24 Apr 2008

Samsung SGH-P850




Swivel Folder dengan 3,2 Megapixel

Tahun 2006 ini standar kamera 2 megapixel pada ponsel bisa jadi mulai tergeser. Pasalnya vendor ponsel terus menggenjot pencapaian teknologi kamera di ponsel tanpa henti. Salah satu yang mampu membuat sensasi adalah Samsung SGH-P850. Ponsel yang dijadwalkan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun ini punya keunggulan khusus yaitu pada elemen kamera. SGH-P850 diunggulkan berkat adaptasi kemampuan kamera digital 3,2 megapixel. Hingga saat ini setidaknya di Tanah Air belum ada seri ponsel yang menandingi resolusi sebesar itu.

Tampilan Desain
Rancangan Samsung SGH-P850 adalah clamshell dengan kemampuan folder depan yang bisa diputar 180 derajat. Menjadikan tampilan layar bagian dalam bisa difungsikan sebagai view finder. Hal ini sedikit mengingatkan pada konsep folder putar yang pernah di adaptasi seri Nokia 6260. Saat layar bagian dalam dibalik ke luar maka SGH-P850 tampak lebih mencerminkan sebagai sebuah kamera pocket ketimbang ponsel. Balutan body ponsel ini disiapkan dengan premium style. Pada bagian folder depan, belakang hingga bagian dalam dirancang dengan bahan plastik sintetis yang sedikit kasar tapi bergaya. Kemungkinan besar ini sengaja di desain untuk kebutuhan pemotretan. Agar permukaan tangan tidak merasa licin saat menggenggam body ponsel.

Sebagai camera leader di kelasnya, SGH-P850 juga didukung berbagai perangkat pengoperasian kamera pada elemen body. Semisal pada sisi kiri folder ditempatkan kamera shooter yang ditambahkan tombol menu, digunakan khusus untuk pengaturan setting menu bagi pengoperasian kamera. Saat layar dalam dibalik maka fungsi kamera otomatis aktif bekerja. Juga pada sisi kiri terdapat tombol volume yang dapat difungsikan sebagai akses zoom. Pada folder depan bagian bawah terdapat dual speaker yang telihat kecil tapi mampu memancarkan kualitas 3D sound yang jernih.

SGH-P850 secara keseluruhan memiliki dimensi 96 x 48.5 x 26.5 mm dan berat 125 gram. Sebenrnya seri ini punya varian kembar yakni SGH-Z700, bedanya Z700 sudah mengadopsi 3G dan dibebakali fitur Tv output.

Layar
Ponsel ini didukung dengan dual color LCD. Layar bagian dalam mengadopsi teknologi TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 262 ribu warna. Resolusi layar dalam ini 240x320 pixels dengan ukuran layar 33x43 mm. Kemudian layar bagian luar mengadopsi teknologi OLED (organic light emitting diode) dengan kedalaman 65 ribu warna. Resolusi layar nya yaitu 96x96 pixels dengan ukuran layar 22x27 mm.. Dari layar luar ini bisa ditampilkan format photo caller dan video caller ID. Selain juga menampilkan indikator fungsi ponsel lainnya.

Keypad
Urusan keypad SGH-P850 menyajikan konsep yang cukup elegan dan nyaman. Ukuran tombol keypad dan jarak antar tombol dibuat dengan rentang yang ergonomis. Kemudian seperti biasa tombol navigasi lima arah berdesain bulat menjadi ornamen penting. Disamping peran nya sebagai akses short cut menu pilihan dan tombol akses internet.

Fitur Kamera
Dibanding seri-seri ponsel Samsung terdahulu, kemampuan serta tampilan menu kamera di si SGH-P850 memang sudah jauh lebih maju. Terutama viewfinder dapat menampilkan informasi setting langsung, mirip dengan konsep pada viewfinder pada kamera poket. Sudah pasti ponsel canggih ini punya kemampuan rekam video dan pemotretan. Ukuran foto yang menjadi pilihan mulai dari yang tertinggi QXGA (2048x1536 pix), UXGA (1600x1200 pix), SXGA (1280x960 pix), XGA (1024x768 pix), SVGA (800x600 pix), VGA (640x480 pix) dan QVGA (320x240 pix).

Pilihan moda viewfinder juga dapat di set full screen, full screen plus indicator dan full screen plus guideline. Ini baru yang pertama pada ponsel kamera Samsung, menjadikan fokus pemotretan lebih mudah. Fokus pemotretan bisa mencapai 8x zoom dan tidak lupa dilengkapi moda brightness. Lepas dari itu semua masih ada fungsi lain seperti timer, flash, white balance dan ISO setting.

Sedang untuk rekam video ukuran file yang bisa Anda gunakan adalah CIF (352x288 pix), QVGA (320x240 pix) dan QCIF (176x144 pix) dan sub QCIF (128x96 pix). Seting waktu perekaman bisa diset berdasarkan normal dan limit of MMS. Hasil rekaman video disimpan dalam format MPEG4.

Konektivitas dan Memori
Untuk konektivitas jarak dekat SGH-P850 mengandalkan fasilitas USB dan bluetooth. Kemampuan bluetooth mencakup bluetooth printing/picbridge Dalam uji coba fungsi bluetooth dan USB dapat berjalan dengan sangat baik. USB sendiri dapat di set untuk modem dan mass storage. Sedang untuk memori ponsel ini memiliki kemampuan kapasitas memori eksternal dengan T-Flash card. Namun bukan Samsung namanya jika tidak memberikan memori internal dengan kapasitas besar. Dalam versi uji coba diketahui memori internal ponsel ini mencapoi lebih dari 76 Mb. Secara jelas alokasi memori dapat dilihat pada file manager.

Entertainment
Unggulan untuk entertainment masih mengandalkan fitur MP3 player. Seting fasilitas ini mencakup equalizer dengan pilihan moda rock, normal, classic dan jazz. Kualitas pancaran melodi MP3 sudah pula didukung teknologi 3D sound. Visualiasi layar MP3 didukung dua koleksi tampilan dan skin. Hanya saja sifat dari fitur ini tidak bisa multitasking, sehingga kenikmatan playar tidak bisa dimanfaatkan saat mengetik SMS. Jenis player lain adalah MPEG4 player untuk memutar file video, namun juga bisa menampilkan file video 3GPP.

Internet dan Multimedia
Meski canggih dalam hal kamera, tapi pemanfaatan akses internet masih mengandalkan akses GPRS kelas 10. Walau begitu dalam uji coba akses internet ponsel ini terbilang sudah cukup baik. Masuk ke situs Yahoo tidak sampai 10 detik bisa langsung terbuka di layar. Pendukung aplikasi berbasis internet yang menyertai adalah MMS dan akses email POP3. Sedang pendukung multimedia yang diunggulkan yaitu image editor. Dengan image editor Anda dapat lebih memudah menambahkan efek-efek pada gambar favorit, membalik posisi gambar, memberi bingkai dan aneka ikon. Hasil olah gambar bisa langsung di set pada cover dan main display. Selain juga hasil gambar dapat di share langsung ke MMS, email dan bluetooth.
Disamping itu SGH-P850 juga menyediakan aplikasi standar tapi lumayan berguna yaitu voice recoreder. Pilihan seting waktu rekam disediakan berdasar waktu rekam 1 jam dan limit of MMS.

Ada satu lagi yang tidak boleh terlupan, SGH-P850 menyediakan aplikasi penolong berupa SOS message. Dengan seting khusus ponsel ini dapat mengirim pesan darurat ke 10 nomer tertentu. Ponsel Samsung pertama yang mengadoosi SOS message adalah SGH-E640.

Games dan Nada Dering
Dalam versi uji coba SGH-P850 belum menampilkan seri game yang benar-benar baru. Paling tidak terlihat tiga jenis pilihan game Java embedded yaitu forgotten warrior, free kick dan arch angel. Sedang untuk nada dering fasilitas polofonik 64 cord sudah menjadi standar. Kemudian melodi MP3 dapat pula di set sebagai nada dering.

Performa
SGH-P850 mempunyai kesan sebagai sebuah ponsel premium berkelas tinggi. Fitur-fitur yang disajikan pun mempunyai pola kerja yang maksimal. Seperti keunggulan pada fungsi kamera dn MP3 player dengan pancaran sound yang sangat bersih. Ponsel yang dijuluki swivel phone ini juga mempunyai kualitas incoming dan outgoing voice yang cukup bagus, tidak ada masalah. Informasi kapasitas baterai ponsel ini memang kurang jelas, tapi waktu bicara yang dimiliki dapat mencapai hingga 3 jam, serta waktu siaga hingga 250 jam. Sebagai ponsel berkelas SGH-P850 sudah cukup mumpuni. Cuma sedikit disayangkan akses infrared tidak ikut menjadi bekal buat ponsel ini.

Spesifikasi
Harga : Rp 5 – Rp 6 juta
Layar : TFT LCD 262 ribu warna
: OLED LCD 65 ribu warna
Ukuran : 96 x 48,5 x 26,5 mm
Berat : 125 gram
Jaringan : GSM Tripleband (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook : 1000 entry
GPRS/WAP : kelas 10/versi 2.0
Download : Ya, multiple
Infrared/Bluetooth : Tidak/Ya
Kamera : 3,2 megapixel
Baterai : Lithium Ion ?
Waktu Bicara/Siaga : Hingga 3 jam/Hingga 250 jam
Fitur lainnya : world time, stopwatch, calculator, converter, timer, dll.

(Apr06)

Tidak ada komentar: