29 Apr 2008

Samsung SGH-D520


















Smooth Slider plus SOS Message


Menyambut periode kuartal ketiga Samsung Mobile kembali memperkenalkan seri sliding phone tarbaru yakni SGH-D520. Kehadiran ponsel ini merupakan jawaban dari Samsung untuk kelas ponsel menengah, berdesain elegan namun tetap padat fitur. Samsung SGH-D520 termasuk deretan ponsel Samsung yang kehadirannya diperkiarakan bakal menuai banyak perhatian. Alasan nya tidak lain lebih kepada unsur desain yang mengadopsi slim sliding cover. Ponsel tipis ini prtama kali diperkenalkan ke pasar pada ajang 3GSM World Congress di Barcelona – Spanyol pada bulan Februari lalu.

Tampilan Desain
Dari segi desain SGH-D520 menyiratkan pada kita bahwa ponsel ini mencerminkan kesan futuristik dengan balutan warna hitam total pada body. Simpel dan tegas, SGH-D520 hadir dengan tidak mengumbar hadirnya banyak instrumen pada sisi cover ponsel. Saat folder tertutup, sekilas pandang ponsel ini mirip dengan perangkat musik iPOD. Dibanding beberapa seri ponsel dengan desain sliding yang kini beredar, SGH-D520 unggul dalam sentakan buka tutup folder yang sangat smooth (halus) dan nyaman. Jauh dari kesan berat dan kasar. Instrumen luar yang melengkapi mencakup tombol volume, tombol akses kamera dan slot charger yang berfungsi pula untuk akses USB serta headset stereo. Secara keseluruhan SGH-D520 memiliki dimensi 101 x 46 x 15,9 mm saat folder tertutup serta berat 99 gram.

Layar
Untuk urusan ketangguhan layar belum ada perubahan dibanding seri-seri sebelumnya. SGH-D520 didukung teknologi layar TFT (thin film transistor) dengan kedalaman 262 ribu warna – resolusi 176x220 pixels. Ukuran penampang layar 1,3 inchi atau sekitar 31x38 mm. Ada yang istimewa dari tampilan layar ponsel hitam ini, baru pertama kali Samsung menghadirkan icon berupa ‘bulu angsa’ saat kita mengetik angka pada fungsi pemanggilan nomer. Selain itu tidak absen pula kemampuan photo caller ID. Dalam satu tampilan layar dapat memapung hingga 7 baris teks pada fungsi messaging.

Keypad
Fungsi keypad dan penempatan nya tidak mengalami perubahan jika disetarakan dengan ponsel sliding lain. Hanya saja sang perancang ponsel ini mencoba ‘bermain’ dengan sedikit mengubah corak tombol navigasi dan softkey, unik dan futuristik. Tombol navigasi dibuat dengan bulat plus list disekeliling nya yang dapat memedarkan cahaya light service. Jika yang baru pertama melihat pasti bakal menyangka bahwa tombol navigasi ini berupa scroll key, seperti yang terdapat pada iPOD. Padahal tombol navigasi nya tidak dapat diputar, hanya bisa menjalankan navigasi ke 4 arah serta akses short cut ke menu pilihan.

Fitur Kamera
Bekal imaging berupa kamera 1,3 megapixels yang bergerak dengan fokus tetap plus flash light. Kamera SGH-D520 dapat menjalankan peran pemotretan dan rekam video. Untuk pemotretan ukuran foto yang tersedia mulai dari resolusi 176x220 /320x240 /640x480 /800x600 /1024x768 /1280x1024 pixels. Plus di support standar kualitas foto berdasar pilihan ISO 100 sampai 400. Sedang untuk rekam video pilihan ukuran mencakup resolusi 320x240 dan 176x144 pixels. Dapat diset berdasar format normal dan limit of MMS. Format yang dihasilkan berupa MPEG4 dengan dukungan audio AMR. Baik fungsi rekam video dan pemotretan mempunyai spesifikasi fitur yang serupa seperti efek, brightness dan flash. Juga tidak lupa didukung 10x digital zooming.

Music Player dan Nada Dering
Unggulan hiburan masih mengandalkan Music player yang juga mampu mensuport format MP3 dan AAC. Kualitas sound sangat mengagumkan dengan hadirnya fasilitas 3D sound dual speaker. Saat mendengrakan melodi MP3 dengan headset maka dirasakan betapa bening dan halus suara yang dihasilkan 3D sound ponsel ini. Ada yang khas soal music player pada ponsel ini, Anda sudah bisa menikmati player denga sifat multitasking, artinya Anda tetap bisa mendengarkan musik di saat membuka atau masuk ke menu lain seperti messaging dan game. Bahkan saat folder ditutup sekalipun music player tetap dapat aktif. Untuk nada dering bisa dinikmati dengan format melodi MP3 dan polifonik 64 cord. Dalam versi uji coba diketahui terdapat 20 koleksi nada dering polifonik.

Memori
Memori SGH-D520 hanya mengandalkan memori internal dinamis dengan kapasitas 80 Mb. Seperti biasa memori tersebut memang dmanfaatkan untuk mendukung images, video, music, sound dan aneka file. Namun dalam versi uji coba diketahui total memori dinamis maksimum mencapai 82 Mb. Berkaitan dengan memori lain, phonebook yang tersedia dengan alokasi 1000 multiplier entry, kemudian inbox SMS hingga 200 dan kapasitas email dan MMS hingga 3072 Kb.

SOS Message
Setelah seri SGH-E640 dan D510 kini giliran SGH-D520 yang juga dibekali fitur penolong dan penuh manfaat ini. Terdapat 10 nomer favorit yang bisa di set untuk dikirim secara otomatis. Repeat sending bisa diatur mulai dari satu kali sampai lima kali, berdasar kebutuhan. SOS message dapat dikirim dengan menekan tombol volume sebanyak 4x. Sistem messaging dapat berjalan meski ponsel dalam keadaaan terkunci. SOS message pastinya sudah disiapkan dalam layanan bahasa Indonesia.

Aplikasi
Kelengkapan aplikasi lumayan lengkap untuk kelas ponsel Samsung generasi terbaru. Mendukung fungsi imaging misalnya, terdapat image editor yang mampu memberikan olah gambar sedemikian rupa mulai dari penambahan efek, crop image, insert frame, transform size dan sebagainya. Aplikasi lain yang cukup bermanfaat yakni voice recorder, seperti biasa format hasil rekam menggunakan AMR, sehingga compatible dengan banyak ponsel lain. Voice recorder bisa diset dengan waktu maksimum 1 jam, atau berdasar limit of MMS/email.
Games
Ada sebuah jenis game baru yang dihadirkan yakni air ship race, berupa game Java perrtempuran. Disamping itu dalam versi uji coba diketahui SGH-D520 juga dibekali game Java embedded lain seperti babby carriot, arch angel dan free kick. Fungsi game dapat multitasking dengan music player.

Keypad Light
Kampanye hemat energi harus diterapkan ke semua aspek kehidupan, termasuk juga untuk urusan di ponsel. Setelah seri SGH-X700, kini SGH-D520 jadi ponsel kedua keluaran Samsung yang dilengkapi keypad light seting. Artinya pola pendaran cahaya bisa diset sesuai waktu dan kebutuhan. Salah satu pilihannya “use at nighttime”. Maka cahaya keypad akan menyala pada waktu malam saja, tentu dengan bekal pengatur waktu. Namun jika ingin dinyalakan terus menerus bisa dipilih opsi “anytime”. Alhasil ponsel ini bisa menghemat konsumsi energi baterai.

Performa
Tidak diragukan pesona desain menjadi tolak ukur dan daya tarik ponsel sliding ini. Performa nya cukup meyakinkan, smooth sliding tapi sama sekali tidak terkesan ringkih. Konektivitas harus diperhatikan secara cermat. Ponsel ini hanya mendukung koneksi data jarak dekat lewat fasilitas bluetooth dan kabel data USB. Kecepatan USB mampu mentrasfer data dengan kecepatan 12 megabit per detik. Dalam paket jual nya sudah disertakan kabel USB. Lalu tidak luput menjadi perhatian, disayangkan ponsel ini untuk urusan data hanya dipantek dengan memori internal saja. Padahal beberapa seri terbaru sudah mendukung fungsi memori eksternal. Mungkin ini terkait dengan segmen pasar yang dibidik untuk SGH-D520.

Samsung SGH-D520 ditenagai dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 850 mAh. Waktu siaga bisa dicapai hingga 300 jam dan waktu bicara hingga 7 jam. Dalam uji coba terlihat konsumsi energi terkesan sedikit boros saat digunakan untuk memutar music player. Namun ada tips berhemat energi seperti pengaturan fingsi brightness layar dan keypad light. Waktu charging yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam. Untuk kualitas suara ponsel ini juga dilenghkapi fasilitas handfree speakerphone.


Harga Rp 3 jutaan
Layar TFT 262 ribu warna
Ukuran 101 x 46 x 15,9 mm
Berat 99 gram
Waktu Bicara/Waktu Siaga Hingga 7 jam / Hingga 300 jam
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook 1000
Kemampuan download Ya, multiple
Infrared/Bluetooth Tidak/Ya
GPRS Ya, kelas 10
WAP versi 2.0
Game 4 Java embedded
Nada dering MP3 dan 64 cord polifonik
Kamera Ya, 1,3 megapixels
Fitur lain email POP3, kalkulator, converter, timer, stopwatch, alarm, world time,dll.

Tidak ada komentar: