31 Mei 2008

Samsung SGH-Z720


















Sliding Up 3G plus HSDPA


“Fashion mobile broadband rasanya pas untuk menggambarkan sosok SGH-Z720. Di kelas sliding bisa dipastikan ponsel ini yang paling unggul dalam urusan imaging dan teknologi jaringan”


Fitur Unggulan
Sudah ber 3G dibekali HSDPA pula, itu juga masih ditambah nilai plus berupa desain ultra slim nan tipis. Membuat ponsel dengan kelengkapan kamera 3 Mpix ini hadir cukup memukau di kelasnya. Berikut beberapa fitur yang menjadi andalan.

Kamera
Plus
- Sudah dibekali standar 3 mpix
- Dilengkapi front kamera VGA untuk video call
- Multi setting size
- Dilengkapi panduan fitur kamera lengkap

Minus
- Tidak dibekali flash light

Pemutar Musik
Plus
- Dapat memutar beragam format melodi
- Melodi dapat di set sebagai nada dering
- Dukungan memori yang besar
- Aksesbilitas untuk bluetooth stereo

Minus
- Tidak bersifat multitasking


Mengisi semester pertama tahun ini Samsung Mobile menghadirkan ponsel sliding 3G plus berkemampuan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Seri ini adalah SGH-Z720, ponsel kedua di Indonesia yang ditawarkan dengan kemampuan HSDPA setelah seri Samsung SGH-Z560. Dibanding SGH-Z560, fitur SGH-Z720 tempak lebih maju dengan resolusi kamera 3 Mpix. Selain menerapkan teknologi maju, SGHZ720 juga atraktif dalam hal desain, di awal kehadirannya pertengahan tahun lalu, ponsel ini disebut Ultra Edition 13.8. Sebabnya tak lain SGH-Z720 adalah ponsel sliding HSDPA yang tertipis hingga saat ini.

Sekilas pandang, SGH-Z720 tak nampak beda jauh dengan seri sebelumnya SGH-D900, ponsel sliding berwarna full hitam ini begitu kental mengetengahkan unsur fesyen 3G lewat lensa VGA pada sisi kanan atas front covernya. SGH-Z720 tak dibekali terlalu banyak tombol shortcut, selain empat tombol navigasi yang sekaligus menjadi akses shortcut menu, praktis hanya terdapat tambahan tombol shortcut ke kamera, dan shortcut ke U menu, yakni semacam aplikasi untuk mengaktifkan pilihan active standbye menu favorit pada layar. Tampilan visual SGH-Z720 mengadopsi layar TFT 262 ribu warna dengan resolusi 240x320 pixels. Diameter layar cukup lebar yakni 2.1 inchi dan bisa menampung 6 baris teks message.

Untuk imaging standar kamera 3 Mpix auto fokus menjadi stong point tersendiri di kelasnya. Dilihat dari fitur kamera sebenarnya tak ada yang terlalu baru. Meski harus diakui bekal fitur imaging nya tergolong sangat lengkap dan mengacu pada standar imaging seri Samsung Ultra Edition lainya, walau hadir minus flash light. Untuk hasil foto, resolusi yang tersedia mulai 2048x1536/1600x1200/1280x960/800x600/640x480/320x240 dan 240x180 pixels. Sedang untuk rekam video resolusi yang disajika 176x144 dan 128x96 pixels. Tampilan olah fitur terlihat modern dan futuristik dengan konsep active menu pada view finder.

3G, Internet, Musik dan Messaging
Teknologi 3.5G (HSDPA) memang daya tarik tersendiri bagi ponsel ini, proses koneksi antara jaringan 3G dan HSDPA berlangsung dengan seamless. Dalam uji coba akses internet dicoba Selular memanfaatkan jalur 3G dan mampu berjalan cukup mulus. Apalagi di ponsel ini sudah tersedia operator setting. Aplikasi yang terdapat dalam menu setting ini begitu memudahkan pengoperasian 3G, Anda cukup melihat list operator lokal yang tersedia kemudian klik. Secara otomatis ponsel akan melakukan proses restart. Komponen pendukung lain layanan internet adalah GPRS kelas 10 (4 downlink + 2 uplink), EDGE kelas 10 dan WAP 2.0. Visual halaman web dapat menampilkan format xHTML.

Terkait layanan 3G, video call dalam uji coba pun bisa dilakukan dengan sempurna. Untuk menikmati video call diharuskan untuk memilih network mode ke opsi UMTS. Situs pencari data Google ikut bagian dalam mendukung fitur utama ponsel ini, tersedia menu Google yang bisa diakses lewat shortcut. Opsi layanan Google mencakup search dan mail.

Standar fasilitas multimedia yang melengkapi tak memberikan nuansa baru. Multimedia player seperti biasa mampu memutar format MP3/AAC/AAC+/e-AAC/MPEG 4 dan Windows Media Audio (WMA). Untuk kualitas pancaran suara, 3D sound menjadi andalan berikut pilihan moda equalizer yang beragam. Menikmati alunan musik lewat bluetooth headset stereo juga sudah dimungkinkan. Beberapa seri Ultra Edition diketahui telah memilki kemampuan ini. Tapi disayangkan kemampuan pemutar musik belum bersifat mulitasking. Anda tak bisa menikmati alunan musik, semisal sambil mengetik message. Dukungan memori tersedia cukup memadai untuk menyimpan file-file besar, memori internal dinamis yakni 20 MB ditambah adanya memori eksternal dengan kartu Micro SD. Dalam versi uji coba, SGH-Z720 tidak dibekali fitur games, tapi dalam versi jualnya dipastikan sang vendor bakal mengisntal game-game koleksi terbaru Java MIDP 2.0.

Bicara soal messaging SGH-Z720 dibekali long message yang cukup besar di kelasnya, total jumlah untuk SMS yakni 2295 karakter. Selain akses SMS, EMS dan MMS, ponsel in juga telah mendukung aplikasi email client. Tapi dalam versi uji coba yang diterima Selular, tidak terdapat aplikasi SOS message maupun vivid message yang kondang di seri-seri sebelumnya.

Aplikasi
U Go
U Go adalah fitur pada wallpaper yang sifatnya dirancang untuk memberi petujuk waktu lewat tampilan visual bergerak. Semisal obyek gambar suatu gedung akan tampak sesuai keadaan, jika siang hari tampak terang, sebaliknya jika malam obyek akan tampak redup/gelap secara otomatis. U Go adalah fitur khas dari seri Ultra Edition yang dikembangkan bersama antara Samsung Electronics dan Adobe System Inc. U Go diadaptasi dari konsep Adobe Flash Lite 2. Untuk mengaktifkan U Go masuk ke menu setting > phone display > wallpaper > living world.

U Menu
Dengan U Menu Anda bisa langsung membuka deretan empat menu yang paling sering digunakan. U menu dapat Anda aktifkan dengan tombol shortcut yang terletak di samping badan ponsel. U menu bisa ditampilkan dalam berbagai momen screen. Proses pemilihan menu dipastikan lebih singkat, jika tak berkenan dengan U Menu pun tinggal klik shortcut, maka layar akan kembali seperti semula.

Ukuran Aktual
- Dimensi : 104.5 x 51.3 x 13.8 mm
Dibilang ponsel berukuran mungil jelas bukan, tapi SGH-Z720 dirancang dengan cukup ergonomis. Folder dapat dibuka dengan hentakan halus tanpa kesulitan. Dimensi diukur berdasar kondisi folder tertutup.

- Berat : 80 gram
Bobot 80 gram mengindiskasikan masa jenis yang terbilang ringan. Selain tertipis di kelas sliding HSDPA. Bisa jadi ponsel ini juga yang teringan di kelas 3G/HSDPA.

Baterai : Lithium Ion 950 mAh
Keterangan vendor : Waktu bicara hingga 2,5 jam dan waktu siaga hingga 240 jam

Hasil Test : Kemampuan baterai aakan terasa lebih cepat terkuras apabila jaringan 3G diaktifkan. Juga apalabila tidak perlu, sebaiknya bluetooth dimatikan saja. Hasil uji coba memperlihatkan baterai dapat bersiaga sampai tiga hari.

Highlight
Performa
Besar kemungkinan akan terjadi modifikasi fitur ponsel ini. Meski terdapat aplikasi Google dan U Go, tapi beberapa aplikasi andalan lain seperti U Track, SOS message, Tv output, koleksi game Java dan vivid message tidak terdapat dalam versi uji coba. Tapi perlu menjadi catatan tersendiri, akses 3G dan video call bisa diaktifkan dengan mudah berkat bantuan moda setting otomatis. Layanan jaringan HSDPA memang masih terbatas di Tanah Air, tapi jelas icon HSDPA yang mampu secara teori dikebut hingga 3.6 Mbps menjadi ciri unggulan fitur utama ponsel ini. SGH-Z720 didukung pancaran sound dan musik yang prima, kualitas melodi MP3 terdengar jernih berkat adapatasi dual speaker. Untuk mendapatkan hasil suara melodi yang prima, jangan lupa untuk mengaktifkan 3D sound. SGH-Z560 dalam versi uji coba telah dilengkapi layanan Bahasa Indonesia dan T9 text input prokem Indonesia.

Spesifikasi
Memori Internal : 20 MB
Sistem operasi : Proprietary
Layar : TFT 262 ribu warna
Phonebook : 1000
Jaringan : GSM Triple band dan UMTS 2100 Mhz/HSDPA
Konektivitas : Bluetooth dan USB cable
Game : Java
Nada dering : Polifonik 64 cord / MP3 / Midi

Security
Menu security memberikan sistem keamanan terpadu untuk pengoperasian ponsel. Terdapat pilihan moda pengunci untuk phone lock, SIM lock PIN lock dan privacy lock. Nantinya aplikasi mobile tracker akan melengkapi menu security.

Dial font
Tampilan font dialing type berupa angka dapat Anda ganti sesuai selera. Pilihan yang tersedia yakni monokrom, rainbow dan basic. Fitur ini sifatnya hanya variasi, tapi jelas dapat menambah kesan atraktif dan dinamis.

Application Settings
Beberapa menu aplikasi disatukan pola settingnya, terdiri dari contact settings, message settings, calender settings, camera settings, camcorder, media player settings dan browser settings. Sedang menu aplikasi yang tersedia dalam organiser mencakup Memo, Task, voice recorder, world clock, calculator, converter, timer dan stopwatch.


Aksesoris
1. Bluetooth Stereo Headset (gambar cari aja di hal 25 edisi lalu)
- Bluetooth Class 2 versi 1.2
- Berat 51 gram
- Waktu siaga 200 jam dan waktu bicara 8 jam
- Tidak tersedia dalam paket penjualan

2. Micro SD
- Tersedia dalam paket penjualan
- Sangat pas untuk menyinpan koleksi file musik, video dan gambar-gambar.

(Apr07)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya sudah coba dan punya HP samsung Z720 tersebut,dan hasilnya puas banget....Internet yang di dukung dengan HSDPA menjadikannya lebih mantap,dan hasil fot bersih banget...tapi disini saya ingin numpang jual Samsung Z720,,dengan harga Rp 1jt,,barang mulus,,masih garansi..bagi yang berminat kirim ke email sosilent236@gmail.com....