10 Apr 2008

Panasonic VS6




Tambahan 2 Mega Pixels plus Bluetooth

Belum lama berselang Panasonic Mobile meluncurkan serial VS2 dan VS3. Kedua ponsel tersebut boleh dikata mampu membetot komunitas ponsel domestik berkat teknologi layar 16 juta warna yang ditawarkan. Belum lagi kedua sensasi ponsel itu hilang, PT. MET Gobel selaku prinsipal vendor Panasonic Mobile sudah bakal mengeluarkan seri keluarga VS terbaru yakni VS6. Ponsel clamshell berdesain tipis ini tidak banyak berbeda dari seri VS2 dan VS3, tetap mengusung layar 16 juta warna. Akan tetapi sesuai urutan seri yang lebih tinggi, VS6 ditambahkan kemampuan koneksi bluetooth serta kemampuan kamera 2 megapixels.

Tampilan Desain
Perihal desain, VS6 mengacu secara kental pada seri VS2 dan VS3. Tampilan front cover meski sedikit berbeda dengan seri terdahulu, namun cukup menyiratkan kesan konservatif tanpa banyak ornamen. Pada bagian front cover terdapat lensa kamera dan dibawa lensa sebuah cermin self portrait hadir melengkapi kemampuan imaging. Lampu LED (service light) juga tidak ketinggalan hadir, ditempatkan mengelilingi cermin potret yang mampu memperdarkan cahaya cantik. Front cover VS6 lebih mirip ke seri VS2, dimana front cover tidak dapat diganti.

Untuk bagian dalam, desain keypad dan tombol navigasi juga setali tiga uang dengan seri VS sebelumnya. Hanya saja dashboard keypad dibalut dengan warna hitam yang menyiratkan kesan cool. Menggunakan keypad VS6 dan juga keluarga VS sebebelumnya sangat nyaman, diameter tiap keypad dengan ukuran 10 mm menjadikan jemari leluasa dalam mengoperasikan ponsel ini. Sifat keypad juga cukup sensitif, Anda tidak perlu harus menekan dalam-dalam untuk menekan tombol.

Kelengkapan penunjang di sekitaran body ponsel juga sama persis dengan VS2 dan VS3. Termasuk fasilitas ‘kemudahan’ khas Panasonic tombol one push auto open yang terdapat di sisi kanan engsel. Secara keseluruhan VS6 memiliki ukuran 96 x 46 x 20 mm dan berat 101 gram.

Layar
Panasonic VS6 tetap mengsung kehebatan layar 16 juya warna yang sudah diterapkan pada serial VS sebelumnya. Layar VS6 menggunakan jenis teknologi TFT (thin film transistor) dengan tingkat resolusi 320 x 240 pixels. Ukuran layar terbilang cukup besar untuk kelas ponsel dengan 2,2 inchi atau sekitar 34 x 45 mm. Layar VS6 mampu menampung 7 baris teks input message.

Fitur Kamera
Jenis kamera VS6 mengadopsi kemampuan 2 megapixels. Fungsi kamera sudah pasti dapat menjalankan peran pemotretan dan rekam video. Untuk pemotretan ukuran foto dapat di setting mulai dari ukuran pixels 1600x1200 (ultra large), 1280x960 (extra large), 640x480 (large), 320x240 (medium), small (160x120) dan 240x320 (main display). VS6 tidak dilengkapi dengan flash light, namun guna menyiasati pemotretan di ruang minim cahaya fasilitas night mode telah dihadirkan. Ada lagi kemampuan multishot dengan langsung jepret otomatis 15 frame dengan kecepatan 7,5 fps (frame per second). Perlu diketahui untuk multishot Anda hanya bisa menggunakan ukuran foto medium.

Dukungan efek gambar tidak lupa absen, setidaknya terdapat pilihan mulai dari moda normal, sepia, monochrome dan negatif. Begitu pun self timer yang dapat di set dalam pilihan 5 dan 10 detik. Kelebihan lain dari menu kamera VS6 yakni adanya dukungan available space untuk setiap pilihan ukuran foto yang akan digunakan. Sekaligus secara bersamaan Anda dapat memilih kualitas foto mulai dari normal, fine dan super fine.

Sedang untuk fungsi rekam video tersedia pilihan waktu recording berdasar extended video dan MMS sending. Seperti dalam fungsi pemotretan tersedia available space, artinya Anda bisa memilih jenis ukuran gambar untuk rekam video. Recording time berdasar extended video memiliki durasi sekitar 1 menit, dan berdasar MMS sending dengan durasi sekitar 30 detik. Baik fungsi pemotretan dan rekam video dapat melakukan digital zooming hingga 25 kali dan brightness. Namun setting zooming dan brightness untuk rekam video hanya bisa dilakukan saat sebelum waktu perekaman berjalan.

Macro Mode
Macro mode rupanya menjadi ‘senjata’wajib pada serial VS Panasonic. Jika macro mode pada VS2 dan VS3 ditempatkan pada front cover. Sebaliknya tombol macro mode di VS6 ditempatkan dibagian dalam, tepat dibawah layar LCD. Penempatan di dalam tentu lebih memudahkan pengguna untuk bisa mengatur gambar lebih cepat dan nyaman. Macro mode berfungsi untuk memperjelas obyek pemotretan dalam jarak dekat. Gambar yang biasa dalam jarak dekat terlihat blur akan tampak jelas dengan macro mode.

Internet dan Konektivitas
Untuk kemampuan internet tidak ada beda dengan seri VS terdahulu. VS6 ditunjang akses GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink), WAP 2.0 browser dan Java MIDP 2.0.Dalam versi uji coba VS6 sudah dilenghkapi inject proxy setting GPRS, menjadikan selancar internet dapat dinikmati dengan cepat. Dalam pengujian akses internet ke menu WAP Google, duniamobile.com dan portal Telkomsel dapat berjalan dengan sangat cepat.

Bluetooth menjadi andalan untuk urusan konektivitas, disamping VS6 juga menghadirkan infrared. Sedang untuk koneksi wireline VS6 ditunjang fasilitas USB yang slot nya jadi satu dengan slot untuk charging dan headset. Saat uji coba bluetooth mampu bekerja dengan memuaskan, konektivitas dengan berbagai perangkat dapat berfungsi dengan optimal. Mendukung faktor, fungsi bluetooth dilengkapi visibility untuk menampilkan dan menyembunyikan nama ponsel Anda.

Games dan Nada Dering
Koleksi Java game VS6 sama persis dengan VS3. Selain game Sonic The Hedgehog , jenis game Soccer menjadi andalan pada ponsel ini. Anda bisa memilih kesebelasan pilihan yang akan bertanding berdasarkan ranking. Hebatnya dalam beberapa sudut game ini bisa ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi. Kemudian untuk nada dering mengadopsi polifonik 40 cord format nada MMF. Selain itu VS6 juga dapat dipadukan dengan nada dering MP3., hanya saja diperlukan install software untuk menikmatinya. Tidak lupa VS6 juga memiliki sound recorder, dengan satu kali rekam berdurasi 3 menit. Format sound recorder ini adalah AMR, sehingga dapat di transfer ke ponsel-ponsel berbasis Symbian.

Message dan Memori
Untuk urusan message dan memori VS6 tidak memiliki keunggulan tertentu dibanding seri VS terdahulu. Dalam hal messaging VS6 mengandalkan SMS dan MMS, tanpa kehadiran fasilitas email client. Kemampuan SMS nya berupa long message hingga 1530 karakter. Sedang status memori untuk SMS mencapai 500 inbox. Sebaliknya untuk MMS total memori yang dialokasikan adalah 2 Mb. VS6 tidak memiliki slot memori eksternal, dalan mengantisipasi kebutuhan koleksi melodi dan picture disediakan memori internal 32 Mb. VS6 menyediakan ruang kapasitas phonebook hingga 500 entry, serupa dengan seri sebelumnya VS6 juga mendukung photo caller ID.

Performa
Meski VS berarti visual slim tapi performa ponsel ini rupanya tidak ‘tipis’. Bisa dikatakan VS6 dan serial VS sebelumnya adalah ponsel yang memuaskan. Tidak menghadirkan kerumitan dan mudah digunakan. Apalagi lewat kualitas layar yang 16 juta warna rasanya VS6 adalah yang teruggul di kelas imaging ponsel clamshell. Ditambah pula kemampuan kamera yang sudah ditingkatkan menjadi 2 megapixels. Belum tersedianya memori intrenal memang menjadi keterbatasan bagi VS6. Namun hal ini paling tidak sudah diringankan berkat implementasi bluetooth. Artinya jika memori di ponsel sudah penuh, Anda bisa melakukan transfer ke PC dengan lebih mudah dan praktis.

VS6 ditenagai baterai jenis Lithium Ion dengan kapasitas 830 mAh. Dengan berbagai kelengkapan fiturnya VS6 memiliki waktu bicara hingga 7 jam dan waktu siaga 430 jam. Meski dilengkapi layar 16 juta warna, konsumsi energi VS6 termasuk tidak terlalu boros. Penerimaan kualitas panggilan dan penerimaan suara juga cukup bagus dan jernih. Walau letak speaker berada di back cover, pancaran suara lewat speaker phone terbilang lumayan jelas.

Spesifikasi
Harga Rp
Layar : TFT 16 juta warna
Ukuran : 96 x 46 x 20 mm
Berat : 101 gram
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook : 500
GPRS/WAP : kelas 10/ 2.0
Download : Ya, multiple download
Bluetooth/Infrared : Ya/Ya
Kamera : 2 Megapixels
Baterai : Lithium Ion 830 mAh
Waktu Bicara/Siaga : Hingga 7 jam / Hingga 430 jam
Fitur lainnya : calendar, multiple alarm, sound recorder, calculator, dll.

(Nov05)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat bos, blognya bagus. Terus menulis review2 yang bagus yah