29 Apr 2008

Software Ponsel Bagi Tuna Netra




















Kegunaan ponsel rasanya belum maksimal jika tidak menyentuh aplikasi bagi tuna netra. Adnota Speaker adalah sebuah terobosan yang dapat membantu fungsi navigasi tuna netra lewat teknologi text to speech


Adnota GmbH, content developer software asal Berlin – Jerman rasanya cukup layak jika mendapat penghargaan dari badan sosial penyandang cacat. Pasalnya sejak ponsel diperkenalkan dua dekade lalu, belum banyak gebrakan berarti yang dirancang oleh beberapa vendor untuk dapat dimanfaatkan bagi penyadang cacat, khususnya tuna netra. Adnota speaker begitu sebutan nama aplikasinya, pertama kali diperkenalkan dalam ajang Forum Nokia Mobile Summit di Taipei akhir Oktober tahun lalu. “Dengan mengadopsi sistem operasi Symbian seri60 menjadikan kegunaan aplikasi ini bisa dipergunakan secara luas”, ujar JosWallers, managing director Adnota GmbH.



Menurut penuturan Jos Wallers aplikasi ini sebenarnya masih dalam pengembangan, dalam artian masih terus disempurnakan. Dengan kelebihan aplikasi ini, Selular berhasil menguji coba aplikasi yang mengusung konsep text to speech secara total. Arti total disini adalah aplikasi ini dibuat dengan memberikan moda bantuan maksimum bagi penyandang saudara kita yang tuna netra. Mulai dari pergerakan atau perpindahan antar menu di dalam ponsel bisa secara langsung ‘disuarakan’ oleh voice navigation yang berlogat wanita Inggris. Informasi yang disebutkan mampu dijelaskan cukup detail. Hebatnya lagi Adnota speaker bisa ‘membacakan’ isi SMS/MMS/email yang masuk dan ‘membacakan’ nama-nama relasi Anda dalam contact phonebook.

Mengoperasikan Adnota speaker sangat mudah. Cukup klik icon menu Adnota speaker maka aplikasi dapat langsung bekerja dengan menunjukkan informasi ‘start speaker’ dilanjutkan dengan ‘speaker initalizing’. Setelah itu tinggal nikmati saja kecanggihan Adnota. Setiap Anda menggerakan tombol navigasi otomatis langsung terdengar suara yang menginformasikan kemana arah menu Anda bergerak. Fungsi dialing saat angka keypad ditekan pun langsung terdengar suara jenis angka yang ditekan. Begitu pula akses browsing di internet pun bisa pula dijelajahi dengan bantuan Adnota speaker. Nah jika ingin mengakhiri aplikasi ini tinggal klik lagi icon logo Adnota Speaker, kemudian otomatis muncul informasi ‘speaker removing’.

Kelemahan
Sebagai aplikasi yang masih dalam pengembangan, Adnota speaker terlihat masih banyak kelemahan. Terutama suara yang dipancarkan lewat loudspeker masih dirasa terlalu kecil. Untuk itu disarankan menggunakan aplikasi ini dengan headset, maka suara akan terdengar sangat jelas. Lalu ketersediaan bahasa navigasi yang baru mencakup bahasa Inggris dan Jerman. Tentu akan sangat menarik jika bahasa navigasi dirancang memakai bahasa Melayu atau Indonesia. Saat uji coba spelling atau ejaan untuk penyebutan nama-nama berciri Indonesia jadi terdengar aneh. Maklum yang berbicara suara ‘cewe bule’.

Instalasi
Jika tertarik dengan aplikasi ini Anda silahkan berkunjung ke webiste www.adnota.com. Dalam situsnya juga disediakan informasi untuk mendapatkan versi trial dari apilkasi ‘super mujarab’ ini. Menggunakan aplikasi ini juga harus disiapkan kapasitas memori yang memadai, mengingat sebelum di instal Adnota speaker memiliki kapasitas 3414 Kb (3,4 Mb) dan setelah dilakukan instal dalam ponsel menjadi lebih dari 4,5 Mb. Versi trial Adnota speaker bisa Anda dapatkan untuk waktu 30 hari, tapi syaratnya Anda harus mengirimkan info nomor IMEI ponsel. Nantinya pihak Adnota akan memberikan registrasi nomer untuk trial.



Informasi : www.adnota.com
Harga ?
Besar File : 3,4 Mb
Ponsel Pendukung : Nokia 3230/6260/6600/6630/6670/6680/6681 dan Nokia 7610

(Feb06)

Tidak ada komentar: