27 Mei 2008

Kirim SMS di Jalur Flash













Flash SMS menghadirkan pilihan yang unik untuk berkirim pesan. Identitas nomer pengirim tak dapat terbaca, lebih dari itu info teks tidak bisa disimpan oleh si nomer penerima. Tapi awas, jika tak bijaksana menggunakan, software ini berpotensi untuk disalahgunakan.


Apa yang Anda harapkan saat ingin mengirim pesan singkat alias SMS (short message service) ke nomer tujuan? Jawabannya sudah pasti ingin SMS dapat diterima dengan cepat tanpa proses pending, apalagi sampai kejadian failed. Dari beberapa moda cara berkirim SMS, flash SMS bisa menjadi pilihan yang menarik, istilah flash SMS sendiri bukan hal yang kelewat baru. Pihak operator dalam beberapa layanan pesan khusus juga memanfaatkan jalur flash SMS. Salah satu yang mudah dijumpai yakni info teks message saldo dari m-banking.

Flash SMS adalah sistem pengiriman pesan singkat ke nomer tujuan, dimana info teks yang tersaji di layar ponsel yang dituju tak dapat di simpan pada menu inbox. Metode ini kerap disebut lebih cepat sampai ke nomer tujuan ketimbang SMS lewat jalur biasa. Flash SMS dalam m-banking digunakan selain untuk urusan kecepatan, juga untuk kepentingan keamanan, mengingat info teks tidak bisa disimpan, sehingga tidak mudah dibaca oleh orang lain.
Kini bagi pengguna ponsel berbasis symbian seri60 bisa mencoba layanan spesial ini. Tapi penggunaan software ini perlu dicermati secara bijaksana, sifatnya yang tidak bisa disimpan dan nomer pengirim tak tertera di layar penerima bisa menyebabkan Flash SMS bisa digunakan untuk maksud kurang baik, seperti teror SMS. Berikut pola penggunaan Flash SMS.

Gambar 1.

Flash SMS yang digunakan adalah versi 1.0. Dirancang oleh Marco Bellino (m.bellino@symbian-toys.com). Sajian informasi dan menu-menu yang Anda relatif singkat. Software ini tidak membutuhkan akses internet.







Gambar 2.

Pilihan menu yang tesaji hanya new SMS, donate, credits dan exit. Flash SMS yang digunakan adalah versi uji coba.









Gambar 3 dan 3A












Anda bisa mengetik pesan sampai 160 karakter. Setelah naskah siap, klik options lalu tersaji pilihan send yang setelah di klik memunculkan recipients nomer. Bisa anda ketik manual atau otomatis mencari database nomer dari phonebook. Klik oke dan flash SMS pun akan terkirim.

Gambar 4.

Info teks masuk ke ponsel yang dituju seperti biasa, yakni diawali dengan nada dering bunyi SMS masuk. Hanya saja setelah pesan dibuka, Anda hanya dapat membacanya tanpa bisa menyimpan teks tersebut. Nomer pengirim pun tak tersaji dilayar dan tidak diketahui. Contoh ini adalah visual layar pada ponsel Sony Ericsson S700.

Gambar 5.
Sedikit lain cerita, jika flash SMS dikirim ke Nokia 9500 Communicator. Pada layar depan info teks yang muncul juga tidak bisa disimpan. Tapi jika Anda buka info teks lewat layar dalam (utama). Pesan info dari flash SMS bisa disimpan, bahkan nomer si pengirim pun langsung otomatis bisa terbaca dengan mudah.


Sumber : http://www.symbian-toys.com
File size : 126 Kb SIS
Ponsel Pendukung : Ponsel symbian seri60 2nd dan 3rd edition

(Feb07)

1 komentar:

smsonline mengatakan...

kirim sms di jalur flash juga bisa di http://smsinternet.web.id