25 Apr 2008

Solusi Kendali dan Monitoring Perusahaan














Umumnya SMS dikenal sebagai solusi bagi pengiriman data yang bersifat pribadi. Kenyataannya teknologi standar GSM ini mampu dikembangkan ke arah aplikasi yang terpadu bagi corporate


Di Soroako, Sulawasi Tenggrara yang jauh dari gemerlap modernisasi kota besar terdapat sebuah pertambangan nikel yang cukup besar. Jika cerita sebuah pertambangan tentu tidak ada yang menarik, namun PT. Inco selaku pengelola industri pertambangan tersebut memberikan solusi yang cukup menarik dalam sistem informasi dan kendali yang dijalankan. Seperti layaknya lokasi pertambangan, umumnya terletak di lokasi yang terpencil dan jauh dari kota besar. Artinya jaringan telekomunikasi tidak mungkin seperti di kota besar yang telah menggunakan basis kabel. Keterbatasan dalam fixedline tersebut merupakan peluang bagi service provider dalam menawarkan solusi kendali bergerak yang berbasis SMS (short message service). Aplikasi berbasis ini sebenarnya bukan hal baru dalam dunia telekomunikasi dan tidak terlalu terkait dengan perangkat intelligent network yang disediakan oleh operator selular GSM. Cukup murah sebab dengan pulsa normal sudah dapat dilakukan berbagai fungsi, tentu dengan kode yang telah disepekati antar modul yang terkait.

SMS pertama kali diluncurkan pada bulan Desember 1992 yang diperkenalkan oleh operator Vodafone di Inggris. Hingga kini telah banyak berbagai aplikasi lanjutan yang menggunakan basis SMS, ambil contoh smart messaging untuk layanan download logo dan nada dering, mobile banking, dan lainnya. Intinya dengan paduan teknologi yang tidak terlalu rumit dapat dimaksimalkan fungsi yang sangat beragam, termasuk juga fungsi pengendalian. Hal ini yang membuat berbagai kalangan perusahaan (corporate) tertarik pada aplikasi ini. Namun perlu diketahui bahwa dalam setiap operasinya tetap dibutuhkan dua buah nomor ponsel atau dua buah nomor SIM. Diantara yang kini banyak diaplikasikan untuk kepentingan corporate adalah

1. Remote Monitoring
Dengan sebuah ponsel seorang eksekutif dapat memonitor secara otomatis berbagai perangkat yang terdapat dalam lingkungan perusahaan. Informasi yang dianggap penting dapat disampaikan melalui sensor yang telah terpasang sebelumnya. Tentu disini diperlukan interaksi antara sensor dengan modul perangkat SIM card, yang berfungsi mengirimkan data kepada ponsel si pemonitor. Pengiriman informasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, apakah telah mencapai parameter yang digariskan, atau informasi dikirmkan otomatis secara berkala. Contoh SMS corporate yang banyak digunakan ialah remote meter reading, pengiriman computer system fault ke ponsel supervisor, alarm mobil dan lingkungan, dan notifikasi saat vending machine kosong.

Tidak hanya PT. Inco, melainkan PT. Freeport di Papua diketahui juga telah menjalankan pengendalian dengan sistem ini. Remote monitoring sebenarnya dapat dilakukan tanpa keterlibatan oparator selular. Perintah untuk membuka dan menutup gerbang misalnya, dapat dilakukan via remote monitoring. Sedang untuk office application sampai saat ini diketahui PT. Telkomsel telah mempergunakannya untuk mengaktifkan sebuah PC.

2. Vehiche Positioning
Moda tracking ini telah banyak digunakan pada beberapa perusahaan besar di Eropa, pengendalian dan monitor keberadaan kendaraan mutlak diperlukan, apalagi yang sangat menggantungkan pada sektor transportasi. Aplikasi yang dilakukan dapat menggunakan cell tracking yang mengandalkan peran BTS (base tranceiver station) seperti halnya LBS (location base service) yang diperkenalkan oleh Excelcom. Atau lebih hebat lagi dapat memanfaatkan informasi yang didapat dari kemampuan GPS (global positioning system), yang dapat digunakan secara gratis melalui 24 satelit. IM3 baru-baru ini telah memperkenalkan layanan pelacakan kendaraan V-tracking dengan menggunakan jasa GPS. Tentu tarif yang diberlakukan untuk vehicle positioning ini berbeda dari SMS biasa, sebab melibatkan peran dari content provider.

3. Remote point of Sale
SMS juga dapat dipergunakan dilingkungan retail, sebagai otorisasi bagi pengganti penggunaan bentuk fisik kartu kredit. Untuk itu ponsel harus terhubung aktif pada point of sale terminal. Nomor kartu kredit yang Anda miliki akan dikirimkan melalui SMS ke Bank otoritas. Kemudian selanjutnya bank akan mengirmkan kembali kode otorisasi pada poinf of sale terminal.

4. Corporate email
SMS dapat digunakan untuk memperluas penggunaan sistem corporate email. Ini sangat bermanfaat bagi para pekerja yang cukup sibuk dan banyak berada di luar kantor, corporate email memberikan notifikasi seumpama Anda mendapat kiriman email baru ke alamat yang digunakan. Tentu akan banyak kegunaan bagi eksekutif yang tidak sempat atau malas mengopersikan ponsel ber GPRS. Nantinya Anda akan menerima notifikasi siapa pengirim dan subject dari pesan yang disampaikan. Corporate email system dapat beroperasi di local area network (LAN), dan termasuk di dalamnya microsoft mail, outlook express, microsoft exchange, dan lotus notes.

5. Affinity Programs
SMS juga dapat berfungsi sebagai affinity programs, atau program yang memberi daya tarik yang pada umumnya digunakan pada kalangan marketing perusahaan. Program ini tentu harus menyertakan keterlibatan operator sebagai penyedia media SMS. Umumnya yang terlibat dalam program ini ialah supermarket, perusahaan penerbangan, stasiun televisi, dan bank. Operator selular dan mitra bisnis bekerjasama dalam meluncurkan paket lifestyle, berupa tawaran produk dan kemudahan. Di luar negeri pengiriman paket SMS ini dikhususkan pada kalangan tertentu. Contohnya anggota eksklusif bank, dan pelanggan pasca bayar. Bentuk mudahnya kita dapat melihat cell broadcast di mall-mall yang dapat dipancarkan melalui media SMS, suatu bentuk perpaduan marketing antara pihak mall dan operator selular.

Pada dasarnya dengan menerapkan SMS coporate segala sesuatu dapat dilakukan dari jarak jauh, suatu jarak yang tidak mungkin dimiliki oleh remote biasa. Sebab dengan basis SMS maka tidak ada hambatan dalam lokasi pengriman dan penerimaan pesan, maklum SMS menggunakan jaringan BTS. Paling tidak untuk area domestik, namun kadang sering lelet nya SMS, dan adanya blank spot area juga membuat keraguan beberapa kalangan.

(Mei03)

Tidak ada komentar: