16 Apr 2008

Samsung SGH-X700




Fitur Lengkap Berdesain Klasik

Desain klasik pada ponsel candy bar tidak melulu menyiratkan sebuah kesederhanan pada fiturnya. Ini bisa dibuktikan dari hadirnya serial baru ponsel GSM Samsung SGH-X700. Jika diperhatikan sekilas desain candy bar ponsel ini terbilang konvensional, meski begitu fitur yang dipadatkan di dalamnya mampu menyaingi seri SGH-D500 yang sudah lebih dulu hadir. SGH-X700. Kelengkapan fitur yang ditempatkan di ponsel ini sudah tergolong kelas atas, diantara yang menjadi andalan kamera 1,3 megapixel dan kemampuan tambahan dengan memori eksternal. Ini menjadikan SGH-X700 ponsel candy bar dari Samsung yang pertama hadir dengan kartu T-Flash. Lain dari itu ponsel yang pertama kali diperkenalkan di ajang Communicasia 2005 di Singapura ini juga punya banyak fitur multimedia yang mumpuni.

Tampilan Desain
Desain klasik SGH-X700 dibentuk dengan nuansa kelas tinggi. Dari segi pemilihan material menunjukkan ponsel ini cukup ergonomis dalam penggunaan. Buktinya lapisan front dan back cover dilapisi oleh jenis karet sintetis berwarna hitam yang elegan. Jenis lapisan tersebut menjadikan tangan pengguna sangat mantap dan tidak licin dalam menggenggam ponsel ini. Sebelumnya Samsung sudah menggunakan jenis karet sintetis pada seri SGH-E610 dan E760. Selain warna hitam yang dominan, SGH-X700 juga dihiasi dengan ornamen silver pada sisi ponsel. Secara keseluruhan ponsel ini memiliki dimensi 108 x 43,7 x 19,4 mm dan berat 95 gram.

Keypad
Keypad ponsel ini sangat apik dan nyaman saat digunakan. Jarak antar tombol juga dibuat dengan tidak menyulitkan dalam pengoperasian. Tombol navigasi bisa di set untuk short cut ke empat menu yang Anda pilih. Tapi SGH-X700 punya sesuatu yang baru dan belum pernah dihadirkan di seri-seri sebelumnya, yakni keypad light. Dengan keypad light pola pendaran cahaya pada keypad dapat diset sesuai kebutuhan. Salah satu pilihannya adalah ‘use at nighttime’. Maka cahaya keypad akan menyala pada waktu malam saja, dan sudah barang tentu dilengkapi dengan pengatur waktu.

Layar
SGH-X700 dibekali layar tunggal dengan kedalaman 262 ribu warna TFT (thin film transistior), resolusi layar adalah 176x220 pixel. Ukuran layar pun cukup besar untuk sebuah ponsel yaitu sekitar 31x39 mm. Dengan ukuran ini layar ponsel mampu menampung hingga 8 baris teks dalam pengetikan SMS.

Fitur Multimedia
Standar fitur multimedia sudah dilewati oleh ponsel ini. Aneka fitur multimedia bisa dijumpai pada menu applications. Menjadi andalan adalah MP3/AAC player dan FM radio stereo. MP3 player bisa Anda mainkan lewat phone dan audio video headset. Melodi MP3 juga bisa Anda set untuk keperluan nada dering, caller ringtone dan alarm tone.ngtone dan alarm tone. Keunggulannya lagi setiap lagu bisa Anda proteksi dari bahaya terhapus.

Untuk FM radio seperti biasa hanya dapat digunakan saat headset stereo terpasang di ponsel. Meski begitu suara radio bisa juga dipancarakan lewat speaker, sehingga bisa didengarkan banyak orang. Untuk urusan save station radio SGH-X700 dilengkapi 30 save station. Ini lebih tinggi ketimbang memori simpan station pada Nokia 3230 yang hanya 20 entry dan Siemens SX1 yang hanya 6 entry. Tidak hanya disitu, radio juga bisa di set untuk kebutuhan 3 multi alarm tone. Disamping itu pemilihan gelombang radio bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual.

Memori
Ada dua bekal memori pada ponsel ini, satu memori internal dan kedua memori eksternal. Untuk memori internal tersedia 35 Mb yang bersifat dinamis bagi kebutuhan aneka aplikasi, nada dering, lagu dan gambar. Lebih dari itu adanya memori eksternal berupa T-Flash card menjadi kemampuan memori ponsel kian maksimal saja. Menyimpan melodi MP3 dan gambar jadinya bisa lebih leluasa. Apalagi slot memori bersifat ‘hot swap’ tanpa harus mematikan ponsel saat memasukan atau mengeluarkan kartu.

Memori lain yang terpisah dari 35 Mb adalah 4 Mb bagi kebutuhan aplikasi game Java. Dalam versi uji coba SGH-X700 belum dilengkapi game embedded baru, yang ada hanya permainan forgoten warrior, freekick dan arch angel. Memori lain adalah kapasitas 1000 entry phonebook yang sudah dibekali photo caller ID. Untuk SMS jumlah memori masih standar dengan 200 entry.

Kamera
Kemampuan kamera SGH-X700 dapat menjalankan peran pemotretan dan rekam video. Untuk rekam video ponsel ini menyediakan tidak kurang dari 11 pilihan efek warna. Juga tidak lupa ada timer dengan pilihan waktu mulai dari 3, 5 dan 10 detik. Waktu perekaman didasarkan pada mode normal dan limit of SMS. Sedang jenis ukuran gambar dalam rekam video ini adalah 176x144 pixel dan 128x96 pixel. Hasil kamera dengan format 3GPP ini juga sekaligus mampu merekam audio. Uniknya rekjam video bisa dilakukan dengan format gambar terbalik dan mirror.

Nah untuk pemotretan SGH-X700 dibekali kamera dengan kemampuan 1,3 megapixel. Pilihan ukuran gambar yang tersedia adalah 1280x1024, 1152x864, 640x480, 320x240, 176x144 dan 128x96 pixel. Memang Samsung menyediakan banyak pilihan dalam ukuran gambar. Standar kualitas foto pun bisa diset mulai dari auto, ISO100/200 dan 400. Tidak terlupan fasilitas zooming, brigtness dan timer. Lensa SGH-X700 tidak menggunakan jenis rotating alias sudut tetap. Untuk mendukung self portrait pada back cover ditempatkan cermin cembung yang cukup besar. Dalam memudahkan pengambilan obyek gambar, view finder bisa digunakan spot focus. Cuma sedikit disayangkan kemampuan kamera tidak ditunjang dengan deukungan flash light.

Internet dan Konektivitas
Majalah Mobilemode 2005 keluaran Samsung Mobile, menyebutkan SGH-X700 sudah dibekali kemampuan akses internet lewat EDGE (enhanced data rate for global evolution) kelas10. Meski EDGE sendiri sudah terasa sepi sambutannya di Indonesia. Selain akses EDGE, SGH-X700 juga dibekali standar akses GPRS kelas 10 dan WAP browser 2.0. Ponsel ini juga sudah mendukung tampilan xHTML. Berkaitan dengan akses internet fasilitas MMS dan email client juga sudah siap melayani Anda.

Sedang untuk konektivitas data ponsel ini mengandalkan fasilitas bluetooth dan USB. Untuk USB slot nya menggunakan slot yang sama untuk headset, terletak pada sisi kiri atas badan ponsel. Fungsi bluetooth tidak hanya untuk mengirim file transfer, lebih dari itu peran bluetooth sudah mendukung untuk dial up networking, serial port, Sync ML, object push dan basic printing. Hanya sebagaimana serial baru Samsung lainnya, ponsel ini tidak dilengkapi fasilitas infrared.

Performa
Banyak yang memperkirakan seri SGH-X700 bakal banyak diminati, pasalnya desain dan fiturnya sangat kompak. Dari segi penggunan dan akselerasi menu pun ponsel ini sangat memuaskan. Ketahahan ponsel ini didukung kapasitas baterai Li-ion 800 mAh, yang memiliki waktu siaga hingga 220 jam dan waktu bicara hingga 5 jam. Kualitas audio pun cukup prima, pancaran suara didukung dual speaker yang terletak pada sisi kanan dan kiri badan ponsel. Selain didukung nada dering MP3, kemampuan polifoniknya mencapai 64 cord. Dalam hal penerimaan suara dilokasi bising, SGH-X700 sudah dibekali voice clarity. Jika masih kurang masih ada lagi speakerphone. Incoming dan aoutgoing call didukung pula oleh EFR (enhanced full rate).

Pengaturan keypad light juga menarik dicermati. Biasanya pada setiap menggunakan keypad, otomatis cahaya pada keypad selalu menyala. Memang ini hal penting, tapi kadang dalam kondisi terang benderang hal tersebut bisa-bisa hanya memboroskan energi baterai. Meski sama sekali bukan masuk golongan ponsel outdoor, SGH-X700 dibekali perlindungan pada lubang slot yang terintegrasi untuk headset, kartu memori dan slot charger. Beberapa fitur bisa bekerja secara multitasking, seperti FM radio. Sedangkan MP3 player belum dapat digunakan untuk multitasking.

Spesifikasi
Harga : Rp
Layar : TFT 262 ribu warna
Ukuran : 108 x 43,7 x 19,4 mm
Berat : 95 gram
Waktu Bicara / Siaga : Hingga 5 jam / Hingga 220 jam
Jaringan : GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook : 1000
Kemampuan download : Ya, multiple download
Infrared/Bluetooth : Tidak/Ya
GPRS/EDGE : kelas 10/kelas 10
WAP : 2.0
Game : 3 game Java embedded
Nada dering : MP3 dan 64 cord polifonik
Kamera : Ya, 1,3 megapixel
Fitur lain : World time, multiple alarm, kalkulator, convertor, timer, stopwatch, kalender, dll.

(Feb06)

Tidak ada komentar: