21 Apr 2008

Samsung SGH-D720





Tampil Beda dengan Symbian

Setelah cukup lama dinanti, kini dipastikan PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) bakal meluncurkan ponsel Samsung pertama dengan ‘rasa’ symbian di Tanah Air. Seri ponsel yang dimaksud adalah Samsung SGH-D720 dengan mengadopsi sistem operasi symbian seri60. Dengan teknologi symbian seri60 menjadikan ponsel Samsung sejajar dengan adopsi sistem operasi yang banyak digunakan pada ponsel-ponsel Nokia. Sampai saat ini setidaknya sudah tiga seri Samsung yang diketahui mengadopsi symbian seri60, seperti SGH-D710/D720 dan D730.

Hadirnya SGH-D720 diperkirakan mampu menarik banyak perhatian. Ini tidak lepas dari inovasi Samsung Mobile yang bisa memadukan keunggulan symbian seri60 dan berbagai ciri fasilitas khas ponsel Samsung. Keunggulan khas Samsung terutama bisa dijumopai pada keunggulan layar yang memikiki kedalaman 262 ribu warna. Sedang untuk fitur terlihat sedikit unik dengan beberapa tambahan software anyar.

Tampilan Desain
Kesan ekslusif pada rancangan sliding ponsel ini memang begitu kentara. Sliding D720 dibuat cukup nyaman, dengan sekali sentakan kecil folder bisa langsung terbuka dengan cepat. Jika diperbandingkan, D720 memiliki desain yang lebih kecil dari Nokia 7650. Sehingga memang lebih kompak dalam genggaman. Secara keseluruhan D720 memiliki ukuran 99x47x22 mm dan berat 110 gram. Sekilas sebenarnya D720 lebih dekat kemiripannya dengan Nokia N80 yang berukuran 95x50x26 mm dan berat 134 gram.

Sebagai ponsel ‘kelas premium’ D720 dilengkapi berbagai instrumen yang melekat pada badan ponsel. Pada sisi kanan dan kiri atas folder terdapat dual speaker stereo yang siap memanjakan telinga. Kemudian masih ada lagi beberapa tombol akses langsung untuk fungsi kamera, profile dan pangatur volume. Sedang untuk kebutuhan koneksi disiapkan headset jack yang bisa difungsikan juga untuk fasilitas data USB. Nah sebagai ponsel pintar D720 juga sudah menyiapkan slot kartu memori yang terletak pada sisi kiri bawah badan ponsel. Tidak ubahnya generasi ponsel terbaru Nokia, D720 juga mengadopsi konsep hot swap sehingga dapat memasukan dan mengeluarkan kartu memori tanpa harus mematikan ponsel. Slot juga dilengkapi penutup yang terintegrasi.

Keypad
Meski sudah symbian tapi Samsung tidak ingin meninggalkan ciri khas lama pada unsur keypad nya yang datar. Simpel, elegan dan nyaman pada deretan tombol keypadnya. Jika dibanding serial seri60 Nokia, fungsi tombol navigasi dan akses menu symbian pada D720 jelas berbeda jauh. Selain dua softkey yang tetap hadir, tombol untuk edit juga cukup unik, terletak pada sisi kanan tombol navigasi ditandai icon huruf ABC. Lalu untuk tombol akses menu symbian terlihat Samsung punya gaya desain tersendiri. Tombol ini terdapat di sisi kiri tombol navigasi lima arah.

Layar
Layar tunggal D720 mengadopsi jenis teknologi TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 262 ribu warna. Layar ini memiliki resolusi layar standar seri60 yaitu 176x208 pixels. Ukuran layar secara keseluruhan adalah 31x35 mm. Dalam hal ini D720 memiliki ukuran layar yang lebih kecil dari Nokia 3230 yang berukuran 35x40 mm, meski sama-sama seri60 dengan resolusi layar yang serupa.

Fitur Kamera
Kemampuan kamera D720 mencakup moda pemotretan dan rekam video. Jenis resolusi kamera yang digunakan adalah 1,3 megapixel (1280x1024 pixels) untuk pemotretan. Menggunakan jenis kamera CMOS (complementary metal oxide semiconductor). Disamping juga menyediakan pilihan format 640x480 pixels, 320x240 pixels dan 176x144 pixels. Sedang untuk rekam video format yang tersedia adalah 352x288 pixels, 176x144 pixels dan 128x96 pixels. Format video yang dihasilkan adalah H263/3gpp. Meski kemampuan kamera D720 menggunakan standar symbian, namun fitur kamera D720 dilengkapi tambahan beberapa fasilitas yang umum digunakan pada generasi ponsel terbaru Samsung. Diantaranya seperti sensitivity gambar yang bisa diatur auto dan menurut standar ISO100 sampai 400.

Masih ada lagi kemampuan mirror picture yang bisa dioperasikan lewat tombol volume. Selain itu sebagai pelengkap ada brightness, white balance dan self timer. Untuk mendukung pemotretan dalam ruang redup tersedia moda night mode, jika masih kurang bisa Anda gunakan flash light yang ada di back cover. Kemampuan zooming D720 mencapai 8x pembesaran.

Entertainment Musik
Dengan basis symbian untuk urusan aplikasi entertainment jadi lebih mudah dan banyak variasi. Dalam versi jualnya nanti setidaknya ponsel ini pun sudah dibekali bawaan aplikasi yang lumayan lengkap. Sebagai ponsel musik dengan dual speaker D720 sudah berbekal MP3 player dan real one player. Disamping itu ada satu software musik yang khusus dibenamkan untuk D720 yaitu magix mobile music maker. Anda bisa menciptakan berbagai melodi musik dalam berbagai pilihan, seperti dance dan Nu Jazz. Jika kurang puas dengan pilihan nya, tinggal connect dan download saja lewat GPRS.

Internet
Dalam versi yang dicoba oleh Selular, D720 belum dilengkapi inject proxy setting GPRS lokal. Namun sebagai ponsel symbian tidaklah sulit untuk melakukan setting GPRS dan MMS. Semua tahapan setting serupa dengan yang terdapat pada ponsel symbian Nokia. Akses GPRS menggunakan kelas 10 (4 downlink + 2 uplink) dan ditunjang WAP 2.0 browser. Saat dicoba akses GPRS cukup cepat dan lancar untuk masuk ke situs www.detik.com dan www.yahoo.com. Visualisasi juga mendukung untuk format xHTML.

Konektivitas
Urusan konektivitas D720 ditunjang dengan sarana bluetooth dan sinkronisasi data lewat USB. Meski begitu D720 tidak menyertakan fasilitas koneksi infrared. Menyangkut konektivitas, D720 menyertakan beberapa apilikasi secara embedded seperti image print yang bisa terkoneksi dengan data gambar lewat bluetooth dan kartu memori. Tidak cuma itu ada info print, Anda bisa melakukan printing pada koleksi berbagai macam pesan seperti SMS, contact, notes dan kalender.

Aplikasi Lain
Agar tampil beda dari ponsel symbian yang sudah banyak beredar. D720 menyajikan deretan aplikasi unik seperti Mounut, aplikasi ini menyajikan fun karakter yang menunjukkan bentuk emosi di ponsel pada saat menerima dan melakukan panggilan, membuka SMS, membuka aneka aplikasi dan kamera. Anda bisa menset Mounut berdasar karakter icon yang Anda pilih, Mounut juga dilengkapi biorythm karakter.

Kemudian sebagai ponsel kamera D720 juga dilengkapi image editing yang aplikasinya bernama image cook. Lain dari itu D720 banyak menawarkan aplikasi yang setali tiga uang dengan Nokia punya. Contoh nya wallet, presence, converter, themes, file manager dan application manager. Ada 2 jenis game embedded yang ditawarkan yaitu Ziogolf dan Bubblesmile.

Memori
Kapasitas intrernal memori D720 adalah sekitar 32 Mb yang diperuntukkan bagi bagi sharing file picture, melodi dan aplikasi. Selain itu D720 juga menyiapkan memori eksternal dengan MMC micro. Perlu diketahui MMC micro tidak sama dengan ukuran RS (reduced size). MMC micro berkuruan jauh lebih kecil. Dukungan kerja memori di ponsel ini ditunjangang penggunaan CPU (central processing unit) 192 Mhz buatan Texas Instrument. Yang terbukti mampu bekerja baik dalam sistem operasi symbian seri 60 versi 7.0.

Performa
Samsung SGH-D720 adalah ponsel pintar yang cukup compact. Performa penggunaan ponsel ini sangat baik, kualitas panggilan dan penerimaan ditunjang sistem EFR (enhanced full rate). Sebagai ponsel canggih, D720 sudah bisa di aktifkan dalam kabin pesawat terbang. Ini berkat sistem profile yang menyajikan moda offline, sistem ini sekaligus juga dapat menghemat konsumsi baterai diluar seting parameter cahaya pada layar. D720 didukung dengan performa baterai lithiun Ion berkapasitas 900 mAh yang mampu menghasilkan waktu siaga 110 jam dan waktu bicara hingga 4 jam.

Fasilitas audio D720 juga mendukung format AAC. Namun dalam pengujian kualitas suara dari MP3 player kurang begitu jernih saat didengarkan lewat loud spaker. Akan lebih baik jika melodi dari MP3 player di dengarkan lewat fasilitas headset stereo yang sudah disertakan dalam paket penjualan. Untuk paket penjualan Anda sudah mendapatkan CD software PC link dan kabel data link. D720 juga mendukung faslitas image caller ID, sedang jumlah phonebook memori seperti pada ponsel seri60 lainnya adalah bersifat dinamis.

Spesifikasi
Harga : Rp 4 – Rp 5 juta
Layar : TFT LCD 262 ribu warna
Ukuran : 99x47x22 mm
Berat : 110 gram
Jaringan : GSM Triple band
Download : Ya
Bluetooth/Infrared : Ya/Tidak
Kamera : 1,3 megapixel
Baterai : 900 mAh
Waktu bicara/siaga : Hingga 4 jam/Hingga 110 jam
Fitur lainnya : 64 cord nada dering polifonik, V card, V calender, clock, voice recording, anyvoice, MMS, email client POP3 dan lain-lain.

(Feb06)

Tidak ada komentar: