3 Apr 2008

Samsung SGH-X620






Mid Low dengan Kamera plus Radio

Mulai pertengahan hingga akhir tahun adalah musimnya kemuculan produk ponsel baru. Hal tersebut di respon oleh Samsung Mobile dengan menghadirkan beberapa seri terbaru, mulai kelas high end dan mid low. Untuk mid low kini Samsung memberikan nuansa agak beda. Jika dahulu mid low Samsung cukup dibekali fitur standar, saat ini mid low Samsung sudah dibekali fitur atraktif, contohnya FM radio. Salah satu yang diperkenalkan kali ini adalah Samsung SGH-X620, ponsel ini ditujukan bagi segmen mid low dengan kelengkapan unggulan pada FM radio dan kamera VGA.

Tampilan Desain
Dalam urusan desain SGH-X620 tampil biasa-biasa saja, tidak ada yang terlalu menarik. Hanya saja jika dilihat dari samping desain front cover terlihat agak cembung. Ini membuat ponsel kian ergonomis saat digenggam dan nampak tidak kaku. Pada front cover di dominasi ful warna hitam, susunan keypad dirancang tidak slim melainkan bergelombang, ini bermanfaat bagi pengetikan sebab lapisan keypad jadi tidak licin.

Sedang di back cover ditempatkan loud speaker dan lensa kamera fokus tetap, tepat di atas lensa ada cermin yang cukup besar untuk keperluan self portrait. Pada sisi kanan badan ponsel instrumen pelengkap meliputi tombol volume dan infrared port. Sebaliknya di sisi kri ada headset konektor dan tombol pencet untuk self portrait. Secara keseluruhan X620 memiliki dimensi 101 x 42 x 19,7 mm dan berat 77 gram. Dilihat dari segi rancangan X620 terasa banyak kemiripan dengan seri SGH-C210 dan SGH-C230 yang sudah beredar saat ini.

Tombol Navigasi
Fungsi tombol navigasi tetap tidak beda dengan seri-seri Samsung sebelumnya. Hanya saja akses navigasi empat arah tidak dapat di set ke short cut menu sesuai keinginan. Short cut sudah di set otomatis, arah atas ke menu kamera, arah bawah ke FM radio, arah kiri ke teks message dan arah kanan ke menu kalender.

Layar
Memang sudah menjadi keunggulan Samsung sejak lama, rangkaian seri mid low pun sudah langganan dibekali kedalaman layar 65 ribu warna. Begitu pun ponsel ini yang mengadopsi dukungan teknologi layar TFT (thin film transistor). Sudah dipastikan kualitas pencitraan layar sangat bagus. Ukuran layar SGH-X620 adalah 1,66 inchi atau sekitar 28 x 35 mm. Sedang resolusi layar yakni 128 x 160 pixels, ini lebih besar ketimbang SGH-C230 dan SGH-C210 yang beresolusi layar 128 x 128 pixels.

Fitur FM radio
Memang tidak dipungkiri bahwa FM radio adalah daya tarik utama ponsel ini, mengingat belum banyak ponsel mid low yang dibenamkan fitur ini. Sebelum nya untuk kelas mid low Samsung sudah meluncurkan SGH-C230 yang juga dilengkapi FM radio. Fitur radio ini masuk di dalam menu fun box. Untuk menggunakan radio diperlukan koneksi yang terhubung ke headset stereo. Anda bisa melakuka save seting hingga 30 channel stasiun radio. FM radio dapat di set untuk mengatur volume dan mode pancaran bisa dipilih lewat speaker atau headset.

Kamera
Kemampuan kamera SGH-X620 mengggunakan format VGA (video graphic array). Pilihan seting mencakup ukuran foto mulai dari VGA (640x480 pixels), QVGA (320x240 pixels), QQVGA (160x120 pixels) dan mobile (128x120 pixels). Secara umum kemampuan kamera nya tidak jauh beda dengan seri-seri terdahulu. Untuk mode tersedia multi shot dan night mode. Menambah variasi disediakan pilihan efek fray, negatif, sepia, emboss dan sketch.

Obyek gambar pun dapat di rotasi baik style mirror ataupun vertical flip. Pengoperasian nya dilakukan lewat tombol volume. Mengatur foto bersama rekan bisa dilakukan lewat shot timer dengan durasi 3, 5 dan 10 detik. Perlu dicatat kemampuan kemara ponsel ini hanya mencakup pemotretan, tidak rekam video.

Memori dan Message
Dalam versi uji coba terlihat SGH-X620 tidak memiliki memori dinamis yang besar. Total hanya terdapat kapasitas memori 3 Mb yang dipergunakan bagi sharing foto, game, nada dering dan MMS (multimedia message service). Untuk MMS jumlah 3 Mb setara dengan daya tampung 150 MMS. Sedang untuk SMS dibekali kemampuan long teks message hingga 1920 karekter. Ukuran teks untuk menulis teks dapat di set mulai dari small, medium dan large. Dengan ukuran small teks maka tampilan di layar bisa mencapai 7 baris, ukuran medium teks 6 baris dan large menjadi 5 baris. Seperti seri-seri terdahulu, kapasitas SMS adalah 200 entry.

Phonebook
Beberapa situs di internet menjelaskan kelengkapan phonebook ponsel ini mencapai 1000 entry. Dalam versi uji coba Selular hanya melihat terdapat 500 entry phonebook. Hingga saat ini belum diketahui pasti berapa jumlah phonebook pada versi yang akan dijual ke pasar lokal. Generasi ponsel terbaru Samsung terbaru rata-rata kini sudah dibekali dengan jumlah phonebook 1000 entry. Fasilitas phonebook ialah multientry dengan kelengkapan termasuk photo dan nada dering caller ID.

Konektivitas
Sebagai ponsel kelas mid low SGH-X620 harus puas dengan kelengkapan koneksi standar infrared saja. Kemampuan koneksi infrared ponsel ini rasanya serupa dengan seri SGH-E630, yakni hanya bisa digunakan untuk saling berkirim contact name card ke ponsel lain merek, semisal ke Nokia 6600. Untuk mengirimkan gambar lewat infrared masih harus menggunakan install software terdahulu ke PC. Pada SGH-X620 jika ingin mengirim obyek foto harus menggunakan media email ataupun MMS.

Game dan Internet
Pada versi uji coba ini paling tidak terdapat dua koleksi game Java embedde yakni Snow Ball Fight dan Bubble Smile yang sudah lama diperkenalkan Samsung. Untuk internet sesuai standar Samsung ponsel mid low ini boleh bangga dengan kelengkapan GPRS kelas 10 plus akses WAP 2.0 browser. Versi jualnya nanti dipastikan sudah dilengkapi inject proxy setting GPRS operator, jadi tidak perlu jika ingin berselancara internet.

Nada dering dan Wallpaper
Ponsel ini dibekali nada dering polifonik 40 cord. Dalam versi uji coba terdapat 20 koleksi melodi nada dering embedded. Sedang koleksi wallpaper dibekali dengan 5 pilihan. Menambah variasi wallpaper Anda bisa mengatur text style dan text position.

Performa
Besar kemungkinan SGH-X620 bakal menjadi ponsel yang cukup laris di pasar. Mengingat untuk kelas mid low ponsel ini termasuk yang lumayan lengkap. Secara keseluruhan kemampuan nya cukup memuaskan. Kualitas panggilan dan penerimaan cukup baik dengan dukungan EFR (enhanced full rate) dan tidak lupa kehadiran fitur voice clarity benar-benar sangat membantu. Penerimaan kualitas suara di saat bising bisa diterima dengan lebih jelas lewat voice clarity.

Ponsel ini ditenagai baterai jenis lithium Ion. Meski demkian belum jelas berapa kaspitas mAh yang digunakan. Berdasarkan pengjujian ponsel ini mampu bertahan (standby time) hingga lebih dari 3 tiga hari, tentu dengan pemakaian fungsi ponsel secara minimal. SGH-X620 berjalan di frekuensi GSM triple band.

Spesifikasi
Harga Rp 1,5 – Rp 2 jutaan
Layar TFT LCD 65 ribu warna
Ukuran 101 x 42 x 19,7 mm
Berat 77 gram
Waktu Bicara / Siaga - / -
Jaringan GSM Triple band
Kemampuan download Ya, nada dering, game, picture
GPRS Ya, kelas 10
WAP 2.0 browser
Phonebook 500 / 1000
Nada dering 40 cord polifonik
Kamera Ya, VGA
Fitur lainnya organiser, voice recorder, alarm, clock, calendar, calculator, conversion, timer dan stopwatch

(Sep05)

Tidak ada komentar: