24 Mei 2008

Dopod P800W


















Andalkan Navigasi GPS dan FM radio


“Punya kelengkapan built in GPS dan desain kompak menjadi keunggulan utama Dopod P800W. Selain beragam aplikasi terbaru Windows Mobile yang turut menyertai PDA phone ini”

Fitur Unggulan

Meski tidak dibekali teknologi 3G, PDA phone ini punya seabreg fitur canggih mulai dari built in GPS, kamera 2 megapixels, akses internet Wi-Fi hingga FM radio. Mengesankan sebuah perangkat komunikasi kecil yang komplit fitur.

Kamera
Plus
- Kamera sudah 2 megapixels
- Dibekali short cut pada sisi badan ponsel

Minus
- Tidak dilengkapi flash light
- Tidak ada fungsi macro mode

Pemutar Musik
Plus
- Dukungan format musik yang beragam
- Pancaran musik stereo
- Dibekali fitur FM radio

Minus
- Tidak ada tombol shortcut ke pemutar musik

Browser
Plus
- xHTML
- Dibekali tombol shortcut ke internet explorer
- Auto configuration lewat network wizard, tak perlu lagi setting parameter secra manual
- Dapat menympan gambar dari halaman web

Minus
- Tidak ada fasilitas offline

Dopod kembali menghadirkan PDA phone seri terbaru yakni P800W. PDA phone berbasis sistem operasi Windows Mobile 5.0 ini hadir dengan beberapa keunggulan komparatif, terutama pada fasilitas built in GPS. Meski bukan PDA phone pertama yang dilengkapi GPS, tapi P800W adalah PDA phone dengan GPS tertipis yang ada di pasaran. P800W memiliki ukuran ergonomis 108 x 58 x 16,8 mm dan berat 128 gram. Ukuran yang relatif kecil menjadikan penngoperasian perangkat ini begitu mudah, dengan pilihan warna Iron gray mencerminkan jika perangkat ini begitu kental dengan kesan maskulin.

P800W dibekali touch screen TFT (thin film transistor) berukuran 2.8 inchi. Kedalaman layar 65 ribu warna dengan tingkat resolusi 240 x 320 pixels (QVGA). Bentuk layar bisa di set dengan cepat untuk pola vertikal atau horisontal. Dirancang sebagai perangkat yang padat teknologi, P800W dibekali beragam akses tombol shortcut. Diantara opsi shortcut adalah tombol akses langsung ke menu Mapking, list menu Windows, akses internet explorer, tombol volume dan tak ketinggalan tombol kamera. Yang juga menarik, PDA phone ini menyediakan scroll wheel key 360 derajat. Sebuah pilihan navigasi menarik selain lewat moda stylus pen.

Kamera, Akses Internet dan Hiburan
Kamera 2 megapixels mengadopsi teknologi CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Pilihan resolusi lain untuk foto yakni 1280x960/640x480/320x240 dan 160x120 pixels. Pilihan fitur pendukung kamera mulai dari self timer (2 dan 10 detik), white balance, aneka efek, mateing mode, time stamp dan frame. Fungsi kamera P800W terbilang canggih dengan opsi captrue mode seperti picture theme, sports, burst dan GPS photo. Pilihan-pilihan tersebut berkaitan dengan kondisi penggunaan, semisal pada opsi sports, dibutuhkan speed capture secara cepat. Ada lagi flicker adjustment, digunakan untuk memotret monitor Tv atau komputer. Ada tiga pilihan pengaturan yakni auto, 50 Hz dan 60 Hz.

Untuk video resolusi yang disediakan yakni 128x96 dan 176x144 pixels. Penggunan durasi rekam video tersedia mulai dari 3 detik, 10 detik dan no limits. Format file gambar video dapat dihasilkan dari jenis MPEG4, motion JPEG dan H263. Sedikit disayangkan P800W tak dibekali flash light, sebagai solusi alternatif hanya bisa dimanfaatkan night mode. Untuk memudahkan pemotretan di back cover disediakan cermin untuk self portrait.

Bicara akses internet, bekal untuk koneksi yang tersedia yakni GPRS kelas 10, WAP 2.0 dan EDGE. Sedang untuk akses lokal internet Wi-Fi 802.11b/g siap mendukung aktifitas Anda. Meski tak berbekal teknologi 3G, akses internet terbilang cukup mumpuni. Dalam soal setting paramater internet, sudah tersedia network wizard yang bisa dijumpai pada menu settings > connections. Anda tinggal memilih opsi operator yang digunakan, sebelum proses setting tuntas dilakukan restart program.

Begitu pun dengan akses Wi-Fi, mengoperasikannya tak sulit. Cukup masuk ke menu connection lalu pilih opsi WLAN. Manfaatkan scanning network untuk mencari lokasi hospot yang sesuai. Jangan lupa Anda harus mengetahui parameter seperti user name dan password sebelum memanfaatkan Wi-Fi. Jalur lain untuk koneksi masih ada lagi, yakni bluetooth dan USB. Kemampuan bluetooth sudah bisa mendukung moda A2DP (bluetooth headset stereo). Sedang USB dimanfaatkan selain sebagai sinkronisasi juga berperan untuk koneksi charging. Untuk pengaturan beberapa moda komunikasi, bisa dikendalikan dalam satu menu yakni Communication manager dalam menu connection.

Sebagaimana PDA dengan paltform Windows, fasilitas hiburan mengandalkan Windows media player 10 untuk menikmati rekaman musik dan video. Sedang khusus untuk musik tersedia Audio manager, dalam uji coba pancaran suara musik bisa dikatakan sangat jernih. Mengesankan sebuah perangkat stereo mungil yang apik. Pengendalian volume suara dapat dilakukan langsung lewat scroll wheell.Ditambah lagi adanya FM radio, menjadikan kesan hiburan musik begitu terasa.

Dikodratkan sebagai perangkat pendukung kerja, sudah tentu P800W dibekali fasilitas office yang lengkap mulai dari Word mobile, Excel mobile, Power Point mobile, IE mobile dan Outlook mobile. Salah satu pendukung kerja yang juga penting adalah Adobe Reader LE, Anda bisa membuka file-file dengan format Pdf.

Ukuran Aktual
Dimensi : 108 x 58 x 16.8 mm
Dimensi ponsel ini terbilang pas dan ringkas dalam genggaman. Material cover dilapisi bahan yang tidak licin. Secara keseluruhan bentuk PDA phone ini relatif kecil dan tipis untuk kelas PDA phone.

Berat : 128 gram
Termasuk yang teringan di kelas PDA phone dengan kemampuan built in GPS.

Baterai : 1200 mAh
Keterangan vendor : Waktu bicara hingga 5 jam dan waktu siaga hingga 200 jam
Hasil Test : Dibanding jenis PDA phone yang kini beredar di pasaran, P800W terbilang cukup hemat dalam konsumsi energi. Ada beberapa parameter setting untuk menghemat baterai, seperti pengaturan penggunaan energi untuk layar, akses Wi-Fi dan lain sebagainya.

Aplikasi
MapKing R12

Aplikasi ini adalah software map untuk mendukung fungsi GPS. Dalam versi uji coba, MapKing baru disiapkan untuk wilayah peta di area Jakarta dan Hong Kong. MapKing dapat memastikan posisi keberadaan pengguna, kecepatan, cara untuk mencapai tujuan, lama perjalanan, kecepatan dan beberapa skema opsi moda yang digunakan seperti motorway, walking dan rekomendasi. Dalam body PDA sudah terdapat penerima GPS, tapi dalam paket jualnya juga dibekali GPS active antenna untuk menambah kualitas sinyal satelit. Penggunaan MapKing sangat mudah dengan tersedianya shortcut khusus.

Photo Navigation
Fasilitas GPS bisa dipadukan dengan fungsi kamera. Saat Anda memfoto obyek pilih opsi GPS photo. Nantinya setiap hasil obyek foto akan ditandai koordinatnya oleh parameter GPS. Foto-foto lokasi favorit indoor dan aoutdoor bisa Anda simpan, dan sewaktu-waktu Anda menginginkan kembali ke lokasi tersebut, Anda akan diarahkan secara otomatis oleh photo navigation. Untuk menggunakan photo navigation masuk ke menu kamera > capture mode > mode > GPS photo.

Highlight
Performa

PDA phone ini punya fitur yang terbilang lumayan padat. Dopod P800W juga dikenal sebagai perangkat Windows Mobile 5.0 pertama yang dibekali photo navigation. Dukungan fitur office tersedia cukup lengkap, begitu pun dengan aplikasi hiburan musik. FM radio memancarkan kualitas stereo yang cukup baik, jumlah memori channel station radio dapat di set hingga 20 item. Meski tak dibekali dual speaker, pancaran suara stereo yang dihasilkan sangat jernih. Dalam versi uji cobanya P800W dibekali dengan aplikasi chatting Agile messenger yang populer berkat adopsi multi platform chatt. Sedikit disayangkan P800W tidak mengadopsi konsep hot swap untuk slot kartu memori. Hal ini menjadikan penggantian kartu memori tidak praktis.

Spesifikasi
Harga : -
Sistem Operasi : Windows Mobile 5.0
Memori Internal : 128 MB ROM 64 MB RAM
Prosesor : Texas Instrument OMAP 850
Layar : TFT 65 ribu warna
GPS module : Built in
Jaringan : GSM Quadband (850/900/1800/1900 Mhz)
Konektivitas : bluetooth, Wi-Fi, GPRS, EDGE
Nada dering : polifonik, MP3, WMA, WAV, AAC, AMR
Fitur lain : RSS news reader, Zip, dll

Games
Koleksi game dalam versi uji coba masih terbilang standar yakni bubble breaker dan solitaire. Penggunaan sistem operasi Windows Mobile memudahkan Anda untuk men download beragam pilihan game.

Multitasking
Salah satu keunggulan dari PDA phone yakni mampu beroperasi multitasking. Anda bisa menikmati musik dan radio meski sedang membuka aplikasi-aplikasi lainnya.

Aksesoris
GPS Active Antenna
- Dihubungkan lewat slot USB
- Untuk memperkuat kualitas sinyal GPS
- Tersedia dalam paket penjualan

Goosececk Suction Mount
- Dudukan PDA saat digunakan dalam mobil
- Menggunakan Car charger
- Tersedia dalam paket penjualan.

(Feb07)

Tidak ada komentar: