16 Mei 2008

Amankan Data di Communicator














Buat kebanyakan pengguna Communicator, data-data di dalam ponsel jauh lebih berharga ketimbang harga nominal ponselnya. Untuk itu Communicator memiliki fitur untuk amankan data dengan proses backup.


Untuk smartphone sekelas Nokia Communicator, fitur yang terpenting yakni “Backup” Meski selama Communicator tidak memiliki masalah, data akan tersimpan dengan sangat aman. Tapi bayangkan jika terjadi musibah Communicator Anda terjatuh atau terkena air kemudian rusak. Jika data di ponsel belum di backup bisa-bisa Anda stres akibat data di dalam ponsel terancam hilang. Oleh karena itu alangkah baiknya apabila Anda melakukan backup secara rutin, baik itu setiap hari, 1 minggu sekali atau 1 bulan, tergantung kebutuhan. Communicator menyediakan dua alternatif jalan untuk backup.Berikut langkah-langkah backup dari Communicator Community Indonesia.

Fasilitas backup Nokia Communicator.

1. PC Suite
Nokia PC suite yang bisa didapat melalui sales package, ataupun di download melalui www.nokia-asia.com. Nokia PC suite menyadiakan berbagai fasilitas, dan yang paling penting adalah “BackUp”. Melalui fasilitas backup, Anda bisa membuat Backup data data Communicator maupun MMC yang disimpan kedalam PC Anda.

2. MMC (Multimedia Card)
Cara termudah untuk melakukan backup adalah melalui fasilitas MMC.
Berikut langkah-langkah untuk melakukan backup pada MMC.

I. Masuk ke Desk? Tekan tombol menu ? Tools ? Backup/Restore





II. Tekan New backup

Tampilan apabila BELUM pernah melakukan backup, “No backup found in memory card or card missing”

Tampilan apabila SUDAH pernah melakukan backup. Sudah ada backup yang pernah dibuat, sesuai dengan namanya.







III.Berikan nama untuk file backup yang akan dibuat.








*TIPS : nama file backup bisa dirubah untuk kemudahan user, disarankan lebih baik tidak usah dirubah, biarkan saja sesuai dengan defaultnya “New Backup” sehingga pada backup selanjutnya kita hanya melakukan backup dan tidak merubah ubah nama, sehingga akan terjadi proses replace, dengan mendelete backup yang sebelumnya

IV. Pilih Start Backup




V. Akan terjadi “preparing backup”
Gambar-6

VI. Proses backup berjalan, lalu tunggu sampai selesai.


VII. Proses backup telah selesai, tekan close untuk menutup.




*TIPS : Setelah melalui proses backup ke MMC, sebaiknya apabila file backup yang ada di MMC folder D:/Backup di copy ke PC melalui MMC card reader. Untuk menjaga jaga adanya kerusakan device seperti terkena air, maupun device yang hilang, sehingga kita masih memiliki cadangan data.. Atau cara lain yang lebih mudah adalah dengan menyediakan 1 MMC dengan kapasitas minimal 128 MB hanya untuk melakukan backup. Setelah sudah selesai di backup MMC yang berisi content backup bisa disimpan ke tempat lain.

(Des06)

Tidak ada komentar: