller ID, dll.

(Sep04)

Tidak ada komentar: