15 Mei 2008

Pantech GI100


















Unggulkan Fingerprint Recognition


Fitur Unggulan
Teknologi keamanan data dan penggunaan ponsel menjadi andalan utama Pantech GI100. Sampai saat ini baru GI100 ponsel yang dilengkapi fingerprint recognition yakni sistem pengaman data lewat scanning dari sidik jari. Walau tak bisa dibilang sesuatu yang gress, GI100 juga punya bekal kamera beresolusi 1,3 megapixels.

Fingeprint Recognition
Keunggulan
- Pertama diterapkan di ponsel
- Mudah dalam penggunaan
- Tersedia shortcut untuk akses cepat
- Akses pengaman untuk data dan menu
Kekurangan
- Letaknya scanner sedikit mengganggu fungsi navigasi menu

Kamera
Keunggulan
- Dibekali flashlight dan zoom
- Layar luar sebagai cermin digital (self portrait)
- Dilengkapi shortcut kamera
Kekurangan
- Masih mengandalkan resolusi 1,3 megapixels

Meski bukan tergolong ponsel multimedia yang menawarkan fitur lengkap, kehadiran GI100 mampu menarik perhatian semenjak diperkenalkan. Walau secara resmi belum beredar di Tanah Air, ponsel ini sudah dijadwalkan oleh Pantech Mobile untuk dilempar ke pasar domestik pada awal tahun depan. GI100 punya positioning fitur yang jelas yakni menawarkan teknologi fingerprint recognition yang belum ada tandingannya.



GI100 berdesain clamshell klasik dimana beberapa sudutnya masih masih terkesan kaku. Ponsel ini pun masih mengadopsi antena eksternal setinggi 22 mm, sesuatu bentuk desain yang layaknya sudah ditinggalkan di kelas clamshell modern. Folder GI100 dapat disentak secara lembut dengan dukungan penahan karet. Tampilan keypad tidak ada yang terkesan luar biasa, hanya fungsi navigasi memang rada beda dari ponsel kebanyakan. Ini tak lain karena adanya scanner berukuran 12 mm yang berada di tengah alur navigasi. Fungsi tombol menu, tombol internet, phonebook dan messaging sudah disiapkan secara terpisah.

Pantech GI100 mengandalkan kemampuan visual layar TFT dengan kedalaman 262 ribu warna. Ukuran dimensi layar dalam yakni 28 x 35 mm. Tampilan layar dapat di set berdasar animasi wallpaper, idle screen jam digital dan analog. Untuk layar luar juga mengadopsi jenis TFT dengan kedalaman 262 ribu warna, tingkat resolusinya pun serupa dengan layar dalam. Mengindikasikan bahwa visual layar luar sangat bagus dengan dimensi 20 x 25 mm. Selain mengindformasikan kondisi dan performa ponsel, layar luar juga bisa memunculkan photo caller ID. Service light (LED) tak ketinggalan dihadirkan, ditempatkan pada logo Pantech yang bisa memancarkan warna-warni status ponsel.

Walau terbilang canggih dengan adanya fingerprint, sayangnya fitur multimedia dan entertainment begitu terbatas. Tidak ditemui semisal fitur radio FM dan pemutar MP3. Padahal di seri-seri awal Pantech selalu menghantarkan fitur musik yang mumpuni. Dalam hal game GI100 sudah dibekali kemampuan game Java MIDP2.0. Beberapa koleksi game embedded diantaranya yakni Car driving, game tempur 2043, slot machine dan person matching. Dalam hal memori GI100 hanya mengandalkan kapasitas memori internal dinamis sebesar 13,5 Mb. Mengatasi hambatan memori yang terbatas pada paket penjualan sudah dibekali fasilitas kabel data USB.

Fungsi Imaging, Sound dan Internet
Fitur kamera terdapat dalam menu Fun & Tools. Untuk fungsi pemotretan selain resolusi 1,3 mpix juga ditawarkan resolusi VGA, QVGA dan LCD. Beberapa mode untuk pemotretan mencakup timer, date, multi shot, frame dan beberapa pilihan efek gambar. Begitu pun dengan fungsi rekam video tak memiliki banyak perbedaan sistem mode. Walau tak memiliki opsi naight mode, ponsel ini memiliki flash light yang cukup baik.

Dalam hal sound GI100 tampil standar-standar saja, melodinya pun belum dapat mendukung format MP3. Kemampuan nada dering didukung polifonik 64 cord. Set up melodi mencakup ring setting, message alert, key tone dan flip tone. Menambah kesan atraktif ada fasilitas sound effect yang bisa mengatur pancaran nada saat momen koneksi, area alert dan menu moving. Akses internet dimotori GPRS kelas 10 dan WAP 1.2.1. Menu internet dapat dijumpai dalam opsi WAP yang ada di menu Fun & Tools. Dalam uji coba akses GPRS bisa berjalan dengan cukup lancer. GI100 dibekali push security. Masih terkait akses GPRS, fasilitas MMS (multimedia messaging) diberi pula pengaman berupa spam filter MMS.

Ukuran Aktual
Dimensi : 82 x 40 x 22 mm
Dari segi dimensi ponsel ini tergolong clamshell mungil, desainnya cukup nyaman dalam genggaman. Tapi sayang adanya antena luar menjadikan GI100 terkesan ketinggalan jaman.

Berat : 82 gram
Dengan beratnya GI100 tergolong sebagai ponsel ringan.

Baterai : Lithium Ion 780 mAh
Keterangan vendor : Waktu siaga hingga 90 jam dan waktu bicara hingga 3 jam
Hasil test : Dari hasil uji coba, meski mengadopsi layar TFT tingkat konsumsi energi baterai tidak terlampau boros. Salah satunya disebabkan adopsi fitur multimedia dan musik yang minim.

Aplikasi Fingerprint Recognition
Fingerprint bekerja berdasar proses scan dari identitas sidik jari Anda. Lewat fingerprint Anda bisa mengamankan data dan melakukan secret dial. Menu fingerprint disajikan dalam pola enrollment level dan ototentifikasi level, semuanya berkaitan dengan opsi kemanan menu yang dipilih. Agar lebih akurat lalukan proses pemindaian sidik jari secara perlahan. Proses identifikasi sidik jari terbukti sangat cepat. Untuk mengaktifkan fingerprint recognition berikut tahapnya menu key > setting > fingerprint > enter password.

Answering Machine
Aplikasi ini cukup bermanfaat namun masih jarang dijumpai sebagai software embedded di ponsel-ponsel. Answering machine dapat di set waktu response time mulai dari 3 detik, 5 detik hingga 10 detik setelah adanya panggilan telepon masuk. Anda bisa merekam secara pribadi user message untuk kemudian akan didengarkan oleh sang penelepon. Pihak pelanggil pun dapat menyampaikan rekaman suara kepada Anda. Tombol volume dapat difungsikan sebagai shortcut answering machine.

Highlight Performa
Fungsi konektivitas nirkabel menjadi keterbatasan serius bagi ponsel ini. Ketika infrared maupun bluetooth tidak disertakan menjadi bahan pertanyaan bagi calon konsumen ponsel ini. Meski begitu fasilitas kabel data USB GI100 terbilang cukup maju dengan fasilitas switch mode antara koneksi GPRS dan PC sync. Peran koneksi kabel menjadi demikian penting dikarekanan GI100 tak punya bekal slot memori eksternal. Lepas dari itu performa menu GI100 cukup bagus, untuk panggilan dan penerimaan suara cukup jernih. Walau tidak dibekali dual speaker, pancaran suara mampu dihasilkan lumayan nyaring. Adopsi layar luar 262 ribu warna juga menjadi identitas yang menarik dari ponsel asal Korea ini. Perlu diketahui GI100 yang dicoba oleh Selular adalah versi komersial di Hong Kong, bukan tidak mungkin beberapa fitur mengalami perubahan saat dijual resmi di Indonesia.

Spesifikasi
Memori : 13,5 Mb
Sistem Operasi : Pantech GI100 ver 1.0N
Jaringan : GSM dual band
Layar : Eksternal TFT 262 ribu warna
Internal TFT 262 ribu warna
Phonebook : 1000 (photo caller ID)
Konektifitas : USB kabel
Games : Java MIDP 1.0
Nada dering : 64 cord polifonik

Organizer
Adanya organizer ibarat perlu tidak perlu dalam setiap ponsel, tapi yang GI100 dibekali Organizer yang mencakup menu multi alarm, scheduler, memo, calculator, converter dan stop watch. Jika diperhatikan alur menu pada Organizer mirip dengan yang ada di ponsel Samsung.

Voice LED
Pantech GI100 punya keunikan lain dengan adanya fasilitas voice LED. Jika fasilitas ini diaktifkan maka indikator lampu LED akan menyala selama terjadi percakapan. Pendaran cahaya lampu LED akan menyesuaikan dari level human voice. Fasilitas ini bisa di set pada menu setting.

(Des06)

Tidak ada komentar: