29 Apr 2008

Samsung SGH-P300





Desain Kalkulator Plus Leather Pack


Konsep desain ponsel saat ini cenderung mengarah pada bentuk tren camara look, jika dicermati hampir sebagain besar produk baru dibentuk semirip mungkin dengan rancangan camera pocket. Namun kali ini Samsung Mobile memperkenalkan konsep desain yang benar-benar baru dan unconvensional. Wujudnya adalah dengan kemunculan seri Samsung SGH-P300. Sampai saat ini belum ada diciptakan sebuah ponsel yang dirancang dengan bentuk mirip kalkulator mini, bentuk yang atraktif, SGH-P300 seperti lumrahnya ponsel high end keluaran Samsung dibekali dengan kemampuan fitur terkini seperti kamera megapixels, akses GPRS, bluetooth dan berbagai sarana multimedia yang cukup lengkap.

Tampilan Desain
Sudah lumrah jika kita membeli Kalkulator mini maka mendapatkan paket cover pembungkus atau malahan leather case. Nah rancangan SGH-P300 tidak dapat dilepaskan dari leather pack. Sebab laether pack menjadi satu kesatuan dalam paket penjualan, dan yang terpenting leather pack nya tidak hanya berperan sebagai pelindung. Leather pack pada ponsel ini punya fungsi lain sebagai baterai tambahan pada back cover nya. Antara baterai pada leather pack dan body ponsel dihubungkan dengan sebuah konektor. Rangkaian body utama ponsel pun memiliki baterai tersendiri. Sedang komponen utama berupa body ponsel lebih dominan dengan elemen logam, termasuk pada bagian back cover.

Sebagai ponsel mungil, berdimensi keseluruhan 86 x 54 x 8,9 mm dan berat 79 gram SGH-P300 tidak terlalu dipadati instrumen. Slot untuk headset, USB dan charging terletak pada sisi kiri body ponsel. Begitu pula dengan tombol kamera. Kemudian dibagian back cover hanya ditempatkan lensa kamera sudut tetap lengkap dengan flash light. Tetapi perlu dicatat tidak terdapat cermin yang biasa dipergunakan untuk self portrait.

Keypad
Rasanya baru kali ini desain keypad ponsel Samsung dirancang benar-benar beda. Alur susunan keypad berbeda terutama dilihat pada penempatan tombol angka nol pada sisi pojok kiri bawah, menjadi satu dengan akses tombol flash. Lalu tombol akses MP3 juga ditempatkan khusus tepat diatas tombol angka nol. Tombol navigasi empat arah tetap dapat menjalan fungsi short cut menu dinamis. Tetapi letak tombol akses internet tidak lagi diletakkan pada bagian tengah tombol navigasi. Akses internet justru ditempatkan terpisah disamping kanan atas susunan keypad. Desain keypad meski unik tetapi jika diamati lebih mencerminkan konsep keypad kalkulator jaman dulu. Lepas dari itu bentuk rancangan keypad yang mungil dan soft dalam sentakan membuat penggunaan ponsel ini cukup ergonomis.

Layar
Rancangan layar berbentuk horisontal dengan teknologi TFT serta kedalaman 262 ribu warna. Resolusi layar adalah 220x176 pixels dengan ukuran layar 35 x 28 mm atau sekitar 1,8 inchi. Dalam seting teks font normal, dalam satu tampilan layar dapat menampung lima baris teks message SMS. Layar juga dapat menampilkan video wallpaper.

Fitur Kamera
Kemampuan kamera ponsel ini mengusung resolusi 1,3 megapixels (1280x1024 pixels) untuk pemotretan, selain juga tersedia pilihan resolusi VGA dan QVGA. Sedang untuk rekam video tersedia pilihan mulai dari 176x144, 128x96, 352x288, 320x240 pixels. Mode rekam bisa disesuaikan berdasar opsi normal dan limit MMS/wallpaper. Ketajaman pembesaran obyek bisa dilakukan hingga 10x zoom. Seperti halnya pada seri Samsung sebelumnya, SGH-P300 dibekali pula dengan tambahan variasi efek, frames dan timer.

Memori
Samsung SGH-P300 hanya dibekali memori internal dinamis. Dalam versi uji coba diketahui total memori internal untuk file musik, video dan gambar adalah 82 Mb. Itu belum termasuk memori untuk kebutuhan MMS dan email yang tersedia 3072 Kb. Lalu ada lagi memori khusus untuk aplikasi java games sebesar 4Mb.

Phonebook dan Messaging
Kapasitas phonebook yang tersedia hingga 1000 multiplier entry. Didukung dengan picture caller ID dan nada dering caller dengan dukungan melodi MP3. Sedang untuk messaging selain dukungan pasti dari SMS dan MMS, tersedia pula akses email POP3. Untuk SMS masih serupa dengan seri terdahulu dengan kapasitas hingga 200 entry. Panjang untuk long sms maksimum 1440 karakter. Sedang untuk MMS satu kali pengiriman mampu memuat hingga 295Kb.

Konektivitas
Mendukung koneksi dengan perangkat lain, ponsel ini dibekali bluetooth versi 1.2. Kemampuan nya mencakup banyak hal seperti ke headset, seriap port, dial up networking, file transfer, object push dan basic printing. Selain itu juga terdapat kemampuan sinkronisasi data lewat perangkat kabel USB. Ponsel ini tidak dibekali infrared.

Entertainment
MP3 player masih menjadi andalan untuk urusan entertainment. Detail fitur MP3 player masih belum berubah jika dibandingkan dengan seri terdahulu. Keunggulan melodi MP3 dapat di set sebagai nada dering, dapat diputar lewat speaker ponsel maupun headset. Juga ada pilihan equalizer yang mencakup beberapa format aliran musik. MP3 player ini sudah disiapkan dengan dukungan 3D sound. Fitur lainnya adalah video player yang dapat memutar format video dari jenis 3GPP dan MPEG4. Namun pada ponsel ini tidak dibuatkan menu khusus untuk memutar video. Anda bisa langsung menikmati nya lewat file manager.

Internet dan Games
Akses internet masih saja ditunjang dengan GPRS kelas 10 dan WAP 2.0 browser, format visualisasi dapat memunculkan xHTML. Dalam uji coba akselerasi internet mampu berjalan dengan baik, salah satunya dengan ditunjang inject setting proxy GPRS. Terdapat dua jenis game embedded dalam versi uji coba seperti game football Freekick dan Bobby Carrot. Belum ada yang baru dalam hal game pada ponsel ini.

Performa
Rasanya ponsel ini bakal dicari oleh kalangan tertentu yang ingin tampil atraktif dengan ponsel terbaru. Ukuran ponsel yang hanya sebesar kartu nama menambah nilai jual tersendiri ponsel ini. Dalam uji coba SGH-P300 mampu menampilkan performa yang sangat baik. Seperti kualitas panggilan dan penerimaan suara yang sudah didiukung triple voice codes dan voice clarity. Serta tidak ketinggalan speakerphone membuat ponsel ini cukup meyakinkan. Hanya saja untuk mengoperasikan keypad perlu sedikit adaptasi, mengingat alur desain nya agak beda dengan ponsel Samsung terdahulu. Begitu pun dengan bentuk layar yang horisontal, ada kesan berbeda saat melihat tampilannya.

Sayang SGH-P300 belum dibekali kemampuan mobile Tv. Hal lain yang perlu menjadi nilai keunggulan adalah konsep dual battery. Komponen utama yakni ponsel mempergunakan jenis baterai standard Lithium Ion 800 mAh. Waktu siaga yang bisa dicapai adalah 160 jam dan wakru bicara hingga 3 jam. Nah ada lagi pada komponen leather pack yakni baterai tambahan Lithium Polymer dengan kapasitas yang serupa. Hal ini menjadikan waktu siaga dan bicara ponsel menjadi sangat meingkat. Dalam uji coba selama waktu 3 hari siaga, bar status baterai tidak berkurang.

Dengan menggunakan leather pack maka berat total ponsel menjadi 137 gram. Jika merasa ingin ringkas, tinggal copot saja leather case nya. Namun sedikit disayangkan, proses charging baterai tambahan pada leather pack harus menyatu dengan komponen ponsel. Singkat kata proses charging baterai tambahan harus dilakukan bersama-sama dengan charging baterai utam lewat satu konektor.

Spesifikasi
Harga Rp
Layar : TFT 262 ribu warna
Ukuran : 86 x 54 x 8,9 mm
Berat : 79 gram (tanpa leather pack)
Waktu Siaga/Bicara : Hingga 160 jam / Hingga 3 jam (baterai standar)
Jaringan : GSM Triple band
Phonebook : 1000
Kemampuan download : ya, GPRS kelas 10
Infrared/Bluetooth : Tidak/Ya
Nada dering : 64 cord dan MP3
Kamera: 1,3 megapixels
Games : 2 Java embedded
Fitur lainnya : voice recorder, service light, world time, alarm, PIM sync, kalkulator, konverter, timer dan stopwatch.

(Mei06)

Tidak ada komentar: