17 Apr 2008

Pantech PG-6100




Desain Unik Full Kamera Digital

Setidaknya sampai saat ini belum pernah ada ponsel yang begitu unik desain nya, sampai-sampai cukup banyak orang yang tidak menyangka bahwa sebuah ponsel dirancang dengan bentuk sebuah kamera poket murni. Adalah PG-6100 keluaran Pantech Mobile yang mampu membuat sensasi. Vendor ponsel dari korea Selatan ini bisa dibilang berhasil untuk membuat terobosan menghadirkan ponsel berdesain clamshell yang di ‘wujudkan’ menjadi desain kamera poket. Selain unik dalam soal desain, PG-6100 juga padat dengan dengan bekal fitur. Sebagai ponsel kamera sudah dilengkapi resolusi 2 megapixels, MP3 player, FM radio, bluetooth dan memori eksternal.

Tampilan Desain
Dasar dari rancangan PG-6100 adalah ponsel clamshell biasa dengan dua buah lipatan folder. Tapi Pantech Mobile begitu kreatif dalam penempatan lensa kamera dan flash light pada bagian bawah front cover. Sehingga PG-6100 pas dan sesuai saat dipandang dari sudut vertikal maupun horisontal, lagi-lagi mencerminkan kamera poket murni. Sebagaimana ponsel clamshell lainnya, PG-6100 juga dibekali dengan eksternal LCD. Tapi perancang ponsel ini memang sangat kreatif, letak eksternal LCD ponsel ini justru berada di bekalang alias pada back cover. Front cover malahan dibiarkan kosong tanpa LCD. Kian menyiratkan bahwa PG-6100 lebih condong sebagai kamera poket digital. Apalagi di front cover di buatkan pula penguat pegangan tangan sebagaimana terdapat pada kamera poket konvesional.

Tapi tetaplah kodrat PG-6100 adalah sebagai ponsel biasa. Saat folder dibuka kesan ponsel konvesional langsung kentara. Instumen luar yang menunjang ponsel ini mencakup headset jack, infared port, tombol shutter kamera, tombol volume dan slot kartu memori. PG-6100 ditawarkan dalam pilihan warna goldish silver, silver, pink dan sky blue. Secara keseluruhan ponsel berdimensi 82x47,5x24,9 mm dan berat 115 gram.

Layar
Layar bagian dalam atau layar utama PG-6100 sudah mengusung kedalaman 262 ribu warna dengan teknologi TFT (thin flim transistor). Resolusi layar utama yakni 176x220 pixels dengan ukuran 30,096 x 37,62 mm atau sekitar 1,9 inchi. Lumayan besar untuk dapat melihat visualisasi gambar pada layar. Layar utama juga dapat menampung hingga 9 baris teks saat pengetikan messange. Untuk layar eksternal mengusung kedalaman 260 ribu warna dengan teknologi OLED (organic light emitting diode). Resolusi layar luar yakni 96x96 pixels dengan ukuran 19,84x19,84 mm atau sekitar 1,1 inchi. Selain menjalankan fungsi sebagai indikator fungsi ponsel. Layar luar juga berperan sebagai view finder yang dilengkapi tombol menu dan tombol brightness.

Keypad
Rancangan keypad nya cukup besar dan nyaman, ditunjang pula dengan menu navigasi empat arah yang lumayan memudahkan. Sekilas mirip dengan desain pada serial clamshell Samsung. Meski begitu bentuk keypad terasa terlalu datar, malahan terkesan sedikit licin. Fungsi navigasi empat arah juga merupakan manu akses yang sudah ditentukan untuk melodi, message, contact dan favorit. Di bagian tengah tombol terletak tombol akses langsung ke internet dengan warna biru.

Fitur Kamera
Bekal kamera adalah 2 megapixels CMOS dengan fokus sudut tetap. Kemampuan kamera dapat menjalankan fungsi rekam video dan pemotretan. Selain resolusi 2 megapixel, pilihan resolusi yang ada yaitu 1 mega, 1,3 mega, VGA, QVGA, LCD dan SVGA. Dukungan untuk pemoteran mencakup menu white balance yang mendukung moda light, cloudy, tungsten dan fluorecent. Kemampuan foto juga ditunjang multi shot frame dengan pilihan hingga 15 gambar. Ada pula self timer dengan hitungan mundur antara 5 hingga 10 detik. Uniknya lagi setiap gambar dapat di set dengan time stamp, seperti yang terdapat pada jenis kamera digital poket. Sebagai bagian dari variasi, PG-6100 juga dibekali kelengkapan frame dengan koleksi 10 buah frame. Efek gambar pun terbilang lumayan banyak disediakan mulai dari worm, sepia, antique, cool, mooblight, fog, negatif, black&white dan emboss. Hasil gambar pun bisa dilakukan editing pada menu Photomax filter.

Konektivitas
Jalur konektivitas pada ponsel ini terbilang lumayan lengkap. Perangkat infrared dan bluetooth sudah tersedia di ponsel ini. Dalam uji coba diketahui baik akses infrared dan bluetooth mampu bekerja optimal dan tanpa hambatan ke beberapa ponsel yang berbeda seperti Nokia dan Siemens. Seperti untuk saling berkirim data file besar/MP3 dapat berlangsung relatif cepat. Sinkronisasi data juga dapat dilakukan lewat PC sync (kabel mini USB) yang sudah disertakan pada paket penjualan, lengkap dengan CD software nya.

Internet
Anda yang ingin memperoleh PG-6100 tidak perlu khawatir soal penggunaan akses internet. Pasalnya PG-6100 sudah menyiapkan pilihan inject setting GPRS untuk pilihan operator lokal. Dalam uji coba akses GPRS dengan menggunakan jenis operator-operator yang berbeda tidak menemui kendala, software dapat langsung menyesuaikan. Akselerasi GPRS kelas 10 pun terbukti cukup cepat. Seperti masuk ke portal salah satu operator. Kemampuan internet juga ditunjang WAP 2.0 browser.

Multimedia dan Games
MP3 player dan FM stereo radio menjadi dua fitur andalan untuk elemen multimedia. MP3 player dapat di set dengan pilihan moda normal, pop, jazz, klasik dan rock. Tampilan visualisasi pada layar MP3 bisa pula Anda sesuikan dengan 2 aneka animasi plus equalizer. Sebagai ponsel dengan desain MP3 embedded maka kualitas suara yang dihasilkan memang sangat jernih dan bagus. Sedangkan untuk FM radio harus diperdengarkan dengan menggunakan headset. Meski pancaran audio dapat dipancarakan juga lewat speaker. Total ada 10 frekuensi stasiun radio yang bisa Anda simpan.

Untuk koleksi game, versi jual PG-6100 sudah dilengkapi dua jenis permainan berbasis aplikasi Java yaitu Run dan Aqua Ping pong. Untuk game Ping Pong dilengkapi dengan dukungan sound.

Memori dan Audio
Ada dua jenis memori yang melengkapi PG-6100, memori internal dan eksternal. Dukungan memori internal nya mencapai 8,4 Mb yang bisa di share bagi kebutuhan simpan foto, video, file musik dan sebagainya. Lepas dari itu masih ada kemampuan memori eksternal lewat jenis kartu RS (reduce size) MMC. Serupa dengan yang digunakan pada ponsel Nokia 3230. Dalam paket penjualan PG-6100 sudah disertakan paket RS MMC 512 Mb. Lepas dari itu memori SMS bisa menampung sampai 100 pesan, kemudian MMS sampai kapasitas 2,9 Mb. Kemampuan audio didukung pancaran speaker tunggal yang cukup baik. Ponsel ini dilengkapi melodi standar polifonik 64 cord. Nada dering nya bisa pula mengadopsi jenis file MP3.

Performa
Pantech PG-6100 adalah ponsel yang dirancang cukup kompak, meski terkesan cukup tebal namun cukup nyaman dalam genggaman. Ponsel yang berjalan di frekuensi tiple band GSM ini juga mempunyai kualitas audio yang prima. Kemampuan panggilan dan penerimaan suara pun cukup bagus dengan dukungan EFR (enahanced full rate). Sebagai layanan tambahan, PG-6100 juga menghadirkan video dan photo caller ID yang menjadi pelengkap dari 800 entry phonebook.

Dari hasil uji coba terlihat kemampuan akselerasi untuk pengetikan SMS agak sedikit lambat. Kemudian fungsi digital zooming juga terlihat kurang maksimal. Meski begitu harus diakui memang fitur multimedia entertaiment dan storing data ponsel ini harus diacungi jempol. Kecil tetapi cukup padat fitur nya. Ada lagi yang unik, pada paket penjualan PG-6100 sudah dibekali tripod mini. Selain bertujuan untuk sanggaahan saat pemotretan, fungsi tripod juga bisa menjalankan speaker. Letak speaker terletak pada kaki-kaki tripod. Jalur koneksi tripod dihubungkan lewat lubang konektor headset. PG-6100 ditenagai baterai jenis Lithium Ion dengan kapasitas 800 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 200 jam, serta waktu bicara hingga 3,5 jam.

Spesifikasi
Harga : Rp
Layar : Eksternal LCD OLED 260 ribu warna
: Internal LCD TFT 262 ribu warna
Ukuran : 82 x 47,5 x 24,9 mm
Berat : 115 gram
Waktu bicara/Waktu siaga : Hingga 3,5 jam / Hingga 200 jam
Jaringan : GSM Triple band
GPRS/EDGE : kelas 10/tidak
Bluetooth/Infrared : Ya/Ya
Kamera digital : 2 magapixel
Nada dering : Polifonik 64 cord, MP3
Memori Tambahan : hot swap RS MMC
Phonebook : 800
Fitur lainnya : alarm, organizer, kalender, world time, kalkulator, konverter, stop watch, memo, timer, dll.

(Mar06)

Tidak ada komentar: