26 Apr 2008

Hardware untuk Optimalkan Sound Ponsel















Banyak cara membuat sound ponsel menjadi optimal. Beberapa kreasi menghasilkan output yang menarik. Selain dukungan vendor yang menyediakan hardware eksternal sound untuk ponsel


Jika mau mengoptimalkan sound di ponsel tentu tidak sebatas melakukan instalasi software. Nyatanya diperlukan perangkat keras alias hardware yang juga punya peran dominan bagi peningkatkan kualitas suara, terutama pancaran pada nada dan melodi. Sehingga bisa jadi kualitas suara yang dipancarkan sebuah ponsel atau PDA (personal digital assistant) memiliki kesetaraan dengan kualitas dan volume melodi dari perangkat yang memang dirancang khusus untuk mendengarkan melodi, contoh nya compo stereo.


Format terus mengalami evolusi, ketika jaman nada dering monofonik tentu tidak terpikir buat vendor atau perorangan untuk meng create melodi dengan pancaran yang memadai. Tapi lain halnya ketika format melodi sudah berkembang menjadi bentuk polifonik dengan beragam format yang sudah kita kenal saat ini. Sebut saja perkembangan jumlah cord polifonik, format MIDI (musical instrument digital interface), WAV (windows audio volume) hingga yang lagi tren saat ini format MP3. Ditambah pula kini FM radio sudah menjadi bagian kelengkapan favorit ponsel-ponsel yang hadir di tengah-tengah kita. Itu semua menjadikan hardware sound menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Alih kata memberdayakan ponsel menjadi multi fungsi.
Berikut beberapa perangkat dan aplikasi yang berguna untuk memberdayakan melodi pada ponsel. Tentu belum semua ponsel dapat di kreasikan, sebab terdapat keterbatasan dari platform teknologi yang diusung oleh masing-masing vendor.

Nada Dering Sebagai ‘Klakson’ Mobil

Klakson pada mobil bisa menjadi sesuatu yang menarik, tidak lagi menajdi monoton dengan suara ‘tin….tin….’ yang itu-itu saja. Berkat kombinasi antara kecanggihan PDA dan amplifier fungsi klakson (horn) bisa menjadi benar-benar menarik. Rony Djojomartono, koresponden SELULAR di Amerika Serikat pernah mencoba hal ini. Dengan berbekal PDA merek Dell Axim X5 400 Mhz plus tambahan perangkat amplifier, kabel audio dan speaker memnjadikan mobil kesayangan dapat mengeluarkan suara-suara (sound) yang terdapat di dalam format memori PDA.

Jika sudah demikian bisa dibayangkan akan terjadi cerita lucu. Klakson mobil bisa mengeluarkan suara binatang seperti burung, kuda, harimau, jangkrik dan lain sebagai nya. Pernah suatu kali ketika mobil berhenti di lampu pengatur lalu lintas, dimana kondisi jalan sedang padat oleh motor-motor. Saat klakson dibunyikan terdengar suara harimau, secara reflek hampir semua pengendara motor di seliling panik, dikira terdapat harimau lepas. Maklum pancaran suara terdengar cukup keras, dan speaker ditempatkan tersembunyi didalam kap. Begitu pun saat suara burung diaktifkan, sontak orang disekeliling langsung menengadah keatas langit.

Amlifier memakai jenis TOA tipe CA series model CA-130 dengan daya 30 watt. Arus energi 12 volt DC berasal dari Accu mobil. Jenis amplifier ini sangat pas untuk pemsangan di bus, mobil patroli dan juga sering dipakai oleh tukang-tukang roti. Sedang format untuk lagu bisa jenis apa saja yang terdapat di dalam PDA tersebut. Walau terbilang menarik ide ini lumayan banyak menuai kritik, sebab dapat membahayakan jika digunakan pada saat yang tidak tepat. Kabar nya format klakson seperti ini mendapat larangan dari komisi keselamatan transportasi di AS.



Perlu dipahami sebenarnya suara yang keluar bukan dari klakson mobil, melainkan speaker yang terpisah dari perangkat klakson Namun speaker memerankan fungsi ibarat klakson. Coba bayangkan jika yang muncul suara erangan wanita, dapat dipastikan jalanan kian macet.






Nokia Music Stand

Dari banyaknya vendor ponsel yang ada, Nokia adalah salah satu yang paling getol melengkapi arsenal music enhancement. Setidaknya saat ini terdapat tipe MD-1 dan DT-1 yang sudah beredar dipasar tanah air. Kedua perangkat ini dirancang dengan konsep dasar serupa yakni menghasilkan full range stereo speaker baik saat mendengarkan musik FM radio, CD atau MP3 player. Selain itu music stand bisa pula difungsikan sebagai handsfree speaker sehingga suara pembicaraan dapat di dengar dengan keras dan jelas. Termasuk bisa menggunakan peran tombol answer/end.

Kedua music stand ini bisa difungsikan dengan syarat harus selalu terhubung dengan charger tipe APC-12 travel charger, serupa dengan yang dipakai pada seri Nokia 6600. Sebab music stand tidak memakai baterai. Tipe MD-1 memiliki kelebihan dengan adanya antena FM radio, voluime control dan dapat compatible dengan semua ponsel Nokia yang memiliki sistem koneksi Pop Port.

Spesifikasi Music Stand DT-1
Dimensi : 160 x 115 x 70 mm
Berat : 310 gram
Speakers : 50 mm diameter
Temperatur operasi : -5 hingga 55 derajat Celcius (khusus Indoor)
Kompetibel : Nokia 6800 dan Nokia 7250





Spesifikasi Music Stand MD-1
Dimensi : 113,4 x 213,1 x 71,3 mm
Berat : -
Speakers : 28 mm diameter
Temperatur operasi : idem
Kompetibel : Semua Nokia dengan sistem Pop Port






Sound Mate
Untuk pertama kali nya Samsung Mobile membuat perangkat sound tambahan yang unik dan berdaya guna tinggi. Sound Mate yang berkonsep plug in ini merupakan speaker yang dibuat sedemikian kecil, diameter speaker hanya sekitar 20 mm. Menjadikan Sound Mate speaker eksternal ponsel yang terkecil. Dibuat cukup modis dan ergonomis dengan rancangan tali kecil, dimana dengan mudah dapat dililitkan pada lubang strep.
Sound Mate ini cukup pas digunakan saat dalam ruangan kecil atau dalam ruangan kabin mobil. Mudah dibawa dan fashionable adalah keunggulan dari speaker mini ini. Sound Mate pertama kali diperkenalkan sebagai aksesoris dalalm paket penjualan Samsung SGH-E630. Selain itu Sound Mate dapat juga terkoneksi dengan seri SGH-E800 dan SGH-D500.

Nokia Adapter Cable ADA-2
Bagi Anda yang membeli paket Nokia N- Gage tersedia kabel adapter tipe ADA-2. Jenis kabel ini lumayan cukup berguna tidak hanya bagi ponsel N-Gage. Beberapa seri Nokia lain dan PDA dapat pula terkoneksi dengan eksternal speaker lewat kabel ini. Selain seri N-Gage seri Nokia 6600 juga terbukti pas dalam aplikasi ini. Apalagi software MP3 player kini dapat di instal pada banyak ponsel berbasis sistem operasi Symbian. Selain Nokia, Sony Ericsson dalam waktu dekat akan menghadirkan serial kabel music cable MMC-60 yang dapat mengoptimalkan kualitas musik dengan sistem hi-fi. Kabarnya MMC-60 baru kompatibel dengan seri Sony Ericsson K750i.

(Mei05)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://hardware.infogue.com/
http://hardware.infogue.com/hardware_untuk_optimalkan_sound_ponsel

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!