30 Apr 2008

Pantech PG-1900












Standar Multimedia plus Micro SD Memori


Pantech mobile kian mantap dan konsisten untuk meramaikan pasar ponsel di Tanah Air. Selain menghadirkan deretan ponsel kelas high end, memasuki akhir kuartal kedua Pantech kembali memperkenalkan seri terbaru yang disasar untuk kelas middle end yakni PG-1900. Ponsel dengan konsep candy bar ini dirancang cukup simpel tetap memiliki kapasitas fitur yang memadai dengan mengedepankan kemampuan sebagai ponsel musik berkat adanya fasilitas radio, MP3 player dan slot memori eksternal. Pantech PG-1900 pertama diperkenalkan pada ajang CeBit 2006 di Hanover – Jerman pada pertengahan bulan Maret lalu.

Tampilan Desain
Dilihat dari segi desain PG-1900 tidak menghadirkan konsep desain yang terlalu aktraktif. Meski demikian ponsel dengan balutan warna full hitam ini cukup elegan dalam tampilan yang konservatif. Ponsel dengan dimensi 103 x 43,5 x 13,7 mm dan berat 75 gram ini terbilang cukup nyaman dalam genggaman, desain nya cukup pas tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil untuk ukuran pengguna dewasa. Tidak banyak tambahan isntrumen pada desain luar ponsel. Pada sisi badan ponsel terdapat fasilitas tombol volume, slot headset jack, tombol kamera, slot memori eksternal dan slot charger yang bisa berfungsi sebagai konekstor USB. Setiap slot dilindungi dengan penutup yang terintegrasi.

Secara umum PG-1900 adalah konsep pengembangan dari desain seri PG-1400 yang kini tengah bereadar. Fitur dan fasilitas nya pun rada mirip, hanya PG-1400 tidak dibekali slot memori eksternal. PG-1400 sendiri memiliki dimensi 103 x 42 x 13 mm dan berat 75 gram.

Keypad
Urusan keypad tidak ada yang khas alias lumrah diterapkan pada desain keypad ponsel candy bar lainnya. Desain keypad secara konsep serupa denga pendahulunya PG-1400, dibuat dengan sederhana tetapi cukup ergonomis dalam penggunaan. Keypad dirancang menghindari kesan licin, dengan dibetuk sedikit bergelombang. Akses naviogasi berupa pola empat arah, seperti biasa juga berfungsi sebagai short cut ke 4 menu yang sudah ditentukan.

Layar
Sebagai ponsel golongan middle end, dukungan teknologi layar STN rasanya sudah cukup memadai. Meski layar STN tetapi sudah dibekali kedalaman layar 65 ribu warna. Spesifikasi layar ini serupa dengan yang diadopsi oleh PG-1400. Resolusi layar adalah 128x128 pixels dengan rentang ukuran 1,5 inchi atau sekitar 27x21 mm. Layar ponsel ini mampu menampilkan hasil video yang cukup baik dan photo caller ID.

Fitur Kamera
Sesuai kodrat nya di kelas middle end keberadaan kamera CMOS dengan resolusi VGA (video graphic array) – 640x480 pixels sudah cukup memadai. Kemampuan kamera ponsel mencakup rekam video dan pemotretan. Pilihan ukuran seting kamera mencakup format lain seperti LCD dan QVGA. Seperti halnya fasilitas fitur kamera lain, ponsel ini juga menyediakan fungsi self timer, brightness, multi shot dari 4 hingga maksimum 9x dan aneka efek yang cukup lengkap.

Dalam versi uji coba fungsi pemotretan dan rekam video dapat melakukan zooming hingga 4x pembesaran. Kelebihan lain Anda bisa menset penyimpanan hasil kreasi pada pilihan simpan di phone memori dan kartu memori lewat menu memory in use. Untuk mendukung self portrait, pada bagian back cover tepat diatas lensa tersedia cermin kecil.

Memori
Dalam release internet disebutkan PG-1900 dibekali memori internal sebesar 2,5 Mb, tetapi dalam spesifikasi dan uji coba untuk pasar Tanah air terbukti memori internal hanya disiapkan 2,2 Mb. Seperti pada seri sebelumnya memori internal bersifat dinamis dan dapat di share untuk kebutuhan musik, aplikasi, gambar, video, MMS hingga email. Lebih jelas tentang komposisi memori dapat dilihat lewat menu media gallery. Pantech PG-1900 dibekali dengan slot memori eksternal berupa kartu micro SD (secure digital). Slot kartu berada pada sisi kiri badan ponsel. Nantinya paket jual PG-1900 sudah akan dilengkapi dengan micro SD, tapi belum dipastikan berapa kapasitas kartu nya.

Sumber di Pantech menyebutkan micro SD yang akan melengkapi dengan size 64Mb. Masih terkait dengan memori, PG-1900 didukung dengan kapasitas multiplier phonebook 800 entry. Tidak lupa dengan keunggulan photo caller ID.

Konektivitas dan Internet
Unsur konektivitas memang menjadi sedikit kendala bagi ponsel ini, apalagi dengan adanya keunggulan fitur musik. PG-1900 tidak dibekali koneksi seperti bluetooth dan infared, menunjang proses upload hanya dibekali fasilitas kebel USB. Akses koneksi internet ditunjang dengan WAP browser versi 2.0, GPRS kelas 10 dan Java MIDP 2.0. Dalam versi jual nya nanti PG-1900 sudah dilengkapi dengan inject setting proxy GPRS. Untuk mengontrol besar nya volume data GPRS, dalam menu call logs tersedia current info.

Entertainment dan Games
Standar fitur entertaiment yang melengkapi PG-1900 mencakup MP3 player yang bisa pula mensupport format AAC dan AAC+. Kemudian FM radio juga tidak ketinggalan melengkapi ponsel ini. MP3 player dapat dimainkan dalam berbagai mode mulai normal, pop, jazz dan classic. Melodi MP3 dapat di set juga untuk nada dering. Kemudian fasilitas FM radio dilengkapi pre setting hingga 10 channel. Masih dalam menunjang entertainment ponsel ini menyediakan sebuah game Java embedded yakni Aqua pang pang. Agak disayangkan untuk urusan game memang Pantech sedikit tertinggal.

Nada Dering
Urusan nada dering ponsel ini dibekali kualitas polifonik 64 cord. Selain sudah pasti mengolah MP3 menjadi nada dering. Melodi polifonik yang tersedia embedded berjumlah 10 koleksi, kemudian ditambah 5 bell sound plus 3 melodi MP3 sound embedded. Dalam uji coba pancaran melodi/nada yang terpancar dari buzzer ponsel ini termasuk cukup baik. Lubang buzzer sendiri terletak di back cover berdekatan dengan lensa.

Messaging
Dalam hal messaging rasanya ponsel ini cukup mumpuni bersaing degan ponsel jenis high end. Tersedia failitas mulai dari SMS, EMS, MMS hingga email POP3. Karakteristik messaging SMS mampu mendukung SMS hingga 1071 karakter. Kapasitas untuk SMS mampu menampung sampai 170 entry. Kemudian MMS dan email mendukung hingga 2,2Mb. Khusus untuk email dapat diset sistem penyimpanan ke memori internal dan kartu memori. Cukup khas dalam hal seting MMS, size pengiriman dapat disesuaikan sesuai kebutuhan mulai dasri 30Kb/60Kb/100Kb/200Kb hingga 200Kb. Tentu saja kapasitas standar operator di Tanah Air hanya 50Kb untuk satu kali kirim.

Performa
Dengan desain yang simpel dan kompak PG-1900 tergolong ponsel yang mampu berkerja cukup optimal. Untuk kualitas penerimaan dan panggilan suara ponsel ini terbilang sangat bagus, itu pun masih didukung fitur speakerphone. Kemampuan GPRS pun dinilai cukup memadai. Untuk urusan kemampuan dan daya tahan, Pantech PG-1900 menggunakan baterai lithium Ion berkapasitas 720 mAh. Dalam berbagai release tidak disebutkan informasi tentang kemampuan waktu bicara dan waktu siaga. Namun dalam uji coba dengan pemakaian normal tanpa banyak mempergunakan fitur entertainment ponsel ini bisa memiliki waktu siaga hingga 4 hari.

Menurut rencana PG-1900 akan ditawarkan dengan kisaran harga antara Rp 1,5 juta hingga Rp 1,7 juta. Tergantung pula dengan kapasitas Micro SD yang akan disertakan. Dengan rentang harga seperti diatas plus dukungan fitur musik, rasanya ponsel ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Salah satu hambatan yang mungkin sedikit mengganggu adalah tidak adanya fasilitas transfer data jarak deket seperti bluetooth dan infrared. Padahal kedua nya merupakan lumayan praktis dan populer digunakan. Meski begitu dalam paket jualnya PG-1900 akan disertakan kabel data USB. Pada saat uji coba ponsel yang digunakan mengadopsi software verso 1.0

Spesifikasi
Harga Rp -
Layar CSTN 65 ribu warna
Ukuran 103 x 43,5 x 13,7 mm
Berat 75 gram
Jaringan GSM Triple band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook 800 entry
GPRS/WAP kelas 10 / versi 2.0
Download Ya
Bluetooth/Infrared Tidak/Tidak
Kamera VGA
Waktu Bicara/Siaga -/-
Fitur lainnya Voice memo, alarm, memo, world time, kalkulator,konverter dan stopwatch

(Mei06)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mas emang masih ada yah ponsel merk Pantech...kok gak pernah kedengeran lagi sih mas hehe

Haryo Adjie Nogo Seno mengatakan...

ada lagi.... di Ciputat masih banyak kok...hehehe...