13 Mei 2008

Motorola KRZR K1


















Ultra Sleek 2 Mpix Minus 3G


Fitur Unggulan
Motorola KRZR dibekali kamera 2 Mpix (megapixels), pemutar musik multi program serta beragam akses data dan komunikasi yang handal khas Motorola. Beberapa fitur yang menonjol di ponsel ini adalah

Kamera
Plus
- Foto hingga 2 Mpix
- Untuk foto dan rekam video
- Digital zooming hingga 8x
- Dibekali cermin digital
Minus
- Tidak Flash light
- Tidak ada night mode
- Tidak ada fungsi efek

Pemutar Musik
Plus
- Mampu memutar format Midi, AAC, AAC+ dan MP3
- Teknologi integrated stereo wireless bluetooth

Minus
- Tidak bersifat multitasking
- Tidak dibekali equalizer


Satu lagi persembahan terbaru kelas Razr Motorola hadir di Tanah Air. Mengikuti pakem generasi Razr yang terlebih dahulu hadir seperti Razr V3/V3i dan V3x, Motorola KRZR mengusung desain yang serupa tapi tidak sama. Disebut serupa sebab KRZR dirancang dalam kelas clamshell tipis dengan konsep folder elegan. Di kelas Razr ponsel ini bukan yang tertipis, KRZR mempunyai tebal 16 mm, sedang Razr V3i tebalnya 13,9 mm. Tapi ukuran KRZR nampak unik karena lebih panjang dibanding seri Razr sebelumnya, dan ukuran lebarnya lebih kecil.

Motorola KRZR menampilkan visual layar 262 ribu warna dengan TFT (thin film transistor), resolusi layar 176x220 pixels dengan diameter layar 30x37 mm. Tampilan layar utama dapat menampung tujuh baris teks. KRZR juga punya layar eksternal, kali ini mengadopsi jenis STN (super twisted newmatic) 262 ribu warna serta resolusi 96x80 pixels. Layar eksternal selain berfungsi memberi info panggilan juga punya peran sebagai cermin digital. Untuk aktifkan cermin digital terlebih dahulu tekan shortcut kamera.

Flat numeric keypad sudah menjadi standar kelas Razr, datar tanpa lipatan, begitu pun diterapkan di KRZR menerapkan pola alur yang persis sama. Jika pada bagian front folder material ponsel tampil mulus, berbeda di bagian back folder, material di rancang sedikit kesat berkat campuran bahan karet sintetis. Gunanya tidak lain agar ponsel mantap saat digenggam dan menghindari kesan licin. Instrumen di bagian depan folder tampil minimal, cukup terdapat tombol volume, shortcut kamera dan tombol voice command.

Fungsi Imaging, Konektivitas dan Musik
Selain opsi utama 2 Mpix (1600x1200 pixels), pilihan resolusi juga tersedia diantaranya 240x320/640x480 dan 1024x1280 pixels. Sedang untuk rekam video opsi resolusi tersedia 128x96/176x144 dan 352x288 pixels. Kemampuan rekam video juga dibekali sound record. Panjang durasi bisa di setup berdasar maksimum kapasitas memori tersedia atau berdasar kapasitas MMS. Fasilitas lain yang tersedia yakni auto time capture alias self timer dengan rentang pilihan 5 dan 10 detik. Dalam menu kamera Anda bisa memantau free space memori yang tersedia. Bisa pula dengan cepat Anda mengganti switch storage device antara memori ponsel dan kartu Micro SD.

KRZR punya memori yang memadai sebagai ponsel musik. Fitur pemutar musik berikut pemutar video dan rekam suara ditempatkan dalam menu multimedia. Pemutar musik mampu menampilkan kualitas suara yang sangat jernih, tapi set up melodi tak dibekali moda equalizer. Format melodi dapat di set sebagai nada dering, pilihan lagu bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kaategori. Hebatnya pada menu musik ada pilihan mendengarkan lagu lewat bluetooth headset. Untuk pemutar video berkemampuan memainkan format MPEG4 dengan kecepatan 15 frame per second dan video 3GPP.

Urusan konektivitas KRZR memang tak sehebat V3x yang sudah dibekali 3G. Tapi dukungan konektivitas KRZR terbilang sudah memadai dengan GPRS kelas 10, EDGE kelas 12, WAP 2.0 dan xHTML. Dalam versi uji cobanya KRZR sudah dibekali inject proxy untuk operator GPRS local. Kokentivitas jarak dekat KRZR memanfaatkan jalur bluetooth dan kabel USB. Motorola mempunyai sistem olah data lewat kabel tersendiri yakni Motosync.

Ukuran Aktual
Dimensi : 103 x 42 x 16 mm
Bentuk KRZR terbilang lebih ergonomis ketimbang keluarga Razr yang lain, disebabkan KRZR tidak begitu lebar ukurannya. Sekilas bentuk KRZR menyerupai bungkus sebuah biskuit.
Berat : 102 gram
Memang tidak termasuk ringan untuk bobot sebuah ponsel fashion clamshell. Meski begitu berat KRZR tidak menjadi sebuah masalah.

Baterai : Lithium Ion 700 mAh
Keterangan vendor : Waktu bicara hingga 6 jam dan Waktu siaga hingga 300 jam
Hasil test : Ketarangan vendor tidak beda jauh dengan hasil test, performa baterai KRZR mampu bertahan lumayan panjang. Waktu siaga bisa diperoleh tiga hari tanpa icon bar berkurang. Tentu penggunaan aneka fitur sangat berperan pada tingat kemampuan baterai.

Aplikasi
Shortcut Kamera/Bluetooth
Fungsi shortcut kamera di ponsel ini cukup unik. Saat folder tertutup shortcut difungsikan untuk kamera self portrait. Sedang jika folder dibuka, fungsi shortcut berperan sebagai bluetooth link. Selain menampilkan setup bluetooth, terdapat opsi audio device untuk menjalankan layanan bluetooth headset stereo. Caranya tekan shortcut bluetooth > bluetooth link > audio device. Untuk menikmatinya Anda harus memiliki audio headset bluetooth.

Google
Motorola punya mitra ekslusif untuk akses data dengan situs pencari Google. Wujud adaptasinya KRZR pun dibekali embedded aplikasi Google. Tinggal klik icon Google maka langsung tersaji halaman search Google. Anda bisa mencari dari web, images, mobile web (Beta) dan news. Seyogyanya aplikasi Google hanya bersifat sebagai jalan pintas akses saja. Hitung-hitung menghemat ongkos kilobyte yang Anda harus keluarkan. Untuk menikmati Google pastikan ponsel Anda sudah aktif GPRS nya.

Highlight Performa
Jika dilirik dari kemampuan akses musik nampaknya KRZR punya poin tinggi. Belum banyak ponsel yang kini beredar dengan kemampuan bluetooth headset stereo. Kemampuan pancaran musik sangat jelas dan jernih meski KRZR hanya mengandalkan satu buah spakaer di back folder. Letak speaker di back folder ibarat simalakama, terletak di belakang sehingga mudah tertutup tangan dan dapat mengganggu pancaran suara. Akses intenet bisa dibuktikan di ponsel ini berlangsung sangat baik. Setiap akhir koneksi akan muncul informasi berapa data yang telah kita download ataupun upload. Satu lagi dan sedikit disyangkan, fitur musik tidak bisa dijalankan secara multitasking. KRZR punya kemampuan airplane mode sehingga bisa menyalakan ponsel di dalam pesawat.

Spesifikasi
Memori Internal : 20 Mb
Sistem Operasi : Motorola
Layar : Eksternal STN 262 ribu warna
Internal TFT 262 ribu warna
Jaringan : GSM quard band (850/900/1800/1900 Mhz)
Konektivitas : GPRS kelas 10/EDGE/WAP2.0, Bluetooth, USB
Games Java : ya, 3 embedded

Message
Pilihan message cukup lengkap mulai dari SMS, MMS, voice recording dan email client POP3. Kapasitas SMS mampu menghadirkan long message hingga 1600 karakter. Baik SMS dan MMS dibekali dengan aneka templates yang menarik.

Phonebook
KRZR punya bekal phonebook hingga 1000 entry dengan 20 input field. Sifat phonebook nya semi customized artinya untuk nomer dan email bisa ditambahkan. Fasilitas phonebook dibekali pula picture dan photo caller ID. Informasi yang ada bisa di synchronize ke beberapa perangkat lewat jalur bluetooth dan USB. Mendukung kecepatan akses phonebook disediakan moda speed dial.

(Nov06)

Tidak ada komentar: