5 Mei 2008

VK2010












Desain Fungky nan Tipis


VK Mobile rasanya telah memiliki positioning tepat dalam urusan desain produk. Desain ponsel ultra tipis itulah ciri khas ponsel VK asal Korea Selatan. Setelah seri VK2000 dan VK2020, kini diperkenalkan seri VK2010 yang mengusung desain tipis kurang dari 1 centimeter yakni hanya 8,8 milimeter. VK2010 dirancang sebagai ponsel simpel tetapi mengedepankan fitur multimedia dan hiburan terkini. Dilihat dari kelengkapan dan spesifikasi, VK2010 merupakan produk antara, artinya berada diatas kemampuan VK2000 tapi fiturnya juga sedikit kurang dari VK2020. Ponsel candybar dengan warna funky ini ditargetkan untuk mengisi pangsa kelas middle end.

Tampilan Desain
Ada dua ciri khas yang menarik dalam soal desain pada ponsel ini, pertama jelas ketipisan body dan pemilihan elemen warna dari jenis pastel. VK2010 tersedia dalam tiga warna pilihan yakni merah muda (pink), putih dan biru muda. Beberapa pilihan warna yang pas dan menjadi favorit ABG (anak baru gede) wanita. Secara keseluruhan VK2010 memiliki dimensi 90 x 50 x 8,8 mm dan berat 50 gram. Dibanding seri VK2000 dan VK2020, bobot VK2010 adalah yang teringan. VK2000 dan VK2020 masing-masing berbobot 53 gram.

Tidak banyak ornamen pada sisi luar ponsel, semua serba standar. Pada sisi kiri atas terdapat slot untuk strereo headset lengkap dengan penutup. Sekaligus slot ini berfungsi untuk charging dan koneksi data lewat fasilitas USB. Sisi sebaliknya hanya terdapat tombol pengatur volume. Sebagai indikator jaringan, di sisi kanan atas front cover tedapat sebuah lampu LED berukuran kecil.

Layar
Serupa dengan seri VK2020, ukuran layar VK2010 yakni 1,5 inchi dengan resolusi 160 x 128 pixels. Dimensi layar adalah sekitar 31 x 25 mm. Meski berdesain mungil VK2010 telah mencapai kedalaman layar 262 ribu warna. Teknologi layar yang diadopsi adalah OLED (organic light emmitting diode), keunggulan OLED adalah mampu menampilkan visualisasi layar secara jelas pada kondisi cahaya terang. Layar ponsel ini cukup menarik dengan mampu menampilkan wallpapaer berupa animasi. Dalam satu tampilan layar mampu menampung lima baris teks message.

Keypad
Melihat keypad ponsel ini Anda akan langsung terbayang bahwa konsep nya dirancang untuk kelas remaja. Keypad dirancang datar sesuai dengan permukaan folder, bentuk tombol adalah bulat tapi cukup ergonomis. Namun dilihat dari susunan agak beda dari seri sebelumnya. Tombol bintang (*) ditempatkan pada sisi kanan atas, tetap dibawah tombol end/off. VK2010 dilengkapi fungsi tombol navigasi empat arah dengan fungsi yang telah ditentukan. Contohnya bagian atas sebagai akses langsung MP3 player.

Fitur MP3 Player
Meski hanya dilengkapi fasilitas mono speaker hasil sound dari MP3 player lumayan cukup baik. Mode MP3 player sudah maju, bisa dilihat dari kemampuan melakuakn multitasking pada berbagai menu. Dalam versi yang di uji oleh Selular, diketahui total internal memori terdapat total 96,8 Mb. Terbilang cukup besar dan memadai untuk ponsel sekelas ini. Namun Seri VK2020 menyediakan memori lebih besar yakni 128 Mb. Melodi MP3 yang dialunkan dapat di set dengan pilihan equalizer classic, pop, rock, jazz dan normal. Kemudian ada juga fungsi repeat all dan one. Mendengarkan melodi terasa akan lebih nikmat dengan headset stereo.

Konektivitas
Adanya bluetooth menjadi primadona pada konektivitas ponsel middle end, di pasaran hal ini juga dipopuerkan oleh vendor Motorola. Ada dua kegunaan pada fungsi bluetooth pertama kirim dan terima file data dan kedua sebagai koneksi ke headset bluetooth. Untuk keamanan disediakan pula pilihan phone visibility. Ada yang unik saat terjadi transfer data antar dua perangkat, layar akan menunjukan status pergerakan download file lewat angka yang bergerak cepat. Sistem koneksi lain yakni lewat kabel USB untuk PC sync dan USB mass storage.

Internet
Akses internet terdapat dalam menu joy world. Namun bisa pula diakses lewat tombol tengah pada fungsi navigasi. Kemampuan internet masih standar yakni GPRS kelas 10 dengan range kecepatan antara 32 hingga 48 Kbps dan WAP 2.0 browser. Kemampuan internet bisa menampilkan format xHTML (extended hyper text markup language). VK2010 sesungguhnya sudah di desain dengan sistem inject proxy setting GPRS, namun dalam versi uji coba belum terdapat setting untuk operator lokal. Jadi Anda harus melakukan setting secara manual.

Messaging dan Memori
Ponsel ini memang imut tapi sudah bergelar multimedia, dalam urusan messaging pilihan layanan mencakup SMS, voice message dan MMS, minus email. Kapasitas untuk SMS mampu menampung hingga 100 inbox, MMS dengan alokasi 1600 Kb. Lalu ada memori terpisah untuk kebutuhan Java game hingga 5242 Kb. Diluar itu seperti diketahui VK2010 masih mempunyai memori internal dinamis 96,8 Mb. Kapasitas phonebook mampu menampung hingga 1000 entry.

Nada Dering dan Games
Platform nada dering menggunakan jenis polifonik 64 cord. Koleksi nya tedapat 30 melodi yang terbilang baru diperkenalkan. Untuk alert message VK2010 hanya menyediakan 3 pilihan nada. Cukup disayangkan melodi MP3 tidak dapat difungsikan sebaga nada dering. Hal yang saat ini cukup populer diterapkan pada beberapa seri ponsel. Untuk pilihan games Java, ponsel ini menyediakan dua pilihan yakni Ai dan Bulbman. Keunikan terletak pada seting visual game. Sistem pencahayaan dapat diatur lewat lighting time dengan durasi mulai dari 5/10/20 detik hingga always on. Pola ini memberikan kenyamanan tersendiri saat bermain game.

Organizer
Ponsel ini memang ‘bertampang’ gaul tapi bukan berarti tidak dilenhgkapi organizer, sebab organozer tetap dibutuhkan oleh multi kalangan. Dalam menu organizer berisi kumpulan aplikasi mulai dari calender, alarm, memo, calculator, unit converter, world time dan stopwatch. Yang cukup menarik calender dapat di set untuk ditampilkan dalam main display. Alarm juga mampu di set multi fungsi, diantaranya bisa diatur once, everyday, Monday – Friday hingga Monday Saturday. Fasilitas lain yang tampil menarik adalah stopwatch. Dalam format digital dapat menghitung otomatis hingga 7 lap. Sehingga ponsel ini rasanya cukup pas sebagai pengkur waktu lomba lari.

Performa
VK2010 mamou berjalan di empoat frekuensi GSM alias quad band, sesuatu yang jarang ditemui pada kelas ponsel middle end. Artinya biar mungil VK2010 sudah berkemampuan global. Desain yang kompak dan tipis dipastikan bakal menarik banyak pengguna. Apalagi layar OLED menampilkan icon pergerakan menu dengan sistem rotasi, sangat menarik menambah performa layar yang maksimal. Perlu diketahui ini bisa menjadi ponsel midde end ini tampil memikat dengan kedalaman layar 262 ribu warna. VK dalam hal ini membuat revolusi tersendiri.

Ponsel tipis ini ditenagai baterai standar Lithium Polymer dengan kapasitas 790 mAh. Dengan kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 150 jam dan aktu bicara hingga 3 jam. Namun dalam uji coba pemakaian, performa baterai ini cukup besar saat digunakan untuk memainkan MP3 player dan bluetooth. Untuk menghemat konsumsi baterai lakukan penyesuaian pada light main display dan lampu LED.

Spesifikasi
Harga dibawah Rp 2 juta
Layar OLED 262 ribu warna
Ukuran 90 x 50 x 8,8 mm
Berat 50 gram
Waktu Bicara/Siaga Hingga 3 jam / Hingga 150 jam
Jaringan Quad Band GSM (850/900/1800/1900 Mhz)
Kemampuan download Ya, GPRS kelas 10
Infrared/Bluetooth Tidak/Ya
Game Ya, Java
Kamera Tidak
Fitur lainnya galeri, animasi, menu type, security, organizer, dll.

(Jun06)

Tidak ada komentar: