8 Mei 2008

Samsung SGH-E900









T-Nimbus Touch Sensitive Key


Samsung Mobile kembali memperkenalkan ponsel revolusioner generasi anyar yang diberi slogan T-Nimbus. Ponsel dengan rancangan sliding ini diberi kode sebagai seri SGH-E900. Kehadiran nya pertama kali diketahui publik dalam ajang CeBIT 2006 di Hannover – Jerman bulan Maret lalu. T-Nimbus hadir dengan keunggulan serta keunikan yang sangat khas yakni touch sensitive key. Untuk mengendalikan navigasi cukup dengan mengandalkan sentuhan jari, tanpa harus menekan tombol. Kemudian masih ada ‘segudang’ keunggulan fitur diantaranya kamera 2 megapixels dan slot memori eksternal.

SGH-E900 akan segera diperkenalkan untuk menyambut kuartal ketiga tahun ini. Kehadirannya dipastikan bakal bersaing ketat dengan LG KG800 Chocolate. Keduanya sama-sama mengandalkan fasilitas touch sensitive key. Meski dalam urusan fitur SGH-E900 sedikit lebih unggul.

Tampilan Desain
T-Nimbus begitu julukan ponsel ini, jelas dirancang sebagai ponsel fesyen yang padat fitur canggih. Rancangan nya konservatif tanpa memperlihatkan banyak pernak-pernik, tapi satu hal, ponsel sliding ini cukup mengesankan sebagai ponsel mewah. Tampilan folder depan memang berbeda dengan jenis ponsel sliding kebanyakan. Tidak tampak dua tombol softkey, tombol call serta tombol end call. Semua ditampilkan lewat folder sentuh. Tetapi tombol navigasi tetap dihadirkan dalam bentuk konvesional. Kontur layar hingga touch sensitive key dirancang menyatu dari atas ke bawah.

Dibagian back folder tampak lubang buzzer berada dibagian bawah. Ini agak unik sebab rata-rata lubang buzzer pada ponsel berada di bagian atas. Lensa kamera dengan sudut tetap akan terlihat saat folder dibuka. Disisi badan ponsel terdapat beberapa instrumen seperti tombol volume, tombol camera sekaligus tombol MP3, kemudian juga tombol on/off. Slot untuk kartu memori terletak dibagian bawah lengkap dengan penutup. Ini terlihat tidak lazim sebab posisi ini biasa sebagai lokasi slot charger. Slot charger sendiri berada di sisi kiri bawah, yang juga berfungsi sebagai konektor headset dan USB.

Secara keseluruhan T-Nimbus memiliki dimensi 93 x 45 x 16,5 mm, dalam kondisi folder tertutup dan berat 93 gram. Sedang jika dibandingkan LG KG800 memiliki dimensi 95 x 48 x 15,2 mm dan berat 83 gram.

Layar
Jenis layar mengadopsi jenis TFT (thin film transistor) LCD dengan kedalaman 262 ribu warna. Resolusi layar yakni 240 x 320 pixels sedang dimensi luas layar adalah 30 x 40 mm atau sekitar 2,05 inchi. Tampilan layar mampu menampung hingga 8 baris teks saat pengetikan message. Kemampuan layar sudah cukup canggih yakni bisa menampilkan video wallpaper, video caller ID, selain sudah tentu. image caller ID. Masih ada lagi layar bisa pula menampilkan calendar wallpaper.

Keypad
Bicara keypad yakni urutan tombol angka dirancang biasa saja. Diracang dengan konsep datar sehingga cukup memudahkan dalam pengoperasian. Tombol icon bintang dapat difungsikan sebagai pengaktif flash light saat fitur kamera stand by. Yang unik tentu tombol softkey, tombol jawab, tombol end call yang disajikan dalam moda touch pad. Teknologi nya cukup sensitif, jika disentuh oleh bahan non kulit sensor tidak dapat merespon.

Sebagai ponsel dengan kemampuan musik, pada touch pad juga dilengkapi tombol forward, rewind dan playback yang hanya akan aktif saat menu music player aktif. Perlu diketahui tombol navigasi empat arah tidak mengadopsi touch sensitive key. Berbeda dengan LG KG800 yang tombol navigasi juga mengadopsi touch sensitive key.

Fitur Menu
Meski deretan koleksi menu pada SGH-E900 tidak memiliki perbedaan mencolok dari seri-seri sebelumnya. Tapi ada yang khas pada pilihan skin (themes) yang di desain cukup atraktif dan futuristik. Dalam versi uji coba terlihat dua pilihan skin warna hitam dan putih. Menambah kesan dinamis tampilan menu dapat di set berdasarkan block menu dan list menu.

Kamera
Kemampuan kamera mencakup pemotretan dan rekam video. Jenis lensa mengadopsi konsep sudut tetap yang dibekali flash light dan sebuah cermin besar dibagian tengah. Konsep ini juga digunakan oleh LG KG800. Untuk moda pemotretan tersedia pilihan resolusi mulai dari 2 megapixels (1600x1200), (1280x960), (1024x768), (800x600), (640x480), (320x240) dan (240x320) pixels. Pilihan ini didukung pilihan standar pencahayaan ISO, kemampuan aneka efek, white balance, brightness, self timer, aneka frame dan 10 x digital zooming.

Sedang untuk rekam video terbagi dua pilihan seting yakni normal dan limit of MMS. Pada moda normal ukuran yang tersedia yakni (128x96), (176x144), (320x240) dan (352x288) pixels. Sedang moda limit of MMS tersedia ukuran yakni (176x144) dan (352x288) pixels. Sama halnya dengan moda pemotetan, pada moda rekam video juga dibekali dengan pilihan aneka efek white balance hingga self timer. Hasil video disimpan dalam format 3GPP dan kemampuan rekam suara dengan format AMR. Pengaturan flash light bisa di set permanent dan shoot only.

Music Player dan Nada Dering
Kemampuan music player mencakup moda pemutar format melodi MP3/AAC dan AAC+. Kualitas sound yang dihasilkan terbilang cukup bagus berkat adanya fasilitas fitur 3D sound yang bisa diaktifkan lewat tombol navigasi. Pilihan equalizer bisa di set langsung dari mulia pilihan normal, classic, jazz dan rock. Melodi MP3 juga dapat di set sebagai nada dering, selain terdapat koleksi 20 nada dering polifonik 64 cord. Penempatan lubang buzzer di bagian back cover bawah dinilai menjadikan pancaran suara sedikit terhambat. Sebab lokasi buzzer sering tertutup oleh genggaman tangan.

Messaging
Bicara messaging T-Nimbus hadir dengan layanan lengkap mulai dari SMS, MMS sampai email client POP3. Untuk SMS berkemapuan long message hingga 1836 karakter. Hebatnya ponsel ini sudah dilengkapi fasilitas T9 text input dengan moda bahasa Indonesia, selain terdapat pastinya pilihan bahasa Inggris. Kapasitas inbox SMS mencapai 200 inbox, sedang untuk MMS dan email hingga maksimum 3072 Kb. T-Nimbus juga dibekali fasilitas kirim pesan darurat lewat SOS message. Ini mengikuti jejak fasilitas yang dibekali pada seri SGH-D520. Untuk mengaktifkan nya dilakukan dengan menekan tombol volume sampai 4x.

Memori
Soal memori jelas menjadi keunggulan buat SGH-E900, dalam versi uji coba terlihat memori internal dinamis mencapai 81920 Kb, ini lebih besar dari yang disebutkan pada artikel di internet yang disebut hanya berjumlah 80 Mb. Memori ini dialokasikan bagi kebutuhan images, video, music, sound dan aneka file. T-Nimbus juga dibekali fasilitas memori eksternal dengan dukungan kartu Micro SD. T-Nimbus dibekali dengan kapasitas 1000 phonebook multiplier entry lengkap berikut photo caller ID.

Aplikasi Multimedia
Ada beberapa aplikasi multimedia yang menjadi unggulan seperti image editor dan TV output. Image editor yakni fitur yang mampu mengolah hasil image seperti melakukan croping, transform garmbar, insert animasi dan penambahan aneka efek. Gambar bisa diambil langsung dari my photo atau langsung ke take photo. Kemudian tidak ketinggalan TV output yang mampu menampilkan format layar ponsel di layar TV lewat kabel RGB. Fasilitas ini sangat berguna untuk melihat hasil digital imaging di ponsel.

Konektivitas dan Internet
Jalur konektivitas nirkabel jarak dekat mengandalkan fasilitas bluetooth. Kemampuan bluetooth ponsel ini sudah cukup maju mencakup bluetooth printing, basic printing, object push, file transfer, dial up hingga headset stereo. Untuk koneksi kabel seperti biasa mengandalkan lewat jalur kabel USB. Dukungan internet mengadopsi GPRS kelas 10 dan EDGE. Dalam uji coba T-Nimbus sudah dibekali inject proxy GPRS. Hasil uji coba browsing internet cukup baik ke berbagai situs web dan WAP.

Performa
Menggunakan fasilitas touch sensitive key memang cukup nyaman dan bergaya. Tapi Anda perlu membiasakan terlebih dahulu mengingat sensor nya cukup sensitif dan cepat berespon ke berbagai menu. T-Nimbus dirancang cukup kompak dalam urusan desain dan fitur. Kualitas pancaran suara dari hasil penerimaan dan panggilan voice cukup bagus, didukung juga handsfree speaker. Ponsel ini ditenagai baterai Lithium Ion dengan kapasitas 850 mAh. Waktu siaga yang bisa didapat hingga 300 jam dan waktu bicara hingga 7 jam. T-Nimbus memiliki managamen energi yang cukup bagus. Saat baterai terindikasi low batt maka beberapa menu seperti game tidak bisa dimainkan.

Spesifikasi
Harga Rp –
Layar TFT LCD 262 ribu warna
Ukuran 93 x 45 x 16,5 mm
Berat 93 gram
Waktu Bicara/Waktu Siaga Hingga 300 jam / Hingga 7 jam
Jaringan GSM Triple Band (900/1800/1900 Mhz)
Phonebook 1000
Kemampuan download Ya
Infared/Bluetooth Tidak/Ya
GPRS/EDGE Ya kelas 10/Ya
WAP versi 2.0
Game 2 Java embedded
Nada Dering MP3 dan 64 cord polifonik
Kamera 2 megapixels
Fitur lain voice recorder, world clock, alarm, calculator, converter, timer, stopwatch, memo, dll.

(Jul06)

Tidak ada komentar: